P. 1
Cinta Kasih Sebagai Pengikat Keluarga

Cinta Kasih Sebagai Pengikat Keluarga

|Views: 1,326|Likes:

More info:

Published by: Boy Tulus Simanjuntak on Jun 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2012

pdf

text

original

BAB 9

CINTA KASIH SEBAGAI PENGIKAT KELUARGA
Uraian Materi Pelajaran
Cinta dapat di artikan bermacam-macam dan dalam berbagai bentuk. Berikut adalah pengertian cinta. Arti dari cinta itu adalah perasaan yang ingin dibagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Atau cinta adalah sebuah kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut. Cinta dan cinta kasih tidak sama, ada perbedaan sedikit antara cinta dan cinta kasih walau arti mereka hampir sama. Cinta lebih mendalam soal rasa, sedangkan kasih adalah hasil keluarnya. Jadi kesimpulannya cinta kasih adalah rasa cinta yang sangat mendalam. Cinta Kasih dapat timbul jika ada interaksi yang menghasilkan rasa suka dan sayang atau tertarik atau bisa juga rasa yakin yang sangat kuat dan mendalam pada diri seseorang. Berikut yang merupakan hikmah cinta : 1. Sesungguhnya cinta itu merupakan ujian yang berat dan pahit dalam ujian manusia 2. Bahwa fenomena cinta yang telah melekat dalam diri manusia itu adalahpendorong yang peling besar dalam melestarikan kehidupan lingkungan. 3. Bahwa fenomena cinta merupakan faktor utama dalam kelanjutan hidup manusia 4. Fenomena cinta merupakan pengikat yang kuat antara keluarga dan kerukunan masyarakat.

Hakikat cinta kasih adalah suatu istilah yang sulit untuk diterangkan secara jelas dan juga diungkapkan. Cinta kasih bersumber pada ungkapan perasaan yang didukung oleh karsa, yang dapat berupa tingkah laku dan pertimbangan dengan baik, positif berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kebahagiaan antara sesama manusia dan tuhan. Kata cinta, selain mengandung unsur perasaan aktif, juga menyatakan tindakan yang aktif. Pengertiannya sama dengan kasih sayang sehingga, kalau seseorang mencintai orang lain, artinya orang tersebut berperasaan kasih sayang atau berperasaan suka terhadap orang lain tersebut. Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakan dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyebah Tuhan dengan ikhlas, mengikut perintahNya, dan berpegang teguh pada syariat-Nya. Beberapa definisi tentang Cinta Kasih : • Cinta kasih adalah salah satu kebutuhan hidup manusia yang sangat fundamental. Dalam cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang, dan kemesraan, belas kasih dan pengabdian,kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasan suka kepada seseorang. Cinta kasih adalah sesuatu yang indah, suci, dan didambakan oleh setiap orang. Dalam cinta kasih masing-masing dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran saling percaya saling terbuka, sehingga keduanya seakan akan merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh,sebagai perwujudan cinta kasih yang tercipta untuk mengarungi kebahagiaan yang diinginkan.

Pengertian cinta juga diartikan oleh Dr. sarlito W. sarwono, dia menyatakan bahwa cinta memiliki tiga unsur, yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesran. • Keterikatan, adalah adanya perasaan untuk selalu bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi darinya, tak mau pergi kecuali dengan dia.

• •

Keintiman, adanya kebiasaan kebiasaan dan tingkah laku yang menujukan bahwa antara anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi Kemesraan, adanya rasa untuk ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh, Beliau menyatakan, tidak semua unsur cinta sama kuatnya.

Berikut adalah jenis-jenis cinta yang sering kita berikan kepada orang-orang yang berada disekitar kita. • • • • • • • • • "Cinta sejati sesungguhnya tidak mengharapkan imbalan apapun, kecuali cinta itu sendiri." "Cinta adalah untuk surga dan surga adalah untuk kita." "Cinta wanita yang sejati memberi sayap pada laki-laki, tetapi cinta yang palsu memberi belenggu." "Cinta adalah sebagai kemudi dalam bahtera kehidupan." "Cinta itu bermacam-macam, tetapi yang paling aman dan kekal adalah cinta yang melampaui pintu kekasih." "Cinta adalah kunci dari tiap-tiap keadaan yang baik dalam kehidupan manusia." "Cinta datangnya tak diketahui, tetapi perginya meninggalkan bekas." "Cinta kasih adalah penuh pengorbanan, penuh pengampunan, penuh penghargaan dan penuh pengabdian pada sesamanya." "Cinta pertama adalah lebih indah, lebih mesra dan kemungkinan memberi kebahagiaan dari pada cinta berikutnya, maka itu periharalah cinta pertama agar tumbuh subur sehingga anda dapat mengecap buahnya." • • "Cinta yang pertama adalah cinta yang murni dan hanya sekali saja timbul dari hati manusia." "Cinta itu bukan benda, tetapi semacam cita-cita hidup, sebab hidup tanpa cita-cita tak mempunyai arti, sedangkan cita-cita tanpa diiringi cinta akan mati." • • • • "Kita semua dilahirkan untuk cinta, itulah permulaan dan akhir kehidupan." "Cinta adalah jalan terpendek dari hati ke hati." "Cinta akan lebih indah bila dihiasi dengan air mata." "Cinta meliputi sepenuhnya kehidupan wanita, ia adalah penjara dan sorganya."

• • •

"Cinta yang sejati tiba-tiba putus, tak ubahnya seperti orang tua yang kehilangan tongkatnya." "Cinta tak dapat diuji dengan ciuman, tapi perasaan halus adalah pengujinya." "Cinta diciptakan oleh Tuhan untuk mengunggulkan kelebihan orang lain dan menutupi kekurangannya, sehingga terciptalah equilibrium." bagaimana yang kita

Dari hal yang diatas kita dapat memilih cinta yang disekitar kita.

berikan kepada saudara, orang tua, pacar, sahabat, dan juga orang yang berada Keluarga takkan dapat terbentuk tanpa cinta kasih. Tetapi terkadang suatu ikatan keluarga dapat terbentuk oleh karena paksaan dari dalam diri kita sendiri ataupun dari lingkungan. Seperti yang kita ketahui Keluarga adalah merupakan bagian terkecil dari masyarakat atau sebagai berkumpulnya seorang suami dengan seorang istri yang hidup dalam rumah dengan anak-anak sebagai buah perkawinan. Yang disebut sebagai keluarga inti adalah suami, istri, anak-anak (atau tanpa anak-anak) sedangkan keluarga besar di sebut ayah, ibu, anak-anak, tante dan paman, oma dan opa. Jadi untuk membentuk sebuah keluarga biasanya diawali dengan sebuah pernikahan. Keluarga kristen adalah keluarga yang mengandalkan pimpinan Allah dalam perjalanan hidup dan serta mengakui Allah sebagai kepala keluarga yang memiliki hidup dan kehidupan mereka sehingga keluarga kristen merupakan keluarga yang bertumbuh dalam iman kepada Yesus Kristus. Tetapi terkadang dalam kehidupan keluarga kristen tidak jarang terdapat permasalahan. Baik dari pribadi sendiri ataupun berasal dari luar keluarga. Bila keluar kristen tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut tidak jarang pula bila keluarga tersebut akan berujung dengan perpecahan yang mengakibatkan perceraian. Perceraian adalah bukti nyata yang menunjukkan bahwa keluarga tidak utuh lagi. Kita bisa melihat lebih jauh bahwa penyebab terjadinya perceraian ternyata beragam dan dengan penyebab yg sama, bisa juga muncul banyak akibat yang lain.

Ada cerita tentang ketidaksepakatan antara suami-istri (kisah Ishak dan Ribka dalam hal sikap mereka terhadap Esau dan Yakub), iri hati diantara saudara kandung maupun saudara tiri, perselisihan antara oreng tua dan anak . Dengan mengambil kisah Yusuf serta persahabatan antara Daud dan Yonatan, kita dapat melihat penting cinta kasih didalam keluarga. a. Yusuf Diawali dengan sang bapak, Yakub,yang lebih memperhatikan Yusuf yang bersama Benyamin, ahir yang lahir dari perempuan yang sangat di cintai Yakub, Rahel. Konon Yusuf adalah pmuda yang tepan. Seringnya Yusuf bermimpi membuat saudara-saudaranya memberi julukan sang pemimpi. Mereka sangat membenci yusuf dan mulai mrencenakan untuk melenyapkannya. Secara tidak sadar Yakub punya andil dalam melahirkan perpecahan diantara anak-anaknya.

b. Yonatan dan Daud Dalam keluarga Raja Saul, Yonatan Memilih setia kepada daud yang justru dibenci ayahnya. Membocorkan Rahasia ayahnya tidak berarti yontan tidak menghormati ayahnya. Yonatan lebih takut kepada Tuhan yang disembahnya daripada kepada ancaman ayahnya. Hormat kepada orang tua tidak boleh lebih besar daripada takut kepada Tuhan. Yonatan tahu bahwa daud brada pada pihak yang benar karena itu ia memilih melindungi daud dan menunjukkan kasih setianya kepada daud. Cinta Kasih dalam Teologi Kristen Cinta kasih dirangkaikan dengan kesetiaan dan kesediaan secara tulus yang menghasilkan penghargaan. Tuhan Allah yang menciptakan manusia adalah allah yang mengasihi manusia dan setia membimbing dan menyelamatkan ciptaannya. Dalam konsepteologi kristen kasih setia itu bersifat horizontal dan vertikal yaitu hubungan antara manusia dengan Tuhan dan antara manusia dengan sesamanya.Jika digambarkan dalam skema tampak seprti ini:

Tuhan

Manusia

Manusia

Dalam keluarga tidak ada yang sembunyi-sembunyi harus ada keterbukaan satu dengan yang lain sehingga membuat keluarga saling setia, saling mempercayai dan tidak bisa di ceraikan oleh siapapun, namun yang dapat

memisahkan mereka adalah maut. Orangtua harus mengasihi anak-anaknya kel.
20:12 ; kel. 3:20-2 sedangkan Galatia 6 : 2 dikatakan “ bertolong-tolonglanlah dalam menanggung bebanmu.

HUBUNGAN ANTAR - ANGGOTA KELUARGA KRISTEN DALAM ALKITAB
S K E M A K E L U A R G A Kristus

Kepala dan Tuhan

Taat

Taat

Suami – Istri saling mengasihi

Anak- anak: - patuh pada orangtua -dijaga orangtua dan -dipertanggungjawab pada Allah

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->