P. 1
Sabar Dan Ikhlas

Sabar Dan Ikhlas

|Views: 226|Likes:
Published by Suhud Ongo

More info:

Published by: Suhud Ongo on Jun 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/11/2014

pdf

text

original

SABAR DAN IKHLAS Bismillaah....

setiap orang entah saya atau bahkan sahabat sekalian pasti pernah mendapatkan suatu masalah. baik masalah dengan sesama teman, masalah dengan keluarga, atau bahkan masalah dengan bos di kantor, atau seperti saya sendiri contohnya. terkadang saya pun mendapat masalah dengan majikan disini. ketika kita mendapatkan suatu masalah, pikiran kita menjadi ruwet, mudah marah, mudah tersinggung, ingin menangis (saya sendiri), dan terkadang kita berprasangka bahwa Allah tak sayang kepada kita. sebenarnya,kalau kita memahami bahwa tiap manusia hidup di dunia pun tak luput dari suatu masalah. hal utama yang harus kita lakukan ketika masalah melanda kita adalah tetap ber-husnudzon kepada-Nya, bahwa ALLAH SWT sedang menguji kita, seberapa besar batas kesabaran kita dalam menerima masalah/ujian tersebut. kalau kita bersabar ketika mendapat masalah, dengan pikiran yang positif kita mencerna dan memecahkan masalah yang kita hadapi, InsyaAllah masalah/ujian tersebut akan terlewati dan terasa ringan. sabar dan ikhlas adalah kunci utama dalam menghadapi masalah/ujian yang ditimpakan kepada kita. dengan sabar dan ikhlas pula semua ujian tersebut akan terasa ringan bila kita mampu menerapkannya. Ya Robbul Izzati...berikanlah kami kekuatan dalam menerima ujian-ujian dari-Mu, semoga kami termasuk hamba-hambaMu yang ikhlas dalam menerima ujian dari-Mu... Aminnnn

*semua hal yang menimpa kita adalah Tasbih yang menjadi pengingat-Nya*

sebelum ia sempat menunjukkannya dengan aura tubuh. Sesunguhnya Allah beserta orang ± orangyang sabar³ (QS. Al Baqarah : 153) Sabar & Ikhlas Pelajaran terpenting dalam film dan novel fenomenal Ayat-Ayat Cinta. materi. maka aku lebih memilih tinggal di penjara tapi dekat dengan-Mu daripada aku hidup bersama manusia pendusta³. I believe it. prestise dan harga diri. jika memang kehidupan di penjara lebih berarti daripada dunia luar.. Hayati. ³Allah sedang berbicara kepadamu tentang Sabar dan Ikhlas³. Tetapi Sabar dan Ikhlas. jadikanlah sabar dan shalat sebagai pemimpinmu. Masing-masing telah ditentukan porsi terbaiknya. Dia selalu memberikan yang terbaik kepada manusia yang tak pernah lelah berusaha dan berdo¶a. ³Ya Allah. Peringatan itu akan segera datang kepada siapa saja yang merasa sombong.Sabar n ikhlas ³Hai orang-orang yang beriman. begitu terasa sejuk menusuk ketika diucapkan Profesor Abdul Rauf demi melihat Fahry yang sangat terpukul akibat musibah dan derita yang semakin kencang melandanya. harta. Mengingatkan bahwa hidup bukan hanya materi. Tidak juga hanya sebuah penggalan peristiwa sejarah. bahkan ketika kesombongan hanya berada di dalam hati saja. bagi diri maupun lingkungan. hati dan cinta. Kutipan do¶a Nabi Yusuf ketika menghadapi dusta dan fitnah akibat ketampanannya. harus menjadi landasan utama penciptaan jati diri. Sabar dan Ikhlas Tidak hanya diucapkan di dunia film dan tulisan saja. fisik. renungkan dan pelajari makna besar di balik kedua kata tersebut.very very much« . Ikhlas dalam hal apa saja. dan percayalah hidup akan terasa lebih berarti dan menyenangkan.

w. (QS. bahwa Ia bersama mereka. selain sabar. sesungguhnya Allah itu bersama orang-orang yang sabar´. ³Ya! Kalau kamu sabar dan memelihara diri. Nabi s. (QS. Keutamaan Sabar Allah Ta¶ala sesungguhnya telah menyifatkan orang-orang yang sabar. ³Hendaklah kamu bersabar. Siapa yang diberikan keberuntungan dari keyakinan dan kesungguhan sabar itu. Maka kebodohan terhadap hakikat sabar dan syukur. Maka Allah µAzza wa Jalla berfirman: ³Dan Kami jadikan di antara mereka itu beberapa pemimpin yang akan memberikan pimpinan dengan perintah Kami. . akan disempurnakan pahalanya dengan tiada terhitung´. Adapun hadits-hadits yang menyangkut dengan sabar. dengan beberapa sifat. Maka tidak ada dari pendekatan diri manusia kepada Allah (ibadah). (QS. Al-Anfal : 46). dimana Dia menamakan DiriNya dengan nama ash-Shabuur danasy-Syakuur. sebenarnya adalah kebodohan daripada sifat-sifat Dia Ta¶ala. Dan sesungguhnya adanya puasa itu sebagian dari sabar dan puasa itu separuh sabar. Tuhan akan membantu kamu dengan lima ribu malaikat yang akan membinasakan´. Keduanya merupakan dua sifat dari sifat-sifat Allah Ta¶ala dan dua nama dari al-asmaa-ul-husnaa. maka Allah Ta¶ala mengaitkan puasa itu bagi orang-orang yang bersabar. (QS Az-Zumar : 10). disebabkan keteguhan hati (kesabaran) mereka´. dari shalat malam dan puasa siang. Ia menjadikan derajat dan kebajikan itu sebagai hasil (buah) dari sabar. sebagaimana nanti akan diterangkan caranya sabar itu separuh iman. niscaya ia tidak peduli dengan yang luput dari padanya. (QS. yaitu ketika mereka berhati teguh (sabar)´. Ali µImran : 125). Adapun haditshadits yang lain di antaranya: ³Dari yang sekurang-kurangnya diberikan kepada kamu. ialah: keyakinan dan kesungguhan sabar. As-Sajadah : 24). disebabkan kesabaran mereka´.Sabar n ikhlas Sesungguhnya iman itu terdiri atas dua bagian: sebagian sabar dan sebagian syukur. Al Qashash : 54) ³Sesungguhnya orang-orang yang sabar itu. melainkan pahalanya itu ditentukan dengan kadar dan dapat dihitung. ³Kepada orang-orang itu diberikan pembalasan (pokok) dua kali lipat. (QS Al A¶raf : 137). Dan penelitian semua ayat-ayat tentang kedudukan sabar itu akan panjang bila diteruskan.a. bersabda : ³Sabar itu separuh iman´. Ia menambahkan lebih banyak derajat dan kebajikan kepada sabar. maka di antara lain. ³Dan telah sempurnalah perkataan yang baik dari Tuhan engkau untuk Bani Israil. sedang mereka datang kepadamu (menyerang) dengan cepatnya.

maka Beliau menjawab: ³Sabar dan suka memaafkan´. Lalu Nabi s. Nabi s. Kemudian Nabi s.a.´ Pada hadits yang diriwayatkan µAtha¶ dari Ibnu Abbas. lalu bertanya: ³Apakah tandanya keimanan kamu itu?´ Mereka menjawab: ³Kami bersyukur atas kelapangan.a.w. Yang satu lebih utama dari yang lain: sabar pada waktu musibah itu baik.w.Dan engkau bersabar di atas apa yang menimpa atas diri engkau. maka di antaranya ialah terdapat pada surat khalifah Umar bin al-Khatab r. Maka siapa yang sabar dan memperhitungkan diri.a. bahwa Nabi s.w. bahwa Aku Maha Sabar. Akan tetapi aku takut. Diriwayatkan Jabir.a.w.s. wahai Rasulullah!´.: ³Berakhlaklah dengan akhlak-Ku! Sesungguhnya sebagian dari akhlak-Ku.w. Isa Al-Masih a. Dan akan Kami berikan kepada orang-oang yang sabar itu pembalasan. ialah. Semua mereka diam.w ditanyakan tentang iman.s. bahwa dibukakan kepadamu dunia sesudahku. adalah lebih aku sukai. Dan akan ditantang kamu oleh penduduk langit (para malaikat) ketika itu. lalu beliau bertanya: ³Apakah kamu ini semua orang beriman?´. ialah sabar (menahan diri) dari . masuk ke tempat orang-orang Anshar.a.a. bersabda: ³Pada kesabaran atas yang tidak engkau sukai itu banyak kebajikan´. menurut yang telah mereka kerjakan dengan sebaik-baiknya´ (An-Nahl:96). Kami bersabar atas percobaan. Adapun atsar. berkata: ³Engkau sesungguhnya tiada akan memperoleh apa yang engkau sukai. menjawab: ³Demi Tuhan pemilik Ka¶bah! Benar kamu itu orang beriman!´. bahwa sabar itu dua. bahwa ketika Rasulullah s. daripada disempurnakan oleh setiap orang daripada kamu. Dan kami rela dengan ketetapan Tuhan (qadha Allah Ta¶ala)´.a. kepadaku. niscaya memperoleh kesempurnaan pahalanya´. Maka menjawab Umar r. kepada Abu Musa Al-Asy¶ari r.. dengan seperti amalan semua kamu. selain dengan kesabaranmu atas apa yang tiada engkau sukai´.a. Nabi s.a. Dikatakan bahwa Allah Ta¶ala menurunkan wahyu kepada nabi Daud a. Lalu sebagian kamu menetang sebagian yang lain. membaca firman Allah Ta¶ala: ³Apa yang di sisi kamu itu akan hilang dan apa yang di sisi Allah itu yang kekal.: ³Ya. Dan yang lebih baik daripadanya lagi. yang bunyinya di antara lain: ³Haruslah engkau bersabar! Dan ketahuilah.

Seorang hamba yang amat baik. Hendaklah dipahami. yang menolong barisan (tentara) Allah Ta¶ala. kemudian nafsu keinginan kawin. Dan takwa itu dengan sabar´. Akan tetapi. dialah yang mewariskan ahwal. Dan ketahuilah. . seperti yang ada pada hewan.a. Dan sumber bantuan penggerak nafsu syahwat itu. datangnya dari syaitan-syaitan yang membantu musuh-musuh Allah Ta¶ala. untuk memerangi tentara nafsu syahwat. terjadi antara penggerak agama dan penggerak hawa nafsu. Dan tak ada sekali-kali pada insan ²pada masa kecil tersebut² kekuatan sabar. Maka Allah Ta¶ala mewakilkan seorang malaikat lain padanya yang membetulkannya. meneguhkannya dan menguatkannya dengan tentara yang tiada engkau dapat melihatnya. bahwa sabar itu yang memiliki iman. Maka Allah Ta¶ala mewakilkan kepada manusia itu ketika sempurna dirinya dengan mendekati kedewasaan. Dan peperangan antara yang dua tadi. Adapun insan itu. Sumber bantuan kepada penggerak agama itu datangnya dari para malaikat. Ma¶rifah itu adalah seperti pohon kayu. ahwal dan amal. Adalah Habib bin Abi Habib Al Bashari. mengetahui bahwa mengikuti nafsu syahwat itu tidak disukai pada akibatnya. Tiada akan sempurna sabar itu selain dengan ma¶rifah yang mendahuluinya dan dengan ahwal yang tegak berdiri. Ali r. adalah bahwa takwa itu kebajikan yang utama. maka sesungguhnya ia diciptakan pada permulaan masa kecilnya tanpa keinginan selain keinginan makan. Pada anak kecil itu yang ada hanyalah tentara hawa nafsu. Dan tidak ada iman. Lalu ia memerlukan kepada kemampuan dan kekuatan yang dapat menolakkannya kepada menyembelih nafsu syahwatnya itu. Dan medan peperangan ini ialah qalb hamba. berlaku terus menerus. Dan ini terdapat pada semua kedudukan para saalikiin. apabila membaca ayat: ³Sesungguhnya dia (Ayub) kami dapati. adalah seperti kedudukan kepala dari tubuh. Maka jadilah insan itu dengan sinar petunjuk. Allah Ta¶ala dengan kurnia-Nya dan keluasan kepemurahan-Nya.yang diharamkan Allah Ta¶ala. Maka sekali tentara ini yang lemah dan sekali ia yang kuat. berkata pula: ³Sabar itu dari iman. dan amal seperti buah. Kemudian lahirlah keinginan bermain dan berhias. Lalu ia melawan nafsu syahwat tersebut dengan kekuatan itu.´ Penjelasan Hakikat Sabar Ketahuilah kiranya. IA memerintahkan tentara ini. bagi orang yang tiada mempunyai kesabaran´. memuliakan anak Adam dan meninggikan derajat mereka dari derajat hewan-hewan. Sesungguhnya dia tetap kembali (kepada Tuhan)´ (QS. lalu beliau menangis dan berkata: ³Alangkah menakjubkan! Ia yang memberi dan Ia yang memujinya. Akan tetapi. Dan semua maqam agama itu hanya dapat tersusun baik dari tiga hal: ma¶rifah. seorang yang sabar. Dan suatu kedudukan dari kedudukan orang yang berjalan menuju kepada Allah (saalikiin). Maka berbedalah manusia itu dengan pertolongan dua malaikat tadi dari hewan-hewan. Maka ma¶rifah itu adalah pokok. selama tidak ada baginya kemampuan untuk meninggalkan yang mendatangkan melarat. Yang demikian itu. Yang satu memberinya petunjuk dan yang satu lagi menguatkannya. Tidak ada tubuh bagi orang yang tidak mempunyai kepala. ahwal adalah seperti ranting. bahwa sabar itu suatu maqam (tingkat) dari tingkat-tingkat agama. dua malaikat. bahwa peperangan itu. Sehingga diputuskannya permusuhan nafsu syahwat tadi darinya. dan ahwal itu yang membuahkan amal. petunjuk itu tidaklah memadai. Shad : 44). Seperti demikian pula sabar.

Dan berhubung dengan orangorang yang sabar. sebagaimana yakin adalah salah satu dari dua bagian itu. Adapun ³sabar itu setengah iman´ berdasarkan dua pandangan dan atas kehendak dua pemakaian kata. karena diwakilkan kepada mereka. yang dinamakan sabar. yaitu tetapnya penggerak agama yang berhadapan dengan penggerak nafsu syahwat. mengumpulkan di antara keduanya. iman itu dikatakan secara mutlak kepada ahwal yang membuahkan amal. Ibnu Mas¶ud r. malaikat-malaikat yang mulia yang menuliskan amal perbuatan mereka.a. adalah isyarat yang mengisyaratkan kepada hal-hal yang lebih tinggi dari ilmu mu¶amalah. dengan memusuhi nafsu syahwat dan melawannya. iman itu dikatakan secara mutlak kepada semua tasdiq dan amalan. kepada yang bermanfaat kepadanya di dunia dan di akhirat atau yang mendatangkan melarat kepadanya di dunia dan akhirat. Sabar itu Setengah Iman Ketahuilah kiranya. Kalau penggerak agama itu tetap. disandarkan secara mutlak kepada tasdiq dengan pokok-pokok agama. Keyakinan tersebut. dan bukan ma¶rifah-ma¶rifah. Jadi. separuh sabar dan separuh syukur´. Dan karena itulah. bahwa telah jelas sabar itu adalah ibarat dari tetapnya penggerak agama pada melawan penggerak hawa nafsu. Maka syukur itu dengan pandangan ini adalah salah satu dari dua bagian iman. Maka adalah sabar itu separuh iman dengan pandangan ini. Dan hamba itu dengan dikaitkan kepada yang mendatangkan melarat kepadanya mempunyai hal (sifat) syukur. dan pada suatu kali lainnya lagi keduanya sekaligus: iman dan amal shalih. maka penggerak agama itu telah menolong tentara Allah. Dan yang dimaksudkan dengan sabar ialah amal (berbuat) menurut yang dikehendaki oleh keyakinan. Tetapnya penggerak agama itu adalah suatu hal yang dihasilkan oleh iman. niscaya ia berhubungan dengan mengikuti syaitan-syaitan. bahwa iman itu pada suatu kali. menurut pandangan pertama di atas. Sesungguhnya semua yang tersebut itu. rasulullah s. Dan tidak mungkin meninggalkan perbuatan maksiat dan rajin kepada taat. Dan perlawanan ini adalah termasuk ciri khas anak-anak Adam. misalnya.w. Maka kami terangkan. Pandangan kedua. dengan sabdanya: ³Di antara yang paling sedikit yang diberikan kepada kamu ialah yakin dan keras kesabaran´. Lalu iman itu mempunyai dua sendi (rukun). sehingga dapat memaksakan penggerak nafsu syahwat dan terus-menerus menantangnya. Yang dimaksudkan dengan yakin ialah ma¶rifah-ma¶rifah yang diyakini kepada pokok-pokok agama. karena sebab-sebab kebahagiaan di dunia dan di akhirat. berkata: ³Iman itu dua paruh (nishfu). sehingga ia dikalahkan oleh nafsu syahwat dan ia tidak sabar pada menolaknya. Yang satu yakin dan yang lain sabar. dan pada suatu kali lainnya dengan amal shalih yang datang dari tasdiq itu. mengajarkan bahwa maksiat itu mendatangkan melarat dan tha¶at itu mendatangkan manfaat. selain dengan sabar. Dan ketika itu. meninggalkan perbuatan-perbuatan yang penuh dengan nafsu syahwat itu adalah amal perbuatan yang dihasilkan oleh suatu ahwal.a. Pandangan pertama. Dengan pandangan tersebut. Dan kalau ia tinggalkan dan lemah. terbagilah semua yang ditemui oleh hamba dalam hidupnya.Maka sabar itu adalah ibarat dari tetapnya penggerak agama menghadapi penggerak nafsu syahwat. Hal-Hal tentang Sabar .

pada suatu kali Nabi s. Jadi. Kalau sabar itu dalam menahan amarah dinamakan lemah lembut. dengan firman-Nya: ³Mereka yang sabar dalam musibah. As. Kalau sabar itu pada musibah. bagian badaniah. diisyaratkan dengan firman Allah Ta¶ala: ³Adakah orang yang berjalan menelungkup di atas mukanya lebih mendapat petunjuk ataukah orang yang berjalan dengan lurus di atas jalan yang benar? (QS. Dan siapa yang mengambil arti (maksud) dari nama.a. inilah bagian-bagian sabar. Tetapi perkataan dari-Ku. Kalau sabar itu pada suatu pergantian masa yang membosankan maka dinamakan lapang dada.Ketahuilah kiranya bahwa sabar itu dua bagian: Pertama. ash-shiddiqun. lawannya pengecut. Adakalanya dengan penanggungan seperti sabar dari pukulan keras. seperti menanggung kesukaran dengan badan dan tetap bertahan atas yang demikian. kemiskinan dan ketika peperangan.w. dengan berkekalan sabar. Lalu ia menyerahkan dirinya kepada tentara setan dan ia tidak berjuang (bermujahadah) karena berputusasa. . lawannya lahap. Al Mulk : 22). lawannya mangkal hati dan sempit dada. lawannya ialah at-tadzammur (pengutukan diri kepada yang sudah hilang). lalu beliau menjawab: ³Ialah sabar´. niscaya Kami berikan petunjuk kepada setiap diri. Lalu penggerak hawa nafsu itu tidak mempunyai lagi kekuatan untuk melawan. Kalau sabar pada peperangan dinamakan berani. (QS Al Baqarah : 177). Karena sabar itu yang terbanyak dari amalperbuatan iman dan yang termulia dari amal perbuatan itu.memelihara dirinya dari kejahatan´. Kalau sabar itu pada membawakan kekayaan dinamakan mengekang diri. Yang sampai kepada tingkat ini adalah sedikit. Karena itulah. Dan kepada dua golongan itulah. dari segi ia melihat nama-nama itu berbeda. lawannya adalah gelisah dan keluh kesah. sesungguhnya Aku akan memenuhkan neraka Jahanam dengan jin dan manusia semuanya´ (QS.Sajadah : 13). dengan perbedaan hubungan-hubungannya. Kepada merekalah diisyaratkan dengan firman Allah Ta¶ala: ³Dan kalau Kami kehendaki. Kemudian bagian kedua. dan al-muqarrabun. dan ini adalah golongan yang terbanyak. Adakalanya dari perbuatan-perbuatan ibadan dan bukan ibadah. dikaitkan kepada penggerak hawa nafsu itu mempunyai tiga hal/keadaan: Bahwa ia memaksakan penggerak hawa nafsu. bahwa penggerak agama. sebenarnya akan terjadi. ia akan tergelincir. kalau adalah sabar dari nafsu syahwat perut dan kemaluan. Kalau sabar itu pada menahan diri dari kehidupan dunia maka dinamakan zuhud. niscaya ia menyangka bahwa hal keadaan itu berbeda pada zatnya dan hakikatnya. Ketahuilah kiranya. Mereka itulah orang-orang yang akan dipanggil: ³Wahai jiwa yang tenang! Kembalilah kepada Tuhanmu dengan ridla. niscaya tidak boleh tidak. lawannya dinamakan sombong dengan kesenangan (al-bathar). Maka arti itu pokok dan kata-kata itu adalah pengikut. Merekalah orang-orang yang benar dan merekalah orang-orang yang bertakwa . maka disingkatkan saja atas nama sabar. Siapa yang mencari arti dari pengikut. ditanyakan tentang iman. seperti mengerjakan perbuatan-perbuatan yang sukar.´ Bahwa menanglah pengajak-pengajak hawa nafsu secara mutlak. Yakni. yang diridlai. maka dinamakan µiffah (pemeliharaan diri). Dan ini adakalanya dengan perbuatan. sakit parah dan luka-luka besar. jatuhlah perlawanan penggerak agama. Maka yang terbanyak dari akhlak iman itu masuk dalam sabar. Allah Ta¶ala mengumpulkan bagian-bagian itu dan semuanya dinamakan sabar. Dan sampai kepada yang demikian itu. Merekalah orang-orang yang lalai.

lagi Maha Pemurah. (QS. hilang harapan dan tertipu dengan angan-angan.w. Bahwa peperangan itu adalah menjadi hal yang biasa di antara dua tentara. Ketiga. PICTS) . dan ini adalah derajat orang-orang yang taubat (mutawwabiin). dan ini adalah derajat orang-orang zahid. (Dari Kajian Forum Ihya. Kiranya Allah Ta¶ala menerima taubat mereka! Penutup Berkata sebagian orang µarifin: ³ahlush-shabri itu adalah atas tiga maqam. bersabda: ³Orang yang pintar itu meng-agamakan dirinya dan berbuat amal untuk sesudah mati. Orangorang yang berkeadaan dengan keadaan ini ialah mereka yang mencampuradukkan amal perbuatan yang baik dan yang lain yang jahat. Itulah yang paling bodoh. Maka Dia tidak memerlukan kepada tobatku´.a. dan sebaliknya. sebagaimana Nabi s. niscaya menjawab: ³Aku ingin bertobat. orang-orang yang meninggalkan nafsu syahwat. orang-orang yang suka kepada apa yang diperbuat Tuhannya. Kedua. sukar tobat itu atas diriku. Pertama. apabila diberi pengajaran. Lalu aku tidak mengharap padanya´. tandanya ialah: putus asa. orang-orang yang ridla dengan yang ditakdirkan Tuhan. Maha Pengasih.Merekalah orang-orang yang membeli kehidupan duniawi dengan akhirat sehingga rugilah perniagaan mereka. Orang yang berkeadaan begini. Amin. Sekali ia memperoleh kemenangan atas peperangan itu. Akan tetapi. Keadaan ini. seperti firman Allah Ta¶ala: ³Mereka telah mencampur-adukkan pekerjaan yang baik dengan yang buruk´.³ Semoga Allah yang Maha Pengasih menganugrahkan kepada kita kesabaran. Dan orang yang bodoh ialah orang yang mengikutkan dirinya kepada hawa nafsunya dan ia berangan-angan atas Allah´. atau ia tidak ingin bertobat akan tetapi membalas: ³Sesungguhnya Allah itu Maha Pengampun. Inilah yang termasuk golongan al-mujahiduun. dan ini adalah derajat orangorang shiddiq (ash-shiddiqin). dan dikatakan kepada orang yang bermaksud menunjuki jalan kepada mereka: ³Berpalinglah engkau dari orang yang tiada memperdulikan pengajaran Kami dan hanya menginginkan kehidupan duniawi semata! Pengetahuan mereka hanya sehingga itu´. An-Najm : 29-30).

Sebab. Untuk mengetahui apakah musibah itu merupakan ujian atau bukan. Kita diperintahkan untuk senantiasa bersabar. Manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia ini tidak luput dari ujian dan cobaan. maka peringatan Allah pasti datang. ketika mengalami ujian dan cobaan kita harus menhadapinya dengan sabar. apapun yang diberikan Allah kepada kita pasti ada hikmahnya. yang tidak menyenangkan hendaknya kita hadapi dengan sabar dan mengambil hikmahnya. Pengalaman yang baik hendaknya kita syukuri. Dalam kehidupan sehari-hari ada tiga hal yang harus kita hadapi dengan sabar : a. sesuatu yang diperintahkan Allah dilupakan. Tuhan Yang Maha Kuasa. Sabar juga merupakan salah satu kunci untuk meraih kebahagiaan dan ketenangan hidup. padahal masyarakat di desa tersebut taat beribadah kepada Allah. bahwa musibah atau bencana itu diturunkan Allah untuk menguji iman seseorang. yang dilarang malah dikerjakan. Sifat sabar bagaikan cahaya yang terang benderang dalam suasana yang gelap gulita. bahwa musibah atau bencana itu merupakan peringatan Allah kepada manusia. karena baru saja ditinggalkan orang yang sangat disayanginya akan merasa tenang karena musibah itu dihadapinya dengan sabar. Kita masih ingat cerita tentang banjir besar yang terjadi pada zaman Nabi Nuh. Sabar adalah salah satu akhlak terpuji. tahan menghadapi cobaan. walaupun ia merasa sakit hati atau bersedih. Sabar dalam berbuat . Jika seseorang atau masyarakat sudah banyak berbuat dosa atau maksiat. Apakah orang atau mereka yang terkena musibah itu sabar atau tidak.SABAR DAN IKHLAS Sabar artinya tabah. Kedua. Hidup di dunia ini penuh dengan tantangan dan cobaan. perjudian dan minum-minuman keras sudah merupakan hal yang biasa. Pertama. Mereka yang durhaka dan membangkang terhadap seruan Nabi Luth diazab oleh Allah. Rasulullah bersabda : ( ) Artinya : ³Bersabar adalah cahaya yang gilang-gemilang´ Seseorang yang sedang dirundung duka. maka Allah akan meridhai kita. Orang yang sabar tahan menerima hal-hal yang tidak disenangi atau tidak mengenakkan dengan ridha dan menyerahkan diri kepada Allah. Allah menurunkan bencana agar manusia sadar akan dosa-dosanya. dapat dilihat dari keadaan orang atau masyarakat sekelilingnya. Sebagai seorang muslim kita wajib bersabar terhadap ujian dan cobaan yang menimpa kita. Misalnya di suatu desa terjadi gempa bumi yang memporak-porandakan rumah-rumah penduduk. karena ia tahu bahwa itu adalah cobaan maka diterimanya dengan sabar pula. Begitu pula bencana berupa gempa bumi dahsyat dan hujan batu yang terjadi pada zaman Nabi Luth. Bencana itu merupakan peringatan bagi orang-orang yang durhaka agar mereka sadar bahwa Allah-lah Tuhan mereka satu-satunya. Musibah atau bencana yang diturunkan kepada seseorang atau suatu kaum. Jika kita bersabar menerima musibah. Sabar sangat erat kaitannya dengan kadar keimanan seseorang. Pengalaman yang buruk. Musibah tersebut berarti ujian keimanan. Kita hendaknya dapat mengambil pelajaran dari setiap kejadian yang kita alami. Orang yang dihina dan difitnah. korupsi sudah merajalela. berkurang imannya atau tidak. jika ditinjau dari segi akidah Islam ada dua kemungkinan.

blogspot. c.Artinya sabar menghadapi rintangan dan kesulitan. Sabar menahan marah Artinya bersikap sabar jika dihadapkan kepada situasi yang dapat menimbulkan kemarahan. tidak akan menyelesaikan masalah.html#ixzz1MUnTRJfE . Allah akan menahan siksa terhadapnya. Sabar di sini mengandung pengertian tekun. dan bekerja keras. Allah sayang kepada orang yang sabar menahan marahnya. Sabar menahan marah perlu dipupuk dan dilatih.´ Read more: http://erosandi. b. tapi terimalah dengan penuh kesabaran. Sabar dalam menderita Artinya sabar menerima musibah atau cobaan.com/2011/04/sabar. Persoalan yang dihadapi dengan marah. Rasulullah bersabda : Artinya : ³Barangsiapa yang menahan marahnya. gigih. Jika ditimpa musibah janganlah mengeluh.

yang bisa kita pinta adalah agar cobaan tersebut sanggup kita jalani. dan diberikan kepada saingan kita? . Bukankah karena alasan takut lapar saudara kita bersedia mulai dari membunuh hanya karena persoalan uang seratus rupiah sampai dengan berani memalsu kuitansi atau menerima komisi tak sah jutaan rupiah? Bukankah karena rasa takut akan kehilangan jabatan membuat sebagian saudara kita pergi ke orang pintar agar bertahan pada posisinya atau supaya malah meningkat ke kursi yang lebih empuk? Bukankah karena takut kehabisan harta kita jadi enggan berbagi rejeki kepada sesama? Bersabarlah. Setiap musibah. Cobaan yang datang ke dalam hidup kita bisa berupa rasa takut. Yah. Kita tak mampu menghindar dari ujian dan cobaan tersebut. Atau lidah kita berseru. tiba-tiba tidak jadi diberikan kepada kita. Ujian apapun itu datangnya dari Tuhan. diuji atau tidak. Memang tidak mudah menjadi orang sabar. Hanya karena Dia-lah segala sesuatu ada dan tidak ada.SaBAR N IKHLAS Pernahkah kita merasa bahwa Tuhan sedang menguji kita? Kita cenderung mengatakan kalau kita ditimpa kesusahan maka kita sedang mendapat cobaan dan ujian dari Tuhan. Ada di antara kita yang tak sanggup menghadapi ujian itu dan boleh jadi ada pula di antara kita yang tegar menghadapinya. dan hasil ujian itu akan kembali kepada Tuhan. cobaan dan ujian itu tidaklah berarti apa-apa. Karena kita semua adalah adalah milik Tuhan dan kepadaNya-lah kita akan kembali. tapi anak dan isteri saya? Memang. kita berasal dari-Nya. Sabar sih sabar. kurang harta dan lainnya. Sabar kan ada batasnya. dan baik suka maupun duka. Setiap derap kehidupan kita merupakan cobaan dari Tuhan. Karena orang sabar akan selalu mendapat rahmat dan karunia Tuhan.. biasanya kita akan cepat-cepat berdalih. rasa lapar.. manusia selalu dipenuhi dengan pembenaranpembenaran yang ia ciptakan sendiri. Saya sih kuat tidak makan enak. Bukankah Tuhan tidak pernah memberikan beban yang melampui kemampuan manusia? Jadi jika kita menghadapi suatu masalah hadapilah masalah tersebut dengan penuh kepasrahan kepada-NYA. Apakah kita rela bila mobil yang kita beli dengan susah payah hasil keringat sendiri tiba-tiba hilang? Apakah kita rela bila proyek yang sudah di depan mata. kita pasti akan kembali kepada-Nya. Jarang sekali kalau kita dapat rahmat melimpah dan kebahagiaan kita teringat bahwa itu pun merupakan ujian dan cobaan dari Tuhan.

maka Tuhan akan memberikan hadiah yang setimpal di hari penghakiman nanti. bahwa semuanya dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan? Kita ini tercipta dari tanah dan akan kembali menjadi tanah. di tengah ujian dan cobaan yang menerpa kehidupan kita. Sudah siapkah kita menerima hadiah yang akan di berikan oleh Tuhan di hari penghakiman nanti? .Apakah kita menjadi iri dan dengki kita bila melihat tetangga kita sudah membeli TV baru. mobil baru atau malah rumah baru? Bisakah kita mengucap pelan-pelan dengan penuh kesadaran. Bila kita mampu mengingat dan mengerti arti kalimat tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->