I.

USULAN/PROPOSAL PENELITIAN

Usulan penelitian terdiri atas Bagian Awal, Bagian Utama, dan Bagian Akhir, dengan jumlah halaman tidak lebih dari 20 halaman. Usulan penelitian ditulis menggunakan bahasa Indonesia ragam formal. Bentuk kalimat adalah kalimat pasif dengan kata ganti orang yang digunakan adalah penulis atau peneliti, dan pembaca. A. persetujuan. 1. Halaman judul Halaman judul memuat: judul, maksud usulan penelitian, lambang, nama dan nomor buku pokok mahasiswa, jurusan, fakultas, universitas, dan waktu pengajuan. Bagian Awal

Bagian ini mencakup halaman judul dan halaman

a.

Judul penelitian dibuat singkat, tetapi jelas dan menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak diteliti. Judul hendaknya tidak lebih dari 20 (dua puluh) kata. Ditulis

dalam huruf kapital, anak judul dipisahkan dengan tanda baca titik dua ( : ).

b. c. d. e.

Judul tidak diperbolehkan dalam bentuk kalimat. Maksud usulan penelitian ialah untuk menyusun skripsi. Lambang perguruan tinggi dengan diameter sekitar 5 cm. Nama mahasiswa ditulis dengan lengkap dan tidak disingkat. Di bawahnya ditulis nomor buku pokok mahasiswa.

f.
Jurusan

Jurusan ditulis sebagai berikut: Sastra Daerah Fakultas Sastra Universitas Andalas.

g.

Waktu pengajuan dituliskan bulan dan tahun di bawah nama kota. (Contoh terlampir)

2.

Halaman Persetujuan Halaman ini berisi persetujuan pembimbing lengkap

dengan tanda tangan dan tanggal. (Contoh terlampir) B. Bagian Utama

2

diharapkan adalah manfaat secara teoretis dan 3 . relevansi dilakukan keutamaan yang memiliki dengan landasan teori.Bagian Utama usulan penelitian memuat: latar belakang. tujuan penelitian. hipotesis (jika ada). 1. a. penelitian berisi uraian peneliti objek memilih harus objek tersebut. 2. penelitian. Latar penelitian. Pentingnya tentang Manfaat praktis. c. Latar Belakang Belakang berisi alasan pemilihan penelitian. sistematika penulisan. Alasan pemilihan objek penelitian memuat penjelasan mengenai kekhasan dan keunikan objek penelitian serta mengapa Pemilihan b. tinjauan dan kepustakaan. Hipotesis (jika ada) (urgensi) objek yang diteliti. rumusan masalah. metode landasan dan teknik teori. objek dan pentingnya dilakukan manfaat yang diharapkan.

Tinjauan Kepustakaan 4 . batasan Rumusan Masalah penelitian berdasarkan latar belakang Bagian ini memuat rumusan masalah yang menjadi penelitian. 3. yaitu etimologi.Pernyataan singkat yang disimpulkan dari landasan teori yang merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang diangkat. 5. pemecahan Landasan Teori masalah penelitian. 6. kesesuaian teori dengan objek dan konsep teori untuk pemecahan masalah penelitian. Landasan Teori Landasan Teori disusun sebagai pijakan untuk memuat hal dasar teori. 4. Tujuan Penelitian Bagian ini memuat tujuan penelitian yang ingin dicapai secara spesifik dan berhubungan dengan rumusan masalah. Rumusan masalah dapat ditulis dengan pernyataan atau kalimat tanya.

tahun terbit. Majalah: nama penulis. 7. nomor halaman yang diacu (kecuali seluruh buku). b. dan nomor halaman yang diacu. Buku: nama penulis. C. jilid.Bagian ini berisi uraian secara sistematis tentang hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan masalah yang diangkat (objek penelitian yang sama). 8. 5 . tahun terbit. Sistematika Penulisan Bagian ini memuat kerangka pembagian bab dan uraian singkat laporan penelitian (skripsi) berdasarkan buku pedoman penulisa usulan penelitian dan skripsi. Bagian Akhir Daftar Pustaka usulan penelitian dan disusun ke bawah 1. terbitan ke-. kota dan nama penerbit. dalam Daftar Pustaka hanya memuat pustaka yang diacu menurut abjad: a. nama majalah. jilid. judul buku. Metode dan Teknik Penelitian Bagian ini mengandung uraian tentang metode dan teknik yang digunakan serta populasi dan sampel. judul tulisan.

(Contoh terlampir) nama penulis. alamat 2.c. waktu (tahun) penulisan. Dicantumkan Lampiran (jika ada) keterangan atau informasi yang diperlukan pada pelaksanaan penelitian. dan waktu mengakses. judul tulisan. 6 . Internet: laman.

daftar gambar (jika ada). Bagian Awal Bagian ini mencakup: halaman sampul depan. Bagian Utama. Bentuk kalimat adalah kalimat pasif dengan kata ganti orang yang digunakan adalah penulis atau peneliti. A. Maksud skripsi adalah untuk memenuhi sebagian syarat memperoleh Derajat Sarjana S1 Jurusan Sastra Daerah. SKRIPSI Seperti halnya usulan penelitian. dan abstrak. daftar isi. ucapan terima kasih. dan sama dengan yang sudah b. 1. Usulan penelitian ditulis menggunakan bahasa Indonesia ragam formal. daftar tabel (jika ada). Memuat: a. daftar lampiran (jika ada). arti lambang dan singkatan (jika ada). Halaman Sampul Depan Judul diuraikan pada usulan penelitian. dan Bagian Akhir. jelas.II. skripsi terdiri atas Bagian Awal. halaman pengesahan. skripsi dibuat singkat. 7 . halaman judul. dan pembaca.

(Contoh terlampir) 4. (Contoh terlampir) Daerah Jurusan ditulis Jurusan Fakultas Sastra Universitas penyelesaian Tahun skripsi. Di bawahnya ditulis nomor buku pokok (BP) mahasiswa. f. ditulis lengkap dan tidak disingkat. e. tetapi ditulis di atas kertas putih. 2. diameter sekitar 5 cm. ditempatkan di bawah nama kota. 3. Halaman ini Halaman Persetujuan memuat tanda tangan para pembimbing yang menyatakan bahwa karya tulis disetujui untuk diujikan dan tanggal disetujui.c. Halaman Judul Halaman judul berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul depan. Sastra Andalas. Lambang Nama dengan mahasiswa d. Halaman Pengesahan 8 .

7. Halaman Motto (jika ada) Ucapan Terima kasih Daftar Isi Bagian ini memberikan gambaran menyeluruh 8. (Contoh terlampir) 9. ada) Halaman Persembahan (jika 6. Daftar Tabel Daftar tabel dibuat apabila terdapat lebih dari satu tabel. bab. Bagian ini dibuat urutan judul tabel. tentang isi dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang akan melihat suatu bab atau subbab. Daftar Gambar 9 . judul anak subbab disertai nomor halamannya.Halaman ini memuat tanda tangan para pembimbing dan para penguji. dan tanggal ujian. judul subbab. beserta nomor halamannya. 5. 10. Di dalamnya tertera urutan judul.

beserta nomor halamannya. Abstrak tidak melebihi 200 kata dan ditulis dengan satu spasi. Bagian ini dibuat judul lampiran. B. Daftar Lampiran Daftar lampiran dibuat apabila terdapat jika ada lampiran. dan hasil penelitian. Di dalam abstrak terdapat kata kunci yang terdiri atas 3-5 kata. 11. Bagian ini berisikan uraian singkat dan lengkap metode dan teknik penelitian. Bagian ini dibuat urutan judul gambar. 13. 12. Bagian Utama Bagian Utama skripsi terdiri atas: 10 . Arti Lambang dan Singkatan Bagian ini memuat lambang dan singkatan yang digunakan disertai arti dan satuannya bila terdapat lebih dari satu lambang dan singkatan. beserta nomor halamannya. tentang tujuan Abstrak penelitian.Daftar gambar dibuat apabila terdapat lebih dari satu gambar. teori yang digunakan.

1. C. Saran tidak merupakan keharusan. 3. dalam usulan Bagian Akhir Daftar Pustaka Daftar Pustaka hanya memuat pustaka yang diacu penelitian dan disusun ke bawah menurut abjad: HASIL PENELITIAN DAN 11 . 2. dikemukakan PENDAHULUAN Isi pendahuluan hampir sama dengan yang dalam usulan penelitian dengan kemungkinan diperluas. kuantitatif mapun statistis. Saran dibuat berdasarkan pengalaman dan pertimbangan penulis yang ditujukan kepada peneliti berikutnya. PEMBAHASAN Bagian ini berisi hasil dan pembahasan penelitian yang diperoleh berupa penjelasan teoritis baik secara kualitatif.1. Penutup Bagian ini berisi simpulan yang merupakan pernyataan singkat yang disarikan dari hasil penelitian dan pembahasan.

jilid. Majalah: nama penulis. dan waktu mengakses. terbitan ke-. nama penulis. alamat (Contoh terlampir) 2. judul tulisan. Buku: nama penulis. judul buku. waktu (tahun) penulisan. 12 . nomor halaman yang diacu (kecuali seluruh buku). tahun terbit. b. tahun terbit. nama majalah.a. kota dan nama penerbit. Internet: laman. dan nomor halaman yang diacu. Lampiran (jika ada) Dicantumkan keterangan atau informasi yang diperlukan pada pelaksanaan penelitian. jilid. c. judul tulisan.

Sampul Dibuat dari kertas HVS A4 70g/m2 (untuk usulan penelitian) dan dibuat dari kertas bufalo atau yang sejenis. Tulisan yang tercetak pada sampul sama dengan yang terdapat pada halaman judul. 4. TATA CARA PENULISAN Bahan dan Ukuran Naskah Dibuat dari atas kertas HVS A4 70g/m2 untuk usulan penelitian dan HVS A4 80g/m2 untuk skripsi. 1. A. Ukuran Ukuran naskah adalah kertas A4 kuarto. dan diperkuat dengan karton dan dilapisi plastik (untuk skripsi). Warna Sampul Sampul berwarna putih. 3. warna putih dan tidak bolak-balik. Judul diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 14 dengan cetak 13 . 2. Pengetikan 1.III. B.

Pengetikan harus rata tepi kanan dan tepi kiri.tebal dan ditulis 1 spasi. huruf miring atau yang diperkenankan hanya untuk tujuan tertentu 3. tepi kiri d. a. judul daftar dan gambar yang lebih dari 1 baris. 5. 2. Judul ditulis secara simetris. kecuali Bilangan pada ditulis dengan kalimat. Jarak antar baris 2 spasi. kecuali abstrak. 4. tepi kanan Batas pengetikan: : 4 cm : 3 cm : 4 cm : 3 cm Alinea baru dimulai pada 6. angka. naskah dipakai Naskah diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 12 dan untuk seluruh jenis huruf yang sama. ketikan ke-8 dari batas tepi kiri. 14 . tepi atas b. permulaan Bilangan desimal ditandai dengan tanda koma. Satuan dinyatakan dengan singkatan resminya. tepi bawah c. dan Daftar Pustaka yang ditulis dengan jarak 1 spasi. lain Penggunaan menurut EYD. kutipan langsung.

3. Penomoran Halaman Bagian awal. 2.). ii. C.. iii. Ejaan di dalamnya harus sesuai dan mengikuti kaidah EYD.. mulai halaman judul hingga intisari diberi nomor halaman dengan angka romawi kecil (i. D. 4. b. . ditempatkan di Nomor kanan bawah. a.).7. Bagian mulai utama dan pengantar hingga halaman terakhir menggunakan angka arab (1. c. bagian akhir. halaman Nomor 15 . Bahasa Bahasa yang digunakan dalam usulan penelitian maupun skripsi adalah ragam bahasa Indonesia resmi. Bentuk kalimat adalah kalimat pasif atau kalimat yang dipasifkan. simbol. Kata ganti yang digunakan adalah penulis atau peneliti. Penggunaan Rincian disusun ke bawah dengan nomor urut dengan angka atau huruf. dan pembaca. atau gambar tidak diperkenankan. 1. . tanda hubung... iv.

sedangkan bukan terbitan ditulis dalam tanda kutip (“ . b.. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas.). Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1. ”). Baris pertama setiap acuan dibuat rata kiri dan baris kedua dan seterusnya masuk sebanyak 5 – 7 ketikan. Buku dengan dua atau tiga pengarang 16 Penulisan Daftar .. Lampiran 2..halaman ditulis dengan jarak 3 cm tepi kanan bawah. E. 2. Sapardi Djoko. 3. Buku a. 1979. Buku dengan satu pengarang Damono. Tabel dan gambar (jika ada) diberi nomor urut dengan angka arab. Bagian lampiran (jika ada) diberi nomor urut menggunakan angka arab (Lampiran 1. Pustaka Daftar Pustaka ditulis dengan ketentuan di bawah ini. Judul tulisan dalam bentuk terbitan ditulis dalam huruf miring. . Jarak antarbaris dibuat 1 spasi..

Hasan. the First Year. c. dkk. Buku dengan lebih dari tiga pengarang Alwi. Alton C. Jan van. dan Willem G. 2. al. Buku terjemahan Luxemburg. d.. Jakarta: Gramedia. Luxemburg. Mieke Ball. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Brace & World Inc. English. Artikel dalam majalah atau surat kabar 17 . Pengantar Ilmu Sastra (diindonesiakan oleh Dick Hartoko). College. C.Holman. Tulisan / Artikel a. Pengantar Ilmu Sastra (diindonesiakan oleh Dick Hartoko). New York: Macmillan Publishing Company. 1992. Morris. 1989. Jakarta: Gramedia. dan Willem G. New York: Harcourt. 2003. 1964. A Handbook to Literature. William. Jan van. Weststeijn. Hugh and Harmon. Weststeijn. Jakarta: Balai Pustaka. Mieke Ball. 1989. et.

b. Wuri Utami. 2008. 18 . 2003. Yogyakarta: Hanindita. Benny S. majalah. pendapat. Tulisan dalam internet Budiman. Metodologi Penelitian Sastra.org. maupun bahan bacaan lainnya. 11 Mei 2008. atau ucapan seseorang seorang baik terdapat dalam buku. “An Analysis of Interrogatives In The Film Entitled Romeo and Juliet (Based on A Speech Act Analysis)” (skripsi). diakses pada tanggal 17 April 2008. Karya tulis ilmiah Nurani. Eksistensi atau Bunuh Diri” dalam Singgalang. 2007. “Polemik Penyair Muda. Manneke. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Penulisan Kutipan Kutipan adalah pinjaman kalimat. c. Tulisan dalam buku Ratih.Svarna. Rina. “Tentang Sastra Bandingan” dalam jurnalkalam. “Pendekatan Intertekstual dalam Penelitian Sastra” dalam Jabrohim (Ed). F. 2002. d.

Cara Mengutip a. b. Kutipan Langsung: mengambil pendapat secara lengkap kata demi kata. c.] baik di awal maupun di akhir kutipan. Bila ada kesalahan atau keganjilan dalan kutipan. kalimat demi kalimat dari teks asli. Gunakan tiga tanda titik [.. Gunakan [sic!] yang menunjukkan penulis tidak bertanggungjawab atas kesalahan itu. 3. (contoh lihat di jurnal) 2. b. Menghilangkan bagian Jangan mengadakan 19 . perubahan. Berikan keterangan bila mengadakan perubahan dalam tanda kurung siku ditulis [penulis]. Kutipan Tak Langsung: mengambil intisari sebuah pendapat. Prinsip Mengutip: a. Kutipan langsung yang tidak lebih dari empat baris.1. kutipan.. Jenis kutipan: a.

karena adat bagi masayarakat Minangkabau merupakan peraturan atau pegangan hidup sehari-hari (Amir.. 1997:73). pengarang. atau dalam kurung ditempatkan nama Contoh: Masyarakat Minangkabau sangat terkenal dengan adatnya yang kuat.1) Kutipan langsung digabungkan dengan teks. Senada . 2) Jarak antarbaris dua spasi. Navis (1986:85) menyebutkan bahwa adat adalah kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang berdasarkan norma-norma yang berlaku. b. 1) kutipan dipisahkan 2.. bila tidak dia dianggap orang yang tidak beradat. 4) Sesudah kutipan diberi tanda catatan kaki. dan nomor halaman kutipan..5 spasi 20 . 3) Diapit tanda kutip. Kutipan langsung yang lebih dari empat baris. tahun terbit. Orang Minang akan malu bila dikatakan demikian. Setiap orang Minangkabau harus memegang teguh adat tersebut.

dan halaman 5) seluruh kutipan dimasukkan 5-7 huruf ketikan.2) jarak antarbaris 1 spasi 3) boleh atau tidak diapit tanda kutip 4) sesudah kutipan diberi nomor catatan kaki. Kutipan dalam kutipan Menggunakan tanda kutip tunggal di dalam kutip ganda. serba damai yang pada tempatnya sekali berada dalam kelindung-lindungan sejuk dan ketenangan akademis dari biara-biara dan universitasuniversitas dan tempat-tempat pengasingan diri yang jauh dari dunia jahat dan materialis ini” (Sani. atau dalam kurung ditempatkan nama singkat pengarang. tidak efektif [sic!]. Kutipan tak langsung 21 .. Buku aslinya berbunyi . 1959: 7). Contoh: Misalnya salah satu terjemahan buku ilmu pengetahuan populer diprakatai dengan: “Suatu fikiran yang telah tersebar dengan luas sekali di kalangan orang banyak menggambarkan buku sebagai benda yang tak berjiwa. tahun. d. c..

atau dalam kurung ditempatkan nama singkat pengarang. tahun. dan halaman 22 .1) kutipan digabungkan dengan teks 2) jarak antarbaris 2 spasi 3) tidak diapit tanda kutip 4) sesudah kutipan diberi nomor catatan kaki.

Contoh halaman judul usulan penelitian/proposal: JUDUL: ANAK JUDUL Usulan Penelitian Disusun untuk penyusunan skripsi pada Jurusan Sastra Daerah LOGO UNAND diajukan oleh Nama Mahasiswa Nomor Induk Mahasiswa Jurusan Sastra Daerah Fakultas Sastra Universitas Andalas Padang Bulan Tahun 23 .

Contoh halaman judul skripsi: JUDUL: ANAK JUDUL SKRIPSI Disusun untuk memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar sarjana S1 pada Jurusan Sastra Daerah LOGO UNAND diajukan oleh Nama Mahasiswa Nomor Induk Mahasiswa Jurusan Sastra Daerah Fakultas Sastra Universitas Andalas Padang Bulan Tahun 24 .

.... TANDA TANGAN Nama Pembimbing Proposal NIP 25 ........Contoh halaman persetujuan (proposal): Halaman Persetujuan Disetujui untuk seminar jurusan Padang... ....................................

...................Contoh halaman persetujuan (skripsi): Halaman Persetujuan Disetujui untuk diujikan di hadapan Tim Penguji Skripsi Fakultas Sastra Universitas Andalas Padang..................... TANDA TANGAN Nama Pembimbing I NIP TANDA TANGAN Nama Pembimbing II NIP 26 ........ ...

Bulan … tahun… Tim Penguji Nama NIP Jabatan Ketua Sekretaris Anggota Anggota Anggota Tanda Tangan Mengetahui. Ketua Jurusan Sastra Daerah Nama NIP 27 .Contoh halaman pengesahan: Halaman Pengesahan Dipertahankan di depan tim penguji skripsi Fakultas Sastra Universitas Andalas Padang dan diterima untuk memenuhi sebagian syarat-syarat memperoleh gelar Sarjana Sastra Tanggal ….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful