P. 1
Makalah Membolos Di Kalangan Remaja

Makalah Membolos Di Kalangan Remaja

|Views: 9,608|Likes:

More info:

Published by: Arvan S Cahya Saputra on Jun 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2015

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Dengan perubahan jaman yang semakin canggih dan modern,tidak memungkinkan para remaja atau generasi muda dapat menjadi lebih baik,bahkan seiring dengan perubahan zaman tersebut dapat mempengaruhi tingkah laku remaja ke arah yang negative dan berujung pada kenakalan remaja. Namun, banyak dari remaja salah mengambil keputusan dalam memecahkan masalahnya sehingga tidak menutup kemungkinan perilaku membolos itu terjadi. Membolos sekolah mungkin merupakan salah satu budaya dalam pendidikan di bumi pertiwi ini.Sering kali kita mendapati anak - anak sekolah yang masi berseragam berkeliaran di luar sekolah pada jam sekolah. Jika jaman dahulu mungkin hanya sebatas anak laki - laki saja yang melakukan atau melestarikan kebudayaan ini namun akhir - akhir ini tidak jarang kita temukan anak sekolah perempuan yang membolos di jam sekolah sendiri dengan sesama teman perempuan ataupun dengan teman laki - laki. Untuk itu, kami mengusung judul makalah ini ³Membolos di Kalangan Remaja´ agar kita sebagai calon konselor dapat memahami penyebab dan dampak siswa yang membolos serta dapat mencegahnya.

B. Rumusan Masalah Dalam penyusunan makalah ini, telah ditemukan beberapa masalah yang dikemukakan sebagai berikut: 1. Apa pengertian membolos itu ? 2. Apa sebab remaja membolos pada jam sekolah ? 3. Bagaimana akibat membolos pada kehidupan remaja dan lingkungannya ? 4. Bagaimana mencegah agar remaja tidak membolos ?

1

C. Tujuan Setelah mengetahui dan memahami masalah-masalah yang telah dikemukakan di atas, maka kami mempunyai tujuan-tujuan sebagai berikut: 1. Dapat mengetahui arti membolos itu sendiri; 2. Dapat mengetahui sebab remaja membolos; 3. Dapat mengetahui akibat membolos pada kehidupan remaja dan lingkungannya; 4. Dapat mengetahui cara mencegah agar remaja tidak membolos.

2

BAB II PEMBAHASAN A. Pengertian Membolos dapat di artikan tidak masuk sekolah tanpa

keterangan,tidak masuk ke sekolah selama beberapa hari,dari rumah berangkat tapi tidak sampai ke sekolah, dan meninggalkan sekolah pada jam pelajaran.

B. Sebab Membolos Penyebab munculnya perilaku membolos sekolah pada remaja ini dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu sekolah, personal, serta keluarga.

1. Faktor sekolah yang berisiko meningkatkan munculnya perilaku membolos pada remaja antara lain: a. kebijakan mengenai pembolosan yang tidak konsisten, b. interaksi yang minim antara orang tua siswa dengan pihak sekolah, c. guru-guru yang tidak suportif, d. tugas-tugas sekolah yang kurang menantang bagi siswa. e. kurang memiliki kepedulian terhadap apa yang terjadi pada siswa, f. bosan dengan kegiatan sekolah: Kegiatan sekolah yang itu - itu saja terasa membosankan bagi para siswa yaitu datang,duduk,diam,mendengarkan, lalu pulang. Hal ini dilakukan setiap hari tentu akan menjadi suatu hal yang sangat membosankan. g. Takut/ malas melihat wajah guru: Alasan yang satu ini merupakan alasan yang paling populer dikalangan pelajar.Dengan alasan takut atau malas mengikuti pelajaran salah seorang guru membolos merupakan pilihan yang menggiurkan, entah karena tidak mengerjakan PR atau alasan yang lain sebagainya.

3

2. Faktor personal misalnya terkait dengan menurunnya motivasi atau hilangnya minat akademik siswa, kondisi ketinggalan pelajaran, atau karena kenakalan remaja seperti konsumsi alkohol dan minuman keras.

a. Tertarik dengan kegiatan diluar sekolah: Ketika seorang pelajar mengetahui ada kegiatan menarik diluar sekolah tentu siswa tersebut akan berusaha untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut dan sayangnya kegiatan diluar sekolah tersebut bukan hanya kegiatan yang bersifat positif.

b. Ajakan teman Ajakan teman terkadang terdengar seperti tantangan atau mungkin ejekan yang membuat seorang siswa tidak mampu menahan godaan adrenalin.

c. Kesiangan Ketika seseorang pelajar terlambat datang kesekolah dia akan berfikir antara dihukum karena terlambat atau dihukum karena membolos? andaikan anda seorang pelajar anda akan berfikir sama-sama dihukum tapi mending dihukum karena membolos karena sudah merasakan enjoynya membolos.

d. Mencari uang

3. Faktor keluarga meliputi pola asuh orang tua atau kurangnya partisipasi orang tua dalam pendidikan anak (Kearney, 2001). Ketiga faktor tersebut dapat muncul secara terpisah atau berkaitan satu sama lain. Pemahaman terhadap sumber penyebab utama sangat penting untuk mengatasi masalah ini.

4

C. Akibat Membolos Macam-macam akibat membolos: a. Tidak naik kelas; b. Di keluarkan dari sekolah; c. Nilai ulangan tidak sesuai harapan; d. Ketinggalan pelajaran; e. Gagal dalam ujian; f. Prestasi belajar menurun; g. Dapat mempengaruhi orang lain untuk membolos.

D. Pencegahan dan Mengatasi Membolos 1. Tugas pihak sekolah dalam membantu menurunkan perilaku membolos adalah: 1) mengusahakan kondisi sekolah hingga nyaman bagi siswasiswanya. Kondisi ini meliputi proses belajar mengajar di kelas, proses administratif serta informal di luar kelas.

2) memperhatikan siswa sehingga mereka tertarik datang dan merasakan manfaat sekolah adalah dengan melakukan pengenalan terhadap apa yang menjadi minat tiap siswa, apa yang menyulitkan bagi mereka, serta bagaimana perkembangan mereka selama dalam proses pembelajaran. Dengan perhatian seperti itu siswa akan terdorong untuk lebih terbuka terhadap guru sehingga jika ada permasalahan, guru dapat segera membantu. Dengan suasana seperti itu siswa akan tertarik pergi ke sekolah dan perilaku membolos yang mengarah pada kenakalan remaja dapat dikurangi.

2. Usaha personal untuk mencegah membolos 1) Harus punya niat terlebih dahulu 2) Ingat-ingat kerugian yang akan di terima apabila tidak masuk sekolah meskipun hanya sehari.

5

3) Menyukai semua pelajaran. 4) Ingat hal-hal menarik yang akan di dapat jika pergi ke sekolah. Misalnya: Kumpul dengan teman-teman, ketawa-ketiwi bareng teman dan guru, dan sebagainya. 5) Bila membolos karena bangun kesiangan. a. Pasang alarm jam Set alarm dengan volume yang tinggi. Dan letakkan jam alarm agar tidak dapat terjangkau dengan tangan anda sehingga tidak harus bangun dahulu untuk mematikannya.

b. Tidur tepat waktu Usahakan tidur di bawah jam 10.00 agar tidak bangun kesiangan. Dan usahakan tidak begadang seperti: nonton TV terlalu malam.

c. Siapkan segala keperluan sekolah Siapkan buku-buku pelajaran, periksa apakah ada tugas/PR atau tidak, mengulang pelajaran walaupun hanya sebentar semuanya di lakukan sebelum tidur.

d. Merencanakan kegiatan. Ketika anda benar-benar terbangun, tutup mata sejenak dan rencana apa yang akan anda kerjakan hari itu dengan penuh semangat dan positif. "Berimajinasi tentang aktivitas

selanjutnya akan merangsang untuk berpikir dan anda akan benar-benar mewujudkannya dalam aktivitas".

6

BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Dari pemaparan materi diatas, dapat ditemukan beberapa materi inti seperti di bawah ini: a. Membolos dapat di artikan tidak masuk sekolah tanpa keterangan, tidak masuk ke sekolah selama beberapa hari, dari rumah berangkat tapi tidak sampai ke sekolah, dan

meninggalkan sekolah pada jam pelajaran. b. Penyebab munculnya perilaku membolos sekolah pada remaja ini dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu sekolah, personal, serta keluarga. c. Macam-macam akibat membolos: Tidak naik kelas, Di keluarkan dari sekolah, Nilai ulangan tidak sesuai harapan, Ketinggalan pelajaran, Gagal dalam ujian, Prestasi belajar menurun, Dapat mempengaruhi orang lain untuk membolos. d. Pencegahan dan mengatasi membolos meliputi tugas sekolah untuk meminimalisir dan usaha dari anak itu sendiri.

7

DAFTAR PUSTAKA

http://adeharun.wordpress.com/2010/04/11/cara-mengatasi-perilaku-membolossiswa-2/. Diakses pada tanggal 30 Maret 2011. http://djohar1962.blogspot.com/2009/02/cara-mengatasi-perilaku-membolossiswa.html. Diakses pada tanggal 30 Maret 2011.

8

KATA PENGANTAR

Kami ucapkan puja dan puji syukur atas kehadirat Tuhan YME atas berkat dan rahmatnya kami tim penyusun sangat bangga karena telah berhasil menyusun makalah ini dengan judul ³Membolos di Kalangan Remaja´. Kami menyadari masih terdapat kekurangan dalam makalah ini.

Kami juga mengucapkan terima kasih atas terselesainya makalah ini kepada: 1. Eva Kartika Wulan Sari, S.Pd, Kons.,sbagai dosen pengampu dan pembimbing pada mata kuliah Bimbingan dan Konseling Sosial. 2. Teman-teman tim penyusun yang benar-benar mencurahkan tenaga dan pikirannya dalam penyelesaian makalah ini. 3. Teman-teman mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2009 yang telah membantu terselesaikannya makalah ini.

Kami menyadari terdapat kekurangan pada makalah ini, untuk itu kami mohon saran dan kritik agar makalah ini dapat lengkap sehingga informasi yang disajikan dapat bermanfaat semaksimal mungkin. Semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi calon/ konselor serta umumnya pada tenaga pendidik.

Malang, 1 April 2011

Tim Penyusun

i9

DAFTAR ISI

Kata Pengantar -iDaftar Isi -iiBAB I PENDAHULUAN -1A. Latar belakang -1B. Rumusan masalah -1C. Tujuan -2BAB II PEMBAHASAN -3A. Pengertian membolos -3B. Sebab membolos -3C. Akibat membolos -5D. Pencegahan dan mengatasi membolos -5BAB III PENUTUP -7A. Kesimpulan -7-

Daftar Pustaka -8-

ii 10

MA ALAH B MB

AN DAN

ONSEL NG SOSIAL

³MEMBOLOS DI

ALANGAN REMAJA´

Dosen pembimbing Ev arti a Wulan Sari, S. Pd, ons.

Disusun oleh: 1. Arvan Sri C.S. 2. Aguswati Dwi Wirianti 3. Ditta Dwi A. 4. Devi uspita sari 5. Erna R 6. Habibullah 7. Ni en Ratih H. 8. uspaningdyah K.M. awati 090401010054 090401010078 090401010055 090401010030 090401010067 090401010098 090401010053 090401010084 090401010056 106401010014 090401010099

9. Rakit Rini 10. Wahyu S. 11. Samsul Ari

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN A ULTAS

ONSELING

EGURUAN DAN ILMU PENDIDI AN ANJURUHAN MALANG 0

UNIVERSITAS

11

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->