STRUKTUR ATOM HIDROGEN

Ide bahwa semua zat disusun oleh atom-atom menjadi dasar dari pandangan dunia modern Kita akan membahas dunia atom mulai dari konsep atom yang dikemukakan oleh Dalton dan Thomson dan konsep inti atom oleh Retherfard dan melanjutkan ke model Bahr untuk atom hydrogen

Berdasarkan gambar di atas maka susunan atom tersebut adlh: 1. Atom terdiri dari inti yang bermuatan listrik positif yg terletak di pusat atom dan hampir seluruh massa atom atau terpusat pada inti atom 2. Pada jarak yg relatif jauh dari inti terdapat elektron-elektron yang bergerak mengelilingi inti (spt: planet-planet mengelilingi matahari) 3. Jml muatan positif inti atom sama dg jml muatan negatif elektron sehingga secara keseluruhan atom adalah netral 4. Gerak elektron diperlukan agar elektron tidak jatuh ke inti atom dan dalam hal ini gaya elektrostatis selama mengelilingi inti tidak lain adlh gaya sentripetal Besarnya gaya sentripetal sama dengan besar gaya elektrostatis antara elektron dari inti atom. Dimana: Fs = Fe Fs = mV R Fe = Ke R

10ne Nm e = Muatan elektron /inti m = Massa elektron R = Jari-jari elektron Dimana: Kalau kita perhatikan bahwa elektron yg berada pada kulit orbit-orbit lintasan inti atom itu selalu dalam keadaan stabil. . maka atom itu akan memancarkan atau mengeluarkan energi lain. Bila kita berikan suatu tenaga/energi dalam hal ini berupa energi cahaya kepada orbit/lintasan itu.Atau: mV = Ke R R Jadi laju linier elektron mengorbit inti adalah: V = Ke mR K = 9.

Deret Lyman b.Hal ini dapat kita perhatikan pada gambar berikut ini: Energi yg dipancarkan atau dilepaskan oleh lintasan terluar setelah masuk lintasan berikutnya itu disebut dengan LASER. Deret Balmer . Yang artinya: L = Ligh A = Amplication S = Stimulatid E = Emision R = Radiation Jadi besar energi foton (laser) adalah: E! hc ! EB  E A P Berdasarkan (Panjang Gelombang) foton yg dipancarkan dapat dikelompokkan mjd: a.

Pulsa sangat sejajar. Karena sinar laser di hasilkan dari transisi elektron dalam keadaan meta stabil sehingga pancarannya memiliki panjang gelombang yang sama. Amplitudo maupun phasenya sama.jumblah besar maka intensitas yang besar pula. Deret Pfund SIFAT SIFAT SINAR LASER Sinar laser ini pertama kali diciptakan pada tahun 1960 oleh Theodore Maiman yang merupakan pengembangan dari teori emisi oleh Enstein. Koheren . 2. Karena masing masing foton membawa enerji sama. yang artinya panjang gelombang laser. 4.Monokromatis. Deret Paschen d.c. Intensitas besar. Yang antara lain : 1. 3. . Deret Brackett e.

diagram tingkat atom dan garis-garis spectrum. dengan persamaan: 1 1 1 1 m ! R( 2  2 ) n A nB P PEMBUATAN SINAR LASER Zat-zat yg sering digunakan untuk pembuatan sinar laser adalah: He (Helium). Ne (Neon). Ruby. CO2 Zat tersebut dipilih karena memiliki jumlah atau selisih energi foton (electron) antara E1 dan E2 sangat besar. Penyerapan Induksi Sebuah atom dalam keadaan daar menyerap sebuah foton yang energinya sama dengan beda energi antara energi tingkat eksitasi dengan energi tingkat dasar yaitu: . serta memiliki sifat yg mudah dibuat kondisi metastabil Ada 3 Proses dalam pembuatan sinar laser: 1.Dari gambar di atas.

elektron tersebut melepas energi yang dinamakan energi foton yang besarnya sama dengan perubahan tingkat energi - . Emisi Spontan Jika atom menyerap energi sebesar perubahan tingkat energi dalam atom. Proses ini dapat dilambangkan atom + foton = Atom* (Tanda * menyatakan atom tereksitasi). elektron dari atom akan berpindah dari orbit dalam ke orbit yang lebih luar Dalam keadaan ini atom mengalami eksitasi Jika elektron dari atom bertransisi (berpindah) dari orbit luar ke orbit dalam. 2.hf = E2 E1 Dengan demikian atom yang mengalami eksitasi (elektronnya bertransisi) dari n =1 ke n=2.

Emisi Terangsang Jika sebuah atom berada pada tingkat eksitasi menyerap sebuah foton yang energinya sama dengan beda energi dua tingkat keadaan aton. lama waktu elektron berada pada keadaan eksitasi nB=10-8 setelah itu elektron tersebut kembali ke tingkat energi semula (nA) dengan melepas energi yang berupa energi foton hf = hc Dapat diketahui: Deret Lyman: untuk nA=2 dan nB=234 .Pada keadaan oksidasi ini. .Infra ungu 3.Infra merah III Deret Balmer: untuk nA=2 dan nB=345 Cahaya tampak Deret Paschen: untuk nA=3 dan nB=456 Infra merah I Deret Brackett: untuk nA=4 dan nB=567 Infra merah II Deret Pfund: untuk nA=5 dan nB=678 .

Elektronnya lebih cepat turun ke tingkat energi E1 (tingkat energi dasar) dibanding atom tersebut mengalami emisi spontan. Proses ini dilambangkan: Atom* + foton Atom + 2 foton Hasil terpenting pada proses ini adalah 2 foton yang diemisikan menjadi bergerak dalam arah. Sehingga dikatakan 2 foton tersebut Koheren. Bila energi yang datang kita beri tanda hf maka energi yang ditimbulkan adalah: hf = E2 E1 Semakin besar energi pada lintasan E2 terhadap E1 maka makin besar pula penguatan cahayanya . fase dan energi yang sama. Hal ini digambarkan secara sederhana sebagai berikut: Penguatan energi cahaya ini menghasilkan suatu energi yang sangat bermanfaat bagi kita.

Pemotongan baja. Bidang Photografi Satu dari penggunaan laser yang luar biasa dan sangat menarik adalah dalam menghasilkan bayangan tiga dimensi dari suatu benda. Pengeboran.Manfaat dan Kegunaan Laser dalam Kehidupan Kita Dewasa ini penggunaan sinar laser sangat luass pada segala bidang sesuai dengan perkembangan teknologi. misalnya: 1. Bidang Industri Sinar laser dapat dimanfaatkan untuk: Pengelasan. seperti pada gambar disamping: . dalam proses yang disebut halografi. Dimana film yang digunakan berbentuk silindris. dll 2.

dimana menggunakan kelajuan cahaya (3x108 m/s) dan mengukur selang waktu pulsa kirim dan pulsa terima dari pulsa tertentu. kita dapat menentukan bahwa jarak bumi-bulan adalah 380. digunakan dalam system audio compact disk dan video compact disk.3. Dengan ketelitian lebih dari 10cm. Teknik ini memerlukan pulsa laser berdaya tinggi. Bidang Astronomi Pulsa sinar laser dapat digunakan untuk mengukur jarak bumi-bulan dengan teliti. Bidang Elektronika Laser solid-state berukuran sangat kecil. dimana berkas laser dipantulkan dari sandi pola-pola digital dalam disk. 4. sehingga suatu pancaran foton yang dikirim harus mampu kembali ke teleskop pengumpul di bumi dan terdeteksi . misalnya dalam membuat prakiraan gempa bumi yang lebih dapat diandalkan. dan diubah ke sinyal-ssinyal listrik yang dianalisa oleh sebuah komputer dan mentransformasikannya ke sebuah pola sinyal-sinyal tegangan yang menjalankan pengeras suara dan output VCR. informasi seperti ini sangat berguna.000Km.

Sifat laser yang dapat menghasilkan berkas sinar yang tipis tetapi intensitassnya cukup untuk menguapkan apa saja yang dilaluinya juga digunakan dalam pengobatan suatu retina yang lepas dari koroid.5. Suatu operasi atau pembedahan dengan laser sederhana (iredectomy) dapat membakar untuk membuka sebuah lubang tipis dalam selaput yang tersumbat sehingga tekanan cairan yang rusak dapat diperkecil. Bidang Komunikasi Dalam bidang komunikasi. Bidang Kesehatan atau Kedokteran Bidang ini sangat penting bagi kita terutama untuk membantu menegakkan diagnosa maupun untuk pengobatan. Laser juga digunakan untuk memilih jaringan-jaringan yang rusak misalnya dalam pemusnahan tumor dan kanker kulit. sehingga sangat berguna dalam pembedahan sebagai pisau Kelebihan pisau laser dibandingkan dengan pisau bedah konvensional adalah bahwa sinar laser memotong sekaligus menggumpalkan darah pada saat yang bersamaan. sehingga mengurangi pendarahan. laser berfungsi untuk memperkuat cahaya. Sifat atau fakta bahwa gelombang laser yang berbeda dapat diserap oleh jaringanjaringan tertentu digunakan pada operasi bedah mata untuk mengatasi keadaan mata yang membesar. sehingga dapat menyalurkan suara dan sinyal gambar dengan serat optik. Hal ini biasanya digunakan dengan peralatan tambahan yang lain. Pada bulan Juli 1995 di salah satu Rumah Sakit Jakarta (Poli mata) telah tersedia suatu alat yang disebut eksimer laser dimana alat ini digunakan untuk mengoreksi cacat mata myopia (rabun jauh) . 6. yang siebut glaucoma - - - - Glaucoma disebabkan oleh tekanan cairan (Fluida) yang tinggi dalam mata. Pengiriman sinar laser yang membawa sinyal komunikasipun menjadi semakin mudah dari suatu stasiun relai lainnya tanpa banyak kehilangan energi. sehingga letusan radiasi laser yang singkat merusakkan permukaan kecil retina dan bekas luka jaringan yang dihasilkan dapat mematri retina kembali pada koroid. Sifat laser menghasilkan sinar monokromatik (yang tipis) dengan intensitas tinggi dan cukup kuat untuk menguatkan apa saja yang dilaluinya. hal ini dapat mengarah pada kerusakan saraf optik yang akhirnya menyebabkan kebutaan.

Pada penderita myopia panjang sumbu bola mata tidak seimbang dengan lengkung korneanya. Artinya kalau kita berkacamata tebal. maka setelah dikoreksi dengan alat itu tidak perlu lagi memakai kacamata dan menurut keberhasilan eksimer laser angka keberhasilannya mencapai 90%. Dengan eksimer laser bentuk kornea mata dikoreksi sehingga akhirnya bayangan bisa tepat jatuh di retina. Akibatnya pandangan matapun menjadi kurang jika melihat benda-benda jauh dan harus dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak. TERIMA KASIH . Laser juga membantu para dokter gigi merapikan gigi pasien yang berantakan serta mengobati luka penderita kencing manis (Diabetes) dan bahkan bisa merangsang produksi sperma pria yang mandul. sehingga sinar yang masuk ke mata menghasilkan bayangan yang tidak dapat jatuh di depan retina.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful