“DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PENDIDIKAN” Disusun untuk memenuhi salah satu ujian tengah semester

mata kuliah konsep teknologi

Disusun oleh :

Firman Fiqri Firdaus 1000230

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2010/2011

“Dampak Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Pendidikan” ini dapat diselesaikan. Penulis i . Makalah ini disusun dan dibuat bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan penulis dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi dan juga sebagai salah satu tugas untuk ujian tengah semester (UTS).KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Makalah ini sangatlah jauh dari kesempurnaan. yang telah berkenan memberi petunjuk dan kekuatan kepada penulis sehingga makalah. untuk itu sebagai penulis saya mohon kritik dan saran yang membangun untuk menjadi lebih baik di hari esok.

.................. Fokus Pembahasan ............ Latar Belakang Masalah ......................................................................................................................... 2 A...................... 6 B... 6 A..................................... 1 D........................................................................................................................................................ Kendala-kendala Dalam Penerapan Aplikasi Teknologi Informasi ...................................................................................................................................... Kesimpulan....................................................................................... 1 BAB II PEMBAHASAN ... ii BAB I PENDAHULUAN .............................................. 6 DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................................................................................................................................................... 1 A............................... 1 B........................................ 2 B............................................................................................ 2 C...............DAFTAR ISI KATA PENGANTAR.................................................................................................................................................. 3 D.......... 5 BAB III PENUTUPAN .................. 1 C........ Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi ....... i DAFTAR ISI ... Metode Penelitian ........................................................ Tujuan Penulisan ...................................................................... Hubungan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dengan Dunia Pendidikan ...................................................... Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Pendidikan ...................... Saran ........................................... iii ii ......................

huruf. B. kalimat. asap dan bunyi). Fokus Pembahasan Makalah ini akan membahas tentang dampak dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan dari dua sisi. Metode Penelitian Dalam menyusun makalah ini saya menggunakan metode penelitian dengan menggunakan internet ( membuka situs tentang Perkembangan teknologi bagi kehidupan manusia ) dan buku. manusia membutuhkan untuk berkomunikasi diantara sesamanya dan merupakan kebutuhan penting agar dapat melakukan interaksi dengan baik. D. kata. sampai informasi yang kemudian dikenal dengan internet. Tujuan Penulisan Setelah kita mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan kita dapat memanfaatkan setiap teknologi yang ada dengan maksimal dan juga dapat menghindari dampak negatif yang dapat merugikan kita. Perkembangan sistem informasi dalam kehidupan manusia seiering dengan peradaban manusia itu sendiri sampai akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi (IT/Information Technology). sampai pada informasi strategis seperti taktik perang. tulisan. itu juga berarti memiliki dampak negatif. C. dari informasi yang sederhana seperti sekedar menggambarkan suatu keadaan. Sebagai makhluk sosial.BAB I PENDAHULUAN A. prasasti-prasasti. Saat ini teknologi informasi dan komunikasi bekembang sangat pesat sehingga dimanfaatkan dalam berbakai aktivitas karena dapat memudahkan pekerjaan kita. 1 . mulai dari gambar (bentuk lukisan). sampai dengan telepon dan internet. Informasi yang dikelola dan disampaikan dan juga terus dikembangkan. Dimulai dari bentuk gambar-gambar tak bermakna pada dinding-dinding. surat. Latar Belakang Masalah Manusia memiliki dua fungsi kedudukan dalam kehidupan ini yaitu sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. isyarat (tangan. Atas dasar itu manusia menciptakan sistem dan alat untuk dapat berinteraksi. yitu dari sisi positif dan sisi negatif. Tetapi jika teknologi informasi dan komunikasi memiliki dampak yang positif bagi kehidupan.

