oleh: Septia Sugiarsih

sarana Bentuk Dasar Ujaran Makhluk sosial Eksistensinya diakui Beda dgn makhluk lain .

. Keraf (1986) Getaran yang bersifat yang bersifat fisik yang merangsang alat pendengaran kita Bunyi Makna Isi yang terkandung di dalam arus bunyi yang menyebabkan reaksi itu.

.Bahasa. Semua ujaran yang dihasilkan oleh alat ucap manusia ????? .. ...

sistematik manasuka manusiawi ujar komunikatif .

Kerena media bahasa yang terpenting adalah bunyi .sistematik Bahasa memiliki pola dan kaidah yang harus diatati agar dapat dipahami oleh pemakainya. Diatur oleh sistem manasuka Unsur-unsur bahasa dipih secara acak tanpa dasar ujar Bentuk dasar bahasa adalah ujaran.

manusiawi Bahasa berfungsi jika manusia yang memanfaatkannya komunikatif Alat komunikasi atau alat perhubungan antara anggota masyarakat .

2. Informatif Menyampaikan informasi timbal-balik antar anggota keluarga ataupuan anggota-anggota masyarakat. Ekspresi Diri : Menyalurkan perasaan. sikap.Menurut Santoso : 1. emosi atau tekanan perasaan pembaca . gagasan.

Kontrol Sosial Mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain .3. Adaptasi dan Integrasi Menyesuaikan dan membaurkan diri dgn masyarakat.

Instrumental 2. Instraksional 4.1. Regulatoris memperoleh sesuatu mengendalikan perilaku orang lain berinteraksi dengan orang lain berinteraksi dgn orang lain 3. Personal .

Heuristik 6. Imajinatif belajar dan menemukan sesuatu menciptakan dunia imajinasi informasi 7. Representasional .5.

Bahasa Resmi Kenegaraan Bahasa Pengantar dalam Dunia Pendidikan Bahasa Resmi untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional serta kepentingan pemerintah. 2. 4.1. 3. ilmu pengetahuan dan teknologi . Alat pengembangan kebudayaan.

3. 4. 1972: EYD thn 1972 1975: Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Istilah 1988: Kamus Besar Bahasa Indonesia 1988: Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia . 2.1.

Pemersatu mempersatukan suku bangsa yang berlatar budaya dan bahasa yang berbedabeda.1. Pemberi kekhasan bahasa baku membedakan bahasa itu dengan bahasa yang lain. 3. Penambah Kewibawaan penggunaan bahasa baku akan menambah kewibawaan atau prestise Kerangka Acuan bahasa baku merupakan kerangka acuan pemakaian bahasa. 2. . 4.

.. ..Terima Kasih..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful