P. 1
APKG 2 ( skala Penilaian )

APKG 2 ( skala Penilaian )

|Views: 1,519|Likes:
Published by Erik Krisnawan

More info:

Published by: Erik Krisnawan on Jun 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/15/2014

pdf

text

original

PENJELASA SKALA NILAI APKG 2 LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN PENJELASAN SKALA NILAI APKG 2 LEMBAR PENILAIAN

KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN A. Melakukan pembelajaran 1. Indikator : 1.1 Melaksanakan tugas rutin kelas

Penjelasan : tugas rutin dapat berhubungan langsung atau tidak langsung dengan kegiatan pembelajaran. Tetapi, pelaksanaannya cukup penting karena dapat menunjang kelancaran pembelajaran. Penilaian butir ini memperhatikan descriptor berikut. a. Memeriksa ketersediaan alat tulis ( kapur / spidol dan penghapus ) b. Memeriksa kehadiran siswa. c. Memeriksa kebersihan ( seperti papan tulis, kebersihan, dan kerapian siswa dan ruangan, serta perabot kelas ). d. Memeriksa kesiapan alat – alat pelajaran siswa. Skala Penilaian 1 2 3 4 5 2. indikator Penjelasan Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Semua descriptor tampak. : Memulai kegiatan pembelajaran : Kemampuan guru dalam memulai pembelajaran akan mempengaruhi keberhasilan kegiatan selanjutnya. Karena itu, kegiatan ini dilakukan dengan berbagai cara yang bermanfaat, memotivasi, serta menarik perhatian siswa. Penilaian butir ini dilakukan dengan mrmperhatikan descriptor berikut. a. menjelaskan tujuan / kemampuan yang diharapkan dan manfaat pembelajaran bagi siswa. b. Menjelaskan scenario pembelajaran c. Menjelaskan cara penilaian yang akan dilakukan d. Melakukan upaya penjembatanan antara apa yang telah dipahami siswa dengan yang akan dipelajarinya ( melalui apersepsi, pertanyaan, cerita kasus, permainan, dsb ) Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Semua descriptor tampak. : menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan / tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 3. indikator

Penjelasan

: Terdapat kesesuaian antara ragam kegiatan yang dipilih dan digunakan guru dengan kemampuan / tujuan belajar, siswa, serta situasi yang dihadapi dan lingkungan. Pada indikator ini tercermin pula pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang dipilih dan digunakan guru.

Penilaian butir ini dilakukan dengan memperhatikan descriptor, yaitu kegiatan pembelajaran: a. sesuai dengan kemampuan / tujuan belajar yang diharapakn b. sesuai dengan karakteristik materi pelajaran yang diajarkan c.sesuai dengan perkambangan dan kebutuhan siswa d. sesuai dengan situasi dan lingkungan belajar ( ruang, fasilitas kelas, dsb ) e. terkoordinasi dengan baik ( guru dapat mengendalikan pelajaran, perhatian siswa terfokus pada pelajaran, ketertiban kelas terpelihara )

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 4. indikator Penjelasan

Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Lima / semua descriptor tampak.

: Melaksanakan kegiatan dalam urutan kegiatan yang logis dan sistematis : guru dapat memilih, mengatur, dan menjalankan kegiatan belajar secara logis dan sistematis sehingga antar-kegiatan saling terkait sebagai satu kesatuan yang utuh. Penilaian butir ini dilakukan dengan memperhatikan descriptor berikut a. Kegiatan yang disajikan berkaitan satu sama lain. b. Kegiatan disajikan dari yang mudah ke yang sukar dan dari konkret ke abstrak. c. Terdiri lebih dari satu kegiatan yang bermakna d. Seluruh kegiatan bermuara pada suatu kesimpulan

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 5. indikator Penjelasan

Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat atau semua descriptor tampak.

: Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal : Variasi kegiatan yang bersifat individual, kelompok, dan klasikal sangat penting dilakukan agar dapat memenuhi perbedaan individual siswa Indikator ini dinilai dengan memperhatikan descriptor berikut

a. dilakukan variasi kegiatan klasikal, kelompok, atau individual (sekurang – kurangnya dua variasi ) b. jenis kegiatan yang digunakan sesuai dengan kemampuan / tujuan atau kebutuhan belajar c. guru berperan sesuai dengan jenis kegiatan pengelolaan kelas yang diterapkannya d. perubahan dari satu jenis kegiatan ( klasikal ke kelompok ke individual atau sebaliknya ) berlangsung dengan lancar. Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat atau semua descriptor tampak. : Menggunakan sumber belajar : Sumber belajar dapat berupa buku pelajaran, diktat, modul, kamus, manusia sumber, museum, lingkungan, laboratorium, dsb. Penilaian butir ini perlu memperhatikan descriptor berikut. a. sumber belajar sesuai dengan kemampuan / tujuan belajar b. sumber belajar sesuai dengan karakteristik materi atau kemampuan yang akan diajarkan c. sumber belajar sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan, serta lingkungan siswa d. tidak hanya tergantung pada satu sumber ( misalnya pada satu buku pelajaran saja ), atau lebih dari satu macam sumber belajar. Skala Penilaian 1 2 3 4 5 7. Indikator Penjelasan Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat atau semua descriptor tampak. : Menggunakan media belajar : Media atau alat bantu mengajar segala sesuatu yang digunakan untuk menyajikan bahan pelajaran sehingga menarik perhatian dan memudahkan siswa dalam belajar. Media dapat berupa barang cetakan ( seperti : gambar, model, pamphlet, dokumen, peta, atau chart ), non cetak ( seperti : tape, video, TV, radio, OHP, computer, atau LCD ), atau obyek sesungguhnya / tiruan. Dalam konteks ini papan tulis, penghapus, kapur / spidol, tidak termasuk. Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak menggunakan alat bantu mengajar Menggunakan media mengajar, tetapi tidak tepat dan / atau tidak sesuai dengan karakteristik materi pelajaran atau Kemampuan / tujuan belajar menggunakan satu media mengajar

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 6. indikator Penjelasan

Skala Penilaian 1 2 3

4 5

dengan karakteristik materi Pelajaran atau kemampuan / tujuan belajar, menggunakan dua media mengajar sejenis dengan tepat, dan sesuai dengan Karakteristik materi pelajaran atau kemampuan / tujuan belajar, atau menggunakan dua atau lebih media dengan tepat, jenis media yang digunakan bervariasi, dan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran atau kemampuan / tujuan belajar : Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien : Guru dapat mengatur dan memanfaatkan waktu belajar secara optimal sehingga seluruh kegiatan yang dirancang dapat terlaksana dengan baik untuk mencapai kemampuan / tujuan belajar Indikator ini dinilai dengan memperhatikan descriptor berikut a. memulai pembelajaran tepat waktu. b. Menghindari penundaan kegiatan atau penyimpanan kegiatan atau penyimpananyang tidak sesuai dengan keperluan pembelajaran c. Membagi setiap fase kegiataan ( fase pembukaan, inti dan penutup) dan ragam kegiatan secara proporsional. d. Menutup pembelajaran tepat waktu.

8. Indikator Penjelasan

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 9. Indikator Penjelasan

Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat atau semua descriptor tampak.

: mengakhiri kegiatan pembelajaran : guru dapat mengakhiri pembelajaran dengan cara merangkum, mereview ( meninjau ulang ), memberikan penegasan untuk hal – hal yang meragukan siswa, atau memberikan tindak lanjut atas pembelajaran yang dilakukan, misalnya dengan memberikan tugas rumah, pertanyaan, dsb. Kegiatan mengakhiri / menutup pelajaran dapat dilakukan guru lebih dari satu kali pada akhir setiap pembelajaran topik /subtopik tertentu Indikator ini dinilai dengan memperhatikan descriptor berikut. 1. guru melakukan kegiatan merangkum, meringkas, reviu (tinjauan ulang) atau penegasan / penyimpulan. 2. Isi rangkuman, ringkasan, reviu ( tinjauan ulang), atau penegasan / penyimpulan, jelas dan lengkap 3. guru membimbing siswa membuat rangkuman, ringkasan,penyimpulan, atau peninjauan ulang, dengan berbagai cara 4. memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau menyampaikan pemikirannya mengenai kemampuan / topik yang dipelajar, dan meresponnya dengan baik 5. guru memberikan tindak lanjut melalui pertanyaan, tugas, atau PR pada akhir pelajaran Penjelasan Dalam rencana pembelajaran:

Skala Penilaian

1 2 3 4 5

Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat atau semua descriptor tampak.

B. mengelola Interaksi Kelas 1. indikator : Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat, terbuka dan penuh pengertian kepada siswa Penjelasan : Indikator ini merujuk pada kemampuan guru dalam bersikap dan berperilaku dengan siswa Indikator ini dinilai dengan memperhatikan descriptor berikut a. menampilkan sikap bersahabat kapada siswa. b. Memperlakukan seluruh siswa secara adil atau proporsional c. Menghargai setiap perbedaan pendapat, baik antarsiswa maupun antara guru dengan siswa d. Mampu mengontrol tindakan ( ucapan atau perilaku lainnya ) dalam merespon perilaku atau pertanyaan yang kurang sesuai atau di luar kepatutan

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 2. Indikator Penjelasan

Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat atau semua descriptor tampak.

: Memicu dan memelihara keterlibatan siswa : Kegiatan belajar terjadi karena apa yang dilakukan siswa secara aktif. Guru akan melakukan berbagai upaya untuk mempersiapkan, menarik minat, dan perhatian, serta mendorong dan menjaga keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penilaian indikator ini dilakukan dengan mengacu pada descriptor berikut. a. Membantu siswa mengingat kembali pengalaman atau pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya,yang terkait dengan kemampuan / materi yang akan dipelajari b. Menggali atau mengajukan pertanyaan atau rangsangan yang bersifat terbuka, yang dapat menggali dan mendorong reaksi, pertanyaan, atau respon siswa c. Memberikan kesempatan dan memperhatikan siswa yang ingin menyampaikan pertanyaan / respon d. Memberikan balikan atas pemikiran, pertanyaan, atau respon siswa lainnya. Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua sampai tiga descriptor tampak;

Skala Penilaian 1 2 3

4 5 3. indikator Penjelasan

Tiga sampai lima descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak. : melakukan komunikasi secara efektif : guru mampu menjelaskan secara efektif konsep, ide, dan prosedur yang bertalian dengan pelajaran, dengan bahasa lisan, tulis, isyarat, ekspresi muka, ataupun gerakan badan. Dalam menilai indikator ini,penilaian perlu mengamati reaksi siswa agar skala penilaian dapat ditentukann dengan tepat Indikator ini dinilai dengan memperhatikan descriptor berikut a. guru menggunakan berbagai perangkat berbahasa (bahasa lisan, tulis, ekspresi, dan gerak tubuh ) secara efektif sehingga penjelasan yang disampaikan mudah dimengerti siswa b. guru melakukan usaha mengatasi ketidakjelasan, kesalahpahaman, atau kebingungan siswa secara efektif c. pembicaraan lancar dan tulisan terbaca ( di papan tulis, kertas, atau layar ) d. ucapan dan suara jelas dan dapat ditangkap oleh seluruh siswa Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat atau lima descriptor tampak. : mengembangkan hubungan antarpribadi siswa yang sehat dan serasi : guru memiliki sikap mental yang baik dalam menanggapi kesulitan belajar yang dirasakan dan dialami siswa Penilaian indikator ini dilakukan dengan memperhatikan descriptor berikut a. memberikan perhatian terhadap masalah atau kesulitan siswa b. memberikan bantuan kepada siswa dalam memecahkan kesulitan belajar yang dihadapinya c. meminta siswa untuk memecahkan masalah / kesulitan temannya d. mendorong siswa untuk memecahkan masalahnya sendiri

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 4. indikator Penjelasan

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 5. indikator Penjelasan

Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

: menghargai keragaman siswa serta membantunya menyadari kelebihan dan kekurangannya : indikator ini mengacu pada sikap dan tindakan guru dalam menerima kenyataan mengenai kelebihan dan kekurangan siswa penilaian indikator ini memperhatikan descriptor berikut

a. memperhatikan dan menghargai perbedaan individual siswa ( bahasa, adat istiadat, suku, agama,dsb ) b. memberikan perhatian kepada siswa yang memiliki ‘kekhususan’ seperti cacat fisik, agresif, pemalu, atau todak percaya diri, pembohong, hiperaktif, dsb ) c. memberikan tugas tambahan kepada mahasiswa yang memiliki kelebihan dalam hal belajar, atau membantu siswa yang lambat dalam belajar d. mendorong kerja sama antara siswa yang cepat dan lambat dalam belajar e. melakukan upaya untuk membantu siswa menemukan kekuatan dan kelemahannya dalam belajar, serta meningkatkan kekuatan dan memperbaiki kelemahan belajarnya. Skala Penilaian 1 2 3 4 5 6. indikator Penjelasan Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat atau lima descriptor tampak. : membantu menumbuhkan kepercayaan diri siswa : guru berupaya untuk membantu siswa menumbuhkan rasa percaya diri Indikator ini dinilai dengan memperhatikan descriptor di bawah ini a. memdorong siswa agar berani mengemukakan pendapat sendiri b. memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan alasan tentang pendapatnya c. memberikan kesempatan siswa untuk memimpin kelompoknya d. memberikan respon positif atas usaha siswa : pujian bagi siswa yang berhasil dan / atau pemberian semangat kepada siswa yang belum berhasil ( misal dengan memberikan kesempatan untuk mengulang atau memperbaiki kekurangannya) Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

C. Mendemonstrasikan Kemampuan khusus dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Tertentu Penguasaan Substansi D. Melaksanakan penilaian 1. Indikator : Melaksanakan penilaian pada awal dan selama proses pembelajaran Penjelasan : Guru melakukan penilaian pada permulaan belajar ( secara lisan, tertulis, atau bentuk lainnya ) untuk mengetahui kesiapan dan kemampuan awal terhadap bahan pelajaran yang akan diajarkan. Hasil penilaian itu digunakan guru sebagai pijakan untuk memilih dan melakukan pembelajaran. Sementara itu penilaian dalam proses pembelajaran dimaksudkan untuk memperoleh balikan atas kemajuan siswa dan keefektifan pembelajaran yang dilakukan guru. Penilaian proses dapat dilakukan melalui tes ( pertanyaan lisan, tes tertulis, tugas, dsb ) dan nonn-tes (pengamatan, interviu, angket, dsb )

Indikator ini dinilai dengan menggunakan descriptor berikut a. melakukan penilaian awal dengan berbagai cara berkaitan dengan kemampuan siswa mengenai bahan yang akan diajarkan b. menggunakan hasil penilaian awal sebagai titik tolak melakukan pembelajaran. c. Melakukan penilaian proses ( melalui tes atau non-tes ) atas kemajuan belajar siswa ketika pembelajaran sedang berlangsung d. Melakukan upaya untuk memperoleh balikan atau masukan dari siswa mengenai keefektifan pembelajaran

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 2. indikator Penjelasan

Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

: Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran : Guru melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap apa yang telah dipelajarinya. Penilaian dilakukan dengan cara dan alat evaluasi yang sesuai dengan kemampuan / tujuan belajar, termasuk jenjang kemampuan dan ranah yang dinilai ( kognitif,afektif, dan / atau psikomotor ) serta bentuk penilaian (tes tertulis, tes lisan,tes perbuatan, atau alat penilaian lainnya. Penjelasan Guru tidak melakukan penilaian tampak Guru melakukan penilaian akhir, tetapi sepenuhnya tidak sesuai dengan kemampuan / tujuan belajar Guru melakukan penilaian akhir tetapi hanya sebagian kecil yang sesuai dengan kemampuan / tujuanbelajar Guru melakukan penilaian akhir dan sebagian besar sesuai dengan kemampuan / tujuan belajar Guru melakukan penilaian akhir dan semuanya sesuai dengan kemampuan / tujuan belajar

Skala Penilaian 1 2 3 4 5

E. Kesan Umum Pembelajaran 1. indikator : penguasaan substansi Panjelasan : guru menunjukkan penguasaan yang baik atas bidang ilmu dan metodologi keilmuan yang diajarkan. Indikator ini dinilai dengan mengacu pada descriptor berikut a. guru menyampaikan pelajaran secara meyakinkan (tindak tampak keraguan atau kebingungan ketika menjelaskan, merespon pertanyan siswa, dan melakukan penyimpulan / penegasan ) b. penjelasan tentang materi pelajaran dilakukan secara sistematis c. pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran sesuai dengan karakteristik bahan yang diajarkan d. tidak ada kesalahan substansi

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 2. Indikator Penjelasan

Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

: Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa : Guru menunjukkan kepekaan terhadap kesalahan berbahasa siswa, agar mereka terbiasa menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Sikap peka itu dapat ditunjukkan dengan berbagai cara, seperti mengingatkan dan meminta mereka memperbaikinya kembali Penjelasan

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Catatan* ) 3. indikator

Guru membiarkan siswa melakukan kesalahan berbahasa Indonesia Guru memberi tahu kesalahan berbahasa siswa tanpa memberikan masukan atau memperbaikinya Guru memperbaiki langsung kesalahan berbahasa yang dilakukan siswa Guru meminta dan menuntun siswa lain untuk memberikan masukan atau memperbaiki kesalahan temannya Guru mengarahkan siswa untuk menemukan dan memperbaiki sendiri kesalahan berbahasa yang dilakukannya : jika selama pembelajaran tidak ada siswa yang melakukan kesalahan berbahasa, maka untuk butir ini diberikan nilai maksimal (5) : penampilan guru dalam pembelajaran

Penjelasan : indikator ini mengacu pada penampilan guru secara keseluruhan dalam menyelenggarakan pembelajaran, baik fisik, gaya mengajar,ketegasan,dsb. Indikator ini dinilai dengan memperhatikan descriptor berikut a. berbusana pantas dan rapi b. posisi garu bervariasi, tidak terpaku hanya pada satu tempat c. tegas dan cermat dalam mengambil keputusan, sehingga suasana pembelajaran terkendali d. menunjukkan kegairahan dalam mengajar, yang tampak dari pandangan mata, ekspresi wajah, nada suara, gerakan tubuh, dan cara mendekati siswa. Penjelasan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 4. indikator Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak. : keefektifan pembelajaran : indikator ini mengacu pada pembelajaran guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran Penilaian indikator ini dilakukan denga memperhatikan descriptor berikut

a. menggunakan rencana pembelajaran yang telah dikembangkan sebelumnya b. menyesuaikan rencana pembelajaran dengan kebutuhan kelas, yang tidak terantisipasi sebelumnya c. kemampuan / tujuan belajar yang telah ditetapkan tercapai d. terbentuknya dampak pengiring ( misalnya : menumbuhkan sikap solidaritas ketika kerja kelompok, saling menghargai ketika dalam diskusi, dsb ) Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat atau lima descriptor tampak.

1. Mengelola ruang dan fasilitas pembelajaran Indikator : 1.1 Menyiapkan ruang, alat bantu dan sumber belajar Penjelasan : indikator in meliputi alat bantu (media) pembelajaran dan sumber belajar yang dimanfaatkan guru dalam kelas. Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan descriptor berikut a. alat bantu ( media ) pembelajaran yang diperlukan tersedia b. sumber belajar yang diperlukan tersedia c. alat bantu ( media ) pembelajaran diletakkan di tempat yang mudah dilihat dan / atau dijangkau d. sumber belajar mudah dimanfaatkan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator Penjelasan Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak Descriptor a atau b tampak Descriptor a dan c atau b dan d tampak Descriptor a, b, dan c atau a, b, dan d tampak Descriptor a, b, c, dan d tampak : 1.2 melaksanakan tugas rutin kelas : tugas – tugas rutin mungkin berhubungan atau tidak berhubungan langsung dengan pembelajaran. Pelaksanaan tugas rutin yang efektif dan efisien sangat menunjang proses pembelajaran. Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan apakah guru / calon guru memeriksa dan menindaklanjuti hal – hal berikut a. ketersediaan alat tulis ( kapur, spidol) dan penghapus b. kehadiran siswa c. kebersihan dan kerapian papan tulis, pakaian siswa, dan perabot kelas d. kesiapan alat – alat pelajaran siswa serta kesiapan siswa mengikuti pelajaran. Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

Skala Penilaian 1 2 3 4 5

2. Melaksanakan kegiatan pembelajaran Indikator : 2.1 memulai kegiatan pembelajaran

Penjelasan : kegiatan memulai pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam rangka menyiapkan fisik dan mental siswa untuk mulai belajar Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan descriptor berikut Memulai pembelajaran dapat dilakukan dengan cara : a. menarik perhatian siswa b. memotivasi siswa c. mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman siswa, dan d. memberikan acuan yang dapat dilakukan dengan menggambarkan garis besar materi dan kegiatan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator Penjelasan Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak Descriptor a atau b tampak Deskriptor a dan b tampak Descriptor a, b, dan c atau a,b, dan d tampak Descriptor a, b, c, dan d tampak

: 2.2 Melaksanakan jenis kegiatan yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan. : indikator ini menunjukkan tingkat kesesuaian antara jenis kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran, kebutuhan siswa, perubahan situasi yang dihadapi dan lingkungan Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan descriptor berikut a. kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan dan atau hakikat materi pembelajaran b. kegiatan pembelajaran sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan siswa c. kegiatan pembelajaran terkoordinasi dengan baik ( guru dapat mengendalikan pelajaran, perhatian siswa terfokus pada pelajaran, disiplin kelas terpelihara ) d. kegiatan pembelajaran sesuai dengan situasi dan lingkungan belajar ( ruang, perabot, perubahan situasi, dan sebagainya). Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak Descriptor a atau b tampak Descriptor a dan c atau b dan d tampak Descriptor a, b, dan c atau a, b, dan d tampak Descriptor a, b, c, dan d tampak : 2.3 menggunakan alat bantu ( media ) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkkungan. : indikator ini memusatkan perhatian kepada penggunaan alat bantu ( media) pembelajaran yang digunakan guru dalam kelas, tidak termasuk papan tulis, kapur / spidol, dan penghapus. Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator Penjelasan

Skala Penilaian 1 2 3 4 5

Penjelasan Guru tidak menggunakan alat bantu pembelajaran Guru menggunakan sendiri alat bantu pembelajaran Siswa dilibatkan dalam menggunakan alat bantu pembelajaran Siswa dikelompokkan untuk menggunakan alat bantu pembelajaran Pada hampir seluruh kegiatan inti, siswa mendapat kesempatan menggunakan alat bantu pembelajaran secara kelompok atau

individual. Indikator Penjelasan : : 2.4 Melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam urutan yang logis indikator ini digunakan untuk menentukan apakah guru dapat memilih dan mengatur secara logis kegiatan belajar sehingga kegiatan satu dengan yang lain merupakan tatanan yang runtun Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan descriptor berikut a. kegiatan disajikan dari mudah ke yang sukar b. kegiatan yang disajikan berkaitan satu dengan yang lain c. kegiatan bermuara pada suatu kesimpulan d. ada tindak lanjut yang dapat berupa pertanyaan, tugas – tugas atau PR pada akhir pelajaran Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak Descriptor a atau b tampak Descriptor a dan b, atau a dan c, atau b dan c tampak Descriptor a, b, dan c; atau a, b, dan d; atau b, c, dan d tampak. Descriptor a, b, c dan tampak

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator

: 2.5 Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal. Penjelasan : Dalam pembelajaran, variasi kegiatan yang bersifat individual, kelompok dan klasikal sangat penting dilakukan untuk memenuhi perbedaan individual siswa dan / atau dampak pengiring Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan descriptor sebagai berikut a. pelaksanaan kegiatan klasikal, kelompok atau individual sesuai dengan tujuan / materi / kebutuhan siswa b. pelaksanaan kegiatan klasikal, kelompok, atau individual sesuai dengan waktu dan fasilitas pembelajaran c. perubahan dari kegiatan individual ke kegiatan kelompok, klasikal ke kelompok atau sebaliknya berlangsung dengan lancer d. peran guru sesuai dengan jenis kegiatan ( klasikal, kelompok, atau individual ) yang sedang dikelola e. dalam setiap kegiatan ( klasikal, kelompok, atau individual ) siswa terlibat optimal Penjelasan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat atau lima descriptor tampak.

Indikator : 2.6 Mengelola waktu pembelajaran secara efisien Penjelasan : indikator ini mengacu kepada pemanfaatan secara optimal waktu pembelajaran yang telah dialokasikan Untuk menilai butir ini perlu descriptor berikut a. pembelajaran dimulai tepat waktu b. pembelajaran dilaksanakan sampai habis waktu yang telah dialokasikan c. tidak terjadi penundaan kegiatan selama pembelajaran d. tidak terjadi penyimpangan yang tidak diperlukan selama pembelajaran Skala Penilaian 1 2 Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak;

3 4 5

Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

3. mengelola interaksi kelas indikator : 3.1 memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran penjelasan : indikator ini digunakan untuk menilai kemampuan guru dalam menjelaskan secara efektif konsep, ide, dan prosedur yang bertalian dengan isi pelajaran. Penilai perlu mengamati reaksi siswa agar skala penilaian dapat ditentukan secara tepat. Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Penjelasan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Petunjuk dan penjelasan guru sulit dimengerti dan tidak ada usaha guru untuk mengurangi kebingungan siswa Petunjuk atau penjelasan guru sulit dimengerti dan ada usaha guru untuk mengurangi kebingungan siswa tetapi tidak efektif Meskipun siswa umumnya mengerti, guru menjelaskan kembali untuk menghilangkan kesalahpahaman Hanya beberapa siswa yang salah mengerti; guru membantu siswa secara individual, misalnya setelah pembelajaran Tidak nampak adanya siswa yang bingung karena penjelasan guru dapat dipahami dengan mudah

Indikator : 3.2 menangani pertanyaan dan respon siswa Penjelasan : indikator ini merujuk kepada cara guru menangani komentar dan pertanyaan siswa Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Penjelasan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Menggunakan kata atau tindakan yang mengurangi keberanian siswa untuk bertanya atau memberi tanggapan / menjawab Mengabaikan siswa yang ingin mengajukan pendapat dan / atau tidak menanggapi kontribusi ( pandapat ) siswa. Tanggap terhadap siswa yang ingin mengajukan pendapat; sesekali menggali respon atau pertanyaan siswa dan memberikan respon yang sepadan Menggali respon atau pertanyaan siswa selama pembelajaran berlangsung dan memberi balikan bagi siswa Guru meminta siswa lain untuk merespon pertanyaan temannya atau menampung respon dan pertanyaan siswa untuk kegiatan selanjutnya : 3.3 menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat, dan gerakan badan : indikator ini mengacu pada kemampuan guru dalam berkomunikasi, dengan bahasa lisan, tulisan, isyarat, ataupun dengan gerakan badan. Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan descriptor berikut a. pembicaraan lancar b. pembicaraan dapat dimengerti c. materi yang tertulis di papan tulis, atau di kertas manila ( berupa tulisan dan gambar ) dan lembar kerja dapat dibaca dengan jelas d. isyarat dan gerakan badan tepat Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak;

Indikator Penjelasan

Skala Penilaian 1 2

3 4 5 Indikator Penjelasan

Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

: 3.4 memicu dan memelihara keterlibatan siswa : indikator ini memusatkan perhatian pada prosedur dan cara yang digunakan guru dalam mempersiapkan, menarik minat, dan mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan descriptor berikut a. membantu siswa mengingat kembali pengalaman atau pengetahuan yang sudah diperolehnya b. mendorong siswa yang pasif untuk berpartisipasi c. mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang bersifat terbuka yang mampu menggali reaksi siswa d. merespon / menanggapi secara positif siswa yang berpartisipasi dalam pembelajaran Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

Skala Penilaian 1 2 3 4 5

Indikator : 3.5 memantapkan penguasaan materi pembelajaran Pemjelasan : indikator ini berkaitan dengan kemampuan guru memantapkan penguasaan materi pembelajaran dengan cara merangkum, meringkas, mereviu ( meninjau ulang), dan sebagainya. Kegiatan ini dapat terjadi beberapa kali selama proses pembelajaran. Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian sebagai berikut Penjelasan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Tidak ada kegiatan merangkum, meringkas atau meninjau ulang Guru merangkum atau meringkas atau meninjau ulang tetapi tidak lengkap Guru merangkum atau meringkas atau meninjau ulang secara lengkap Guru merangkum atau meringkas atau meninjau ulang dengan melibatkan siswa Guru membimbing siswa membuat rangkuman atau ringkasan atau meninjau ulang

4. bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar indikator : 4.1 menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh pengertian dan sabar kepada siswa penjelasan : indikator ini mengacu kepada sikap ramah,hangat, luwes, terbuka, penuh pengertian dan sabar kepada siswa untuk menilai butir ini perlu diperhatikan apakah guru / calon guru melakukan hal – hal berikut a. menampilkan sikap bersahabat kepada siswa b. mengendalikan diri pada waktu menghadapi siswa yang berperilaku kurang sopan c. menggunakan kata – kata sopan dalam menegur siswa d. menghargai setiap perbedaan pendapat, baik antarsiswa maupun antara guru dengan siswa

Skala Penilaian 1 2 3 4 5

Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

*) ada kemungkinan tindakan sebagaimana dimaksud descriptor b, c, dan d tidak dilakukan karena perkembangan keadaan memang tidak menuntut dilakukannya tindakan dimaksud. Oleh karena itu, dalam penilaian terhadap indikator 4. 1 ini mohon dilakukan salah satu dari alternatif berikut. ( 1 ) apabila keadaan tidak menuntut tindakan b, c, dan d, sehingga descriptor tersebut sama sekali tidak muncul, maka guru / calon guru dianggap telah melakukan tindakan a, b, c, dan d, dengan nilai maksimal yaitu 5. (2) apabila keadaan menuntut tindakan b, c, atau d, sehingga salah satu atau lebih descriptor tersebut muncul, maka guru / calon diberi nilai sesuai dengan penjelasan pada skala penilaian untuk tindakan tepat yang dilakukannya. Dan ( 3) apabila keadaan menuntut tindakan b, c, dan d, namun ditangani tidak sesuai dengan semangat descriptor yang bersangkutan, maka guru / calon guru dianggap belum melakukan tindakan b, c, atau d sehingga diberikan nilai minimal yaitu 1. Indikator Penjelasan : 4.2 menunjukkan kegairahan dalam mengajar : indikator ini akan mengukur tingkat kegairahan guru dalam mengajar. Tingkat kegairahan ini dapat diperlihatkan melalui wajah, nada suara, gerakan, isyarat dan sebagainya Untuk menilai menilai butir ini perlu diperlihatkan apakah guru / calon guru menunjukkan kesungguhan dengan : a. pandangan mata dan ekspresi wajah b. nada suara pada bagian pelajaran yang penting c. cara mendekati siswa dan memperhatikan hal yang sedang dikerjakan, dan d. gerakan atau isyarat pada bagian pelajaran yang penting Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Dalam rencana pembelajaran: Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

Indikator : 4.3 mengembangkan hubungan antarpribadi yang sehat dan serasi Penjelasan : indikator ini mengacu kepada sikap mental guru terhadap hal – hal yang dirasakan dan dialami siswa ketika mereka menghadapi kesukaran. Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan *) Tidak memberi perhatian terhadap masalah – masalah siswa Memberi perhatian dan tanggapan terhadap siswa yang membutuhkan Memberikan bantuan kepada siswa yang membutuhkan Mendorong siswa untuk memecahkan masalahnya sendiri Mendorong siswa untuk membantu temannya yang membutuhkan

Indikator : 4.4 membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya

Penjelasan

: indikator ini mengacu kepada sikap dan tindakan guru dalam menerima kenyataan tentang kelebihan dan kekurangan setiap siswa Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan descriptor sebagai berikut a. menghargai perbedaan individual setiap siswa b. memberikan perhatian kepada siswa yang menampakkan penyimpangan ( misalnya cacat fisik, pemalu, agresif, pembohong ) c. memberikan tugas tambahan kepada siswa yang memiliki kelebihan dalam belajar atau membantu siswa yang lambat belajar d. mendorong kerja sama antara siswa yang lambat dan yang cepat dalam belajar

*) jika selama pembelajaran tidak ada siswa yang mengalami kesulita, skor untuk butir ini adalah skor maksimal (5) Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator Penjelasan

: 4.5 membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri : indikator ini mengacu kepada usaha guru dalam membantu siswa menumbuhkan rasa percaya diri a. mendorong siswa agar berani mengemukakan pendapat sendiri b. memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan alasan tentang pendapatnya c. memberi kesempatan kepada siswa untuk memimpin d. memberi pujian kepada siswa yang berhasil dan atau memberi semangat kepada siswa yang belum berhasil Penjelasan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

*) jika kondisi pembelajaran tidak mempersyaratkan munculnya perilaku / indikator tersebut, skor yang diberikan adalah skor maksimal (5) 5. mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu indikator : 5.1 mendemonstrasikan penguasaan materi pembelajaran Bahasa Indonesia penjelasan : materi pembelajaran bahasa Indonesia meliputi empat aspek, yaitu a. kebahasaan, b. pemahaman c. penggunaan, dan d. apresiasi sastra. Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan kemunculan penguasaan guru / calon guru dalam keempat aspek di atas Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak;

Skala Penilaian 1 2 3

4 5

Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

Indikator : 5.2 memberikan latihan keterampilan berbahasa Penjelasan : latihan keterampilan berbahasa diberikan dengan tujuan agar siswa mampu mengungkapkan perasaan dan pikirannya dengan bahasa yang benar secara lisan dan tulisan. Latihan berbahasa dianggap efektif bila dilakukan secara terpadu, antara keterampilan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis. Setiap siswa memperoleh kesempatan berlatih sesuai dengan tujuan. Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Penjelasan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator Penjelasan Tidak ada latihan keterampilan berbahasa Siswa mendapat latihan keterampilan berbahasa tetapi tidak terpadu Sebagian kecil siswa mendapat latihan secara terpadu sesuai dengan tujuan Sebagian besar siswa mendapat latihan secara terpadu sesuai dengan tujuan Hampir semua siswa mendapatkan latihan secara terpadu sesuai dengan tujuan : 5.3 memberikan latihan keterampilan mengapresiasi sastra : latihan keterampilan mengapresiasi sastra diberikan dengan tujuan agar siswa mampu memahami pesan karya sastra dan mengapresiasinya dengan kearifan mencermati nilai – nilai artistic dan estetika. Latihan mengapresiasi ini dianggap efektif bila dilaksanakan secara terpadu dengan keterampilan berbahasa dan kaidah – kaidah bahasa Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan descriptor berikut a. guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimak dan membaca karya sastra b. guru memberi kesempatan berlatih kepada siswa untuk memahami karya sastra melalui pertanyaan dan / atau pemberian tugas c. guru memberi kesempatan berlatih kepada siswa menikmati karya sastra melalui deklamasi dan / atau bermain pesan d. guru memberi kesempatan berlatih kepada siswa untuk menulis puisi atau cerpen sederhana Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak Descriptor a tampak Descriptor a dan b tampak Descriptor a, b, dan c tampak Descriptor a, b, c, dan d tampak : 5.4 mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar : pembelajaran Bahasa Indonesia mempunyai berbagai fungsi, antara lain untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bernalar. Oleh karena itu, guru seyogyanya menyediakan kesempatan berlatih sehingga kedua kemampuan tersebut terbentuk dan berkembang. Bentuk latihan dapat berupa tanya jawab, dialog, bermain peran, bercerita, atau bermain drama

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator Penjelasan

Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Penjelasan Skala Penilaian 1 Tidak ada kesempatan bagi siswa untuk berkomunikasi

2 3 4 5

Ada kesempatan bagi siswa untuk berlatih berkomunikasi Latihan berkomunikasi berlangsung dengan lancar Latihan berkomunikasi berlangsung dengan lancar dan sistematis Latihan berkomunikasi berlangsung dengan lancar, sistematis dan sesuai dengan konteks (lawan bicara, topik, situasi dan lain – lain)

Indikator : 5.5 memupuk kegemaran membaca Penjelasan : kegemaran membaca merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam meraih ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, pembelajaran Bahasa Indonesia haruslah memungkinkan tumbuhannya kegemaran membaca Indikator ini mengacu kepada kemampuan guru untuk mengelola berbagai kegiatan yang mampu menumbuhkan kegemaran membaca Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut a. menganjurkan siswa untuk membaca buku b. menceritakan satu kejadian yang dibaca guru dari berbagai sumber ( misalnya buku, koran, majalah) sebagai titik tolak pembelajaran c. meminta siswa menceritakan peristiwa yang pernah dibacanya d. memberikan tugas membaca secara berkesinambungan. Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

Skala Penilaian 1 2 3 4 5

b. mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran Matematika indikator penjelasan : 5.1 Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan manipulatif : penanaman konsep matematika dilakukan dengan memberi kesempatan kepada siswa melakukan kegiatan manipulatif benda nyata mudah didapatkan di lingkungan sekitar

untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Penjelasan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator Penjelasan Tidak ada penanaman konsep melalui kegiatan manipulatif Penanaman konsep melalui satu jenis kegiatan dengan manipulasi sejenis benda Penanaman konsep melalui satu satu jenis kegiatan dengan manipulasi dua jenis benda Penanaman konsep melalui dua jenis kegiatan dengan manipulasi dua jenis benda Penanaman konsep melalui beberapa jenis kegiatan dengan manipulasi berbagai jenis benda.

: 5.2 menguasai simbol – simbol matematika : simbol matematika mengacu pada perlambangan yang digunakan dalam operasi dan pengerjaan Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut

Skala Penilaian 1 2

Penjelasan Ada kasalahan dalam membaca simbol matematika Membaca simbol matematika dengan benar

3 4 5 Indikator

Menggunakan simbol matematika dengan benar Berbahasa matematika dengan benar Menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan simbol matematika

: 5.3 memberikan latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari – hari Penjelasan : penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari – hari sangat perlu ditekankan oleh guru agar siswa memanfaatkan konsep matematika Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut a. memberikan contoh penerapan konsep matematika dalam kehidupan sehari – hari b. mendorong siswa mencari contoh penerapan konsep matematika dalam kehidupan sehari – hari c. menunjukkkan adanya keterkaitan matematika dengan mata pelajaran lain d. menyelesaikan masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari – hari secara praktis dengan menggunakan konsep matematika Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

c. mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran IPA indikator penjelasan : 5.1 mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui pengalaman langsung : belajar IPA melalui pengalaman langsung merupakan kecenderungan pembelajaran IPA yang akan memberi pengalaman langsung yang berharga kepada siswa untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Guru mengajar dengan ceramah ( ekspositori ) Guru mengajar dengan ceramah yang diikuti dengan pembuktian oleh guru Guru mengajar dengan ceramah dengan yang diikuti dengan pembuktian yang melibatkan siswa Pelajaran dimulali dengan kegiatan pengamatan oleh siswa secara klasikal, kemudian siswa membuat kesimpulan dengan bimbingan guru Pelajaran dimulai dengan kegiatan pengamatan oleh siswa secara kelompok kecil atau perorangan, kemudian siswa membuat kesimpulan dengan bimbingan guru. : 5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung : pembelajaran langsung ini akan meningkatkan siswa dalam pengamatan, kegiatan kelompok atau diskusi sehingga interaksi menjadi meningkat Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut a. siswa aktif melakukan pengamatan dan perekaman secara perorangan b. siswa aktif melakukan pengamatan dan perekaman secara kalompok c. siswa melakukan diskusi dalam kelompok – kelompok kecil d. siswa melakukan diskusi kelas

Indikator Penjelasan

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator Penjelasan

Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

: 5.3 Menerangkan konsep IPA dalam kehidupan sehari – hari : pemahaman konsep IPA menjadi lebih baik apabila konsep itu diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Penjelasan Guru tidak memberikan contoh penerapan konsep Guru memberikan contoh penerapan konsep Guru mendorong siswa memberi contoh penerapan konsep Satu atau dua orang siswa memberi contohpenerapan konsep Lebih dari dua siswa memberi contoh penerapan konsep : 5.4 menampilkan penguasaan IPA : Materi pembelajaran harus dikuasai oleh guru. Materi pokok dalam IPA dapat berupa konsep, prinsip, teori, dan hukum. Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator Penjelasan

Skala Penilaian 1 2 3 4 5

Penjelasan Seluruh materi yang diajarkan salah Sebagian besar materi yang diajarkan salah Sebagian kecil materi yang diajarkan salah Seluruh materi yang diajarkan benar Seluruh materi yang diajarkan benar dan sesuai dengan GBPP

d. mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran IPS Indikator : 5.1 mengembangkan pemahaman konsep IPS terpadu Penjelasan : konsep IPS terpadu mencakup konsep – konsep antardisiplin / interdisiplin ilmu lainnya seperti : konsep keluarga berencana, lingkungan hidup, banjir, pencemaran, perang, dan pembangunan. Keterpaduan itu terwujud jika konsep yang sedang dibahas dikaitkan dengan satu atau lebih konsep lain. Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator Penjelasan Penjelasan Menyajikan konsep terpadu melalui pembahasan yang tidak utuh Menyajikan konsep terpadu secara verbal ( naratif) Menyajikan konsep terpadu dengan memanfaatkan peta/data/fakta yang sesuai Menyajikan masalah dan membahasnya secara terpadu untuk memahami konsep Membimbing siswa memahami konsep terpadu melalui Proses pemecahan masalah dan atau penemuan

: 5.2 mengembangkan pemahaman konsep waktu : indikator ini untuk mengukur kemampuan guru dalam mengembangkan pemahaman nilai – nilai masa lalu yang dapat diterapkan untuk masa yang akan datang

Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Menyajikan fakta sejarah Mendreskripsikan masa silam Mengaitkan masa silam dengan masa kini Menggali nilai masa silam yang berguna bagi masa kini Menggali nilai masa silam yang dapat diprediksi manfaatnya bagi masa yang akan datang

Indikator : 5.3 Penjelasan : konsep ruang mencakup konsep lokasi, jarak, wilayah, region, teritorial, ruang Angkasa, dan dinamika keruangan seperti migrasi. untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut. Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Tidak menyajikan konsep Menyajikan konsep secara verbal Menyajikan konsep dengan menggunakan peta dan data statistik Membimbing siswa memahami konsep dengan menggunakan peta / data Membimbing siswa memahami konsep dengan menggunakan peta / data dan berdiskusi antarsiswa

Indikator : 5.4 mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan ( scarcity) Penjelasan : konsep kelangkaan (scarcity) mencakup hubungan antara terbatasnya sumber daya dan tak terbatasnya kebutuhan, timbulnya proses spesialisasi , distribusi, konsumsi dan tumbuhnya pasar Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Tidak menyajikan konsep Menyajikan konsep secara verbal Menyajikan konsep dengan menggunakan data dan fakta Membimbing siswa memanfaatkan fakta dan data untuk memahami konsep secara individual Membimbing siswa memanfaatkan fakta dan data untuk memahami konsep melalui diskusi dengan siswa lain e. mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran PMP / PPKn indikator : 5.1 menguasai konsep nilai, moral, dan norma Pancasila penjelasan : indikator ini untuk mengukur pemahaman guru mengenai nilai, moral, dan Pancasila untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut a. menguasai konsep – konsep Pancasila b. menguasai nilai – nilai yang terkait dengan konsep – konsep Pancasila c. menguasai tuntutan moral yang terkait dengan nilai – nilai Pancasila d. Menguasai norma – norma yang terkait dengan nilai – nilai Pancasila Skala Penilaian 1 2 3 4 Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau

5 Indikator

Empat descriptor tampak.

:5.2 Membangkitkan kesadaran tentang nilai dan moral Pancasila serta kewarganegaraan Penjelasan : indikator ini untuk mengukur upaya guru dalam mengembangkan kepekaan, kepedulian, dan tanggung jawab terhadap nilai dan norma Pancasila serta kewarganegaraan. Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut a.menyajikan konflik moral ( rekaan atau kenyataan, misalnya seorang anak mencuri uang untuk membeli obat bagi ibunya yang sakit keras ) b. meminta siswa memberi alasan baik buruk dalam konflik moral c. menyajikan contoh perilaku yang dapat diterima masyarakat d. Meminta siswa memberi alasan mengapa perilaku tertentu dapat diterima Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator Penjelasan Tidak satu deskriptor pun tampak Deskriptor a atau c tampak Deskriptor a dan b atau c tampak Deskriptor a, b, dan c atau a, b, dan d tampak Deskriptor a,b,c dan d tampak

: 5.3 membangkitkan kepekaan nurani, percaya diri, empati, cinta kebaikan, kontrol diri, dan rasa tahu diri Penjelasan : indikator ini mencakup kepekaan nurani, percaya diri, empati, cinta kebaikan, kontrol diri, dan rasa tahu diri dalam menghadapi berbagai peristiwa dalam kehidupan masyarakat Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut a. meminta siswa mengucapkan perasaan yang sesungguhnya ( kata hati) terhadap suatu peristiwa b. memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan pekerjaan sampai tuntas c. meminta siswa untuk menempatkan dirinya pada posisi yang lain dalam situasi tertentu (misalnya menempatkan diri pada orang yang kelaparan, kesusahan, suka cita) d. Meminta siswa memberikan contoh perilaku terpuji yang pantas dilakukan Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

Skala Penilaian 1 2 3 4 5

f. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran Penjaskes indikator : 5.1 mengkoordinasi latihan penjelasan : untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor – deskriptor sebagai berikut a. menggunakan latihan yang sesuai dengan siswa b. memvariasi latihan c. memberikan respon positif kepada siswa yang berpartisipasi d. mengidentifikasi dan merespon siswa yang tidak siap mengikuti kegiatan belajar atau siap mengikuti kegiatan belajar Penjelasan

Skala Penilaian

1 2 3 4 5

Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

Indikator : 5.2 Memberikan contoh gerakan Penjelasan : untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor sebagai berikut a. memberikan contoh gerakan yang sesuai dengn siswa b. memvariasicontoh gerakan c. memberikan respon positif kepada siswa yang berpartisipasi d. mengidentifikasi dan merespon siswa yang tidak dapat menirukan contoh dan yang dapat menirukan contoh gerakan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

Indikator : Membimbing siswa melakukan gerakan dan mengoreksi kesalahan gerakan siswa Penjelasan : untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor sebagai berikut a. membantu siswa melakukan kembali gerakan yang sudah diperolehnya b. membantu siswa melakukan kembali gerakan yang sudah diperolehnya dan mengoreksi kesalahan gerakan c. memberikan respon positif kepada siswa yang dapat melakukan gerakan dengan baik d. mengidentifikasi dan merespon siswa yang tidak dapat melakukan gerakan dan yang dapat melakukan gerakan Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak. : 5.4 Memberikan pertolongan kepada siswa : pertolongan diberikan agar siswa dapat melakukan gerakan secara benar tanpa mengalami cedera Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Penjelasan Membiarkan siswa melakukan gerakan tanpa dikoreksi Hanya mengoreksi tetapi tidak memberikan pertolongan Hanya siswa tertentu yang diberikan pertolongan Sebagian besar siswa dikoreksi dan diberikan pertolongan Seluruh siswa dikoreksi dan diberikan pertolongan bagi yang memerlukan

Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Indikator Penjelasan

Skala Penilaian 1 2 3 4 5

Indikator : 5.5 memberikan aba – aba Penjelasan : aba – aba diberikan agar proses latihan dapat berjalan dengan baik, tertib, dan merata. Aba – aba diberikan melalui suara, peluit, dan isyarat.

Untuk menilai butir ini digunakan skala berikut Penjelasan Tidak memberikan aba- aba Memberikan aba – aba tetapi tidak jelas Memberikan aba – aba hanya dengan peluit Memberikan aba – aba hanya dengan hitungan Memberikan aba – aba dengan jelas, memvariasi peluit dan hitungan

Skala Penilaian 1 2 3 4 5

g.Memdemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran kesenian indikator : 5.1 Membimbing siswa dalam mengungkapkan ide / perasaan /pikiran melalui media seni penjelasan : indikator ini untuk mengukur kemampuan guru dalam membimbing siswa untuk dapat mengungkapkan ide / perasaan / pikiran melalui media seni ( suara / bunyi, gerak, raga / visual) untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut a. mendorong siswa agar berani mengemukakan ide / perasaan / pikiran melalui media seni ( bisa dalam karya musik / rupa / tari / kerajinan tangan) b. mengajak siswa mengamati lingkungan sekitar. Hasil pengamatan diungkapkan / diragakan / disuarakan di dalam kelas c. memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan alasan tentang karya seni yang dihasilkannya d. Memberikan respon positif kepada siswa yang berpartisipasi aktif dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ekspresinya Penjelasan Tidak satu deskriptor pun tampak Deskriptor a tampak Deskriptor a dan b tampak Deskriptor a, b dan c tampak Deskriptor a,b,c,dan c tampak

Skala Penilaian 1 2 3 4 5

Indikator : 5.2 Mengembangkan kreativitas dan membangun rasa keindahan siswa Penjelasan : indikator ini untuk mengukur kemampuan guru dalam membimbing siswa berkarya dan berolah seni yang kreatif, serta mengembangkan kepekaan artistik dan estetika siswa Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berukut a. mengajak siswa untuk mendengarkan dan mengamati karya seni yang bagus b. membimbing siswa untuk berani membuat komposisi sederhana buatan sendiri ( bisa dalam musik / rupa / tari / kerajinan tangan) c. membimbing siswa dalam memvisualisasikan / menuangkan / meragakan / menyuarakan komposisi karyanya dengan menggunakan media seni ( bunyi, warna,dan gerak) d. memberikan respon yang positif kepada siswa yang berpartisipasi aktif dan membantu / memotivasi siswa yang pasif Penjelasan Tidak satu deskriptor pun tampak

Skala Penilaian 1

2 3 4 5

Deskriptor a tampak Deskriptor a dan b tampak Deskriptor a, b dan c tampak Deskriptor a,b,c,dan c tampak

Indikator : 5.3 Mendemonstrasikan atau membimbing siswa dalam melatih keterampilan berkesenian Penjelasan : indikator ini mengukur kemampuan guru untuk melatih keterampilan siswa dalam bernyanyi / menggambar / menari / membuat kerajinan tangan. Untuk menilai butir ini diperhatikan indikator berikut a. memberikan contoh bernyanyi / menggambar / menari / membuat kerajinan tangan yang baik b. memberikan motivasi pada siswa untuk berlatih sebanyak mungkin dalam menyanyi / menggambar / menari / membuat kerajinan c. mengajak siswa untuk mempresentasikan keterampilan berkesenian ( bermusik/menari/melukis/kerajinan tangan) dan hasil karyanya d. memberikan respon positif kepada siswa yang berpartisipasi aktif dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mempresentasikan keterampilan berkasenian dan hasil karyanya Penjelasan Tidak satu deskriptor pun tampak Deskriptor a atau b atau c tampak Deskriptor a dan b, atau a dan c, atau b dan c tampak Deskriptor a, b dan c tampak Deskriptor a, b, c, dan d tampak

Skala Penilaian 1 2 3 4 5

Indikator : 5.4 mengelola pembelajaran yang mengaitkan berbagai media seni dan / atau media seni dengan mata pelajaran lain Penjelasan : indikator ini untuk mengukur kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang mengaitkan berbagai media seni seperti musik, tari, drama, seni rupa, kerajinan tangan atau mengaitkannya dengan mata pelajaran lain, seperti bahasa Indonesia dan Penjaskes Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian sebagai berikut Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Guru mengajarkan kerajinan dan kesenian secara sendiri – sendiri Guru mengaitkan aspek – aspek pembelajaran kerajinan atau kesenian Guru mengaitkan aspek –aspek kerajinan dengan aspek – aspek pembelajaran kesenian Guru mengaitkan aspek – aspek pembelajaran kerajinan atau kesenian dengan mata pelajaran lain Guru mengaitkan aspek – aspek pembelajaran kerajinan dan kesenian dengan mata pelajaran lain

6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar Indikator : 6.1 Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran Penjelasan : penilaian dalam proses pembelajaran bertujuan mendapatkan balikan mengenai tahap pencapaian tujuan selama proses pembelajaran Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Skala Penilaian 1 2 3 Penjelasan Tidak melakukan penilaian selama proses pembelajaran Menilai penguasaan siswa dengan mengajukan pertanyaan atau memberikan tugas kepada siswa Menilai penguasaan siswa dengan mengajukan pertanyaan dan

4 5

memberikan tugas kepada siswa Menilai penguasaan siswa melalui kinerja yang ditunjukkan siswa Menilai penguasaan siswa melalui isyarat yang ditunjukkan siswa

Indikator : 6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran Penjelasan : penilaian pada akhir proses pembelajaran bertujuan mengetahui penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Penjelasan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Guru tidak memberikan penilaian akhir Guru memberikan penilaian akhir tetapi tidak sesuai dengan tujuan Sebagai kecil penilaian akhir sesuai dengan tujuan Sebagai besar penilaian akhir sesuai dengan tujuan Semua penilaian akhir sesuai dengan tujuan

7. kesan umum pelaksanaan pembelajaran indikator : 7.1 Keefektifan proses pembelajaran penjelasan : indikator ini mengacu kepada tingkat keberhasilan guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan perkembangan proses pembelajaran untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut a. pembelajaran lancar b. suasana kelas terkendali sesuai dengan rencana c. suasana kelas terkendali melalui penyesuaian d. mengarah pada terbentuknya dampak pengiring ( misalnya ada kesempatan bagi siswa untuk dapat bekerja sama, bertanggung jawab, tenggang rasa ) Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Tidak satu deskriptor pun tampak Deskriptor a tampak Deskriptor a dan b tampak Deskriptor a, b, dan c, atau a, b, dan d tampak Deskriptor a, b, c, dan d tampak

Indikator : 7.2 Penguasaan bahasa Indonesia lisan Penjelasan : indikator ini mengacu kepada kemampuan guru dalam menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa pengantar Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut a. ucapan jelas dan mudah dimengerti b. pembicaraan lancar ( tidak tersendat – sendat) c. menggunakan kata – kata baku ( membatasi penggunaan kata – kata daerah atau asing) d. berbahasa dengan menggunakan tata bahasa yang benar Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

Indikator : 7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa Penjelasan : guru perlu menunjukkan rasa peka terhadap kesalahan berbahasa siswa, agar siswa terbiasa menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Rasa peka dapat

ditunjukkan dengan berbagai cara, seperti menegur, menyuruh memperbaiki atau menanyakan kembali. Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut Penjelasan *)

Skala Penilaian 1

Membiarkan siswa melakukan kesalahan berbahasa Memberitahu kesalahan siswa dalam berbahasa tanpa 2 memperbaiki 3 Memperbaiki langsung kesalahan siswa dalam berbahasa Meminta siswa lain menemukan dan memperbaiki kesalahan 4 berbahasa temannya dengan tuntunan Mengarahkan siswa menemukan dan memperbaiki kesalahan 5 berbahasa sendiri Indikator : 7.4 penampilan guru dalam pembelajaran Penjelasan : indikator ini mengacu kepada penampilan guru secara keseluruhan dalam mengelola pembelajaran ( fisik, gaya mengajar dan ketegasan ) Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut a. b. c. d. berbusana rapi dan sopan suara dapat didengar oleh seluruh siswa dalam kelas yang bersangkutan posisi bervariasi (tidak terpaku pada tempat) tegas dalam mengambil keputusan Skala Penilaian 1 2 3 4 5 Penjelasan Tidak satu descriptor pun tampak; Satu descriptor tampak; Dua descriptor tampak; Tiga descriptor tampak; atau Empat descriptor tampak.

*) jika selama pembelajaran tidak ada siswa yang melakukan kesalahan berbahasa, nilai untuk butir ini adalah nilai maksimal (5)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->