P. 1
Ide Pokok

Ide Pokok

|Views: 2,125|Likes:
Published by Luqman Prima

More info:

Published by: Luqman Prima on Jun 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2013

pdf

text

original

Ide Pokok

A. Pengertian Ide Pokok Ide pokok yaitu inti suatu bacaan, baik dalam bentuk paragraf atau pun wacana.

B. Istilah Lain Ide Pokok Istilah lain ide pokok sangat banyak, antara lain
y y y y y y y y y y y

gagasan utama, gagasan pokok, pokok pikiran, pokok masalah, pikiran utama, inti paragraf, inti masalah, masalah utama, tema, topik, simpulan.

Pada dasarnya, semua istilah di atas sama saja. Sehingga, jika ditanyakan pengertian gagasan utama, jawabannya sama seperti ide pokok, yaitu inti suatu bacaan. Demikian juga jika yang ditanyakan gagasan pokok, pokok pikiran dan lainnya, jawabannya juga sama, yaitu inti suatu bacaan.

C. Cara Menentukan Ide Pokok Cara menentukan ide pokok secara garis besar ada dua, yaitu sesuai dengan jenis paragrafnya. 1. Paragraf yang memiliki kalimat utama Cara menentukan ide pokok pada paragraf yang memiliki kalimat utama sangatlah mudah, yaitu dengan mengambil isi kalimat utama itu sendiri. Contoh Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Kekayaan alam tersebut terdiri dari kekayaan alam yang bersumber dari darat, laut, dan dari dalam perut bumi. Kekayaan alam yang bersumber dari darat misalanya hasil hutan. Sedangkan kekayaan alam yang bersumber dari laut misalnya ikan, rumput laut, dan mutiara. Sementara, kekayaan alam yang bersumber dari dalam perut bumi misalnya minyak, batu bara, emas, timah, nikel dan sebagainya.

ibu kota. ide pokok paragraf di atas yaitu Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah atau Kekayaan alam Indonesia sangat melimpah 2. Ide pokok paragraf di atas banjir melanda wilayah Sumatra Selatan. dan Jakarta. Banjir juga melanda wilayah Tangerang. satu meter. Paragraf yang tidak memiliki kalimat utama Cara menentukan ide pokok pada paragraf yang tidak memiliki kalimat utama yaitu dengan menyimpulkan isi paragraf tersebut. ded . Dengan demikian. pun dilanda banjir dengan ketinggian mencapai satu setengah meter. Contoh Banjir melanda daerah Sumatra Selatan dengan ketinggian satu meter. Tangerang. Jakarta.Ide pokok paragraf di atas terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Banten dengan ketinggian yang sama. Seolah tak mau kalah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->