P. 1
Khutbah Jumat Dan Dakwah

Khutbah Jumat Dan Dakwah

|Views: 1,602|Likes:
Published by Albar

More info:

Published by: Albar on Jun 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/20/2013

pdf

text

original

Oleh

:

1.

Akroma Ardi 2. Bramantyo W.J.K 3. M. Ekaditya Albar 4. M. Kahfi Fattahillah 5. Yoga Primadi
6/12/2011

( 02 ) ( 06 ) ( 23 ) ( 24 ) ( 36 )
1

Pengertian Khutbah
„ Menurut bahasa : Pidato atau ceramah „ Menurut istilah : Ceramah yang berisi nasihat ‟ nasihat agama dan biasanya mengiringi kegiatan ‟ kegiatan ibadah, seperti khutbah Jum’at, khutbah Nikah dsb.
6/12/2011 2

Ketentuan Khutbah
„ Membaca khutbah adalah salah satu rukun shalat Jum’at, oleh karena itu setiap pelaksanaan Shalat Jum’at dianggap sah apabila didahului dengan dua khutbah. „ Selama khutbah berlangsung hendaklah para jama’ah mendengarkan dengan hikmat dan dilarang berbicara. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi :

6/12/2011

3

‫اذا قلت لصا حبك انصت واإلمام‬ ‫يخطب فقد لغو ت‬
“Apabila engkau berkata ‟ kata kepada temanmu pada hari Jum’at “Diamlah” padahal Imam sedang berjhutbah maka Jum’at kamu sia ‟ sia.” ( H.R Bukhari )
6/12/2011 4

Ketentuan Menjadi Khatib
1. 2. 3. 4. 5. Harus mengetahui syarat, rukun dan sunat khutbah. Sudah baligh, berakal sehat dan memiliki akhlak yang baik. Fasih dalam melafazkan ayat ‟ ayat Al Qur’an dan Hadits. Berpakaian rapi, sopan dan berpenampilan yang baik. Bisa membawa kondisi jama’ah dan menyesuaikannya dengan materi yang akan disampaikan

6/12/2011

5

Syarat – Syarat Khutbah
1. 2. 3. 4. Khatib hendaknya suci dari hadas dan najis. Khutbah dimulai setelah tergelincir matahari / masuk waktu Zhuhur. Sewaktu berkhutbah khatib hendaknya berdiri jika mampu. Duduk antara 2 khutbah atau sekurang-kurangnya berhenti sebentar. Khutbah diucapkan dengan suara yang keras agar didengar semua jama’ah.
6

5.

6/12/2011

Syarat – Syarat Dua Khutbah
1. Disampaikan sudah masuk waktu Zhuhur. 2. Berdiri jika mampu. 3. Suara khotib harus jelas, keras dan dapat didengar oleh jama’ah. 4. Tertib, yaitu dilaksanakan berturut ‟ turut antara khotbah pertama dan kedua.
6/12/2011 7

Bahasa yang Dipakai Dalam Khutbah
1. Sebagian ulama berpendapat bahwa khutbah harus berbahasa Arab karena Nabi dan sahabat berkhutbah dengan bahasa Arab. Ulama lain berpendapat bahwa khutbah disampaikan dengan bahasa yang dipahami oleh para jama’ah. Ulama Ahli Fiqh menetapkan bahwa rukun khutbah yang harus menggunakan bahasa Arab, sedangkan uraiannya dengan bahasa yang dipahami jama’ah.
8

2.

3.

6/12/2011

Rukun Khutbah
1. Membaca Hamdalah

‫كل كال م ليبدأ فيه بالحمد هلل فهو اجذ م‬
“Setiap pembicaraan yang tidak dimulai dengan ucapan

pujian kepada Allah, maka ia terputus.”( H.R.Abu Daud dan Ahmad )
6/12/2011

9

2. Membaca Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW Sebagian ulama berpendapat bahwa membaca shalawat tidak termasuk rukun.

6/12/2011

10

3. Membaca 2 Kalimat Syahadat

‫الخطبة التى ليس فيها شهادۃ كاليد الجذماء‬
“Khutbah yang di dalamnya tidak diucapkan syahadat,

sama halnya dengan tangan yang buntung.” ( H.R.Ahmad, Abu Daud dan Turmudzi )

6/12/2011

11

4.Berwasiat / Memberi Nasihat Tentang Taqwa

‫كان رسو ل هللا ص م يخطب قا ئما ويجلس بين‬ ‫الخطبتين ويقرأ آيات ويذكر الناس‬
“Rasulullah SAW berkhutbah sambil berdiri dan beliau

duduk di antara 2 khutbah, membaca ayat ‟ ayat Al Qur’an serta memberi nasehat kepada manusia.” ( H.R. Jama’ah )

6/12/2011

12

5. Membaca Salah Satu Ayat Al Qur’an pada Salah Satu Khutbah Dalilnya sama seperti bagian sebelumnya.

6. Berdoa Untuk Kaum Muslimin Dan Muslimat Sebagian ulama berpendapat do’a dalam khutbah Jum’at tidak termasuk rukun khutbah.
6/12/2011 13

Sunah – Sunah Khutbah
1. 2. Khutbah disampaikan di atas mimbar / tempat yang tinggi. Khatib dalam menyampaikan khutbah dengan memakai kalimat yang jelas, mudah dipahami, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Khatib selalu menghadap ke arah jama’ah. Khatib memberi salam pada awal khutbah pertama. Khatib duduk sebentar di atas kursi setelah mengucap salam dan pada waktu itu azan dikumandangkan. Khatib menertibkan 3 rukun yaitu puji-pujian,shalawat kepada Nabi Muhammad SAW,berwasiat tentang taqwa.

3. 4. 5.
6.

6/12/2011

14

Fungsi Khutbah Jum’at
1. 2.
3. 4.

5. 6. 7.

Mengingatkan kaum muslimin agar meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah. Melatih disiplin diri agar patuh dan taat pada perintah Allah serta menjauhi larangan-Nya. Meningkatkan motivasi mempelajari dan memperluas wawasan Islam serta memperbanyak amal saleh dalam kehidupan sehari-hari. Meningkatkan perhatian kepada kaum lemah, fakir miskin dan kesejahteraan masyarakat. Meningkatkan akhlakul karimah dalam kehidupan. Meningkatkan ukhuwah islamiyah dan membina persatuan dan kesatuan. Meningkatkan perhatian kaum muslimin agar rajin dan giat bekerja untuk mencapai kebahagiaan dunia akhirat.

6/12/2011

15

Pengertian Dakwah
„ Menurut bahasa : Seruan, ajakan dan panggilan. „ Menurut istilah : Usaha / gerakan untuk menyebarkan nilai ‟ nilai kebenaran Islam kepada orang lain, baik yang sudah beragama Islam ( muslim ) atau yang belum ( nonmuslim ).
6/12/2011 16

Tujuan Dakwah
Berdasarkan firman Allah dalam QS. An Nur:55, dakwah mengajak dan menganjurkan manusia untuk : Beriman dan mentauhidkan Allah. Memurnikan dalam beribadah hanya kepada Allah. Tidak menyekutukan Allah. Mengerjakan amal saleh. Berakhlaq yang baik & mulia dengan mendalami akhlaq Rasulullah SAW.
17

„ „ „ „ „

6/12/2011

Hukum Dan Pentingnya Dakwah
Dakwah merupakan tugas suci dan mulia bagi setiap muslim.
َ َ ‫ومنْ أَحْ سنُ ق ْوال ممَّنْ دَ عا إِلَى هللا وعمل صالِحً ا وقال إِ َّنني من‬ ِ َ ِ ِ َ َ َ َ َ ِ َ َ ِ َّ َ َ َ )٣٣( ‫المُسْ لِمين‬ َ ِ ْ

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?“ ( Q.S. Fushshilat : 33 )
6/12/2011 18

Rasulullah dalam Khutbah Wada tanggal 9 Dzulhijjah tahun 10 H mengatakan :

‫فليبلغ اشا هد منكم الغائب‬
“Maka hendaklah yang menyaksikan di antara kamu, menyampaikan kepada orang lain yang tidak hadir.”

6/12/2011

19

„ Hadits Rasulullah Saw tersebut menunjukkan bahwa siapa saja yang telah mendengar dan menerima hadits tersebut diwajibkan menyampaikan kepada orang lain yang belum mendengar, di mana pun mereka berada, terus menerus, turun temurun bersambung dari satu generasi ke generasi berikutnya. „ Oleh karena dapat dikatakan bahwa hukum melakukan dakwah adalah WAJIB bagi setiap Muslim yang sudah baligh baik lakilaki atau perempuan.

6/12/2011

20

Hadits Rasulullah SAW :

‫بلغوا عنى ولو آية‬
“Sampaikanlah (kepada orang lain) apa-apa yang kamu peroleh dariku, meskipun hanya sepotong ayat !”

6/12/2011

21

Hadits Rasulullah SAW :

‫من دعا على الخير كفا عله‬
“Barang siapa yang berdakwah (mengajak orang lain) melakukan kebaikan, maka ia dapat pahala seperti orang yang mengerjakan kebaikan itu sendiri.”
6/12/2011 22

Metode Dakwah
Metode Dakwah bedasarkan Q.S. An Nahl : 125 yang dapat kita ambil antara lain : a. Dengan Hikmah Yaitu dengan perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang haq dan yang batil. Dakwah dikategorikan dengan hikmah apabila :

6/12/2011

23

1. Menggunakan Bahasa yang bisa Dipahami oleh Audiensnya.
Sabda Rasulullah SAW :

‫تكلموا الناس على قدر عقو لهم‬
“Berbicaralah dengan manusia sesuai dengan tingkat pemahamannya.”
6/12/2011 24

2. Tidak membebani audiens di luar kemampuannya selaku manusia Diupayakan dengan cara yang bisa menggembirakan mereka. Sabda Rasulullah SAW :

‫يسروا وال تعسروا بشروا وال تنفروا‬
“Mudahkanlah mereka, jangan Gembirakanlah dan jangan dikaburkan.”
6/12/2011

dipersulit.
25

3. Diberi Contoh Yang Konkrit Terlebih Dahulu. Artinya seorang da’I tidak cukup hanya berkata-kata, tapi dituntut memberi contoh pengamalan ajaran Islam yang disampaikannya kepada orang lain. Dalam bahasa lain adalah “dakwah bil hal”.

6/12/2011

26

b. Dengan Mau’izhah Hasanah Artinya nasehat dan pengajaran yang baik. Nasehat yang bisa menggugah kesadaran seseorang dengan sentuhan-sentuhan qalbunya seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. (Q.S. Ali Imran : 159 )

6/12/2011

27

c. Dengan Mujadalah Yang Baik Mujadalah yang baik artinya berdiskusi dengan sehat menggunakan dalil-dalil naqli dan aqli (logika) yang bisa menguatkan terhadap gagasan yang disampaikannya. Metode ini bisa berbentuk seminar, simposium dan sebagainya.

6/12/2011

28

Persamaan Khutbah & Dakwah
1. Mengajak kepada umat manusia untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 2. Memberikan kabar gembira kepada orang yang beriman dan bertaqwa serta ancaman bagi yang ingkar kepada Allah SWT. 3. Mengajak kepada umat manusia untuk melaksanakan syariat agama Islam.
6/12/2011 29

Perbedaan Khutbah & Dakwah
1. 2. 3. 4. Khutbah terikat pada syarat & rukun yang ditetapkan, sedangkan dakwah tidak. Khutbah dilakukan di mimbar khusus, sedangkan dakwah tidak. Khutbah dilaksanakan secara rutin & dibatasi waktu, sedangkan dakwah tidak. Khutbah hanya dilakukan oleh seorang laki-laki, sedangkan dakwah dapat dilakukan oleh siapa saja. Khutbah medianya terbatas pada mimbar, sedangkan dakwah dapat menggunakan apa saja.
30

5.

6/12/2011

6/12/2011

31

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->