P. 1
Budaya demokrasi

Budaya demokrasi

|Views: 181|Likes:
Published by melly_915891

More info:

Published by: melly_915891 on Jun 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2014

pdf

text

original

Orang-orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika

hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak. ~ Aldus Huxley

Meliyana 4115092349

`

`

` `

Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. Mengidentifikasikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi Mengidentifikasikan ciri-ciri masyarakat madani. Menganalisis pelaksanaan demokrasi di indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi.

`

budaya
sansekerta.: Buddayah bentuk jamak dari buddhi -> budi atau akal.

Demokrasi.
Yunani : Demos -> rakyat, dan kratos -> pemerintahan.

Budaya demokrasi adalah keseluruhan dari sistem nilai, dan gagasan dalam mengatur kehidupan demokrasi pada umumnya.

Unsur-Unsur Budaya Demokrasi
kebebasan persamaan

Menghormati kejujuran toleransi solidaritas

Menghormati penalaran

keadaban

BUDAYA DEMOKRASI DAN PEMBANGUNAN EKONOMI HUBUNGAN BUDAYA DEMOKRASI DAN PEMBANGUNAN EKONOMI: ³Semangkin sejahtera suatu masyarakat, maka semangkin dewasa mereka berdemokrasi.

Seymour martin lipset pembangunan ekonomi ditandai dengan peningkatan industrialisasi, kesehatan, urbanisasi dan pendidikan merupakan kondisi yang diperlukan bagi terciptanya demokrasi (budaya demokrasi)

Demokratisasi menurut Robert A. Dahl :

demokratisasi

Partisifasi efektif

Persamaa n suara

Pemaham an yang jelas

Pengawas an agenda

Pencakupa n orang dewasa

Menurut cara penyaluran kehendak rakyat, demokrasi dibedakan atas : Demokrasi Langsung. Demokrasi Tidak Langsung. Menurut dasar prinsip ideologi, demokrasi dibedakan atas : Demokrasi Konstitusional (Demokrasi Liberal). Demokrasi Rakyat (Demokrasi Proletar). Demokrasi pancasila. Menurut dasar yang menjadi titik perhatian atau prioritasnya, demokrasi dibedakan atas : Demokrasi Formal. Demokrasi Material. Demokrasi Campuran. Menurut dasar wewenang dan hubungan antara alat kelengkapan negara, demokrasi dibedakan atas : Demokrasi Sistem Parlementer. Demokrasi Sistem Presidensial.

Keterlibatan warga negara dalam pembuatan keputusan politik. Persamaan (kesetaraan) antar warga negara. Kebebasan atau kemerdekaan yang diakui dan dipakai oleh warga negara. Supremasi hukum. Pemilu berkala.

Masyarakat yang menjunjung tinggi nilai, norma dan hukum yang ditopang dengan iman dan teknologi, dengan mengedepankan kesederajatan dan tranparansi (keterbukaan), serta kehidupan yang toleran, menghargai pluralisme dan musyawarah.

`

` ` `

Partisipasi rakyat dalam kebijakan-kebijakan umum. Good governance. Pemerataan kesejahteraan. Non kekerasaan dalam menyelesaikan masalah.

Demokrasi pancasila dan gotong royong

paham kekeluargaan yang ditujukan kepada

kesejahteraan rakyat.

tugas kelompok
Periode pelaksanaan demokrasi di indonesia Kurun waktu 1945 - 1949 Pada periode ini sistem pemerintahan Demokrasi Pancasila. Kurun Waktu 1949 - 1950 Sistem pemerintahan yang dianut ialah Demokrasi Parlementer (Sistem Demokrasi Liberal). Kurun Waktu 1950 - 1959 Pada periode ini diberlakukan sistem Demokrasi Parlementer yang sering disebut Demokrasi Liberal dan diberlakukan UUDS 1950.

Kurun Waktu 1959 - 1965 Pada periode ini sering juga disebut dengan Orde Lama. UUD yang digunakan adalah UUD 1945 dengan sistem demokrasi terpimpin. Kurun Waktu 1966 - 1998 Periode ini dikenal dengan sebutan pemerintahan Orde baru yang bertekad melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. Secara tegas dilaksanakan sistem Demokrasi Pancasila dan dikembalikan fungsi lembaga tertinggi dan tinggi negara sesuai dengan amanat UUD 1945.

Kurun Waktu 1998 - sekarang (Orde Reformasi) Demokrasi yang dikembangkan pada masa reformasi pada dasarnya adalah demokrasi dengan mendasarkan pada Pancasila dan UUD 1945.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->