Energi Mekanik

Energi mekanik adalah energi yang dimiliki suatu benda karena sifat geraknya. Energi mekanik terdiri dari energi potensial dan energi kinetik. Energi Potensial Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena posisinya (kedudukan) terhadap suatu acuan. Sebagai contoh sebuah batu yang kita angkat pada ketinggian tertentu memiliki energi potensial, jika batu kita lepas maka batu akan melakukan kerja yaitu bergerak ke bawah atau jatuh. Jika jatuhnya batu mengenai tanah lembek maka akan terjadi lubang, batu yang kita angkat lebih tinggi maka energi potensial yang dimiliki batu lebih besar pula sebagai akibat lubang yang terjadi lebih dalam. Jika massa batu lebih besar energi yang dimiliki juga lebih besar, batu yang memiliki energi potensial ini karena gaya gravitasi bumi, energi ini disebut energi potensial bumi. Energi potensial bumi tergantung pada massa benda, gravitasi bumi dan ketinggian benda. Sehingga dapat dirumuskan

:
Selain energi potensial gravitasi terdapat juga energi potensial elastis. Energi ini dimiliki benda yang memiliki sifat elastis, misalnya karet, busur panah dan pegas. Contoh Soal: Buah durian tergantung pada tangkai pohonnya setinggi 8 meter, jika massa durian 2 kg dan percepatan gravitasi 10 N/kg, berapa energi potensial yang dimiliki durian tersebut ? Penyelesaian : Diketahui : h = 8 meter m = 2 kg g = 10 N/kg Ditanyakan : Ep = ……… ? Jawab : Ep = m.g.h Ep = 2 kg. 10 N/kg. 8 m Ep = 160 Nm Ep = 160 J Jadi energi potensial yang dimiliki oleh buah durian adalah 160 joule Energi Kinetik

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena geraknya. Makin besar kecepatan benda bergerak makin besar energi kinetiknya dan semakin besar massa benda yang bergerak makin besar pula energi kinetik yang dimilikinya. Secara matematis dapat dirumuskan: Contoh Soal:

pada benda tersebut sebenarnya bekerja energi potensial magnet. Demikian juga busur yang ditarik oleh pemanah dapat menggerakan anak panah. energi kinetik dan energi potensial. Karet ketapel yang kita regangkan memiliki energi potensial. Perlu dipahami bahwa paku memiliki energi potensial magnet ketika berada jarak tertentu dari magnet. Ketika makanan di makan atau bahan bakar mengalami pembakaran. Berapa energi kinetik yang dimiliki mobil tersebut ? Penyelesaian : Diketahui : m = 1000 kg v = 15 m/s Ditanyakan : Ek = ……… ? Jawab : Ek = ½ m. energi potensial bernilai nol. misalnya). Banyak sekali contoh energi potensial dalam kehidupan kita. baru energi kimia yang terdapat pada makanan atau bahan bakar tersebut dapat dimanfaatkan. Energi potensial pada tiga contoh ini disebut senergi potensial elastik. Energi potensial merupakan energi yang dihubungkan dengan gaya-gaya yang bergantung pada posisi atau wujud benda dan lingkungannya. karena terdapat energi potensial pada busur yang diregangkan. energi mekanik. ketika menempel pada magnet. Karet ketapel dapat melontarkan batu karena adanya energi potensial pada karet yang diregangkan.Sebuah mobil yang massanya 1000 kg bergerak dengan kecepatan 15 m/s. Ketika kita memegang sesuatu yang terbuat dari besi di dekat magnet. 3 April 10 . energi potensial | Permalink Posted by San Hukum Kekekalan Energi mekanik Saturday.v2 Ek = ½ 1000 kg. Ketika kita melepaskan benda yang kita pegang (paku.225 m2/s2 Ek = 112500 kg m2/s2 Jadi energi kinetik yang dimiliki oleh mobil tersebut adalah 112500 joule.(15 m/s)2 Ek = ½ 1000 kg. Energi magnet juga termasuk energi potensial. Contoh lain adaah pegas yang ditekan atau diregangkan. Energi kimia pada makanan yang kita makan atau energi kimia pada bahan bakar juga termasuk energi potensial. dalam waktu singkat paku tersebut bergerak menuju magnet dan menempel pada magnet. energi potensial energi kinetik Leave a Comment » | 4-Usaha dan Energi | Tagged: energi kinetik.

cukup sampai di sini ya penjelasannya mengenai energi potensial atau energi kinetik pada tingkat atom… intinya bentuk energi lain tersebut merupakan energi potensial atau energi kinetik pada skala atomik… jika penasaran. energi kimia. bisa request melalui kolom komentar. dkk) merupakan energi kinetik atau energi potensial pada tingkat atom (pada skala mikroskopis – disebut mikro karena atom tu kecil banget…). Ada energi listrik.Dirimu pasti sering mendengar istilah ini. Nanti akan anda pelajari pada pelajaran fisika di tingkat yang lebih tinggi . silahkan pelajari materi ini sampai dirimu memahaminya. Pokoknya banyak banget setelah muncul teori atom. energi kimia yang tersimpan dalam makanan dan bahan bakar. terdapat juga bentuk energi lain. energi nuklir. dikatakan bahwa bentuk energi lain tersebut (energi listrik. energi panas. Dalam kehidupan kita sehari-hari terdapat banyak jenis energi. Selain energi potensial dan energi kinetik pada benda-benda biasa (skala makroskopis). Tetapi apakah dirimu memahami dengan baik dan benar apa yang dimaksudkan dengan HKE ? apa kaitannya dengan Hukum Kekekalan Energi Mekanik ? jika kebingungan berlanjut. Hukum Kekekalan Energi (HKE). dan kawan-kawan….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful