Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran Kelas/Semester Materi Alokasi waktu Standar kompetensi Kompetensi Dasar : Ilmu Pengetahuan Alam : V/1 : Penyesuian diri mahluk hidup terhadap lingkungannya. : 2 jam pelajaran (2 x 35 menit) : 3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan : 3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup Tanggal pelaksanaan : 25 Oktober 2010 I. Tujuan Perbaikan Pembelajaran Dengan menggunakan pendekatan PAKEM dan LKS diharapkan siswa mampu : 1. Menjelaskan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya racun, duri, atau daun yang tajam; 2. Menyebutkan hubungan antara ciri khusus tumbuhan dan tempat hidupnya. 3. Menyebutkan tumbuhan yang dapat melindungi diri di lingkungan sekitar II. Materi Pembelajaran • Tumbuhan juga melakukan penyesuaian diri. Tumbuhan menyesuaikan diri untuk melindungi diri dari musuhnya. Bambu melindungi dirinya dengan rambut-rambut halus yang dapat menyebabkan gatal. Salak, bunga mawar, dan putri malu melindungi diri dengan duri. Pohon nangka dan karet melindungi diri dengan getah. Durian melindungi diri dengan kulit yang berduri tajam. • Tumbuhan juga menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Tumbuhan air memiliki daun lebar dan tipis, misalnya teratai. Kaktus memiliki batang yang dapat menyimpan air dan daunnya menyerupai duri agar mampu hidup di daerah kering.

Pendekatan atau Metode Model Strategi Pendekatan Metode : Kontruktivisme : Pembelajaran Kooperatif : PAKEM : Informasi. dan Problem solving V. Langkah-Langkah Pembelajaran . Pemberian tugas.III. KKM : 75 IV.

• Semua siswa disuruh menulis apa yang telah dipelajari hari ini.Tahap Konstruktivisme Tahap situasional Pendahuluan Rincian Kegitan Terlaksana Ya Tidak • Guru mengadakan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi. • Guru bersama-sama siswa menyimpulkan pelajaran yang telah dijalani Penutup • Memberikan pertanyaan tertulis • Memberikan tugas mengamati tumbuhan yang memiliki perlindungan diri. • Siswa disuruh bertanya kepada kelompok lain untuk apabila ada yang dianggap mereka kurang paham atau kurang jelas. . Tahap Konfirmasi • Guru mengawasi jalanya diskusi • Guru memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan memberikan penguatan pada materi. • Hasil diskusi kelompok dibacakan didepan kelas Tahap Elaborasi sedangkan kelompok lain disuruh menanggapi. • Menginformasikan materi yang akan dibahas • Mengelompokkan siswa sesuia dengan model konstruktivisme Kegitan Inti • Guru memberikan lembar pengamatan kepada Tahap Eksplorasi setiap kelompok • Dengan bimbingan guru siswa disuruh keluar untuk mencari tumbuhan yang dapat melindungi diri • Dengan dibantu guru siswa disuruh untuk mendiskripsikan tumbuhan yang dapat melindungi diri yang ada disekitar sekolah pada setiap kelompok • Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk mengerjakan lembar pengamatan yang telah diberikan.

dll) VII. salak. Prosedur penilaian a. Bahan a. Instrument penilaian : Terlampir . Penilaian Kognitif Jenis Bentuk : pertanyaan tertulis : pilihan ganda dan isian b. Media berbasis cetakan : LKS 2. Sumber / Alat bahan 1.VI. durian. Tumbuhan yang dapat melindungi diri (bambu. Buku paket IPA kelas V b. Penilaian 1. Penilaian Afektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa 2. Sumber a. enceng gondok.

197110281999031003 Lampiran LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Indikator : IPA : Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup. : Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan untuk mempertahankan hidup . 25 Oktober 2010 Mengetahui Kepala SD 1 Bendosari Guru kelas V Darmianto. 196205011984051002 M. Kaeroni NIP. S.Pd.Plantungan.SD NIP.

10. Tulislah hasil pengamatanmu di buku kerja! 6. Salak Pohon berduri Melindungi diri dari 2. 9. 3. dan buah. Nama siswa Aspek yang Dinilai keaktifan kerjasama Jumlah ketelitian kerapian . daun. Penilaian afektif No 1. 4. ……………………… 2. bacakan hasil kegiatan praktik ini di depan kelas! Catatan guru ketua kelompok: ………………. Setelah itu. ………………………. Anggota kelompok: 1. 5. A. 6. 2. musuh 3. Masukkan hasil yang kamu peroleh dalam tabel seperti berikut! No Nama Tumbuhan Ciri Khusus Bentuk penyesuaian 1. 7. Hal-hal yang perlu diamati meliputi batang. Amati tumbuhan di sekitarmu! 2. Tentukan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut! 3. ……………………….Kelas : V/1 Tanggal Pelaksanaan : 25 Oktober 2010 Mengamati Ciri-Ciri Khusus Tumbuhan 1. 5. 4.. ……………………… 4. 5. 8. ……………………… 3. 4.

Buah nangka muda melindungi diri dari gangguan dengan cara . daun beracun 1. mengeluarkan getah b. 10. menghasilkan gas beracun . duri b. 8. a. . Pilihlah jawaban yang paling tepat diantara pilihan yang tersedia…. jika setiap kolom memperoleh nilai maksimal 25 x 4 = 100 TES FORMATIF I. a. mempunyai duri beracun c. 7.5. . 9. . Pensekoran: Setiap kolom diberi nilai 0-25. 6. Bambu melindungi dirinya menggunakan…. d. menimbulkan bau tidak enak 2.

Bentuk perlindungan diri berupa getah terdapat pada batang tumbuhan . Jati c. 5. a. D 3. mengapung di air 5. . rambut halus 3. .c. . Papaya II. Tanaman yang menggugurkan daunnya ketika musim kemarau yaitu . menjaga keseimbangan c. Kelapa b. 3. melati d. jati b. memudahkan terjadinya penguapan b. . menghindari kekeringan d. . belimbing 4. 1. Isilah jawaban dengan tepat!!! Sebutkan tujuan makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap lingkungannya! Bagaimanakah bentuk perlindungan diri pada tumbuhan salak dan pohon Bagaimana bentuk perlindungan diri buah muda pada berbagai macam Bagaimanakah cara tumbuhan kaktus menyesuaikan diri pada lingkungannya Sebutkan bentuk penyesuaian diri tumbuhan eceng gondok terhadap tempat nangka? tumbuhan buah-buahan? Sebutkan contohnya! yang kering dan gersang? hidupnya! Kunci jawaban I. a. . 4. A 2. . Getah d. . 2. . Manga d. Bentuk daun teratai yang lebar dan tipis berguna untuk . B . a. kamboja c. 1.

Melidungi diri dari serangan musuh Mempertahankan jenisnya 2. Buah blimbing muda rasanya sepat atau asam Mangga muda rasanya asam dan mengeluarkan getah 4. Salak: dengan duri Nangka: dengan getah 3. Memiliki daun yang runcing dan berduri 5. B II. . II.4. Batangnya berongga agar terapung. Bx2 Bx3 skor maksimal 10 skor maksimal 15 Nilai akhir = 4 x skor maksimal = 100 . memilki daun lebar dan tipis agar cepat dalam penguapan Pedoman penilaian I. A 5. 1.Untuk mempertahankan hidupnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful