Proses pembuatan

WAYANG KULIT

Ketut Yoga Yudistira XI IPS 1

Saya memilih topic wayang karena wayang merupakan salah satu kebudayaan unik yang tidak asing lagi di telinga orang-orang Indonesial Semoga sengan selesainya tugas ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Tidak lupa saya ucapkan kepada guru dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan tugas ini.PENDAHULUAN Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT. karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugas ini. Amin. . Penulis menyadari bahwa dalam penulisan tugas ini masih banyak kekurangan. oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun.

Wayang kulit sebagai salah satu peninggalan atau warisan leluhur khususnya dari keraton Yogyakarta diharapkan menjadi contoh warisan yang dijaga dan dipertahankan demi kelangsungan keberadaan wayang kulit khususnya dan sebagai identitas kota Yogyakarta pada umumnya.WAYANG KULIT . Dekatnya sentra ukir kulit Gendeng dari Yogyakarta. Ada sekitar 50 perajin yang aktif dalam bidang tatah sungging kulit yang terkumpul hampir di sepuluh sanggar. dan kolektor dalam maupun luar negeri. Gus Dur. dan Megawati dikenal sebagai salah satu kolektor yang mengoleksi wayang kulit gaya Yogyakarta buatan Gendeng. Di sana akan ditemukan tenaga-tenaga terampil dan terasah dalam pembuatan wayang kulit. Wisatawan yang datang akan menjumpai berbagai bentuk dan model wayang kulit dan melihat proses pembuatan wayang yang masih sederhana dan masih terjaga ketradisionalannya dalam pemrosesan. seperti museum. toko seni. Kenapa? Karena untuk membuat wayang kulit memang harus melalui proses belajar tidak sebentar. Wayang kulit buatan Gendeng dikenal sebagai wayang kulit dengan kualitas yang bagus dan menjadi koleksi banyak kalangan. sekitar 8 km arah selatan yang melewati jalur utama kota Bantul dan desa wisata Kasongan akan memudahkan para wisatawan menuju ke lokasi.23:32 Kerajinan ukir kulit terutama wayang kulit bisa disebut sebagai kerajinan yang memadukan seni dan sejarah wayang kulit. pembuatan pola.Asal Usul Wayang dan Kesulitannya kalang Thu. kemauan belajar yang tinggi dan rasa memiliki kecintaan akan seluk beluk perwayangan. dhalang. DIDAPAT DARI SALAH SEORANG PERAJIN . penatahan dan sungging atau pewarnaan. Gendeng adalah nama sebuah dusun kerajinan ukir kulit yang sampai sekarang terus mempertahankan keberadaan wayang kulit khususnya wayang kulit gaya Yogyakarta. 08/01/2009 . Mantan Presiden Soeharto. membutuhkan keuletan.

menyungging wayang. Perlu diketahui. dalam seni kriya Wayang Kulit Purwa termasuk tahap penting dalam proses pembuatan sebuah Wayang Kulit. dan yang terakhir memasang cempurit. Pekerjaan menatah Wayang Kulit memerlukan konsentrasi. tahapan-tahapan pemuatan sebuah Wayang Kulit meliputi penyiapan kulit yang akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan wayang : membuat corekan. keterampilan dan rasa seni yang tinggi.Menatah Wayang Kulit TATAHAN. menatah wayang. . yakni semacam sketsa bentuk gambar tokoh wayang yang akan dibuat.

walau hal ini masih "katanya". Selain itu ada pula yang disebut tatah wali yang bentuknya beda dibandingkan bentuk tatah lainnya. terutama memeriksa apakah tatah-tatah yang diperlukan sudah cukup tajam atau belum. Adapun jenis peralatan yang diperlukan adalah: 1. dan tatah kuku yang mata tatahnya berupa lengkungan. . dapat menggangu pekerjaan. Pandukan. karena sesungguhnya logam itu bisa meracuni tubuh manusia. . atau karena salah satu pertalatannya tidak tersedia. Batang. dari belasan jenis tatah itu. Tindih. Bila ini terjadi. Namun. 4.paling sedikit harus tersedia 10 macam. Ganden.berupa logam seberat sekitar 2. agar jangan sampai di tengah pekerjaannya konsentrasinya terganggu oleh adanya tatah yang tumpul. kayu trenggulun. Pemeliharaannya. Kambing dan sebagainya tetapi ada wayang kulit yang dibuat dari kulit manusia [biasanya orang hukuman]. dll.kayu berdiameter sekitar 35 sampai 40 cm itu dipotong melintang. paku corekan. atau kayu sawo. penghapus. Ganden yang telah terlalu lama digunakan. Biasanya terbuat dari kuningan. ada beberapa peralatan tambahan berupa jangka. akan rusak permukaan yang digunakan sebagai pemukul tatah.yakni landasan tatah yang terbuat dari kayu sambi. 3. Selain peralatan pokok di atas. Tatah.semacam palu besar terbuat dari kayu asem atau sawo. serta menyimpannya di tempat yang kering. Lembu. Tatah ini harus dipelihara dengan baik. Namun. Wayang Kulit terbuat dari kulit hewan biasanya Sapi. . . biasanya bagian yang rusak itu dipotong. pada dasarnya dapat dibagi atas dua golongan besar. diganti dengan ganden baru. antara lain melumuri atau melapisi permukaannya yang tajam dengan malam batik.5 kilogram. Ini perlu dilakukan. yang dari besi pun boleh. jika rusaknya telah parah. pensil jenis 2 H. Namun. lalu dihaluskan lagi. karena merupakan alat terpenting dalam proses pekerjaan. Tindih gunanya untuk menekan atau memberati kulit yang sedang ditatah. mistar atau penggaris. seorang penatah harus menyiapkan peralatan menatah. Pandukan yang telah terlalu lama digunakan akan bopeng-bopeng sehingga permukaanya tidak rata. yakni tatah lantas atau tatah lugas yang mata tatahnya berupa garis lurus. . sehingga kulit itu tidak menggeser kesana kemari bila sedang dikerjakan. batu asahan. Penggunaan tindih terbuat dari timbal (timah hitam) tidak dianjurkan.Peralatan Sebelum mulai bekerja. 2.

tatahan untu walang disebut tatahan semut ulur. jamang.berupa lubang-lubang yang membentuk deretan seperti huruf U. setidaknya ada 16 macam jenis tatahan. Tatahan Bubukan. dan gruda mungkur. Di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. kalung dan jamang. pada bagian tubuh wayang tertentu pula. berselang-seling dengan tatahan kawatan. Berikut ini adalah jenis-jenis tatahan pada seni kriya Wayang Kulit Purwa gagrak Surakarta dan Yogyakarta. Tatahan Tratasan.. Tatahan Intan-intan. 2. yang biasanya digunakan untuk mengerjakan bagian uncal kencana. 4. Jenis Tatahan Dalam seni kriya Wayang Kulit Purwa. Biasanya tatahan ini digunakan untuk mengerjakan bagian wayang yang disebut ulurulur dan uncal kencana. Masing-masing jenis tatahan itu diperuntukkan bagi pembuatan ornamen tertentu. kemudian dibuat "mal" nya sesuai jenis wayang yang akan dibuat. Tatahan tratasan hampir selalu diselang-seling dengan tatahan bubukan. Tatahan berseling antara tratasan dengan bubukan ini juga disebut tatahan lajuran atau tatahan lajur saja. Tatahan Mas-masan. .yang biasanya dikombinasikan dengan tatahan mas-masan. . 6. dlsb.berupa lubang-lubang kecil berderet. baik garis lurus maupun yang melengkung lebar dan menyudut. Biasanya tatahan bubukan diseling dengan tatahan tratasan.Kulit terlebih dahulu diproses. seperti bunga mekar. yang juga disebut tatahan intan-intanan. yang digunakan untuk membuat kesan gambaran garis.biasanya digunakan untuk mengisi' bagaian sumping. Tatahan Kawatan. Bentuk tatahan ini.yang juga disebut tatahan gubahan biasanya digunakan untuk `mengisi' sumping. . 7. . berupa garis-garis terputus. tetapi Cuma separuh. . gruda mungkur. 1. 3. Tatahan Untu Walang. sumping. dengan maksud agar kulit di bagian yang ditatah itu tidak mudah patah atau robek. bagian praba. Tatahan ini juga sering disebut bubuk ring atau bubukan iring. Tatahan ini lebih lembut daripada hasil tatahan tratasan. Tatahan Sumbulan. Alat yang digunakan untuk membuat tatahan untu walang adalah tatah trentenan. . baru ditatah secara hati-hati oleh penatah wayang kulit. . . digunakan untuk mengerjakan bagian kalung. 8. atau Buk Iring . Tatahan Bubuk Iring. 5.untuk membuat pola semacam garis.bentuknya berupa deretan selang-seling antara titik dan koma.

kulit tersebut dibasuh dan dijemur untuk yang kedua kali. 4. pengikisan dilakukan dengan pisau raut.Proses Pembuatan Wayang Proses yang dijelaskan adalah proses pembuatan wayang kulit. kemahiran dan kreativitas amatlah perlu untuk membuat watak wayang kulit yang halus dan menarik. Setelah kulit yang dijemur itu kering. yang dibuat dari kayu atau batang buluh. tergantung pada keadaan cuaca.Walaupun watakwatak wayang diasaskan kepada watak-watak wayang kulit Melayu purba. Setelah kulit cukup kering. perlu disediakan kulit-kulit yang ingin dijadikan bahan wayang. Kulit yang sudah dibersihkan dijemur sehingga kering selama dua atau tiga dari. Setelah dikikis dan bersih dari bulu. tukang wayang akan memulai melakar patung-patung wayang yang hendak dibuat. juga untuk memastikan kulit itu benar-benar bersih. Bagi kulit-kulit yang telah dipilih. 3. kerja awal yang perlu dilakukan ialah mengeluarkan lebihan daging dan lemak yang melekat pada bidang bersegi empat. Kulit tersebut biasanya dijemur agak jauh dari rumah untuk menhindari bau busuk. Biasanya lakaran watak-watak wayang dibuat di atas kertas putih tipis. 1. Kerja-kerja pemilihan kulit ini untuk memudahkan lebihan daging dan lemak melekat dikikis dengan "pisau raut"atau dikenali dengan nama "pisau wali" ketelitian menjadi sifat utama kerja pengikisan untuk menghindari kulit menjadi mudah terkoyak. 2. . jadi sebelum memulai pembuatan.

8. Seterusnya patung wayang itu diapit di antara belahan tersebut lalu diikat dengan benang pada jarak kira-kira 5 sentimeter. Kertas lakaran yang dilekatkan pada kulit kemudian dipahat mengikuti lakaran. 6. Warna juga memainkan peranan penting pada bentuk wayang kulit. Bambu ini sebagai "tulang" kepada patung-patung wayang tersebut. kertas lakaran putih yang masih melekat pada kulit dilepas atau dicuci. karena kayu dan tanduk kerbau sulit didapat dan sulit dibentuk. biasanya lem yang digunakan dibuat dari kanji atau lem yang dapat larut dalam air. Tulang pemacak ini akan dibelah dua dari ujung hingga kira-kira 30. Selain bambu yang dapat dijadikan tulang untuk patung-patung wayang.5. bambu yang diraut membentuk bulat leper serta runcing dibagian pangkalnya diikat tegak di tengah-tengah patung wayang. Ia dapat menberikan perbedaan antara watak-watak yang lembut dan watakwatak yang garang. Lakaran pada kertas yang telah disediakan itu seterusnya akan digunting atau dipotong mengikut profil. . Kulit yang telah dicuci dibiarkan mengering. Tukang wayang kemudian menempelkan lakaran tersebut pada kulit dengan menggunakan lem. 7. kayu serta tanduk kerbau juga dapat digunakan. Penjenisan corak dan motif perlu disusun dengan teratur dan sesuai dengan watak wayang yang dibuat. Biasanya watak wayang kulit Melayu berukuran ±71 sentimater panjang dan lebarnya tidak lebih dari 30 sentimeter. Watak-watak wayang itu seterusnya akan diperkuat dengan sebilah bambu. Selain mudah di peroleh bambu berduri juga tahan lama serta ringan.5 sentimeter dari pangkalnya. Setelah selesai memahat. maka bambu berduri menjadi pilihan utama pengrajin wayang. untuk dalang mereka menggunakan berus tembaga halus dan air untuk menggosok dan membersihkan kertas yang melekat pada kulit.

com/2007/10/sekitar-pembuatan-wayang-kulit.Contoh Wayang Inilah macam-macam contoh wayang kulit yang sudah jadi dan siap digunakan SOURCE/SUMBER http://id.com/berita/proses-menatah-wayang .88db.com/Hobi-Waktu-Luang/Kesenian-Kerajinan/ad-108742/1/ http://kresn0-tinjauandesain2.matabumi.html http://www.blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful