Nama Kelompok : ‡M. Yusuf Karim ‡Phoa Willy Angpujana ‡Rahayu Pusponingsih ‡Riddani Rahma ‡Robertus Irwan P.

‡Satria Dhani Ashari

(25) (26) (27) (28) (29) (30)

dingin. Pada kulit mengekskresi keringat. bibir. kesehatan. makanan.alat dalam tubuh sehingga dapat merasakan lapar dan haus. sakit.Kulit merupakan indra peraba (tangoreseptor) yang dapat merasakan rangsangan dalam bentuk sentuhan. . dan alat kelamin. terutama pada ujung jari. Indra peraba tersebar diseluruh permukaan kulit. dan tekanan. dan emosional. suhu lingkungan. kaki. telapak tangan. Jumlah keringat dipengaruhi oleh : aktivitas. Indra peraba terdapat pula di alat. panas.

3. stratum lusidum merupakan lapisan yang transparan 4. EPIDERMIS Epidermis tersusun atas empat lapis sel. 2. Pada epidermis tidak terdapat pembuluh darah dan sel saraf.Susunan Kulit Kulit terdiri dari lapisan luar(epidermis) dan lapisan dalam (dermis). . Dari dalam ke luar: 1. stratum granulosum berisi sedikit keratin yang menyebabkan kulit menjadi keras dan kering. stratum germinativum berfungsi membentuk lapisan di sebelah atasnya. Selselnya umumnya menghasilkan pigmen hitam (melanin). stratum korneum adalah lapisan tanduk.

terdiri dari serat berwarna putih dan kuning. Stratum germinativum tumbuh ke daerah dermis membentuk kelenjar keringat(glandula sudorifera) dan akar rambut. juga berhubungan dengan serabut saraf.DERMIS Penyusun utamanya jaringan penyokong. Pada waktu dingin atau merasa takut. Di sebelah dalam dermis terdapat timbunan lemak yang berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi bagian dalam tubuh dari kerusakan mekanik. Akar rambut berhubungan dengan pembuluh darah membawa makanan dan oksigen. Pada setiap pangkal akar rambut melekat otot penggerak rambut. Serat kuning bersifat elastis. . sehingga kulit dapat mengembang. otot rambut mengerut dan rambut menjadi tegak.

FUNGSI KULIT SECARA UMUM 1. Pengontrol atau pengatur suhu. Sensibilitas Mengindera suhu. . Kulit yang terpejan sinar UV akan mengubah substansi untuk mensintesis vitamin D. 3. misalnya otot dan tulang 2. pelindung bagian dalam. 4. Memproduksi melanin mencegah kerusakan kulit dari sinar UV. sentuhan dan rabaaan. Produksi vitamin. A dan D yang larut lemak. Keseimbangan air Sratum korneum menyerap air sehingga mencegah kehilangan air serta elektrolit yang berlebihan dari bagian internal tubuh dan mempertahankan kelembaban dalam jaringan subcutan. Air mengalami evaporasi(respirasi tidak kasat mata) sekitar 600 ml / hari untuk dewasa. Vasokonstriksi pada suhu dingin dan dilatasi pada kondisi panas peredaran darah meningkat terjadi penguapan keringat. rasa nyeri. Sebagai proteksi Mencegah masuknya benda asing dari luar Menyerap berbagai senyawa lipid vit. 5.

peraba . nyeri Ujung saraf sekeliling akar rambut . panas Ujung saraf meissner . peraba/sentuhan Ujung saraf krause .Jenis reseptor indra peraba : y y y y y y Ujung saraf paccini . tekanan Ujung saraf ruffini . dingin Ujung saraf tanpa selaput/terbuka .