SILABUS BAHASA INGGRIS

Kelas Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : XII : 1 (Satu) : Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari. Materi Pokok Mengusulkan memohon. Misal: A: I’d like to suggest that ... B: It sounds like a good suggestion. Mengeluh Misal: A: This is crazy! B: Join the club. Membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu Misal: A: Would it be possible for you to ...? B: Yeah, sure. Memerintah. Misal: A: You must ... B: As you wish, Sir. Kegiatan Pembelajaran - Mendengarkan percakapan interpersonal atau transaksional secara individu. - Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan. - Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar Indikator - Mengidentifikasi makna kata. - Mengidentifikasi hubungan antar pembicara. - Mengidentifikasi makna tindak tutur mengusulkan. - Mengidentifikasi makna tindak tutur memohon. - Mengidentifikasi makna tindak tutur mersepon. - Mengidentifikasi makna tindak tutur membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu. - Merespon tindak tutur membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu - Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah. - Merespon tindak tutur memerintah. - Mengidentifikasi konteks situasi. Teknik Tertulis (PG dan uraian) Penilaian Bentuk Contoh Instrumen Tugas, kuis Waktu 10 x 45 Sumber Belajar www.englishdaily 26.com. www.Esl-lab kaset, CD

1.1 Merespon makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu, dan memerintah.

Materi Pokok Mengakui kesalahan Misal: A: I admit i was wrong.Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar . Misal: A: I like it.Standar Kompetensi ` Kompetensi Dasar : Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari. mengungkapkan keingintahuan dan hasrat. Misal: A: I wonder if . - . . hasrat. . Misal: A: You are the one to blame B: Are you accusing me? Mengungkapkan keingintahuan. dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan.. Mengidentifikasi makna tindak tutur berjanji. tugas Waktu 10 x 45 Sumber Belajar CD 1. menuduh. menyalahkan. dan menyatakan berbagai sikap .Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan. B: Why not? Menyatakan berbagai sikap. Merespon tindak tutur menyalahkan atau menuduh.Mengidentifikasi makna tindak tutur mengakui kesalahan. berjanji. Merespon tindak tutur mengakui kesalahan. lancar.Merespon tindak tutur menyatakan berbagai sikap. B: Do you? Kegiatan Pembelajaran Indikator Teknik Tertulis (PG dan uraian) Penilaian Bentuk Contoh Instrumen Kuis. Menyalahkan.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat.Merespon tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat. menuduh. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyalahkan atau menuduh. . Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat.Mendengarkan percakapan interpersonal atau transaksional secara kalsikal . B: I told you Berjanji Misal: A: I give you my words. .Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan berbagai sikap. B: You’d better keep your promise..

Indikator . explanation.Mengidentifikasi keuntungan dari suatu kejadian. dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari. .Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar. dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari. dan discussion. .Mendiskusikan bentuk bahasa lisan berdasarkan teks yang didengar secara berkelompok. . .Standar Kompetensi ` Kompetensi Dasar : Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative.Mendiskusikan bentuk bahasa lisan berdasarkan teks yang didengar secara berkelompok. . Materi Pokok Teks fungsional pendek lisan Kegiatan Pembelajaran . . .Mengidentifikasi urutan dari suaru peristiwa dalam teks narasi. . Materi Pokok . lancar.Mengidentifikasi Teknik Tertulis (PG dan uraian) Penilaian Bentuk Contoh Instrumen Tugas Waktu 6 x 45 Sumber Belajar CD 2. . Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative.Mendengarkan sebuah teks narrative atau explanation atau discussion secara klasikal.Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek yang didengar.2 Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat.Mengidentifikasi topik sebuah teks fungsional pendek yang didengar. . .1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat. .Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar.Mendengarkan sebuah pengumuman lisan.Mendiskusikan isi teks yang didengar secara berpasangan. lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari .Teks lisan berbentuk narrative. explanation. . dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative. Indikator Teknik Tertulis (PG dan uraian) Penilaian Bentuk Contoh Instrumen Tugas Waktu 6 x 45 Sumber Belajar CD 2. explanation. Kegiatan Pembelajaran .Teks lisan berbentuk explanation.Mengidentifikasi main idea explanation yang didengar.Teks lisan berbentuk discussion. .Mengidentifikasi tujuan teks fungsional pendek yang didengar.Mendiskusikan isi teks yang didengar secara berpasangan.

Menggunakan tindak tutur mengusulkan.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat. membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu. . . mengeluh.Menggunakan tindak tutur memohon. .Bermain peran secara berkelompok Indikator Teknik Tugas. Penilaian Bentuk Contoh Instrumen Performans Waktu Sumber Belajar 3. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpesonal resmi dan berlanjut (susteined) dalam konteks kehidupan sehari-hari. .Menggunakan tindak tutur memerintah.proses suatu kejadian yang didengar dari teks explanation. . dan memerintah.Menggunakan tindak tutur membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu. memohon. . lancar. Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran . dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan.Menggunakan tindak tutur mengeluh.

Memberikan sebuah pengumuman lisan secara bergantian Indikator . menuduh. Penilaian Bentuk Contoh Instrumen Performans Waktu Sumber Belajar 3.Secara berpasangan melakukan tourist hunting dan merekam percakapan mereka terutama dalam penggunaan tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat serta menyatakan berbagai sikap Indikator . mengungkapkan keingintahuan dan hasrat. Penilaian Bentuk Contoh Instrumen Performans Waktu Sumber Belajar Kompetensi Dasar 4.Menggunakan tindak tutur berjanji. Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran . .Bermain peran secara berkelompok . . Standar Kompetensi : Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative. lancar. dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan . .Menggunakan tindak tutur menyatakan berbagai sikap.Menggunakan bahasa lisan dalam menyampaikan teks fungsional pendek.Menggunakan tindak tutur mengakui kesalahan. Teknik Tugas. berjanji. lancar. dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan. . Teknik Tugas. Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran .1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat. dan menyatakan berbagai sikap.Menggunakan tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat. menyalahkan.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat. explanation dan discussion dalam konteks kehidupan seharihari.Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpesonal resmi dan berlanjut (susteined) dalam konteks kehidupan sehari-hari.Menggunakan tindak tutur menyalahkan atau menuduh.

Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. Indikator . lancar. Penilaian Bentuk Contoh Instrumen Tes Tertulis Waktu 12 x 45 Sumber Belajar Kompetensi Dasar 5.Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca. poster. Kegiatan Pembelajaran .Secara berkelompok menyampaikan penjelasan tentang proses terjadinya sesuatu. explanation dan discussion dalam konteks kehidupan seharihari. dan discussion. . Penilaian Bentuk Contoh Instrumen Performans Waktu Sumber Belajar Kompetensi Dasar 4.Membaca wacana ragam tulis yang dibahas. dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan. dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner. poster.Secara berkelompok melakukan debat. Teknik Tugas. . explanation. dll) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. pamphlet secara individu. Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran . Indikator . Standar Kompetensi : Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative.Mendiskusikan ciriciri gramatika yang digunakan dalam teks yang dibaca secara berkelompok.Menggunakan kalimat argumen. kuis.Melakukan debat. . poster. pamphlet.Menggunakan kalimat simple present dalam menyampaikan penjelasan tentang proses.sehari-hari. explanation. Materi Pokok Banner. . pamphlet. lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative. . Teknik Tugas. . Standar Kompetensi : Memahami makna teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk narrative.Mendiskusikan isi teks yang dibaca secara berpasangan.Melakukan monolog berbentuk narrative. . . .Melakukan monolog berbentuk discussion .Membaca banner.

S. .Menghasilkan banner. 480 138 794 . tanda baca. pamphlet secara berkelompok dan mempublikasikannya di Mading sekolah. kosa kata.Menulis gagasan utama. Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran . discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari. Mengetahui Kepala SMA 1 Bayongbong Garut. atau pamphlet. 20 Juli 2008 Guru Mata Pelajaran B. menyunting. poster. pamphlet.Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana narrative. explanation. lancar. NIP. poster.Pd. Inggris Nandang Rahmat NIP. Indikator . Heryanti.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner. Teknik Tugas Penilaian Bentuk Contoh Instrumen Unjuk kerja Waktu Sumber Belajar 6. poster. dan tata tulis dengan akurat.Mengelaborasi gagasan utama. .Membuat draft. merevisi. dll) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.Menuliskan sebuah banner. ejaan. . .Menggunakan tata bahasa.

2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat. 1. dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui . lancar.PROGRAM SEMESTER Mata Pelajaran : B.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat. Inggris Kelas : XII Tahun Pelajaran 2008 / 2009 No. mengeluh. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran B. memohon. Inggris Alokasi Waktu 10 x 45 Juli 2 3 Agustus 2 3 Bulan – Pekan September Oktober 1 2 3 4 1 2 3 4 November 2 3 4 Desember 2 3 4 1 4 1 4 1 1 1. 1. dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan. lancar. membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu. dan memerintah.

kesalahan. lancar. dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative. No. menyalahkan.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat. explanation. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Alokasi Waktu 1 Juli 2 3 4 1 Agustus 2 3 4 Bulan – Pekan September Oktober 1 2 3 4 1 2 3 4 1 November 2 3 4 1 Desember 2 3 4 2. 2. lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. No. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Alokasi Waktu 1 Juli 2 3 4 1 Agustus 2 3 4 Bulan – Pekan September Oktober 1 2 3 4 1 2 3 4 1 November 2 3 4 1 Desember 2 3 4 3. 2. mengungkapkan keingintahuan dan hasrat. 3. berjanji. dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan . dan menyatakan berbagai sikap. dan discussion.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat.2 Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. menuduh. lancar.

dan menyatakan berbagai sikap. memohon. berjanji. dan discussion. menyalahkan. lancar.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat. lancar. 3. mengungkapkan keingintahuan dan hasrat. 4.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat. . membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu. dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan. lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative. dan memerintah. No.tindak tutur: mengusulkan. dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehar-hari. menuduh. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Alokasi Waktu 1 Juli 2 3 4 1 Agustus 2 3 4 Bulan – Pekan September Oktober 1 2 3 4 1 2 3 4 1 November 2 3 4 1 Desember 2 3 4 4. mengeluh. 4. explanation.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat.

poster. pamphlet. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Alokasi Waktu 1 Juli 2 3 4 1 Agustus 2 3 4 Bulan – Pekan September Oktober 1 2 3 4 1 2 3 4 1 November 2 3 4 1 Desember 2 3 4 6. dll) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. Inggris . 6. Mengetahui Kepala SMA 1 Bayongbong Garut. lancar. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Alokasi Waktu 1 Juli 2 3 4 1 Agustus 2 3 4 Bulan – Pekan September Oktober 1 2 3 4 1 2 3 4 1 November 2 3 4 1 Desember 2 3 4 5. dll) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. pamphlet.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner. 20 Juli 2008 Guru Mata Pelajaran B. dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari. 5.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner. lancar. No. dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.No. poster.

Nandang Rahmat NIP. NIP. S.Pd. Heryanti. 480 138 794 .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.