P. 1
Analisa lingkungan industri

Analisa lingkungan industri

|Views: 540|Likes:
Published by Seputih Awan

More info:

Published by: Seputih Awan on Jun 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2013

pdf

text

original

Analisa lingkungan industri

ANALISIS LINGKUNGAN INDUSTRI

A. Pengantar dan Tujuan
Strategi merupakan jembatan penghubung antara perusahaan dengan lingkungannya. Dalam analisis strategi terdapat dua masukan utama yaitu; analisis lingkungan industri dimana perusahaan itu berada, serta analisis sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki oleh perusahaan. Pemahaman mengenai cara struktur industri mempengaruhi perilaku persaiangan, yang ada yang akhirnya menentukan tingkat kemampulabaab dari industri tersebut. Amat penting bagi penyusunan strategi bisnis. Pertama, dengan memahami faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuilabaan indstri. Kedua, dengan mengetehui cara perusahaan bersaing dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

B. Dari Analisis Lingkungan sampai Analisis Industri
Yang dimaksud dengan lingkungan perusahaan, sebenernya adalah semua faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pengambilan keputusan perusahaan serta hasil pelaksanaannya. Masalah yang dihadapi oleh manajer adalah setelah diberikan informasi tentang pengaruh eksternal. Bagaiman caranya memonitor dan bahkan menganalisis faktor-faktor eksternal yang banyak dan bervariasi tersebut? Sebagai titik awal, kita harus menggungakn semacam system atau kerangka menyususn informasi tersebut. Misalkan, lingkungan eksternal bisa digolongkan menurut sumbernya menjadi lingkungan ekonomi, teknologi , demografi, sosial, serta pemerintah. Syarat analisis lingkungan yang efektif adalah kemampuan untuk memisahkan faktor yang benar-benar penting dari faktor-faktor penting lainnya.dari sudut pandang perusahaan, init dari lingkungan eksternalnya adalah jaringan dari hubungan bisnis yang dilakukannya.

kita dapat memperkirakan jenis perilaku bersaing yang akan muncul beserta dengna tingkat kemampulabaan yang akan dihasilkan. Dua hal yang dapat dijadikan patokan adalah teori monopoli dan teori persaingan sempurna yang mencerminkan dua kutub dari struktur industry. dan kemampulabaan industri terdapat dalam ilmu ekonomi industry organisasi. Faktor Penentu Keuntungan Industri: Permintaan dan Persaingan Sumber utama keuntungan adalah penciptaan suatu nilai bagi pelanggan. tingkat keuntungna yang diperoleh perusahaan dalam suatu industri dipengaruhi oleh tiga faktor: y Nilai dari produk dan jasa tersebut dimata konsumen y y Intensitas atau ketatnya persaingan Kekuatan tawar-menawar relative yang dimiliki dalam setiap tingkatan rantai produksi Analisis persaingan industri berikut mengarahkan tiga faktor di atas ke dalam kerangka kerja analisis tunggal. Model ³Lima Kekuatan Persaingan´ dari Porter Model lima kekuatan persaingan yang dikembangkan porter mengatakan bahwa kemampulabaan suatu industry (yang dicerminkan dengna perbandingan antara tingkat . dengan mengamati sturktur utama dari industry tersebut serta interaksinya. Dengan demikian. Analisis Persaingan dalam Industri Teori yang mendasari hubungan antara struktur industri. D. Apabila dalam suatu industry hanya terdapat satu perusahaan dan tidak ada perusahaan baru yang dapat masuk dalam industry tersebut. Kriteria pertama agar produksi yang dilakukan perusahaan menjadi menguntungkan adalah nilai dari barang atau jasa yang diciptakan harus melebihi biaya input yang digunakan untuk menciptakan nilai tersebut. Dalam suatu industry tertentu. 1. perilaku bersaing.C. Proses produksi akan mengubah input menjadi barang dan jasa bagi pelanggan.

Persaingan akibat barang subtitusi Seperti yang telah kita amati sebelumnya. 2. sehingga secara keseluruhan perusahaan yang berada dalam industri tersebut mengalami kerugian. 4. bahkan sampai pada suatu tingkat dimana dimana harga berada dibawah dibawah biaya yang dikeluarkan. Persaingan antara perusahaan-perusahaan yang sudah mapan. Hambatan yang efektif untuk mencegah perusahaan baru masuk kesuatu industri mungkin saja tidak efektif bila dipergunakan untuk mencegah perusahaan yang masuk ke industri tersebut karena ingin melakukan diversivikasi. Pada hampir untuk semua industri. perusahaan-perusahaan yang ada akan bersaing dengna agesif. serta persaingan yang berasal dari produsen yang sudah berada dalam industri tersebut. Termasuk didalam kelima sumber tersebut adalah tiga sumber persaingan ³horizontal´ yaitu persaingan dari pemasok barang pengganti . 3. Tinggi atau rendahnya harga tersebut terutama bergantung pada ketersediaan dari barang subtitusi. Potensi keuntungan dari suatu industry ditetntukan juga oleh harga maksimum yang mau dibayarkan oleh konsumen. Dalam beberapa industri.pengembalian dari modal yang ditanamkan dengan biaya modalnya) ditentukan oleh lima sumber tekanan bersaing. maka industri tersebut akan menjadi seperti magnit yang kan menarik perusahaan-perusahaan lain yang berada diluar industri tersebut. ancaman dari pendatang baru. faktor yang paling dominan dalam menentukan tingkat persaingan yang terjadi antar perusahaan yang terdapat dalam perusahaan tersebut. Ancaman untuk masuk Jika suatu industri mendapatkan tingkat pengembalian investasi yang lebih besar dari biaya modalnya. Efektifitas dari hambatan masuk dalam mencegah pendatang yang potensial amat bergantung pada sumber daya yang dimilki oleh calon pendatang tersebut. Beberapa faktor yang menentukan sifat dan intensitas persaingan perusahaan-perusahaan yang berada dalam suatu industri adalah: .

SE. Adapun beberapa pendekatan yang mungkin dilakukan adalah : 1. MSi. barang pengganti dan pihak stakeholder lainnya. pemasok. MANAJEMEN STRATEGIK 2 . SE. 2. Kemudian pendekatan yang lebih populer seperti analisis kekuatan persaingan industri Porter juga merupakan pendekatan ekonomi industri. Inilah yang perlu dinalisis pebisnis untuk mengetahui dampak yang dimunculkannya sebagai peluang atau ancaman terhadap bisnis yang sedang dijalankan.Fakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko. Pendekatan Ekonomi Industri. Lingkungan ini juga disebut juga dengan lingkungan industri dan Persaingan.Fakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry . MANAJEMEN STRATEGIK 1 ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL ( LINGKUNGAN INDUSTRI ) MODUL 6 ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL (LINGKUNGAN INDUSTRI ) Sesi ini merupakan kelanjutan dari sesi terdahulu yaitu analisis lingkungan ekstemal untuk lingkungan makro. Lingkungan industri diartikan sebagai sekumpulan usaha sejenis yang melahirkan persaingan antar pemainnya. MSi. Oleh karena itu pendekatan ini menjadi isi pokok dalam sesi ini. BEBERAPA PENDEKATAN ANALISIS LINGKUNGAN INDUSTRI Di dalam menganalisis lingkungan industri lebih cendrung dilakukan dengan menggunakan konsep-konsep pada ilmu ekonomi industri. Selain lingkungan makro terdapat lingkungan ekstemal lainnya yang biasa disebut dengan lingkungan mikro yaitu lingkungan ekstemal yang secara langsung mempengaruhi aktifitas bisnis perusahaan. Lingkungan industri ini melibatkan pihak-pihak perusahaan sejenis itu sendiri. Pendekatan Kekuatan Persaingan Porter.PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko. pasar/pelanggan.

Pendekatan jalan pintas adalah pendekatan yang dirancang oleh beberapa ahli yang berupaya untuk menyederhanakan persoalan/variabel yang ada di dalam Industri sehingga lebih mudah untuk dianalisis. Analisisa Laporan Keuangan (Financial Statement Analysis) Pendekatan Ekonomi Industri adalah suatu pendekatan yang menggunakan konsep ilmu ekonomi Industri seperti pengamatan terhadap struktur pasar. Apakah kondisi persaingan begitu kuatnya sehingga memunculkan ancaman atau sebaliknya yaitu rendahnya tingkat persaingan sehingga memunculkan peluang bagi perusahaan. Industry Attractivenes-Business strength matrix dan industry life cycle matrix. Pendekatan analisis kekuatan persaingan porter adalah salah satu bentuk pendekatan ekonomi industri yang lebih populer digunakan manajemen perusahaan. MANAJEMEN STRATEGIK 3 PENDEKATAN EKONOMI INDUSTRI Pendekatan ekonomi industri dalam menganaisis lingkungan industri lebih menekankan . Dengan kata lain seberapa hesar peluang atau ancaman yang akan dihadapi perusahaan sekarang dan dimasa datang. Dengan mengetahui struktur pasar dari industri yang dimasuki perusahaan maka akan diketahui seberapa kuatkah perusahaan yang dikelola dapat melakukan pengaruh terhadap pasarnya. 4. MSi.3. halangan masuk dan keluar. Sedangkan pendekatan analisis laporan keuangan adalah melakukan analisis laporan keuangan dari masing-masing pesaing untuk diperbandingkan. faktor yang menentukan struktur tersebut. Metode Jalan pintas (short Cut Methode). Pendekatan ini mengklasifikasikan kekuatan persaingan tersebut kedalam beberapa kelompok dan atas dasar itulah kondisi persaingan yang dihadapi perusahaan dianalisis.Fakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry . Salah satu bentuk analisis ini adalah analisis matrik seperti growth share matrix.PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko. SE.

SE. MANAJEMEN STRATEGIK 4 . Pasar monopoli adalah pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan yang menguasai 100 % dari pangsa pasar. Implikasi manajerialnya adalah strategi bisnis yang dapat dilakukan hampir tanpa batas dan dapat memperoleh laba potensial yang sangat besar. Setiap struktur pasar memiliki ciri yang berbeda dan implikasi manajerial yang berbeda juga. Oligopoly Dominan. Struktur pasar ini dapat dibagi atas oligopoli dominan dan oligopoly pekat. 4.pada struktur pasar. Oligopoly dominan adalah terdapatnya beberapa perusahaan dengan salah satunya menguasai minimal 50 % pangsa pasar tanpa memiliki pesaing yang dekat. Pasar Monopoli 2. elastisitas silang nol/mendekati nol dengan halangan memasuki pasar tinggi. Implikasi manajerialnya adalah perusahaan dominan dapat menerapkan strategi apa saja tanpa khawatir terehadap reaksi balik dari pesaing. Persaingan Sempurna. Oligopoly Pekat. Sedangkan Oligopoly Pekat adalah terdapatnya empat perusahaan terbesar yang menguasai 60 % minimal pangsa pasar dan memiliki interfensi terhadap harga. 3. Struktur pasar oligopoly adalah struktur yang terdiri dari beberapa perusahaan yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pasar. Terdapat beberapa bentuk struktur pasar yang mungkin terjadi yaitu : 1. Pada kondisiFakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry .PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko. Bagi perusahaan yang memimpin pasar dapat merintis membangun kolusi pasar atau bersaing langsung dengan ketat dengan 3 pesaing utama lainnya. Persaingan Monopolistik 5. MSi. Persaingan monopolistis adalah suatu struktur pasar yang terdiri dari banyak pesaing tetapi tidak ada yang menguasai pangsa pasar lebih dari 20 %.

SE.PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko. Bentuk pasar yang terakhir adalah Persaingan sempurna. elastisitas silang tinggi dan dengan hambatan masuk pasar sangat rendah. Struktur industri terdiri dari beberapa kekuatan yang berperan dalam mem-perbesar maupun memperkecil tingkat persaingan. dengan maksud tidak menafikan kekuatan lingkungan umum/makro. Michel E Porter. Perubahaan lingkungan makro secara bersama-sama juga akan mempengaruhi semua perusahaan dan industri yang ada di dalam lingkungan tersebut sedangkan pada perubahaan lingkungan industri akan memiliki pengaruh yang berbeda antar perusahaan sesuai dengan posisinya dalam industri tersebut.Fakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry . bersaing dengan meningkatkan pelayanan dan perusahaan harus berbagi pasar. ANALISIS KEKUATAN PERSAINGAN INDUSTRI PORTER Seorang pakar/ahli ekonomi mikro persaingan. mencoba merumuskan hubungan antara lingkungan dengan kondisi persaingan yang dicapai oleh perusahaan. Kekuatan kekuatan tersebut dapat dilihat pada gambar berikut. MANAJEMEN STRATEGIK 5Fakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry . persaingan yang terjadi di dalam sebuah industri terjadi bersumber dari struktur dari industri itu sendiri. MSi. MANAJEMEN STRATEGIK 6 Persaingan antar perusahaan yang ada. SE. Menurut porter.struktur ini perilaku perusahaan sulit diduga. Persaingan ini adalah persaingan yang di timbulkan oleh keberadaan peruasahaan yang . Lingkungan industri lebih ditekan oleh pakar ini. Tidak satupun perusahaan yang berada dalam pasar ini memliki kekuatan untuk mempengaruhi pasar sehingga laba yang diperoleh adalah laba normal.PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko. Struktur pasar ini terdiri dari banyak pesaing yang memilki pangsa pasar yang amat kecil. MSi. Menurutnya lingkungan industri menjadi lingkungan yang secara nyata dapat dianalisis dan diketahui bagaimana dampaknya terhadap perusahaan.

2. Skala ekonomi (economies of scale) yang menurun dan belum dicapai perusahaan sebelumnya. MSi. Akses ke saluran distribusi yang tinggi. Kebijakan pemerintah yang memberikan kesempatan yang luas pada setiap pengusaha untuk dapat ikut serta dalam industri.PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko.menjalankan bisnis yang sama. Jumlah pesaing seimbang yang terdapat di dalam industri. Kharakteristik produk yang kurang terdifferensiasi. Apabila kondisi di atas dapat dikurangi maka ancaman pendatang baru akan dapat . Masuknya pendatang baru akan menambah tingkat persaingan perusahaan dalam industri karena telah menambah jumlah dan kapasitas yang terdapat dalam industri tersebut. 3. Tingkat persaingan ini ditentukan oleh : 1. Semakin semua faktor di atas mengalami kenaikan kondisi akan meningkatkan tingkat persaingan dan ancaman bagi perusahaan. 6. 5. Tingkat ancaman pendatang baru ini semakin meningkat jika :Fakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry . SE. Hambatan untuk keluar industri yang tinggi. Tingkat perbedaan antar pesaing. Differensiasi produk yang ada sekarang masih rendah. Jumlah pesaing dan posisinya di pasar akan menentukan tingkat persaingan ini. Kapasistas keseluruhan perusahaan yang semakin bertambah. 3. 6. Ancaman Pendatang Baru. Fixed cost dan swithing cost yang tinggi. 4. MANAJEMEN STRATEGIK 7 1. Persyaratan modal yang tidak terlalu menyulitkan. Biaya peralihan (swithing cost) yang rendah. 7. 5. 2. 4. Pertumbuhan industri yang lambat.

Terdapat dominasi pasokan oleh perusahaan suplier.menurun dan akan menjadi suatu peluang bagi perusahaan. 5. Apabila kekuatan tawar pembeli tinggi maka upaya-upaya yang harus dilakukan perusahaan untuk bersaing juga akan semakin tinggi karena tingkat persaingan untuk mendapatkan konsumen juga semakin tinggi.Fakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry . maka posisi tawar pembeli menjadi kuat dan pada gilirannya akan memperbesar tingkat persaingan di dalam industri. Perusahaan dalam suatu industri akan menghadapi ancaman datangnya produk pengganti. MSi.PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko. Kekuatan Tawar Menawar Pemasok. Produk yang diinginkan adalah produk yang bersifat standar dan tidak terdifferensiasi. Tingkat persaingan ini akan semakin tinggi jika : 1. SE. Seperti yang terjadi pada alat penyeranta (pager) yang telah tergantikan oleh ponsel. Jumlah pembelian konsumen dalam jumlah besar. Ancaman Produk Pengganti/subtitusi. . Produk yang ditawarkan bukan produk yang terpenting bagi pembeli. Peran di di pasar juga ditentukan oleh kekuatan tawar pembeli. Kekuatan tawar ini akan semakin meningkat jika : 1. 3. Sama dengan kekuatan tawar pembeli. MANAJEMEN STRATEGIK 8 2. kekuatan tawar menawar pemasok yang meningkat juga akan meningkatkan tingkat persaingan dalam industri. 4. Semakin faktor di atas meningkat. Kekuatan Tawar Penawar Pembeli. Ancaman produk pengganti dapat dilihat dari perkembangan teknologi dan perubahaan perilaku konsumen dalam pemenuhan kebutuhannya. Pembeli memperoleh laba/keuntungan yang rendah. Pembeli industri melakukan kebijakan strategi integrasi.

Terdapat sedikit perusahaan pemasok. MSi. merupakan metode saling beertukar pemikiran antar sejumlah pihak yang . 4.PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko. MANAJEMEN STRATEGIK 9 untuk masa datang dan melakukan tindakan lebih awal agar perusahaan dapat melakukan penyesuaian diri. Adanya kebijakan strategi integrasi oleh perusahaan pemasok. SE. Terdapat beberapa peran yang dilakukan dalam forecasting yang dapat digambarkan sebagai berikut. Expert opinion 4. Industri bukan pasar utama atau bukan pelanggan penting bagi pemasok. 5. Scenario writing Extrapolation adalah teknik meramalkan masa depan dengan melihat kondisi masa lalu dan sekarang untuk kemudian berdasarkan data tersebut ditentukan kondisi masa depan. Untuk itu atas dasar hasil analisis kharakter masing-masing variabel tersebut maka diramalah bagaimana kondisi untuk masa datang. Produk yang dijual bersifat unik. MERAMALKAN KONDISI EKTERNAL MASA DEPAN Kondisi ektemal yang dianalisis bukanlah kondisi lingkungan makro dan industri yang ada sekarang tetapi bagaimana kecendrungan untuk mengalamai perubahaan pada masa yang akan datang. Statistical modeling 5. Brain storming. Di dalam meramalkan masa depan terdapat beberapa metode peramalan (forecasting) yang dapat digunakan yaitu 1. 3. Brain storming 3. Semakin faktor di atas semakin menguat maka perusahaan yang terdapat dalam industri ini akan menghadapi ancaman.2. Manajemen strategik bertugas untuk memahami perubahaan tersebutFakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry . Extrapolation 2.

MANAJEMEN STRATEGIK 10 SCENARIO PLANNING Metode ini adalah sesuatu yang berbeda dengan metode lainnya. adalah suatu metode yang digunakan untuk melihat kemungkinanan-kemungkinan situasi dan kondisi lingkungan yang mungkin hadir di masa depan. Biasanya ramalan ditulis dalam bentuk suatu tulisan/cerita yang menggunakan berbagai variabel lingkungan yang relevan. Kondisi lingkungan ekstemal yang sangat tidak pasti tersebut tidak memungkinkan kita untuk meramalnya secara pasti sehingga menemukan kepastian masa depan bukanlah suatu hal yang. MSi. SE. Scenario writing. Hal ini sama dengan leihat puncak gunung es dimana di bawah puncak tersebut tersimpan berbagai hal yang kalau bisa dipahami akan memudahkan . Perbandingan Forecast & Scenario Skenario berusaha untuk melihat sesuatu tidak saja dari yang kelihatan tetapi dari sesuatu yang tersembunyi. meski dengan berbagai kelemahan yang mesti harus diperhitungkan. Kondisi masa depan juga dapat dilakukan dengan menggunakan pendapat para ahli/pakar di bidang lingkungan yang diramalkan. Masalahnya sekarang adalah dapatkah kita memahami kemungkinan kemungkinan yang akan terjadi pada masa depan dan mempersiapkan diri untuk setiap kemungkinanan tersebut. Metode ini lebih berusaha untuk melihat sesuatu yang lebih jauh di masa depan dengan berbagai macam variabel yang mungkin mengalami perubahan di masa datang.dilibatkan dalam peramalan. Berkembangnya teknik-teknik stratistik membuat peramalan semakin mudah dilakukan. utama.PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko. Inilah yang disebut dengan scenario planning.Fakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry . Metode ini akan melahir berbagai macam kemungkinan yang akan terjadi dimasa datang yang harus dipersiapkan perusahaan untuk menghadapinya. Sesuatu fakta yang kita lihat sekarang bukanlah keseluruhan dari fenomena yang terjadi dilingkungan.

. .PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko.Incremental: merupakan kombinasi yang fleksibel dari kedua cara di atas. MANAJEMEN STRATEGIK 12 Masing masing pendekatan memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing. Sedangkan dilihat dari tipe skenario dapat dibagi atas : . SE. . MSi.Inductive: cerita berkembang dari data yang tersedia.Fakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry .Deductive: data disesuaikan dengan cerita yang dikembangkan sebelumnya. MSi. MANAJEMEN STRATEGIK 11 Mental Map of Reality Beberapa hal yang dapat dipahami tentang scenario : . dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan yaitu : . . . Di dalam menyusun suatu skenario.Challenge Scenario: menggambarkan kondisi masa depan yang cukup berbeda .kita untuk melihat kenyataan kenyataan lain seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut. namun untuk mengatasinya banyak yang memilih pendekatan incremental.Scenario menganalisis element lingkungan yang pasti maupun tidak pasti dengan berbagai kemungkinan hubungan sebab akibat yang mungkin terjadi karena perbedaan persepsi maupun ketidakpastian itu sendiri.Pendekatan scenario akan membentuk mental model manajer dan karyawan untuk memahami bahwa lingkungan bisnis bisa berubah menjadi beberapa kemungkinan dan perusahaan harus siap mengantisipasinya. SE.Fakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry .PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko.Surprise-free Scenario: menggambarkan kondisi masa depan seperti logika bisnis biasa.Scenario membantu manajer menganalisis lingkungan sehingga perusahaan bisa mempersiapkan strategi yang terbaik untuk menghadapi berbagai kemungkinan di masa depan.

6. MSi. Analyze the industry situation under each scenario. Make a range of plausible assumptions about future trends.Phantom Scenario:menggambarkan kondisi masa depan yang sangat berbeda atau tidak biasa sehingga perusahaan harus benar-benar siap mengantisipasinya. 7. . Predict competitors' behavior under each scenario. Langkah langkah yang harus dilalui di dalam menyusun suatu skenario dari lingkungan industri adalah : 1. Combine assumptions into internally consistent scenarios. SE. 4. Determine sources of competitive advantage under each scenario.PKSM PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Hidayat Wiweko. Examine possible shifts in societal variable globally. Identify uncertainties in each of the six forces of the task environment. 5. DalamFakultas Technology Industry Jurusan Teknik Industry . 2. 3. Select most likely scenario to use in strategy formulation. MANAJEMEN STRATEGIK 13 hal ini bentuk penyajian itu adalah dengan menampilkan suatu ringkasan hasil analisis dalam bentuk tabel sebagai berikut. MENYUSUN ENVIRONMENT FACTOR ANALYSIS SUMARY (EF AS) Setelah analisis lingkungan dilakukan maka keseluruhan hasil dari analisis di kumpulkan jadi satu dan disajikan dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami. .sehingga memberi tantangan bisnis bagi perusahaan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->