Daftar Isi

DAFTAR ISI ...................................................................... 1 MACAM-MACAM DOMAIN ............................................... 2 POP MAIL ........................................................................ 2-3 IMAP ............................................................................... 3 INTERNET ....................................................................... 3-4 LAN ................................................................................. 4-5 MAN ................................................................................ 5 WAN ................................................................................ 5 TOPOLOGI ........................................................................ 6-7 ISP ................................................................................... 7 ALAMAT IP ..................................................................... 7 NIC ................................................................................... 7 KABEL UTP ..................................................................... 7-8 LANGKAH-LANGKAH HEADER DAN FOOTER ............... 8 LANGKAH-LANGKAH DRAWING .................................... 8 LANGKAH-LANGKAH MAIL MERGE .............................. 8-9 LANGKAH-LANGKAH FOOTNOTE .................................. 9 LANGKAH-LANGKAH TABLE ........................................ 9 LANGKAH-LANGKAH BULLET AND NUMBERING ....... 9-10 LANGKAH-LANGKAH COLUMNS .................................. 10 LANGKAH-LANGKAH CLIPART ................................... 10 DAFTAR PUSTAKA ....................................................... 11

1

Com . Di Indonesia.org. . Anda perlu connect ke server POP mail Anda.id.Net .id. .mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military) .edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education) . . Macam-macam Domain a.Gov.id.id.id.jp(Jepang). . sehingga siapapun dapat mendaftar. . 2. .id. . .com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial".mil.1. Setelah itu Anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Untuk mengecek email.or.Org .id(Indonesia).id.sg(singapura). . .Mil atau .id.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization). dan sering juga disebut second level domain. . mil.mil. Domain Name Merupakan domain name yang berakhiran dengan .id.edc.net. dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.com .id.go.id.sch.ac.net. . lalu mendownload seluruh email yang ada. . Bila sudah siap dengan jawabannya Anda bisa connect lagi ke 2 . seperti . Kelebihan : Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet). .go. b. domain -domain ini berakhiran. c.co. . . . .id.war. Jenis domain ini sering juga disebut top level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara. dan web.id.gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government) .id.au(Australia).id. .ac. POP MAIL Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari ISP Anda (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor). . Domain ini dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Domain Location Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi. Domain Type Contohnya : .net.id.my(malaysia) dan lain lain.co.net.Edu .

Pengertian Internet Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia. U. IMAP (Internet Message Access Protocol ) adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server.internet dan tekan Send. Kekurangan Lebih lambat dibandingkan POP 3 dan tidak enak jika membaca email dalam keadaan offline. Pada 1970. Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organik. 3 . Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali. dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. INTERNET a. Sejarah internet Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet. mencari pesan e-mail tertentu. Untuk itu semua Anda harus menggunakan program client mail seperti Eudora atau Outlook Express. Progra m riset ini dikenal dengan nama ARPANET.S. b. Kekurangan Kekurangan POP mail adalah Anda tidak bisa mengecek email Anda dari sembarang tempat. sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. membuat folder di server. yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia. 4. 3. bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Tahun 1972. Kelebihan IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil.

dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. sekolah atau yang lebih kecil. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. kantor. sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. 4 . dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar. maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Setahun kemudian. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. dalam rumah.Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Pada tahun yang sama. Pada tahun yang sama. LAN Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil. Pada 1979. ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment d i Malvern. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak. seperti jaringan komputer kampus. Tom Truscott. Tahun 1973. yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Jim Ellis dan Steve Bellovin. jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. 5. gedung. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama. menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 197 6. Denmark dan Swedia. Inggris. icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet.

kota atau bahkan Negara 5 . pemerintahan. yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus. Gambar Contoh MAN: 7.6. dan sebagainya. WAN WAN adalah singkatan dari Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah. MAN Metropolitan Area Network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi. perkantoran.

8. Macam-macam topologi 1. TOPOLOGI a. Topologi Star 3. Topologi Tree 2. Topologi Bus 6 .

ISP Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address.4. 11. Token Ring. Topologi Ring 9. Alamat IP Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. 7 . NIC network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. terbagi menjadi dua jenis. 12. Disebut juga sebagai Network Adapter. dan NIC yang bersifat logis. 10. dan lainnya. Kabel UTP(Unshielded Twisted Pair). yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna. Jenis NIC yang beredar. sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet. yakni NIC yang bersifat fisik.

8. UTP dikelompokkan dengan istilah ³Category´ dan oleh karena itu nama tipe UTP diawali dengan CAT (diambil dari kata ³Category³). Jenis Kabel UTP Ada berbagai jenis standar kabel UTP yang digunakan secara luas untuk audio dan komunikas i data.. Semakin tinggi Kategori juga berarti semakin jauh pula jangkauan sinyal yang bisa disalurkan oleh kabel serta semakin kecil resiko hilangnya sinyal. Ketik teks yang diinginkan pada kotak Header and Footer 14. Klik My Documents. 3. 5. Langkah-langkah membuat Mail Merge : 1. beri tanda ¥ pada Rotate Fill Effect with Shape. 3. semakin rapat lilitan ke-delapan pasang kabel yang ada dalam isolator kabel UTP.a. klik Ok Pilih Format Wordart Klik Fill effect. 13. Kemudian klik Wordart Shape 9. 7. Semakin rapat lilitan kabel ini. 5. 9. Klik View pada Menu bar 2. pilih color yang diinginkan Pilih Horizontal. berarti semakin tinggi bandwidth efektif dan kapasitas output yang dapat dicapai. klik Open Pilih Sheet1$. 2. pilih File yang telah disimpan. 4. 6. Pilih Header and Footer 3. Ketik daftar nama di Microsoft Excel Klik Save As pada Menu File Simpan dalam My Documents Buka lembaran kerja Microsoft Word Pilih Tools pada Menu bar Klik Mail Letters and Mailings. Klik Insert Wordart Pilih Wordart Style. klik Ok 8. Langkah-langkah Membuat Header and Footer 1. 7. 6. 2. Pilih Wave 2 15. 4. kemudian klik Ok Ketik teks yang diinginkan. Semakin tinggi kategori. Langkah-langkah membuat Drawing : 1. ceklis pada list of recipients. klik Ok 8 . pilih Mail Merge Klik Next sampai terdapat kata Browse. pilih Gradient Klik Two Colors.

Lalu pilih Footnote Plih symbol . Absen Kelas 17. close Kemudian enter pada kursor Klik More items. Langkah-Langkah membuat Table : 1. insert. Klik Next. 5. Pilih insert. 10. 3. pilih More items Pilih nama. blok table satu persatu atau seluruhnya. kemudian pilih ukuran number of coloums dan number of rows. Pilih bullets ang Numbering 3. Klik Table pada menu bar 2. 13. 4. insert. Ketik teks yang akan di masukan Elnova Feralisa 12 10. 6. lalu pilih table 3. Langkah-Langkah membuat Footnote : 1. Klik Format pada menu bar 2. Selanjutnya pilih tables and borders.2 Nama No. 2. lalu klik view pada menu bar 8.10. 7. pilih no absent.2 9 . close Kemudian enter pada kursor Klik More items. Klik Insert pada menu bar Pilih Reference. lalu klik ok Selanjutnya klik insert. close k Footnote 16. Kemudian pilih number yang diinginkan k Elnova X. Kemudian Pilih Toolbars. Atur table sesuai yang kita inginkan. lalu klik ok. kemudian klik insert. 14. 4. Pilih warna sesuai yang kita inginkan 18. Kemudian Ketik teks pada Table tersebut 5. 15. Langkah-Langkah membuat Bullets and numbering : 1. Lalu jika ingin memberi warna pada table. 12. pilih kelas. 11. 9.

Selanjutnya klik ok 20. Pilih Coloums. Lalu atur angka pada number. 1. Atur gambar sesuai yang kita inginka n. Langkah-Langkah membuat Coloums : 1. 10 . 6. Contoh ( 1 ) Lalu klik ok. Selanjutnya pilih gambar yang kita inginkan. Lalu pilih customize. lalu klik Go 3.4. lalu pada kotak present pilih two untuk 2 kolom. Ketik computer pada kotak Search for. 4. Contoh ( 1. Langkah-Langkah membuat Insert picture atau clip art.1) Kemudian atur start at. 7. Klik Insert clip art pada toolbar drawing 2. 5. 3. 19. lalu klik 2 kali pada gambar. Klik Format pada menu bar 2.

GOOGLE.WIKIPEDIA.COM// ISP WWW.COM// KELEBIHAN IMAP WWW.GOOGLE.COM// PERBEDAAN LAN MAN WAN WWW.WIKIPEDIA.GOOGLE.WIKIPEDIA.COM// KEKURANGAN POP MAIL WWW.COM// ALAMAT IP WWW.COM// KEKURANGAN IMAP WWW.DAFTAR PUSTAKA              WWW.GOOGLE.GOOGLE.GOOGLE.GOOGLE.COM// KELEBIHAN POP MAIL WWW.GOOGLE.COM// GAMBAR WAN 11 .COM// NIC WWW.GOOGLE.GOOGLE.COM// GAMBAR TOPOLOGI WWW.COM// SEJARAH INTERNET WWW.COM// GAMBAR LAN WWW.COM// GAMBAR MAN WWW.