ROCK CLIMBING (PANJAT TEBING

)
ISWARDIYANTOK

Pada dasarnya panjat tebing adalah teknik pemanjatan tebing batu terjal dgn memanfaatkan cacad batuan baik tonjolan maupun rekahan.

bijaksana dlm penggunaan peralatan dan mengenali PARTNER Kata kunci adalah HAVING FUN ON ROCKS . percaya dengan kemampuan.SIAPA YG BOLEH MEMANJAT? ´ ´ ´ ´ ´ ´ Tentu semua orang boleh Tetapi tidak semua orang bisa Yg dibutuhkan adalah seseorang yg bisa merasakan kenikmatan dari pemanjatan artinya menjadi kompeten dan tetap terkontrol Karena jarang ditemukan pemanjat yg enjoy memanjat pd ketinggian di atas 25 m POINT TERPENTING adalah kenali kemampuan.

SISTEM PENGAMANAN PEMANJATAN ´ ANCHORING ´ BELAYING ´ FALL FACTOR .

ANCHORING (PENAMBATAN)  Tempat penambatan pengaman (runner/running belay) oleh pamanjat  Tempat belayer menambatkan diri agar tidak terseret apabila pemanajt terjatuh .

TERDIRI ATAS 2 JENIS ´ - Pengaman alam (natural anchor) Tumbuhan Batu sisip Batu tanduk Celah tembus Pengaman buatan (artificial anchor) Pengaman sisip (chock) Pengaman pegas (friend) Pengaman pasak (piton) Paku tebing (bolt) - .

PRINSIP PEMASANGAN ´ Melakukan penambatan harus seaman dan sepraktis mungkin sehingga pemanjatan tidak terganggu oleh penambatan. Memasang pengaman yang benar sehingga meminimalisir kerusakan tebing ´ .

BELAYING Adalah sistem pengamanan dalam pemanjatan yang mengatur tali pemanjatan untuk menghentikan laju jatuh jika salah seorang pemanjat jatuh. .

´ Belayer harus memperhatikan dengan seksama gerakan pemanjat untuk menghindari kesalahan dalam belaying Untuk mengurangi akibat jatuh yg fatal pperkecil jarak leader-belayerp runner pd jarak tertentu ´ .

ALAT MEMBELAY ´ Figure of eight descender ´ Sticht belay ´ Simpul itali .

POSISI PEMBELAY Luas pijakan ´ Kedudukan anchor ´ Arah tarikan tali ´ ´ Belay atas(hanging belay). belay bawah .

disebut juga pengaman jalan Runner : sling.RUNNING BELAY ATAU RUNNER Adalah pengaman yang digunakan atau dipasang leader selama memanjat pada jalur lintasan untuk mengurangi bahaya jatuh. runner buatan Dipasang carabiner .

paling sedikit setiap 3-4 m untuk memperkecil fall factor. ´ Digunakan untuk membantu gerakan pemanjat istirahat ´ .PEMASANGAN RUNNER Dalam 1 pitch.

FALL FACTOR ´ ´ Yaitu rasio antara jarak jatuh pemanjat dengan panjang tali di badan belayer Seorang leader yang jatuh tanpa sempat memasang runner mempunyai fall faktor 2 .

maka : Semakin kecil rasio fall factor semakin kecil resiko jatuh sampai ke darat atau dasar tebing.MISALNYA: Pemanjat telah memanjat sejauh 10 m. 4 ! 0. runner terakhir 8 m. ketika akan memanjat lagi leader terjatuh.4 10 .

ABA-ABA Cek dan ricek antar belayer dan leader ´ On belay. Belay on ´ Slack ´ Full ´ Fall ´ Off belay. Belay off ´ Rock ´ .

PENUTUP ´ Tak Ada Tebing yang Lebih Tinggi Daripada Semangat dan Kebersamaan Kita...µ Selamat Berproses.!!! Terima Kasih.. Viva Wanala. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful