³ BRIGHT LEARNING CENTER ³

ENERGI & PERUBAHAN ENERGI
A. Bentuk & Perubahan Energi A.1

1. Perubahan energi yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga panas bumi adalah ««««. a. Listrik Kinetik Kalor b. Kinetik Kalor Listrik c. Kinetik listrik kalor d. Kalor kinetik listrik

2. Untuk membuat pembangkit energi di daerah padang pasir, sebaiknya mengunakan sumber energi «. a. angin b. matahari c. air d. geometermal

3. Yang merupakan sumber utama di bumi adalah energi «« a. fosil b. air c angin d. matahari

4. Energi yang dihasilkan oleh partikel udara yang bergerak adalah energi a. cahaya b. listrik c. bunyi d. kimia

5. Sebuah durian jatuh dari pohonnya. Dalam peristiwa tersebut energi yang tidak berubah adalah energi yang tidak berubah adalah energi «. a. potensial b. mekanik c. kinetik d. magnetik

³BRIGHT STUDENT BRIGHT FUTURE´

batu bara 8. bandul yang berayun dan loncat indah 10.³ BRIGHT LEARNING CENTER ³ 6. Perubahan energi yang terjadi adalah «« a. Kotoran hewan merupakan sumber energi «. Perhatikan gambar dibawah. kalor d. kimia b. a... bahan bakar gas 9. pasang surut 7. pelari dan pemain sepak bola d. gerak 11. Pemanfataan sumber energi berikut yang tidak menimbulkan polusi adalah «. Perhatikan gambar dibawah ini. anak panah yang meleset dari busurnya c. Sumber energi yang dapat menghasilkan energi sangat besar adalah energi «. bahan bakar gas c. potensial gravitasi d. air d. nuklir b. potensial pegas c. sel surya d. a. a. mobil yang melaju dijalan raya b. kimia listrik cahaya ³BRIGHT STUDENT BRIGHT FUTURE´ . a. Panah dapat terlepas dari busurnya karena memiliki energi «. geothermal c. Prinsip hokum kekekalan energi mekanik dalam kehidupan sehari-hari contohnya adalah ««« a. bahan bakar minyak b. panas bumi b biomassa c.

energi angin 4. Persedian bahan bakar minyak (BBM) sebagai sumber energi sangat terbatas. a.4 b.4. energi potensial energi kinetik energi listrik d. angin c. matahari 16.³ BRIGHT LEARNING CENTER ³ b. listik cahaya kimia c. cahaya kimia listrik 12. energi matahari 5. 2. geothermal b..2. dapat diatur 15. 1.3. Sebutkan bentuk energi yang memiliki sumber energi: a. energi potensial energi mekanik energi listrik 13. a. a. a.4. energi panas bumi 2. energi nuklir Energi yang dapat dikembangkan di Indonesia adalah«. energi pasang surut 3..5 d. listrik kimia cahaya d. energi gerak energi potensial energi listrik b. Mengapa kita harus menghemat penggunaan energi fosil? 17. satu tahun b. Yang bukan termasuk energi yang ramah lingkungan adalah ««. Urutan yang benar terjadinya PLTA adalah «. Energi yang dapat dikembangkan: 1. jutan tahun d. disebabkan proses berubahan minyak bumi memakan waktu «. energi angin b. 1. energi nuklir ³BRIGHT STUDENT BRIGHT FUTURE´ .5 c. energi kinetik energi listrik energi cahaya c. 3..5 14. ribuan tahun c. fosil d.

Dari sumber energi berikut. energi kinetik dan potensial b. nuklir 22. matahari c. energi yang memiliki bandul adalah ««. Daerah yang terletak di pinggir laut. sebainya menggunakan energi ««untuk membangkitkan energi listrik. energi kinetik d.³ BRIGHT LEARNING CENTER ³ c. a.. Unsur digunakan untuk menghasilkan energi nuklir pada reactor fusi adalah ««.yang diperbaharui adalah «. nol c. pasang surut c. alumunium d. uranium c. Pada saat bandul berada di titik Y. momen gaya d. potensial b. angin d. a. a. minyak bumi d. ³BRIGHT STUDENT BRIGHT FUTURE´ . Benda yang bergerak memiliki energi «. a. kinetik c. hidrogen b. tekanan 20. air b. energi air 18. besi 19. a. Gambar di bawah ini memperlihatkan sebuah bandul sederhana yang berayun antara titik X dan Y. Yang bukan termasuk penggunaan dari energi angin adalah «. energi potensial 21. angin b. energi matahari d. air tidak dapat 23.

memompa air c. Contoh perubahan energi kimia menjadi energi panas adalah «.³ BRIGHT LEARNING CENTER ³ a. energi kinetik berubah menjadi energi bunyi b. 1.ini merupakan bunyi dari hokum «. a. a. a. sebagaian besar energi kinetik mobil diubah menjadi energi «««. korek api terbakar b. 2. newton ³BRIGHT STUDENT BRIGHT FUTURE´ . menggerakan turbin B1.. kimia 3. energi potensial gravitasi berubahan menjadi energi bunyi. menyalakan lampu listrik d. energi kinetik berubah menjadi energi potensial gravitasi c. a. menyalakan kompor listrik c. kalor c. Perubahan energi yang terjadi ketika seorang penerjun payung meninggalkan pesawat adalah « a. cahaya d. Pada mobil yang direm. potensial elastis d. menggerakan kincir d. Energi yang dimiliki oleh ketapel sesaat sebelum dilepaskan disebut energi «. kinetik b. fotosintesis 4. energi potensial gravitasi berubah menjadi energi kinetik d. potensial c. suara 5. kimia b. Energi tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan tetapi hanya dapat diubah bentuknya. menggerakkan perahu layar b.

³ BRIGHT LEARNING CENTER ³ b. listrik 8. a. sumber energi yang melimpah 7.. mendapatkan energi kinetik tetapi kehilangan energi potensial c. perubahan energi 6. Sebuah peluru melesat mengenai target yang berupa logam. kinetik d.. sumber energi yang hanya dapat digunakan sekali saja c. potensial gravitasi c. energi potensial menjadi energi kinetik dan suara b. sumber energi yang dapat digunakan terus-menerus b. mendapatkan energi potensial tetapi kehilangan energi kinetik d. Sumber energi yang dapat diperbaharui adalah «.mobil tersebut akan ««« a. Pada kembang api yang bergerak ke atas. Gambar di bawah ini memperlihatkan seorang atlit ³BRIGHT STUDENT BRIGHT FUTURE´ . Ketika minyak tanah dibakar. perubahan energi yang terjadi adalah «. a. terjadi perubahan energi dari «. a. kalor b. kekekalan energi c. perpindahan energi d. mendapatkan energi kinetik dan potensial b. Ketika sebuah mobil bergerak di percepatan menaiki bukit. panas menjadi kimia c. energi potensial menjadi energi suara dan energi panas c. kimia menjadi panas b. mekanik menjadi potensial 11. kehilangan energi kinetik dan potensial 10.. a. energi kinetik menjadi energi panas dan cahaya 9. energi kinetik menjadi energi panas dan suara d. sumber energi yang tidak akan habis di masa depan d. terjadi penambahan energi«. kinetik menjadi potensial d.

mekanik d. b. a. Ketika rem tangganya dilepas.³ BRIGHT LEARNING CENTER ³ peloncat indah yang sedang menaiki tangga dan meloncat ke dalam kolam. c. energi kinetik mobil paling besar berada di titik «« a. b. Sebuah mobil berhenti pada puncak bukit. c. 12. a. kalor b.. ³BRIGHT STUDENT BRIGHT FUTURE´ . d. kimia 13. magnetik c. d. Gambar yang menunjukkan energi potensial gravitasi terbesar yang dimiliki atlit adalah ««. Jumlah energi kinetik dan energi potensial disebut energi «.

kipas angin dan TV c. energi potensial energi kinetik energi listrik d..000 joule 16. maka energi potensial yang dimiliki bola adalah « a. mesin diesel 15.. generator d. energi gerak energi potensial energi listrik b. Perhatikan gambar dibawah ini. 2. Alat yang berfungsi mengubah energi matahari menjadi energi listrik adalah «««. sel surya b. Posisi saat energi mekanik = energi potensialnya adalah ««. a.³ BRIGHT LEARNING CENTER ³ 14. energi potensial energi mekanik energi listrik 17. 40 joule c. a. Bola bermassa 4 kg menggelinding dengan kecepatan 10 m/s. Alat listrik yang dapat mengubah energi listrik menjadi kalor adalah «. 4 ³BRIGHT STUDENT BRIGHT FUTURE´ . 125 joule d. lampu neon dan solder listrik b. setrika dan solder listrik d. 3 d. Jika bola pada gambar di bawah memiliki massa 500 gram dan konstanta gravitasi 10N/kg. 1 b. 2 c. 20 joule b. Besar energi kinetik bola adalah «. a. panel surya c. energi kinetik energi listrik energi cahaya c. a. bor listrikdan kipas angin 18.

21. dua bentuk energi yamg dimiliki penerjun saat ia sedang melompat dari pesawat. Jelaskan pengertian dari energi potensial gravitasi dan energi kinetik. bentuk energi yang dimiliki penerjun itu sesaat sebelum melompat dari pesawat. di wilayah khatulistiwa c. bertambah. kulkas d. a. Sebuah energi apakah yang cocok dikembangkan pada daerah berikut. Seorang aksi penerjun payung hendak melalukan aksinya. hitunglah: ³BRIGHT STUDENT BRIGHT FUTURE´ . energi yang tidak berubah selama penerjun tersebut melakukan aksinya. b. Bola tenis dengan massa 175 gram memiliki energi kinetik sebesar 8 joule. Sebuah genting jatuh dari atap rumah. tetap 24. Tuliskan perubahan bentuk energi yang terjadi pada konventer berikut. mikrofon b. Berapakah kecepatan bola itu? 26. Energi apakah yang: a. bel listrik c. di sekitar muara sungai b. di dekat air terjun 25. Ketika mobil berhenti bergerak berubah menjadi apakah energi kinetik yang dimilikinya? 22. a. jam dinding 20. 23. Sebutkan : a. b. c.³ BRIGHT LEARNING CENTER ³ 19. berkurang c. Buah kelapa dengan massa 1 kg berada pada ketinggian 8 m di atas permukaan tanah. Jika kemudian buah kelapa itu jatuh ke tanah.

maka berapakah kecepatannya? 28. Tinggi sebuah air terjun 100 m.000 joule. energi kinetik kelapa jika kecepatannya 11 km/s 27. Seorang yang massanya 50 kg berlari dengan kecepatan 2 m/s. Berapakah kecepatan sebuah benda yang bergerak jika massanya 10 kg dan energi kinetiknya 20 joule? 31. Berapakah massa benda itu? 29.440 joule. Seseorang pengendaraan sepeda mempunyai energi kinetik total 1. Jika massa lori itu 8 kg. c. Jika massa totalnya bersama sepeda adalah 80 kg. Berapakah energi kinetiknya? 32. energi potensial kelapa mula-mula. b. Berapakah energi kinetiknya setelah 5 sekon? 34. energi potensial kelapa setelah sampai di tanah. Sebuah kereta kecil yang massanya 4 kg didorong dengan gaya 8 newton selama 5 sekon. maka berapakah besarnya gaya benda itu? 30. Sebuah lori yang bergerak mempunyai energi kinetik 1. Sebuah benda yang mula-mula diam memperoleh energi kinetik 1. Berapakah energi kinetik sebutir peluru yang massanya 20 g dan mempunyai kecepatan 108 km/jam? 33. Berapakah energi potensial 5 kg air di puncak air terjun relatif terhadap permukaan air di dasarnya? ³BRIGHT STUDENT BRIGHT FUTURE´ . Sebuah gaya bekerja pada sebuah benda yang massanya 2 kg selama 2 sekon. maka berapakah kecepatannya? 35.6 joule setelah ada gaya 4 newton yang bekerja pada benda itu selama 1 sekon. Jika energi kinetik benda itu setelah 2 sekon sebesar 36 joule.³ BRIGHT LEARNING CENTER ³ a.

bola itu memantul kembali ke atas dan mencapai ketinggian 5 m. Berapakah energi potensial 1 m³ air apda air terjun yang tingginya 30 m terhadap sungai di bawahnya ? 43. Berapakah energi potensial sebuah benda yang massanya 25 kg yang berada pada ketinggian 50 m dari bumi? 38. maka berapakah besar gaya itu? 39.5 kg selama 1 sekon. Berapakah banyak energi yang hilang sewaktu bola memantul kembali setelah mengenai tanah? 41. Sebuah bola yang massanya 0. Sebuah gaya bekerja pada sebuah benda yang massanya 0. Berapakah energi potensialnya terhadap permukaan laut ? 42.³ BRIGHT LEARNING CENTER ³ 36.2 joule. Seorang anak yang massanya 40 kg berdiri di ujung papan loncat yang berada 2 m di atas permukaan air kolam renang. Sebuah mangga di pohonnya yang berada 5 m di atas tanah mempunyai energi potensial 39. Setelah mengenai tanah.2 kg dijatuhkan dari ketinggian 20 m. Berapakah besar gaya yang harus bekerja pada sebuah benda yang massanya 4 kg sehingga setelah 2 sekon benda itu memperoleh energi kinetik sebesar 72 joule ? 40. Berapakah massa mangga itu ? ³BRIGHT STUDENT BRIGHT FUTURE´ . Jika benda itu mula-mula diam dan setelah 1 sekon memperoleh energi kinetik 4 joule. Berapakah energi potensial terhadap permukaan air? Berapakah energi potensialnya pada ketinggian 1 m di atas permukaan air setelah meloncat? 37. Batu seberat 50 kgf terletak di atas batu karang yang tingginya 800 m di atas permukaan air laut.

Berapakah energi kinetiknya ? 49.000 J. Berapakah kecepatan peluru itu? ³BRIGHT STUDENT BRIGHT FUTURE´ . maka berapakah kecepatannya? 48. Sebuah benda yang berada pada ketinggian 100 m di atas permukaan bumi mempunyai energi potensial 4.440 kg.000 joule.000 kg bergerak dengan kecepatan 20 m/s.³ BRIGHT LEARNING CENTER ³ 44. Berapakah energi kinetik ditembakkan ? 52. Berapakah energi kinetik peluru ketika ditembakkan ? 51. Jika massa mobil itu 1.900 joule. Berapakah energi kinetiknya ? 53.4 joule. Berapakah massa bola itu ? 47. Sebuah mobil yang massanya 1. Sebuah bola yang dilemparkan dengan kecepatan 4 m/s mempunyai energi kinetik 6. Sebuah mobil yang bergerak mempunyai energi kinetik 4.5 x joule. Berapakah tinggi puncak bukit itu ? 45. Sebuah benda yang massanya 5 kg mempunyai kecepatan 2 m/s. Berapakah massa benda itu? 46. Sebutir peluru yang massanya 40 g ditembakkan dengan kecepatan 500 m/s. Sebuah mobil yang massanya 2.000 kg berjalan dengan kecepatan 100 km/ jam. Berapakah energi kinetiknya ? 50. Sebutir peluru yang massanya 25 g mempunyai energi kinetik 2. Sebuah peluru meriam yang massanya 1 kg ditembakkan dengan kecepatan 100 m/s. Sebuah batu yang massanya 500 kg dan berada di puncak sebuah bukit mempunyai energi potensial 490.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful