LAPORANPRAKTEKKERJAINDUSTRI DI ³PT. POS INDONESIA(PERSERO) CABANG BIAK 98100´ JL.

MOHYAMIN NO 59

OLEH DEREK PONDAYAR NO INDUK : 9925135037/4832

SEKOLAHMENENGAHKEJURUAN BIDANGKEAHLIAN :BISNIS DAN MANAJEMEN PROGRAM KEAHLIAN :AKUNTANSI

BIAK, MEI 2011

969325432 DedyEfendi Nip Pos.LEMBARPERSETUJUANOLEH PEMBIMBING DU/DI INSTANSI LaporanhasilPraktekKerjaIndustri (PRAKERIN) di PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG BIAK. 963226368 . Untukmemenuhipersyaratkenaikankelas XI tahunpelajaran 2010/2011 Tanggaldisetujui : 01 Februari 2011 Mengetahui Post Master Kantor / Instansi Pembimbing Kantor / Instansi KristianSumunapendi Nip Pos.

Untukmemenuhipersyaratkenaikankelas XI tahunpelajaran 2010/2011 Tanggaldisetujui : 01 Februari 2011 KetuaJurusan PembimbingSekolah RASNAWATI JUHENI. S. 1964209 199003 100 .Spd Mengethui Kepala SMK Yapis Biak BasriMamonto. Sos NIP.LEMBARPERSETUJUANOLEH PEMBIMBINGSEKOLAH LaporanhasilPraktekKerjaIndustri (PRAKERIN) di : Kantor Pos Biak.

BapakBasriMamonto S. Kedua orang tua yang telahmemberikansemangatdanmembiayaisampaiselesainyalaporanini 7. Penyusunberharapsemogalaporaninibermanfaatbagipenyusunpribadimaupunpembac a.KATA PENGANTAR PenyusunmemanjatkanpujidansyukurkepadaTuhan yang MahaESA yang telahmelimpahkanrahmatdanpertolongansehinggapenyusundapatmenyelesaikanlaporanhasilP raktekKerjaIndustri(PRAKERIN) di PT. Sosselakukepala SMK Yapis Biak 4. Serta teman-teman yang ikut memberikan pendapat. BapakKristianSumunapendiselakupimpinan PT POS INDONESIA (Persero) Biak. Penyusunlaporaninisebagaipersyaratuntukkenaikankelas 2010 / 2011 yang ada di SMK Yapis Biak. IbuRasnawatiselakuketuajurusan SMK Yapis Biak 5. 2. kesimpulan. Pos Indonesia (Persero) Biak 3. Kantor Pos (Persero) Biak denganbaik. XII padatahunpelajaran Penyusunmendapatbantuandanbimbingandariberbagaipihakdalammenyelesaikanlapo ranini.Penyusunmengucapkanterimakasihkepada yang terhormat : 1.Amin. IbuJuheniS.Pd selakuguru PembimbingSekolah 6. BapakDeddyEfendiselakupembimbing PT. Biak 2011 Penyusun .

. 4.4 TujuanPembuatanLaporanPraktekKerjaIndustri (PRAKERIN) ««« BAB II Pelaksanaan 2.1 HasilPrakerin «««««««««««««««««««««««. 2. 3.DAFTAR ISI LembarpersetujuanDU / DI «««««««««««««««««««««..2 Saran««««««««««««««««««««««««««. LembarpersetujuanSekolah«««««««««««««««««««««.1 LatarBelakangPraktekKerjaIndustri (PRAKERIN) «««««««« 1.2 PembahasanPrakerin ««««««««««««««««««««..1 Waktu««««««««««««««««««««««««««... DAFTARGAMBAR . BAB IV PENUTUP 4..2 Tempat «««««««««««««««««««««««««« BAB III HasildanPembahasan 3..2 TujuanPraktekKerjaIndustri (PRAKERIN)«««««««««««. BAB I Pendahuluan 1..1 Kesimpulan««««««««««««««««««««««««.3 SasaranPokokPraktekKerjaIndustri (PRAKERIN) «««««««« 1. Kata Pengantar ««««««««««««««««««««««««««.. Daftar Isi ««««««««««««««««««««««««««««. 1.

demi melatihketerampilandan mental kami siswa / siswa di lapangan. Padaumumnya SMK merupakanSekolahMenegahKejuruan karena SMK merupakansekolah yang yang siapuntukdipakaiataubekerja. Namunkegiatanpraktekinimemberisebuahkeuntungandan modal sebagaidasardalammembuatsuatupekerjaandanjugamenambahpengetahuandankeprof esionalan kami siswa/siswi.Begitu pula dengankitasebagaisiswa inginberkembangmakakitaharusmengikutiinformasilayananjugamelalui karenaitupentinguntukkitasiswa/siswi. internet.BAB I PENDAHULUAN 1.Namundisisilainkegiatanpraktekinimempunyainilai minimal bagi kami siswa / siswidisekolah. . yang internet perkembanganituberasaldariinformasimelalui dsnelektronik. mutlakuntuk SMK.1 LatarBelakang Kita tahubahwadalamsebuahusahamemerlukanperkembangan.khususnyauntukkitasiswa/siswiPrakerinsehing gadapatbergauldenganparapegawaikantor bisamengeluarkanpengetahuan. media cetak. sederajatdenganduniausahakarenamempunyaiwatak yang mahiratau professional dalamsebuahpekerjaan yang dilakukannya. Didalamduniapendidikansetiapsekolahmenengahkajuruan baiktekhnikmaupun tekhnikitudiwajibkanuntukmengikutikegiatanpraktekkerjaindustri merupakanhal yang (SMK) non (PRAKERIN).Kegiatanpraktekinidilaksanakandiberbagaiperusahaan / instansimilik Negara maupunswasta. denganPrakerinini yang kami sudahdibekalidisekolah. pendapat . denganberbagaimacamteknologidan non teknologi.

Memperkokoh link match antara SMK dan dunia kerja. penyesuaiandiridengansituasi yang sebenarnyadan mengumpulkan informasi. bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masingmasing. Maningkatkan efektifitas yang efisiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas. Dikmenjur menetapkan strategi operasional yang berdasarkan kepada kebijakan ³link and match´ (kesesuaian dan kesepadanan) departemen pendidikan dan kebudayaan dalam modal penyelenggaraan pendidikan sistem ganda. c. menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas. yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan. Pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam undang-undang nomor 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional.1. d.2 tujuanPraktekKerjaIndustri PraktekKerjaIndustri pembelajaran (PRAKERIN) yang adalahmerupakansuatu dilakukandiluar / industri yang industry system proses relavan. di belajarmengajardandilaksanakanpadaperusahaan Secaraumumpelaksanaan program praktekkerja tunjukanuntukmeningkatkanpengetahuandanketrampilansiswa di bidangtekhnologi. dan kegiatan kegiatan praktek yang berhubungan langsung dengan teknologi. setelah siswa melaksanakan program Praktek Kerja Industri secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup tinjauan tentang perusahaan. b. etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan. Kepmendikbud Nomor 080/U/1992 tentang sekolah menengah kejuruan dan Kepmendikbud Nomor 080/U/1993 tentang kurikulum SMK . Memberikan pengakuan dan perhargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan 1. PP no 20 tahun 1990 tentang pendidikan menengah. penyelenggaraan praktek kerja industri (PRAKERIN) pada SMK Yapis Biak bertujuaan untuk : a. keterampilan. PP No 39 Tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional.3 sasaran pokok Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) melihat kenyataan diatas. Dan mempersiapkan para siswa / siswi untuk belajar bekerja secara mandiri.

Biak 2. 4. guna kepentingan sekolah dan khususnya penulis sendiri dan juga untuk menunjang peningkatan pengetahuan siswa tingkat selanjutnya . Sebagai pedoman untuk pembuatan karya tertulis selanjutnya. Sebagai bukti pelaksanaan praktek kerja industri pada kantor / instansi khususnya di PT Pos Indonesia (Persero) Kab.1. Sebagai laporan dari hasil praktek Kerja Industri yang telah dilaksanakan secara tertulis 3. Mengumpulkan data.4 Tujuan Pembuatan Laporan Tujuan pembuatan laporan antara lain : 1.

30 WIT .4 Gudang Sebagai tempat untuk penyimpanan paket terima dan kirim dari pos laut. Tempat yang digunakan untnuk kegiatan Prakerin Meliputi: 2.2 Ruang Loket Ruang ini adalah sebagai tempat untuk pembayaran Paket Pos Kilat khusus. .1. Praktek Kerja Industri di PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Biak Dimulai dari pukul 08.00 WIT yang terdapat jam istirahat pukul 12.3 ruang pengelolaan Ruang ini sebagai tempat untuk Sortir Surat dan Paket Pure terima dan kirim Scan label induk kantong Delivery 2.2 Tempat Pelaksanaan Tempat yang dipergunakan untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah di PT. 2. EMS Setoran pajak gabungan share Hesel pos prima Hesel Pos Instant 2. PKS.BAB II PELAKSANAAN 2.1.1 Waktu Pelaksanaan Adapun waktu untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah mulai dari tanggal 1 februari s/d 30 April 2011.00 WIT ± 12.1. Moh Yamin No 59 Biak 9811.Pos Indonesia (Persero) Cabang Biak Alamat Jl.00 WIT ± 14.

dan Paket atau PPKH.1 Hasil Prakerin Hasil prakerin yang didapatkan dari pelaksanaan praktek kerja industri (PRAKERIN) di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Biak Antara lain : 3. maka hasilnya seimbang 3.1 Membuat Puri terima dan Kirim Bertujuan untuk. 3.3 Delivery Merupakan proses akhir antara surat kilat khusus dan paket dari berita terima (BT) di cetak si alamat yang penerima sehingga barang kirimannya salah diserahkan akan bisa di cek kembali dalam komputer.1.BAB III Hasil Dan Pembahasan 3.2 Neraca terima dan kirim Dibuat untuk menjumlahkan barang kiriman baik pase maupun loket yang ada pada advis. . agar setiap barang kiriman seperti surat Kilat khusus atau SKH.1. baik kiriman melalui Pos udara dan pos laut itu harus diproses terlebih dahulu dalam komputer sehingga maksimal barang kirimannya tertera dalam komputer.1.

Dalam ruang pengelolaan terdapat komputer yang telah tersambung dengan fasilitas internet sehingga dapat membantu para pegawai di kantor pos. Kantor ini mempunyai fasilitas yang cukup memadai bagi para pegawai b. Dengan begitu kami akan mempunyai sikap yang akan menjadi bakat dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang telah kami peroleh dalam kehidupan sehari-hari . Dengan adanya kegiatan prakerin ini kami di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan karyawan kantor sehingga kami bisa dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.BAB IV PENUTUP 4. . Prakerin dapat menunjang kami untuk menjadi tenaga kerja yang ahli dan profesional dalam bidang kami masing-masing dan mampu memenuhi pasar nasional bahkan internasional. 3. Adapun kesimpulan mengenai tempat prakerin ini adalah : a.1 kesimpulan 1. 4. 2. kegiatan prakerin sangat bermanfaat bagi kami para siswa/siswi khususnya SMK Yapis Biak. sehingga kami siswa siswi dapat berlatih untuk mampu bergaul dan bekerja sama dengan masyarakat lain. Praktek merupakan kegiatan praktek diluar kegiatan sekolah yang bekerja sama dengan mayarakat atau instansi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful