Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999

dan atau negara. masyarakat. ‡ Nepotisme adalah setiap perbuatan Penyelenggara Negara secara melawan hukum yang menguntungkan kepentingan keluarganya dan atau kroninya di atas kepentingan masyarakat.Pengertian-pengertian ‡ Korupsi adalah tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang tindak pidana korupsi. ‡ Kolusi adalah permufakatan atau kerja sama secara melawan hukum antar-Penyelenggara Negara atau antara Penyelenggara Negara dan pihak lain yang merugikan orang lain. . bangsa dan negara.

‡ Hubungan antar Penyelenggara Negara dan masyarakat dilaksanakan dengan berpegang teguh pada asas-asas umum penyelenggaraan negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3. .Peran serta masyarakat ‡ Peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan negara merupakan hak dan tanggung jawab masyarakat untuk ikut mewujudkan Penyelenggara Negara yang bersih.

Sanksi Setiap Penyelenggara Negara yang melakukan perbuatan korupsi. dikenakan sanksi pidana dan atau sanksi perdata sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. kolusi. dan nepotisme. .

1.000.000.000.. .000.(satu milyar rupiah).(dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp.Setiap Penyelenggara Negara atau Anggota Komisi Pemeriksa yang melakukan kolusi dipidana dengan pidana penjara paling singkat 2 (dua) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan denda paling sedikit Rp. 200..000.

. 1.Setiap Penyelenggara Negara atau Anggota Komisi Pemeriksa yang melakukan nepotisme dipidana dengan pidana penjara paling singkat 2 (dua) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan denda paling sedikit Rp..(satu milyar rupiah). 200.000. .000.(dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp.000.000.000.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful