1.

EMISI GAS BUANG EURO2

b c a

Kendaraan Anda menggunakan mesin spesifikasi Euro2, didukung oleh: a. Turbocharger
4J 4H

Turbocharger mensuplai udara dalam jumlah yang besar ke dalam cylinder sehingga output tenaga yang besar dapat dihasilkan dengan gas buang yang sedikit. b. EGR (Exhaust Gas Re-circulation)
4J 4H

Sistem EGR efektif mengurangi Nox pada gas buang dengan cara men-sirkulasi kembali gas buang dan mencampurnya dengan udara di intake manifold, untuk menurunkan temperatur c. Catalytic Converter
4J

Berfungsi mengoksidasi Particulated Material (PM) dan Hydro carbon (HC) yang dihasilkan oleh gas buang diubah secara kimia menjadi unsur yang aman seperti CO2 dan air.

Isuzu

Astra

Motor

Indonesia

Page 1

sebelum memeriksa ketinggian oli Isuzu Astra Motor Indonesia Page 2 .2. FULL OK ADD Jika mesin baru dimatikan. Pemeriksaaan oli mesin hendaknya kendaraan diparkir di tempat yang rata dan mesin belum dihidupkan. Tarik kembali oil dipstick dan periksa ketinggian dan keadaan oli apakah masih bersih atau sudah kotor. PETUNJUK PERAWATAN PEMERIKSAAN BERKALA Ketinggian oli mesin Tarik pengukur oli (oil dipstick) dan bersihkan oli yang menempel kemudian masukan kembali. tunggulah 5 menit supaya oli turun semua.

Periksa pula dari keretakan dan keausan. apabila tali kipas rusak booster rem tidak akan bekerja Isuzu Astra Motor Indonesia Page 3 . Periksa keadaan tali kipas dengan benar.32 to 0. tegangan yang terlalu kuat juga akan mengakibatkan kerusakan pada alternator atau tali kipas.Tali kipas ( Fan Belt ) Periksa apakah ketegangan tali kipas berkisar 8 sampai 12 mm (0.47 in) jika ditekan dengan kekuatan 10 kg (22 lbs)). Tegangan tali kipas yang kurang akan mengakibatkan pengisian baterai kurang atau mesin panas.

Isuzu Astra Motor Indonesia Page 4 . Periksalah ketinggian air pendingin saat mesin dingin.Ketinggian air pendingin (coolant ) Panas berlebih pada mesin dapat mengakibatkan kerusakan fatal. apabila airnya kurang dari batas “MIN” periksa kebocoran dari sistem pendingin. Pastikan memeriksa air pendingin pada waktu mesin dingin dan tambah jika perlu pada tangki cadangannnya. kemudian tambahkan sampai batas “MAX”. Tidak dianjurkan menambah zat tambahan/ additives sistem pendinginan yang tidak direkomendasikan oleh Isuzu.     Tangki cadangan jangan diisi terlalu penuh. Jangan membuka tutup radiator terkecuali jika perlu.

Saringan udara ( Air Cleaner ) Penggunaan saringan udara yang kotor tidak hanya mengurangi tenaga mesin. tetapi juga menyebabkan pemborosan bahan bakar serta menimbulkan asap hitam yang berlebihan. Perawatan saringan udara dengan cara sebagai berikut : Melepas element saringan (Letak dibelakang kabin) 1. Membersihkan body dan tutup saringan udara Bersihkan bagian dalam body saringan udara. Kendorkan mur kupu-kupu dan buka tutup bagian luar. Isuzu Astra Motor Indonesia Page 5 . 2. bersihkan debu pada tutup luar dan permukaan tempat pemasangan gasket. Buka mur kupu-kupu yang mengikat saringan udara dan keluarkan saringan udara.

sehingga saringan oli yang baru dapat duduk dengan tepat. 6.Membersihkan element saringan udara Element saringan udara berdebu tapi kering: Semprot dengan udara dari arah dalam sambil diputar tangan dengan udara yang bertekanan kurang dari 7 2 kg/cm ( 99. 2.86 x 10²kPa ) Disarankan untuk menggunakan part saringan udara yang asli dari Isuzu apabila mengganti.6 psi. Saringan oli ( Oil Filter ) 1. Lepaskan saringan oli dengan memutar berlawanan arah jarum jam menggunakan kunci saringan Dengan kain lap bersihkan tempat pemasangan pada oil cooler. Isuzu Astra Motor Indonesia Page 6 .

agar solar tidak tumpah. Dengan kain lap. 3 3. Kendorkan saringan solar dengan memutar berlawanan arah jarum jam dengan kunci saringan. kencangkan menggunakan kunci saringan: Periksa ketinggian oli mesin dan sesuaikan tingginya. Dianjurkan untuk menggunakan saringan oli Isuzu asli saat menggantinya. Oleskan oli pada O ring pasang kembali dan putar saringan searah jarum jam sampai duduk pada tempatnya. bersihkan tempat pemasangan pada tutup atas. lalu kencangkan 1/3 sampai 2/3 putaran menggunakan kunci filter. sehingga saringan solar yang baru dapat duduk dengan tepat. Oleskan oli pada O-ring pasang kembali dan putar saringan searah jarum jam sampai duduk pada tempatnya. Saringan solar ( Fuel Filter ) 1 1. 2. Nyalakan mesin dan periksa kebocoran pada saringan oli.3. Isuzu Astra Motor Indonesia Page 7 .

5. Disarankan untuk mengganti saringan solar yang asli dari Isuzu bila akan mengganti. Pompakan pompa tangan pada water separator beberapa kali untuk membuang angin pada sistem bahan bakar. Isuzu Astra Motor Indonesia Page 8 . ulangi pembuangan angin. Apabila mesin hidup dalam waktu 10 detik. Hidupkan mesin dengan kunci kontak setelah membuang angin. 6.4 4.

Membuang udara pada sirkuit hydraulic kopling Jika udara masuk ke dalam sirkuit kopling. Tarik rem parkir 2. dapat menyebabkan kopling blong “dragging”. Untuk membuang angin. Sambungkan selang “vinyl tube” ke nepel dan masukan ujung lain dari selang ke dalam wadah yang transparan. Isuzu Astra Motor Indonesia Page 9 . ikuti langkah berikut : 1. Membuang angin harus dilakukan oleh 2 (dua) orang. Pompa pedal kopling berulang-ulang dan tahan sambil ditekan. Lepaskan karet penutup pada nepel (bleeder screw) dan bersihkan nepel. 4. Dengan demikian harus dilakukan buang angin apabila tangki minyak kopling koong karena tidak ada penambahan minyak atau jika sirkuit hidrolik telah dibongkar. Periksa ketinggian minyak kopling pada tangki cadangan dan tambahkan minyak jika perlu 4 Dikocok 3 3.

Lepaskan pedal kopling dengan hati-hati. Ulangi prosedur diatas sampai gelembung-gelembung udara hilang dari minyak kopling yang sedang dipompa keluar ke dalam wadah. Isuzu Astra Motor Indonesia Page 10 . Tahan sambil menekan. Pasang kembali tutup karet.5 Tahan 6 5. 6. 7. Selama buang angin reservoir minyak kopling tetap harus diisi sampai ketinggian yang ditetapkan. Longgarkan mur nepel untuk mengeluarkan minyak kopling dengan gelembung-gelembung udaranya ke dalam wadah dan kencangkan nepel segera.

Buka tutup laci untuk memeriksa dan mengganti sikring tutupnya dapat dibuka dengan mudah oleh tanggan. putar kunci kontak ke posisi "LOCK" dan gantilah sikring hanya dengan ampere yang sama. Ketika mengganti sikring. Isuzu Astra Motor Indonesia Page 11 . Penggunaan sikring yang tidak sesuai dapat menyebabkan kebakaran dan peralatan rusak. Gunakan hanya dengan sikring yang sesuai. Untuk mengganti sikring gunakan alat penarik sikring. Jika ada sikring putus terbakar periksalah penyebabnya sebelum melakukan penggantian sikring. Daftar rangkaian sikring serta besarnya ampere di tulis didalam tutup rumah sikring.Kotak sikring ( Fuse Box ) Rumah sikring terletak dibawah laci.

Isuzu Astra Motor Indonesia Page 12 . Jika teryata putus. tetapi semua sekring OK maka periksalah fusible link. harus diganti dengan ampere yang sama. Jangan menggantinya dengan kabel biasa walaupun hanya untuk sementara. Gunakan selalu fusible link asli dari Isuzu saat penggantian. fusible link di rancang untuk putus sebelum kabel harness rusak atau terbakar. Cari terlebih dahulu penyebab kelebihan beban listrik sebelum akan melakukan penggantian fusible link. bisa menyebabkan kerusakan dan mungkin terbakar Jika terjadi muatan berlebih pada sirkuit dari baterai.Fusible link Jika lampu besar dan peralatan listrik tidak bekerja.

pasang kembali tutup baut pembuangan. kemudian matikan mesin dan periksa kembali ketinggian oli dan tambah bila perlu. Kemudian isi oli mesin dari lubang pengisian dengan oli yang baru sesuai dengan spesifikasi gradenya. Hidupkan mesin dengan putaran stasioner beberapa menit. Isuzu Astra Motor Indonesia Page 13 . Apabila oli mesin telah diisi sampai tanda batasnya pada batang pengukur.PETUNJUK PELUMASAN Mengganti oli mesin Buang oli yang berada di oil pan seluruhnya dengan membuka baut pembuangan yang berada dilapisan bawah oil pan. Oli yang panas dapat mengakibatkan kulit terbakar. dan juga buang olinya yang berada di saringan oli.tunggu sampai mesin dingin sebelum membuang oli mesin. Apabila telah selesai membuang oli mesin seluruhnya.

hati kendaraan setelah dikemudikan olinya menjadi panas . Isi oli transmisi melalui baut pengisian (F) dengan spesifikasi oli mesin. Isi oli gardan melalui baut pengisian (L) dengan spesifikasi oli gardan. Mengganti oli differential Keluarkan oli gardan dari rumah gardan dengan membuka baut pembuangan (D) yang terletak di bagian bawah rumah gardan. Isuzu Astra Motor Indonesia Page 14 .Mengganti oli transmisi Keluarkan oli transmisi dengan membuka baut pembuangan (D) yang terletak dibagian bawah transmisi. Hati.

buang kembali minyak didalam sistem hydraulic dengan memutar roda kemudi penuh ke kiri dan kanan beberapa kali. pertahankan tangki cadangan minyak terisi terus karena hal ini penting untuk mencegah udara masuk ke sistem hidraulik. tunggu sampai 2 atau 3 menit. Angkat roda depan kendaraan sampai tidak menyentuh tanah. Periksa kembali tinggi permukaan minyak dan isi kembali jika perlu Isuzu Astra Motor Indonesia Page 15 . Lepaskan pipa minyak antara unit kemudi (steering unit) dan tangki cadangan. Hidupkan mesin pada stasioner untuk beberapa menit. Apabila pembuangan telah selesai. Pasang pipa minyak dan selang dengan baik dan isi tangki cadangan dengan spesifikasi minyak transmisi otomatis. dan selang minyak antara pompa dan tangki cadangan. 2. 2. 3. Saat mengisi ulang. 3. Mengisi Ulang 1. Turunkan roda depan kendaraan.Mengganti minyak power steering Membuang: 1. Apabila reservoir fluida diisi sampai batas ketinggiannya.