METODE NUMERIK

SEMESTER 3 2 JAM / 2 SKS

Metode Numerik

1

penyajian bilangan pecahan .nilai signifikan . Sistim Bilangan dan Kesalahan .penyajian bilangan bulat .prinsip penyelesaian persamaan 2.akurasi dan presisi . Pendahuluan .latar belakang .mengapa dan kapan menggunakan metode numerik .Materi yang diajarkan : 1.pendekatan dan kesalahan Metode Numerik 2 .

Metode Iterasi Gauss-Seidel Metode Numerik .Metode Eliminasi Gauss Jordan .Metode Biseksi .permasalahan persamaan non linier .Metode Regula Falsi .Metode Iterasi sederhana .Penentuan nilai maksimal dan minimal .permasalahan persamaan linier simultan .Metode Tabel .Contoh penyelesaian persamaan linier simultan 3 . Penyelesaian Persamaan Linier Simultan .Metode Eliminasi Gauss . Penyelesaian persamaan Non Linier .Metode Secant .menghitung nilai akar .penentuan nilai eigen pada matriks .3.menghitung titik potong dua kurva 4.Metode Newton Raphson .

Diferensiasi Tingkat Tinggi . Integrasi Kuadratur Gauss dengan pendekatan 3 titik .permasalahan diferensiasi numerik .Metode Selisih Tengahan .Metode Integrasi Gauss .Metode Integral Reimann .Integrasi Gauss 1. Integrasi Numerik .permasalahan Integrasi . Integrasi Kuadratur Gauss dengan pendekatan 2 titik 2.5.Metode Integrasi Trapezoida .Aplikasi Integrasi Numerik 1. Menghitung LuasNumerik 4 .Pemakaian Diferensiasi untuk menentukan titik puncak kurva 6.Metode Integrasi Simpson . Diferensiasi Numerik . Menghitung Luas daerah berdasarkan gambar Metode dan Volume benda putar 2.Metode Selisih Maju .

Aplikasi Persamaan Diferensial 1. Penyelesaian Persamaan Diferensial . Interpolasi Linier.Penyelesaian Persamaan Diferensial Tingkat 2 dengan Metode Runge Kutta .Regresi Eksponensial .Interpolasi Lagrange 9.Metode Runge Kutta .Interpolasi Polinomial .Interpolasi Kuadratik .Metode Taylor .Metode Euler .7.Regresi Linier . Polinomial dan Lagrange . Pada sistim listrik 8. Regresi Linier.Penyelesaian Persamaan Diferensial Tingkat 2 dengan Metode Euler . Pada sistim mekanis 2. Eksponensial dan Polinomial .Persamaan Diferensial Tingkat TInggi .Regresi Polinomial Metode Numerik 5 . Kuadratik.Interpolasi Linier .

Samual D. John H. 2004 4. Nana Ramadijanti.Wheatley. Curtis F.Referensi : 1. Won W. PENS 2. Carl D. Wenwu Cao. Fink. Applied Numerical Methods Using Matlab. Patrick O. 1980 3. Applied Numerical Anaysis.Gerald. 3rd Ed. Instructor’s Solution Manual for Numerical Methods Using Matlab 5. John Wiley & Sons Metode Numerik 6 . Dasar-dasar Analisa Numerik. Conte. Mc Graw Hill. Boor. Mathew & Curtis D. Metode Numerik untuk penyelesaian persamaan Numerik. Yang. Pearson Education Inc.

SISTIM PENILAIAN : UTS UAS TUGAS : 35 % : 45 % : 20 % Metode Numerik 7 .

Pendahuluan Metode Numerik • Prinsip-Prinsip Metode Numerik • Sistem Bilangan dan Kesalahan • Aplikasi Metode Numerik Metode Numerik 8 .

Metode Analitik vs Metode Numerik • Metode analitik metode sebenarnya dapat memberikan solusi sebenarnya (exact solution) solusi yang memiliki galat/error = 0. • Metode analitik hanya unggul pada sejumlah persoalan matematika yang terbatas Metode Numerik 9 .

dalam bentuk dan proses yang sulit diselesaikan dengan metode analitik Metode Numerik 10 . • Metode numerik dapat menyelesaikan persoalan di dunia nyata yang seringkali non linier. ada selisih diantara keduanya yang kemudian disebut galat/error. Karena tidak tepat sama dengan solusi sebenarnya. Solusi angka yang didapatkan dari metode numerik adalah solusi yang mendekati nilai sebenarnya / solusi pendekatan (approximation) dengan tingkat ketelitian yang kita inginkan.• Metode numerik teknik yang digunakan untuk memformulasikan persoalan matematik sehingga dapat dipecahkan dengan operasi hitungan/aritmatika biasa.

metode numerik mjd penting utk menyelesaikan permasalahan ini • Pemakaian metode analitik terkadang sulit diterjemahkan ke dalam algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer.. Metode numerik yang memang berangkat dari pemakaian alat bantu hitung merupakan alternatif yang baik dalam menyelesaian persoalan-persoalan perhittungan yang rumit.Mengapa menggunakan Metode Numerik • Tidak semua permasalahan matematis atau perhitungan dapat diselesaikan dengan mudah. • Kesulitan menggunakan metode analitik untuk mencari solusi exact dengan jumlah data yang besar. diperlukan perhitungan komputer. Metode Numerik 11 . • Dibutuhkan metode yang menggunakan analisis-analisis pendekatan persoalan2 non linier untuk menghasilkan nilai yang diharapkan.

Metode Numerik 12 • • . sehingga metode numerikpun tidak dapat menyajikan penyelesaian dengan baik. Penyelesaian ini menjadi acuan bagi pemakaian metode pendekatan. Bila persoalan sudah merupakan persoalan yang mempunyai kompleksitas tinggi. maka penyelesaian matematis (metode analitik) adalah penyelesaian exact yang harus digunakan. Bila persoalan sudah sangat sulit atau tidak mungkin diselesaiakan secara matematis (analitik) karena tidak ada theorema analisa matematik yang dapat digunakan.Beberapa kriteria penyelesaian perhitungan matematika • Bila persoalan merupakan persoalan yang sederhana atau ada theorema analisa matematika yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan tersebut. maka dapat digunakan metode-metode simulasi. maka dapat digunakan metode numerik.

Metode Numerik 13 . tentunya setiap nilai hasil perhitungan akan mempunyai nilai error (nilai kesalahan). • Dengan metode pendekatan. • Algoritma pada metode numerik adalah algoritma pendekatan maka dalam algoritma tersebut akan muncul istilah iterasi yaitu pengulangan proses perhitungan. • Pendekatan yang digunakan dalam metode numerik merupakan pendekatan analisis matematis.Prinsip-Prinsip Metode Numerik • Metode numerik ini disajikan dalam bentuk algoritmaalgoritma yang dapat dihitung secara cepat dan mudah. dengan tambahan grafis dan teknik perhitungan yang mudah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful