P. 1
Laporan Pembuatan Pupuk Organik Cair

Laporan Pembuatan Pupuk Organik Cair

|Views: 1,234|Likes:
Published by Yefta Surbakti

More info:

Published by: Yefta Surbakti on Jun 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2013

pdf

text

original

Laporan pembuatan pupuk organik cair(EM4

)
I.Pendahuluan
Pupuk sangat di butuhkan oleh tanaman baik tanaman buahbuahan,sayur-sayuran dan juga tanaman perkebunan seperti bunga,sawit,dan lain-lain. Pupuk di bagi menjadi 2 jenis yaitu:pupuk organik dan pupuk nonorganik.Pupuk nonorganik lebih sering digunakan oleh masyarakat karna pupuk nonorganik lebik mudah untuk di dapatkan dan harganya juga jauh lebih murah.Pupuk organik jarang digunakan masyarakat karna tidak mudah untuk kita dapat dan harganya juga jauh lebih mahal. Pupuk organik sangat menguntungkan bagi masyarakat karna dengan menggunakan pupuk organik dapat mengurangi limbah,tanaman yang kita tanam menjadi bagus,mencapai hasil yang maksimal,dapat menyuburkan tanaman,menggemburkan tanaman.

II.Latar Belakang
Latar belakang saya membuat laporan pembuatan pupuk organic EM4 ini adalah,karna banyak masyarakat yang menggunakan pupuk nonorganic tanpa memikirkan apa akibat dari pemakaian yang berlebihan tersebut.Disini saya bukan melarang untuk menggunakan pupuk nonorganic tapi saya menghimbau agar masyarakat tidak menggunakan pupuk nonorganic yang berlebihan karna dapat membahayakan pada tanaman dan jugamasyarakat itu sendiri.

III.Tujuan
Adapun tujuan dalam pembuatan pupuk organic ini adalah agar para petani dan masyarakat yang lain tahu bahwa dengan mengetahui pemakain pupuk organic ini akan membuat tanaman mereka menjadi berkwalitas dan itu akan menguntungkan bagi mereka dan masih banyak lagi kegunaan pupuk organic ini.

Pembahasan Dalam pembuatan pupuk cair EM4 ini. Adapun komposisi dari pupuk organic tersebut adalah. Dosis pemakaian pupuk organic cair ini adalah : 10cc/l 1 x dalam seminggu Dosis tersebut untuk semuan jenis tanaman. Pupuk cair organic EM4 ini memiliki banyak manfaat dan kegunaannya diantaranya yaitu: .menyuburkan tanah dan tanaman Menggemburkan tanah Merawat tanaman agar tidak mudah di serabg oleh serangga Menjaga kwalitas tanaman Dengan demikian para petani di negeri kita ini akan semakin maju dan prioritas pertanian kita akan meningkat.Dan barabg-barang pertanian kita dapat memenuhi standart internasional. EM4 murni 1 liter Cuka acar 4 botol kecil Gula merah 1kg Air kelapa 20 liter Nira/air aren 1 botol aqua besar(1. .kami sangat bnerharap agar mulai dari sekarang pertanuan di negeri kita ini menjadi maju.5 liter) Air sebanyak 200 liter Dan alat ²alat yang digunakan untuk membuat pupuk organic tersebut adalah: Tong(drum) Ember Dan pengaduk Cara membuat pupuk ini sangatlah mudah dan tidak mengganggu aktifitas/kegiatan kita karna tidak memakan waktu berjamjam.dan dalam proses pembuatan pupuk tersebut kita juga tidak harus mengeluarkan biaya yang sangat banyak karna bahan yang digunakan juga mudah untuk kita dapatkan.IV.

SRI ALEMINA Br PELAWI KELAS .NAMA . XI-IPA SMA SWASTA METHODIST BERASTAGI TA 2010/2011 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->