GERAKAN SENAM HAMIL 1.

Melatih Otot Kaki Gerakan:Duduklah dengan posisi kedua lutut diluruskan, tubuh bersandar pada kedua lengan yang diletakkan di belakang pantat. Tegakkan kedua telapak kaki dengan lutut menekan kasur. Kemudian tundukkan kedua telapak kaki bersama jari-jarinya. Ulangi beberapa kali. Hadapkan kedua telapak kaki satu sama lain dengan lutut tetap menghadap ke atas, kembalikan ke posisi semula. Ulangi terus sebanyak beberapa kali. Kedua telapak kaki digerakkan turun ke arah bawah, lalu gerakan membuka ke arah samping, tegakkan, kembali, dan seterusnya. Kedua telapak kaki buka dari atas ke samping turunkan, hadapkan, kembali ke posisi semula, dan seterusnya. Kegunaan: memperlancar sirkulasi darah di kaki dan mencegah pembengkakan pada pergelangan kaki.

2. Melatih Pernafasan

A. Pernafasan perutTidurlah terlentang dengan satu bantal, kedua lutut dibengkokkan dan dibuka kurang lebih 20 cm. Letakkan kedua telapak tangan di atas perut di sekitar pusat sebagai perangsang. Keluarkan napas dari mulut (tiup) sembari tangan menekan perut ke dalam. Tarik napas dari hidung dengan mulut tertutup, perut mengembang mendorong kedua tangan ke atas. Perhatikan bahwa gerakan pernafasan dilakukan dengan perut (jadi dada tidak ikut kembang kempis). Kegunaan: melemaskan dinding perut agar mudah diperiksa oleh dokter/bidan.

B. Pernafasan igaTidur terlentang (seperti pada pernapasan perut), letakkan kedua tangan dalam posisi mengepal di iga sebagai perangsang. Bernapaslah seperti pada pernapasan perut dengan perkecualian tangan menekan iga ke dalam dan iga mengembang mendorong kedua tangan ke arah samping luar. Kegunaan: mendapatkan oksigen sebanyak mungkin.

C. Pernapasan dadaTidur terlentang (seperti pada pernapasan perut), letakkan kedua tangan di dada bagian atas. Keluarkan napas dari mulut (tiup) dengan tangan menekan dada ke arah dalam. Tarik napas dari mulut dengan mulut terbuka, dada mengembang mendorong ke dua tangan ke atas. Kegunaan: mengurangi rasa sakit saat bersalin.

D. Pernapasan panting (pendek-pendek dan cepat)Pernapasan ini menyerupai pernapasan dada, hanya saja irama pernapasan lebih cepat dengan gerakan napas dihentikan separuhnya (bernapas tidak terlalu dalam, pendek-pendek saja).

Apa yang harus dilakukan agar proses bersalin berjalan dengan lancar? Tips menghadapi saat bersalin 1. serta dilakukan juga saat ibu sudah merasa ingin mengejan sementara pembukaan belum lengkap. supaya jalan lahir tidak bengkak atau robek. Ulangi gerakan ini 15-30 kali sehari. angkat panggul ke atas sejauh mungkin. kedua lengan sejajar bahu. Melatih Otot BetisGerakan:Berdiri sambil berpegangan pada benda yang berat dan mantap. mengurangi dan mencegah pegal-pegal. 6. tolehkan ke kiri atau ke kanan. Kepala di antara kedua tangan. kedua lutut sejajar panggul dan agak diregangkan. 5. Lakukan enam kali dalam sehari. Lakukan sehari 2 kali selama 15 . Kegunaan: mempertahankan dan memperbaiki posisi janin agar bagian kepala tetap di bawah. Kegunaan: mencegah timbulnya wasir saat mengejan. terutama untuk ibu yang hamil untuk pertama kalinya. Kempeskan perut. geser siku sejauh mungkin ke kiri dan ke kanan hingga dada menyentuh kasur. kemudian perlahan kembalilah berdiri tegak. Kemudian. Kegunaan: mengembalikan posisi panggul yang berat ke depan. lepaskan kerutan. dsb. lemaskan bahu.Kegunaan: istirahat/menghilangkan lelah sesudah mengejan. Kemudian kempeskan perut hingga punggung menekan kasur. Rasakan tonjolan tulang panggul bergerak ke belakang. Melatih Otot Panggul Gerakan:Tidur terlentang. turunkan perlahan (pantat masih berkerut). menghadapi saat bersalin tentu menimbulkan rasa takut dan kekhawatiran. Tundukkan kepala seraya berjongkok perlahan sampai ke bawah tanpa mengangkat tumit dari lantai. Kapan harus berangkat ke rumah sakit/bidan? . Semua gerakan latihan pernapasan di atas sebaiknya dilakukan enam kali sehari di pagi hari sesudah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. 4. Posisikan ibu jari dan jari-jari lain menghadap ke atas. Tundukkan kepala dan kerutkan pantat ke dalam hingga terangkat dari kasur. Setelah jongkok. kedua lutut dibengkokkan.20 menit/kali. sakit pinggang dan punggung serta nyeri di lipat paha. Melatih Otot PantatGerakan:Tidur terlentang tanpa bantal. 3. Letakkan kedua tangan di samping badan. Letakkan siku di atas kasur. Regangkan kaki sedikit dengan badan lurus dan pandangan lurus ke depan. Dekatkan tumit ke pantat dengan kedua tangan di samping badan. Ulangi enam kali sehari. Kerutkan pantat ke dalam sehingga lepas dari kasur. Latihan Anti SungsangGerakan:Ambil posisi merangkak. Tips Menghadapi Saat Bersalin Untuk ibu. lepaskan kerutan. kedua lutut dibengkokkan dan agak diregangkan. Lemaskan kembali dan rasakan tonjolan tulang bergerak kembali ke depan.

Bila tanda-tanda tersebut ditemukan: SEGERA KE RUMAH SAKIT! 2. perasaan yang ³moody´ dapat terjadi. Perubahan tubuh wanita Tahap pertama kehamilan dapat membawa beberapa perubahan dalam tubuh anda. · Keluarnya darah lendir disertai mulas teratur. · Saat sakit sudah lewat. Sebelum mengejanAtur pernapasan saat timbul rasa sakit. dan perubahanperubahan pada seorang ibu terjadi.· Rasa sakit timbul secara teratur tiap 5 menit (pada kelahiran pertama) atau tiap 10 menit (pada kelahiran selanjutnya). · Jangan berteriak agar tidak cepat lelah dan otot-otot tetap lemas sehingga persalinan lancar. tarik napas dalam kemudian keluarkan perlahan lewat mulut (tiup). Tanda kehamilan. Jangan menutup mata selagi mengejan. tahan napas dan mengejanlah dengan kuat seperti buang air besar. dan masuk angin selama kehamilan trimester pertama. caranya: · Saat sakit sedang terasa. Saat mengejanTarik napas dalam dengan kedua tangan merangkul lutut dan kepala melihat ke arah pusat. kehamilan trimester pertama dapat merupakan saat yang sulit juga. keputihan bisa menjadi lebih banyak. Meregangnya perut juga nyata pada tahap ini. ingat bahwa ini adalah bukan penyakit tetapi sesuatu yang alamiah. 3. Kehamilan trimester pertama adalah waktu yang harus dinikmati. Tubuh anda akan tumbuh dan berubah untuk mengakomodasi perkembangan janin. Beberapa perubahan pada trimester pertama kehamilan termasuk diantaranya adalah perubahan ukuran payudara. · Keluarnya air ketuban. mual. Bagaimanapun juga. dan dalam beberapa kasus. bernapaslah seperti biasa. lelah. rasa cepat lelah dan mual. harapan. agak ³lier´.39 0 komentar Trisemester Pertama Kehamilan Awal kehamilan anda ditandai berdasarkan menstruasi terakhir anda.Resep Masakan Nusantara di 22. Pada tahap ini mungkin anda merasa ingin kencing lebih sering. Banyak perubahan fisik yang akan anda alami selama trimester pertama (3 bulan pertama kehamilan). Anda mungkin mengalami satu atau lebih dari tanda di atas. Periode ini juga merupakan periode tumbuh kembang yang cepat bagi bayi anda. Beberapa wanita juga mengalami konstipasi. gangguan pencernaan. Tanda utama kehamilan termasuk diantara payudara yang membesar dan agak menegang. Diposkan oleh Resep . Ulangi mengejan tiga kali berturut-turut selama rasa sakit masih terasa. dan dapat juga terjadi periode ketidaknyamanan untuk anda. Ketika terasa dorongan untuk mengejan. Problem selama trimester pertama kehamilan . Meskipun setiap tahap kehamilan mempunyai karakter yang berbeda.

Resep Masakan Nusantara di 19. 3. Anda mungkin merasa lelah Karenna tubuh anda harus mensuplai dan mendukung nutrisi untuk kehamilan. Mungkin anda perlu buang air kemih lebih sering sejalan dengan membesarnya rahim anda yang menekan kandung kemih. Gejala pada awal kehamilan dan usaha untuk mengatasinya Dalam waktu 2 bulan setelah konsepsi. hubungi pusat pelayanan kesehatan terdekat. Perubahan hormonal juga dapat mengakibatkan mual. Bila anda tidak dapat makan atau minum lebih dari 24 jam. muntah di awal kehamilan. hormone merangsang tubuh anda untuk memulai memberikan nutrisi pada janin. Untuk mengatasi infeksi saluran kencing. Rasa lelah yang tidak biasa. tetapi dapat berlangsung seharian. kelelahan dan lapar juga mempunyai peran. 4. ³lier´. Jantung terasa lebih cepat dan detaknya lebih kuat. Payudara anda akan terasa lebih berisi dan berat. Carilah pertolongan segera apabila rasa kliengan berat dan terjadi bersamaan dengan nyeri abdomen dan perdarahan. Sejumlah ibu akan mengalami perasaan tidak nyaman dan problem seperti muntah berlebihan. Meningkatnya frekuensi berkemih. Berdiri perlahan setelah tiduran atau duduk. Untuk membantu meringankan gejala ini. Ini mungkin mengindikasikan suatu kehamilan ektopik. Bila terasa mulai kliengan saat menyetir. Untuk menyelamatkan jiwa maka jaringan ektopik harus diambil. anda sebaiknya istirahat yang banyak.Kehamilan trimester pertama dipenuhi oleh banyaknya perubahan pada ibu. berhentilah. makanlah dalam porsi kecil tetapi lebih sering sepanjang hari. Pastikan anda mengkonsumsi cukup zat besi dan protein. Mual cenderung membuat kondisi lebih jelek dipagi hari. Memakai panty liners juga bermanfaat jika anda takut urin keluar saat tertawa misalnya. batuk atau bahkan saat ketawa. Kram kaki dapat terjadi karena rendahnya kadar kalsium. Beberapa ibu juga dapat mengalami varises. Kenaikan produksi hormon dapat membuat payudara anda lebih sensitive. Ini adalah : 1. Selalu konsultasikan pada dokter anda. Diposkan oleh Resep . pertambahan berat. duduklah bahkan berbaringlah segera. kurangi minum setelah malam. bahkan sebelum test kehamilan dan pemeriksaan pertama. bagaimana pun juga buang air kencing begitu anda merasa ingin. Hisaplah permen. dan lelah. Mual dan enek.48 0 komentar Nutrisi Di masa Kehamilan . nadi lebih cepat. suatu kondisi dimana sel telur berimplan diluar rahim. dan bila saat berdiri. Jika tidur terasa terganggu karena harus ke kamar kecil tengah malam. Mempergunakan bh yang lebih menyokong seperti bh untuk sport. 2. Permen lemon dan peppermint kadang membantu. bila merasakan tanda dan gejala berlebihan atau terlalu berat. Sirkulasi normal berubah saat awal kehamilan yang mungkin dapat menyebabkan sedikit ³kliengan´Stress. Cobalah jahe atau the jahe. Hindari makanan yang baunya membuat anda semakin mual. hindari berdiri terlalu lama. Untuk melawan rasa lelah tersebut. Bahkan tekanan yang kuat tersebut bisa membuat urin keluar sendiri saat anda bersin. Untuk mengurangi gejala tersebut. nyeri ulu hati. Dizziness. 5. Payudara membesar dan menegang.

Karbohidrat : Karbohidrat merupakan sumber tenaga/energi (1g karbohidrat = 4 kalori . kita simpulkan saja. Wanita hamil membutuhkan sebesar 2485 kalori per hari. Kita diberikan kepercayaan oleh Tuhan untuk melahirkan dan memelihara satu makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna yaitu manusia.15 kg bagi mereka dengan berat badan 45 . kehamilan merupakan anugrah Tuhan yang tak terhingga nilainya.Bagi pasangan muda yang baru menikah.18 kg bagi mereka dengan berat badan <> Setelah mengetahui status gizi ibu hamil. Idealnya.11. Dalam bulan bulan berikutnya diharapkan peningkatan sebesar 2 kg per bulannya. karena selama kehamilan. saat zat gizi kurang. Salah satu persiapan yang dilakukan saat hamil adalah menjaga asupan nutrisi yang bagus untuk ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. Perkembangan ini sangat dipengaruhi oleh kecukupan zat gizi ibu. Tentu saja kita tidak boleh sembarangan dalam melaksanakan tugas mulia ini. yang terdiri dari : 1. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang macam macam nutrisi untuk ibu hamil.65 kg saat mulai hamil 12.5 . Salah satu parameter untuk mengetahui status gizi ini adalah dengan melihat peningkatan berat badan selama kehamilan. Bingung? Oke deh. kita cari tahu dulu bagaimana mengetahui status gizi ibu hamil.5 kg bagi mereka dengan berat badan > 65 kg saat mulai hamil. barulah sekarang kita menginjak ke pokok pembahasan yaitu menghitung kebutuhan nutrisi ibu hamil. dalam 5 bulan pertama terdapat peningkatan 1 kg berat badan ibu per bulan. janin di dalam tubuh ibu berkembang dengan pesat. agar apa yang dipercayakan Tuhan kepada kita tidak kita salah gunakan alias diperlakukan sembarangan. pertumbuhan juga dapat terganggu. 12 . Selama kehamilan. Kita harus mempersiapkan kelahiran manusia imut itu dengan sebaik baiknya. diharapkan adanya peningkatan berat badan ibu sebesar : 7 .

dan kacang kacangan. Penting dalam proses metabolisme tubuh. tahu. minyak tumbuhan. Sumber lemak yang utama adalah daging. fungsi penglihatan dan pertumbuhan otak bayi. telur. Fungsi vitamin dan mineral sendiri antara lain : Vitamin A : Membantu pertumbuhan kulit. 2. Anjuran : konsumsi kurang lebih 1 sendok makan zat lemak setiap kali makan. Jangan lupa lengkapi dengan segelas susu. asam lemak antara lain asam lemak omega 3 dan 6 juga diperlukan untuk perkembangan system saraf. ikan. Anjuran : konsumsi 3 porsi protein setiap hari (1 porsi protein = 2 butir telur atau 200 gram daging ayam/ikan) 3. kegunaan lainnya yaitu menjaga kesehatan jaringan saraf dan penting dalam pembentukan sel darah merah. Akhirnya«semoga bermanfaat« Diposkan oleh Resep . Kalsium : Membangun tulang dan gigi. Besi : Membantu pembentukan sel sel darah merah. Penting untuk fungsi penglihatan yang normal. tempe. tulang dan gigi. dsb. Konsumsi 4 porsi sayuran per hari (1 porsi = setengah gelas sayuran matang atau 1 gelas sayuran mentah) dan 3 porsi buah buahan perhari (1 porsi = 1 butir apel ukuran sedang atau setengah gelas stroberi).Tanda Kehamilan . Vitamin C : Membantu pembentukan jaringan tubuh janin. guna menyediakan energi dan peningkatan perkembangan otak janin. buah buahan dan susu.energi).25 0 komentar Tanda . nasi. telur. kentang. selain itu. k. Lemak : kegunaannya antara lain sebagai cadangan energi tubuh saat ibu kelak melahirkan (lemak merupakan zat gizi kaya energi. Vitamin D : Bahan dasar pembentukan tulang dan gigi. e. Asam Folat : Mencegah terjadinya cacat bawaan di tulang belakang. Anjurannya : konsumsilah 9 porsi karbohidrat (1 porsi = 1 potong roti atau setengah cangkir sereal) setiap hari.Resep Masakan Nusantara di 19. d. Kebutuhan : lebih kurang 1292 kalori atau sama dengan 323 gram karbohidrat (sekitar 5 piring nasi). 4. 1 gram lemak = 9 kalori). mie. susu. roti. susu. Sumber : daging. Vitamin dan Mineral : Sumber vitamin dan mineral adalah sayuran. dll. mentega. Protein : Protein diperlukan sebagai zat pembangun alias membangun jaringan tubuh janin (asupan protein yang kurang dapat menghambat pertumbuhan janin). Kebutuhan : 60 gram per hari. pelarut vitamin a. Sumber karbohidrat antara lain.

dihitung dari tanggal pertama haid terakhir. Untuk mengatakan seorang wanita itu hamil. Gangguan buang air besar karena pengaruh hormonal. Tanda kehamilan sendiri dibagi lagi menjadi tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Gejala Kehamilan Tidak Pasti : 1. Rumus sederhana menentukan tanggal kelahiran yaitu tanggal ditambah 7 sedangkan bulan dikurangi 3. 3. Data subyektif artinya segala sesuatu yang dirasakan atau dialami oleh wanita yang sedang hamil atau sering disebut dengan gejala kehamilan sedangkan data obyektif adalah segala hal yang bisa diamati oleh orang lain pada diri seorang wanita yang sedang hamil atau sering diistilahkan dengan tanda kehamilan. . Penting untuk dicatat tanggal hari pertama haid terakhir guna menentukan usia kehamilan dan memperkirakan tanggal kelahiran. namun tidak sedikit pula yang tidak tahu atau kurang paham tentang tanda tanda kehamilan.Mengidam atau menginginkan sesuatu baik itu makanan. 2. minuman atau hal hal yang lain. Yang saya maksudkan dengan tanda tanda kehamilan disini yaitu apa apa saja yang dialami seorang wanita saat hamil atau menjelang akan hamil. Mual dengan diikuti muntah ataupun tidak sering terjadi pada bulan bulan pertama kehamilan. Tidak haid adalah gejala pertama yang dirasakan oleh seorang wanita yang menyadari kalau dirinya sedang hamil. maka perlu dilakukan kajian terlebih dahulu terhadap data subyektif dan obyektif yang ditemukan pada wanita tersebut.Mungkin sudah banyak dari kita yang tahu apa itu hamil/mengandung.

periksakanlah ke dokter.Tidak ada nafsu makan. Diposkan oleh Resep . Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap dari sebelumnya yang kira kira terjadi diatas minggu ke 12 kehamilan. Berikut ini ada tips yang sangat dianjurkan bagi Ibu hamil dalam masa pertumbuhan bayi di dalam kandungan : 1. Bila Anda mempunyai keluhan atau mempunyai kekhawatiran apapun terhadap kehamilan yang Anda alami. Tes kehamilan memberikan hasil positif. kontrol harus dilakukan lebih sering lagi. 3.17 0 komentar Tips Sehat Masa Hamil Menjaga kehamilan agar bayi sehat selama di kandungan tidak lah mudah. 5. Kadang kadang wanita hamil bisa pingsan di keramaian terutama pada bulan bulan awal kehamilan. Keputihan atau keluarnya cairan berlebihan dari vagina karena pengaruh hormonal. Tanda Kehamilan Tidak Pasti : 1. 6. Perubahan payudara menjadi lebih tegang dan membesar. Inilah awal untuk memiliki anak ya ng sehat. . Kontrol teratur ke dokter untuk memeriksakan kehamilan. 4. Sering kencing terutama bila kehamilan sudah besar. 6. Bulan-bulan terakhir kehamilan. mungkin ada hubungannya dengan mual mual diatas. agar bayi yang ada dalam kandungan tetap sehat. Dan masa kehamilan ini sangatlah menentukan pertumbuhan dan perkembangan si kecil nantinya. 5.4. Pembesaran perut terutama tampak jelas setelah kehamilan 14 minggu.Resep Masakan Nusantara di 19. 2. walaupun ini belum saatnya Anda harus kontrol kembali. Gusi bengkak terutama pada bulan bulan pertama kehamilan.

dapat juga menyebabkan Anda mengalami keguguran. kopi. sayuran hijau. pusing. brokoli. Kenali keadaan diri sendiri.2. Cara mudah untuk melihat kecukupancairan dalam tubuh ialah dengan melihat warna air seni. beras merah. 9. Cairan yang masuk berguna untuk membantu peningkatan volume darah yang terjadi selama kehamilan. Asap rokok akan membuat si kecil lahir dengan berat badan yang kurang. minuman ringan dan coklat . 3. karena Anda sering menghirup asap rokok dari orang sekitarnya. misalnya dari suami Anda. dapat berupa jus buah. 7. Konsumsi makanan yang bergizi. Berhenti merokok bila Anda merokok atau janganlah menjadi perokok pasif. 4. Konsumsi vitamin Asam Folat 400 mikrogram perhari. itu menunjukkan Anda cukup mengkonsumsi cairan. untuk memenuhi kecukupan gizi untuk ibu dan si kecil dalam kandungan. Hindari bahan atau zat-zat kimia yang yang menimbulkan keracunan seperti insektisida. pingsan. Bila ada tanda atau gejala yang tidak biasanya seperti nyeri. jernih seperti air putih atau hanya sedikit kuning. atau sesuai yang dianjurkan oleh dokter. nadi menjadi cepat. daging dan protein lainnya. dan gejala atau tanda lainnya. kacang-kacangan. yang dapat menyebabkanterjadinya risiko untuk terjadinya perdarahan saat persalinan. terutama air putih. 5. perdarahan vagina. Cuci tangan sesering mungkin. Minumlah yang lebih banyak. Hal ini berguna untuk mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada si kecil. Termasuk juga alkohol dan kafein. 10. merembesnya air ketuban. Asam Folat ini juga penting diperoleh dari makanan yang mengandung Asam Folat seperti pada sereal. Karena dengan cuci tangan akan mencegah penyebaran kuman dan virus yang dapat menyebakan penyakit. bahan-bahan yang mengandung merkuri (air raksa) atau timah hitam. Makanan harus memenuhi 5 kelompok makanan utama: nasi atau sumber karbohidrat lainnya. Konsumsi juga tablet penambah darah. 8.8 gelas sehari.Sebenarnya semua wanita yang berusia subur. cat. yaitu tablet yang mengandung zat Besi sebanyak 30 miligram sehari selama masa kehamilan. pembengkakan pada sendi. kematian si kecil dalam kandungan atausi kecil mudah jatuh sakit atau lambat dalam mempelajari sesuatu nantinya. jeruk. sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak Zat besi. konsultasikanlah dengan dokter Anda. terutama setelah memegang daging mentah pada saat memasak atau setelah menggunakan kamar kecil. gemetar. Kafein yang ada pada teh. Minumlah sedikitnya 6 . atau air putih biasa. tidak merasakan pergerakan janin. susu. terus mual dan muntah. sayuran. Kurangi makanan berlemak dan perbanyak makanan berserat 6. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat-obatan termasuk juga obat-obat tradisional. sebelum kehamilan hingga beberapa bulan pertama dalam kehamilan. Bila air seni. nafas menjadi pendek. buah-buahan dan susu. Zat Besi ini berguna untuk mencegah terjadinya anemia pada saat kehamilan. dan lainnya.

17. Obat-obatan yang sering diminum sebelum hamil. yang sering terjadi pada bulan-bulan pertama kehamilan. Tapi ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulainya. Ini untuk mencegah terjangkit parasit toksoplasma yang menyebabkan penyakit toksoplasmosis. konsultasikanlah dulu dengan dokter sebelum meminumnya. dapat menyebabkan ibu lebih sering buang air kecil. epilepsi. bersepeda statis. Bergabung dalam kelas untuk ibu hamil seperti kelas senam hamil. 20. . walaupun Anda menyukainya. perlu dikonsultasikan kembali dengan dokter Anda. Karena ukuran rahim yang semakin besar. 11. periksakanlah ke dokter. Jika buang air kecil disertai rasa panas. Gantilah dengan makanan yang lebih bergizi. sekitar 5 . cucilah tangan setelah memegang hewan peliharaan atau berkebun. 16. berolahraga. Ini jauh lebih baik daripada makan dalam 3 porsi besar sehari. seiring dengan kurang efisiennya fungsi ginjal akibat kehamilan. Dapat juga dapat terjadi keluar air seni saat bersin.perlu juga dibatasi. Oleh sebab itu. Tetaplah beraktifitas karena akan baik untuk sang ibu maupun sang calon bayi. Ini disebabkan karena adanya tekanan rahimpada kandung kemih. Pola makan dengan porsi kecil yang lebih sering. Olahraga yang biasanya aman untuk ibu hamil seperti berjalan. 19. Hindarilah daging yang belum dimasak atau yang dimasak kurang matang. calon-calon ibu juga dapat membagi pengalaman dan menambah pengetahuan dengan sesama calon ibu lainnya. 14. 13.Selain dapat mengambil manfaat dari kelas tersebut. misalnyaobat-obatan untuk hipertensi. Lebih baik kita berhati-hati dan menanyakan semua kekhawatirkan yang kita rasakan. batuk atau ketawa.6 kali perhari.Hindarilah makanan yang dapat membuat lambung nyeri. Obat-obatan yang dijual bebas seperti untuk mengatasi flu dan batuk. yang dapat membahayakan janindalam kandungan. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering. Hindari mandi atau berendam dengan air panas saat hamil. mungkin dapat membahayakan janin dalam kandungan. dapatmengurangi mual-muntah di pagi hari dan nyeri lambung. Jangan sungkan atau takut bertanya pada dokter. 15. Apakah perlu dilakukan perubahan atau penyesuaian dengan kehamilan Anda? Apakah obat-obatanini aman digunakan dalam kehamilan? 12. Karena panas yang tinggi dapat membahayakan kehamilan. Hal ini untuk mencegah bahaya-bahaya yang tidak diinginkan. 18. Rencanakan dan buatlah lingkungan rumah yang aman untuk si kecil nantinya. nyeri dan lebih sering. asma atau kencing manis. Karena ini menyangkut kesehatan janin dan ibu sendiri.

Pada saat beristirahat sebaiknya berbaring ke samping. 25. Berikan lingkungan yang sehat untuk si kecil dalam kandungan. kapan sebaiknya vaksinasi diberikan. 23. Istirahatlah yang cukup. harus selalu diperhatikan.Posisi ini akan memberikan sirkulasi darah terbaik untuk sang janindan dapat mengurangi pembengkakan pada tungkai kaki. Melakukan vaksinasi untuk kehamilan. . 24. Hindari pemeriksaan dengan sinar X (ronsen). Tanyakanlah pada dokter mengenai hal ini. Berat badan yang berlebihan atau kurang selama kehamilan dapat menyebabkan masalah bagi si kecil yang masih dalam kandungan. 22. terutama ke sisi kiri bila sesuai saran dokter.21. Dan saat si kecil telah lahir.Janganlah melakukan diet selama hamil untuk menurunkan berat badan yang berlebih sebelum berkonsultasi dengan dokter. dan tumbuh semakin besar. tetaplah beri dia bimbingan dan kasih sayang. Kesehatan dan keamanan pada lingkungannya. Jelaskan pada dokter bila Anda sedang hamil bila dokter meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan itu.