BAB I

PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Masalah Perkembangan teknologi dan sistem informasi pada saat ini menempati

peranan utama dan sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Hal ini diwujudkan dengan penggunaan komputer sebagai alat bantu yang mampu menyimpan dan mengolah segala macam data secara cepat, tepat dan akurat. Seiring dengan perkembangan tersebut, suatu perusahaan atau organisasi dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas sistem informasi agar bisa bersaing dalam era globalisasi. Untuk meningkatkan kualitas dari sistem informasi tersebut, penggunaan teknologi informasi yang optimal akan menunjang efisiensi dan efektivitas kerja, sehingga dapat menghasilkan keluaran yang akurat. Pegadaian merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengkreditan atas dasar gadai. Pegadaian berfungsi untuk mengupayakan pelayanan yang semakin baik kepada rakyat kecil dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan ekonomi mereka. Proses pencatatan dan laporan pemberian kredit gadai yang dilakukan di Kantor PERUM Pegadaian Cabang Suci Bandung selama ini terasa kurang efisien karena salah satunya adalah penyajian dan penyampaian data masih dilakukan secara manual. Oleh sebab itu diperlukan suatu sistem informasi yang mampu mendukung pengolahan data pemberian kredit gadai dengan menggunakan sistem

1

maka proses pencatatan dan laporan pemberian kredit Gadai menjadi lebih mudah dan lebih cepat. 2. sehingga menyebabkan bagi seorang nasabah harus menunggu. yaitu : 1. Dengan sistem komputerisasi yang baik. serta mengakibatkan adanya kehilangan data pada pemberian kredit gadai. keamanan data menjadi kurang aman. maka dapat diidentifikasikan masalah- masalah yang dihadapi. Belum tersedianya suatu program aplikasi untuk mengolah data-data pemberian kredit gadai. Banyak data yang hilang karena sistem informasi yang digunakan masih manual.2 terkomputerisasi. dalam hal penulisan laporan tugas akhir ini penulis tertarik untuk mengambil judul : “SISTEM INFORMASI PEMBERIAN KREDIT GADAI PADA KANTOR PERUM PEGADAIAN CABANG SUCI BANDUNG” 1. Adanya keterlambatan dan ketidakakuratan informasi yang diterima.2 Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. Berdasarkan uraian tersebut di atas. sehingga menyebabkan pengolahan data pemberian kredit gadai menjadi lama. sehingga menyebabkan proses menjadi lama. 3. .

3. proses penginputan data nasabah. Merancang sistem informasi pemberian kredit gadai di Kantor PERUM Pegadaian Cabang Suci Bandung dan pengimplementasiannya dengan pembuatan program aplikasi. 1. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : 1. 2. Membuat suatu sistem informasi Pemberian Kredit Gadai yang mengelola . dan laporan pemberian kredit gadai.4 Maksud dan Tujuan Maksud dari penyusunan skripsi ini adalah : 1. Untuk mengetahui bagaimana sistem Informasi Pemberian Kredit Gadai pada PERUM Pegadaian Cabang Suci Bandung yang sedang berjalan.3 1.3 Batasan Masalah Agar pembahasan masalah yang dilakukan dapat terarah dengan baik dan tidak menyimpang dari pokok permasalahan. maka yang dilakukan adalah mengambil langkah dengan membatasi pembahasan permasalahan hanya pada proses penginputan data nasabah dan laporan pemberian kredit gadai yang ada di Kantor PERUM Pegadaian Cabang Suci Bandung dengan menggunakan program aplikasi yaitu Microsoft Borland Delphi 6 dan Microsoft SQL Server 2000. Untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan program pendidikan Strata I (S1) Jurusan Manajemen Informatika pada Fakultas Teknik Universitas Komputer Indonesia ( UNIKOM ). 2. Untuk Mengembangkan sistem informasi Pemberian Kredit Gadai pada Kantor PERUM Pegadaian Cabang Suci Bandung.

5 Metodologi Penelitian Dalam menyusun laporan tugas akhir ini. Studi Kepustakaan Yaitu teknik pengumpulan data yang didapat dari buku-buku panduan atau refensi yang sesuai dengan masalah yang dibahas. Studi Lapangan Yaitu teknik pengumpulan data melalui tinjauan langsung pada objek pembahasan guna mendapatkan data yang konkret dengan cara : a. antara lain : 1. Observasi / Pengamatan Yaitu melakukan pengumpulan data secara langsung terhadap kegiatankegiatan sebenarnya dan mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil pengamatan terhadap objek yang dimaksud. dengan cara mempelajari dan menelaah isi literature melalui metode pendekatan pada masalah yang sebenarnya atau yang berhubungan dengan tugas yang diberikan. 2. penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data.4 data-data pemberian kredit gadai secara komputerisasi sehingga dapat memperlancar proses pemberian kredit gadai pada PERUM Pegadaian. 3. Wawancara Yaitu teknik pengumpulan data yang diperoleh dari hasil wawancara . 1. b. Untuk menerapkan program aplikasi pemberian kredit gadai yang telah dibuat selama penyusunan laporan skripsi ini.

Lengkapnya dalam bab ini dijelaskan beberapa teori pendukung yang diperlukan dalam penyusunan tugas akhir.6 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan yang akan dibahas dalam penulisan laporan tugas akhir ini terdiri 6 (Enam) bab yaitu sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Pada bab ini dijelaskan beberapa hal yang mendasari atau yang melatarbelakangi penulisan tugas akhir ini. BAB II LANDASAN TEORI Uraian dan penjelasan teori yang berhubungan dengan judul yaitu tentang pengertian kredit gadai dan beberapa hal mengenai permasalahan konsep dasar yang dijadikan sebagai acuan di dalam penyusunan tugas akhir ini. BAB III ANALISA SISTEM Bab ini menjelaskan tentang sejarah singkat PERUM . staf dan karyawan.5 secara langsung dengan pembimbing. identifikasi masalah. metodologi penelitian. dan sistemtematika penulisan yang digunakan. batasan masalah. maksud dan tujuan. Penelitian Yaitu teknik pengumpulan data dengan mengamati langsung bagaimana suatu proses kerja berlangsung 1. Di dalam bab I ini dideskripsikan tentang latar belakang. c.

kamus data. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini akan diuraikan kesimpulan dan hasil analisis yang dapat memberikan saran-saran kepada Kantor PERUM Pegadaian Cabang Suci Bandung. Perancangan sistem informasi ini dibuat dengan menggunakan perancangan terstruktur yaitu dengan alat bantu pemodelan diagram konteks. relasi entity. diagram arus data. BAB V IMPLEMENTASI SISTEM Bab ini menjelaskan tentang proses tindak lanjut dari hasil perancangan sistem sebelumnya. menu laporan. struktur organisasi Kantor PERUM Pegadaian Cabang Suci Bandung. kedudukan. analisa sistem. misi. . melakukan perkiraan-perkiraan baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak. Dan disini diuraikan juga tentang langkahlangkah yang diusulkan untuk menerapkan sistem.6 Pegadaian. deskripsi jabatan. BAB IV PERANCANGAN SISTEM Pada bab ini dibahas tentang perancangan sistem informasi pemberian kredit gadai pada Kantor PERUM Pegadaian Cabang Suci Bandung. serta ruang lingkup kegiatan PERUM Pegadaian. menu aplikasi. menu inputan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful