P. 1
Komputer Analog

Komputer Analog

|Views: 1,688|Likes:
Published by Herry Ivaizzmanto

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Herry Ivaizzmanto on Jun 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2013

pdf

text

original

ASAL USUL KOMPUTER

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.

KOMPUTER 
Menurut BLISSMER (1985), suatu alat elektronik

yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu, menerima input, memproses input sesuai instruksi yang di berikan, menyimpan perintahperintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk  Menurut SANDERS (1985), merupakan sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan mengeluarkan output berdasarkan rangkaian instruksi yang tersimpan dalam memori

Menurut Jenis Data Yang Diolah
y Komputer Analog;

adalah komputer yang bekerja secara paralel (analog) untuk mengolah data yang sifatnya kontinyu, datanya berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti temparatur, tekanan udara, kecepatan angin, arus listrik gelombang suara, dll Contoh: Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer y Komputer Digital; adalah komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Variabel dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka. Penyelesaian masalah dilakukan dengan proses aritmatik dan logik (kuantitatif). Contoh: Calculator, Apple IIe, IBM PC y Komputer Hibrid; adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dan komputer digital. Contoh dari komputer jenis ini adalah komputer yang digunakan pada robot-robot yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Analog Suatu bentuk dari komunikasi elektronik yang merupakan proses pengiriman informasi pada gelombang elektromaknetik, dan bersifat variabel dan berkelanjutan atau disebut juga dengan sinyal analog.

Asal-Usul Komputer Analog
y KOMPUTER

ANALOG DIBUAT OLEH VANNEVAR BUSH PADA TAHUN 1920, VANNEVAR BUSH(18901974) MEMBUAT SEBUAH KALKULATOR UNTUK MENYELESAIKAN PERSAMAAN DIFFERENSIAL DI TAHUN 1931.MESIN TERSEBUT SANGAT BERAT DAN BESAR KARENA RATUSAN GERIGI DAN POROS YANG DIBUTUHKAN UNTUK MELAKUKAN PERHITUNGAN.

Komputer Analog
y Komputer yang mengolah data berdasarkan

sinyal yang bersifat kualitatif, atau sinyal analog, untuk mengukur variabel-variabel seperti voltase, kecepatan suara, resistansi udara, suhu, pengukuran gempa dan lain-lain. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Misalnya untuk thermometer, radar, kekuatan cahaya dan lain-lain.

Komputer analog digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk phisik, seperti misalnya arus listrik atau temperatur. Output dari komputer analog umumnya adalah untuk pengaturan atau pengontrolan suatu mesin. Komputer analog biasanya banyak digunakan pada proses pengontrolan padda pabrik kimia, pembangkit tenaga listrik, dsb.

y KEUNTUNGAN

kemampuannya untuk menerima data dalam besaran phisik dan langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu, sehingga proses dari komputer analog lebih cepat. KERUGIAN Komputer tersebut biasanya lebih lambat dan tidak dapat mengukur cukup teliti. Masalahnya terletak pada kemampuan mereka untuk secara konsisten terus menerus merekam perubahan yang terus menerus terjadi. 

Contoh gambar analog komputer Kalkulator 

Contoh gambar analog komputer

Thermometer 

Contoh gambar analog komputer Radar

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->