Dengan adanya teknologi tersebut diharapkan tidak ada lagi batasan waktu/jarak dalam berkomunikasi. teknologi. bisnis. kelas ekonomi. berita. bagaimanapun merupakan sasaran empuk yang paling mudah menjadi sasaran bagi suara-suara kritis yang menghendaki peningkatan kulitas pada dunia pendidikan. Hubungan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dengan Dunia Pendidikan Pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi telah memasuki banyak bidang dalam kehidupan manusia. dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk mengambil keputusan. yang digunakan untuk keperluan pribadi. hobi. Teknologi informasi dan teknologi komunikasi tidak dapat dipisahkan. namun 2 . akurat dan tepat waktu.BAB II PEMBAHASAN A. Keduanya saling mendukung. mendapatkan. B. Teknologi komunikasi merupakan perluasan dari ilmu komunikasi dengan basis teknologi seperti wireless. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi dan teknologi komunikasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan. dosen dan mahasiswa. menyusun. faximille. ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data. Pada zaman dahulu mungkin kebanyakan sistem pendidikan adalah mengandalkan tatap muka antara guru dan murid. internet. menyimpan. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu. perdagangan. mungkin jaman dulu harus pergi ke perpustakaan dan mencari buku yang dikehendaki dengan mencari satu persatu sehingga memakan waktu yang cukup lama. termasuk dalam bidang pendidikan. bisnis. sebab seiring dengan perkembangan zaman. yaitu informasi yang relevan. Kemudian untuk profesi seperti sains. dan jika seandainya peserta didik tersebut ingin belajar dari buku. termasuk memproses. ras. memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. negara. dan asosiasi profesi. komputer dan sebagainya. rekreasi dan rohani. Ketidakefektifan adalah kata yang paling cocok untuk sistem ini. pelatih dengan peserta latihan. pertukaran informasi menjadi semakin cepat dan instan.

misalnya Intranet dan Internet. sebab pendidikan merupakan kebutuhan manusia dan informasi juga demikian. Di negara maju dan di beberapa negara berkembang dimana tingkat pendidikannya sudah bisa dikatakan cukup baik.institut yang masih menggunakan sistem tradisional ini mengajar (di jenjang sekolah tinggi kita anggap memberikan informasi) dengan sangat lambat dan tidak seiring dengan perkembangan IT. Namun. Dengan teknologi jaringan tersebut tidak hanya mata kuliah atau bidang studi saja yang bisa memanfaatkan teknologi tinggi ini. Sebagai contoh seorang dosen dalam menyampaikan materinya tidaknya hanya mengandalkan media konvensional saja. baik melalui tatap muka maupun secara online. mulai sekolah dasar hingga ke sekolah lanjutan atas dan sekolah kejuruan. C. Dimana dengan bantuan komputer yang dihubungkan dengan multimedia projector seorang dosen tidak perlu menekan tombol keyboard atau papan ketik melainkan cukup menekan remote control yang dipegangnya. penerapan teknologi tinggi ini sudah berjalan lebih dari 20 tahun. demikian yang paling besar pengaruhnya adalah di Perguruan Tinggi. melainkan sudah menggunakan unsur teknologi di dalamnya. Sementara di Indonesia baru beberapa tahun sejak teknologi jaringan mulai dikenal dan diterapkan sebagai salah satu materi pelajaran di sekolah menengah kejuruan (SMK) beberapa tahun lalu dan untuk Sekolah Lanjtuan Atas dengan masuknya kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Teknologi informasi yang paling kontras saat ini adalah internet. Dengan teknologi ini seorang dosen atau guru dalam menyampaikan materinya tidak hanya dalam bentuk tatap muka saja melainkan sudah menggunakan berbagai media komunikasi yang dipadukan dengan teknologi networking. Adanya internet memudahkan kita mengakses 3 . melainkan hampir sebagian besar proses belajar mengajar termasuk BK (Bimbingan Konseling) atau Bimbingan Karier sudah bisa bisa memanfaatkan teknologi tinggi ini. Biasanya seorang dosen atau guru di Perguruan Tinggi tertentu dalam menyampaikan materi kuliah ditampilkan dalam bentuk slide presentasi dengan bantuan komputer. dimana hampir semua perguruan tinggi di Indonesia sudah memanfaatkan teknologi ini dalam perkuliahannya. Pada jaman sekarang penggunaan teknologi informasi khususnya komputer kini sudah menjadi mata pelajaran wajib disekolah-sekolah. Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Pendidikan Teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dengan dunia pendidikan.

Distance Learning (online). 2. diantaranya : 1. Layanan ini dapat mempermudah pencarian informasi di dalam koleksi obyek informasi seperti dokumen. Pada sistem pendidikan pelatihan ini tenaga pengajar dan peserta didik tidak harus berada dalam lingkungan geografi yang sama. menyimpan. dalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek inforamsi tersebut melalui perangkat digital.informasi yang awalnya sulit untuk didapatkan. Sudah banyak sekali bukti internet memudahkan kita dalam mengerjakan tugas. 3. dan lahirlah beberapa aplikasi yang sebenarnya sudah digunakan dinegara lain. meningkatkan kemampuan dan kualitas bersama serta tidak adanya batasan wilayah. E-learning juga merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui. E-learning. mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi sehingga dapat menyampaikan pembelajaran dalam jangkauan yang luas. Perpustakaan Digital. orang berfikir untuk mengadakan aktivitas pendidikan yang berbasis internet. gambar dan database dalam format digital dengan cepat. pendidikan jarak jauh adalah sekumpulan metoda pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar yang dapat berupa jarak fisik. 4. 4 . Setelah adanya internet. Cyber university/virtual university merupakan format distance learning yang memberikan gelar (degree kepada pesertanya). tepat dan akurat. dapat menyediakan pembelajaran yang dapat diakses oleh orang banyak. Bahkan informasi yang didapatkan pun tidak memerlukan waktu seperti saat kita mencari informasi di perpustakaan yang manual. Cyber University/Virtual University. yaitu suatu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet. cyber university dapat menghubungkan beberapa universitas untuk sharring resources.

Kurangnya ketersediaan sumber daya manusia 2. Tapi.D. Belum memadainya infrastruktur telekomunikasi 4. Belum meratanya jaringan di seluruh Indonesia 5 . Belum memadainya perangkat hukum yang mengaturnya 5. Kurang siapnya proses transormasi teknologi 3. Memerlukan biaya yang cukup tinggi 6. Diantaranya : 1. Kendala-kendala Dalam Penerapan Aplikasi Teknologi Informasi Teknologi informasi memiliki manfaat yang sangat banyak. selain itu masih banyak kendala dalam penerapan aplikasi teknologi informasi itu sendiri.

Teknologi adalah tolak ukur kemajuan. B. baik dalam proses. Saran Teknologi informasi adalah teknologi yang sangat memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal termasuk dalam dunia pendidikan. Setelah kita mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan kita sebaiknya memanfaatkan setiap teknologi yang ada dengan baik sehingga kinerja teknologi tersebut maksimal dan juga dapat menghindari dampak negatif yang dapat merugikan kita. teknologi memiliki sisi negatif juga.penerapan pemahaman serta penguasaan dibidang pendidikan. Semakin hari teknologi semakin berkembang pesat sehingga semakin banyak pekerjaan kita menjadi lebih mudah dilakukan. 2. termasuk dalam bidang pendidikan. Selain memiliki sisi positif. otomatis berpengaruh pada pikiran kita seakan – akan teknologi adalah kebutuhan primer yang kemudian berpengaruh pada lifestyle. yaitu : 1. Penyebab utama sikap malas karena kemudahan yang diberikan. ada juga dampak negatifnya. 2. Teknologi informasi mempermudah dalam pendidikan. Kesimpulan Pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi telah memasuki banyak bidang dalam kehidupan manusia. Peserta didik dapat memperoleh materi pendidikan lebih cepat. Pendidikan dapat dilakukan meskipun jarak fisik antara pendidik dan peserta didik berjauhan. 3. 4. Hadirnya teknologi informasi terutama internet memiliki dampak positif dan negatif. 6 . Adapun dampak positif dari teknologi informasi dan komunikasi bari dunia pendidikan yaitu : 1. Menjadi konsumtif karena teknologi informasi menyediakan hal yang serba instan. Selain itu.BAB III PENUTUPAN A.

28 Oktober 2010 Ida (2008).DAFTAR PUSTAKA Kuyud (2008). 28 Oktober 2010 iii . Wawan (2009).com/2008/03/19/dampak-positif-dan-negatifakibat-perkembangan-teknologi-internet/.wordpress. From : http://idakirei.com/2008/09/dampak-positif-dan-negatifperkembangan. Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi. From : http://wartawarga.id /2010/01/perkembangan-teknologi-bagi-kehidupan-manusia-perkembangan-teknologibagi-kehidupan-manusia/.wordpress. Implikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Deksa (2008). 28 Oktober 2010 Rizki (2010).gunadarma.ac. From : http://deksa-teknologi. From : http://yudakuyudz.blogspot.com/2008/06/04/implikasi-teknologi-informasi-dankomunikasi-dalam-dunia-pendidikan/. 28 Oktober 2010 Setiawan.html. Dampak Positif dan Negatif Akibat Perkembangan Teknologi Internet. Bandung : UPI Press. Perkembangan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia Perkembangan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful