proposal usaha ikan mas

PROPOSAL USAHA BUDIDAYA PEMBESARAN IKAN MAS DENGAN SISTEM KOLAM AIR DERAS NAMA PEMILIK : DESA : SUAK RAYA KECAMATAN : JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN : ACEH BARAT MINA GRAHA 2009 I. PENDAHULUAN a. Latar Belakang Pembangunan pertanian merupakan bagian integral dari pembangunan ekonomi dan masyarakat secara umum, menunjukkan bahwa sektor yang handal dan mampu bertahan dalam krisis serta berperan sangat besar dalam perekonomian nasional. Pembangunan perikanan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan demi tercapainya kesejahteraan petani beserta keluarganya. trategi pembangunan di pedesaan merupakan perpaduan pemerataan dan pertumbuhan secara berkesinambungan melalui pembangunan kelompok-kelompok dengan menerapkan cara distribusi dan pemasaran yang kelompok bisnis perikanan. Untuk mencapai keberhasilan dari pembangunan pedesaan dalam mewujudkan masyarakat tani yang maju, mandiri, sejahtera atas dasar prakarsa masyarakat itu sendiri dan dilaksanakan masyarakat tani serta hasilnya untuk dinikmati. Kondisi sumber daya alam mendukung usaha perikanan, ketersediaan lahan, air, dan sumber daya manusia sehingga usaha perikanan berpeluang untuk berhasil. Namun salah satu pembatas dalam pencapaian keberhasilan usaha perikanan yaitu permodalan yang terbatas. S hubungan kendala yang dihadapi oleh Pengusaha ³ MINA GRAHA ´ bermaksud mengajukan proposal guna terpenuhinya kebutuhan bagi usaha budidaya Ikan Mas yang terletak di Desa Suak Raya Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. b. Tujuan Tujuan dari pengajuan proposal ini adalah : a. Untuk memperkuat permodalan dalam usaha budidaya Ikan Mas. b. Untuk mengembangkan sumber daya yang memadai pada sub sektor perikanan. c. Untuk meningkatkan pendapatan. c. Sasaran Sasarannya adalah penguatan modal dapat tercapai usaha perikanan dengan nama ³ MINA GRAHA ³ Desa Suak Raya Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat.

Namun pada aspek non teknis yaitu dalam hal permodalan merupakan kendala dalam pengembangan usaha budidaya perikanan Ikan Mas sehingga petani belum mengarah pada kegiatan ekonomi pada skala bisnis. Kecenderungan Pasar Melihat secara geografis Indonesia memiliki 2 iklim tropis yang mendukung untuk melakukan pengembangan Ikan mas air tawar sepanjang tahun tanpa henti. kolam atau olam bak yang terbuat dari semen.merupakan daerah berbukit dengan sebagian masyarakatnya adalah petani padi dan terdapat pula petani ikan dengan pengusahaan kolam air tawar tersebar di setiap Blok dengan memanfaatkan pengairan. ‡ Memenuhi kebutuhan pasar yang sangat terjangkau. Luas Pasar keseluruhan ‡ Target pasar yang akan dicapai ialah pasar local. b.II. Pangsa pasar yang dikuasai pesaing ‡ Sudah terlebih dahulu ‡ Sudah dikenal ‡ Tidak sulit mendapatkan konsumen . Hal ini berbeda dengan di Queensland yang merupakan asal Ikan mas jenis red claw sedangkan di wilayah timur Australia sebelah timur justru terpaksa harus puas dengan 2 kali pengembangan dalam setahun. Pengembangan Produk-Produk Baru Dalam Industri Melihat dari segi pengelolaan dan pengembangan membudidayakan Ikan mas Air Tawar lebih mudah ketimbang jenis udang yang lainnya. e. Dengan demikian aspek teknis dengan tersedianya fasilitas kolam dan sumber air serta infra struktur dengan lokasi yang mudah dijangkau. d. Keadaan Perusahaan Usaha perusahaan bergerak pada budidaya pembesaran Ikan Mas yang berdomisili di Desa Suak Raya Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat telah mengusahakan 6 unit kolam dengan luas 270 m2. KEADAAN USAHA PERIKANAN a. Keadaan umum Desa Suak Raya Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. misalnya saja udang galah. ‡ Mempermudah proses transaksi dipasar. Hal ini berbeda dengan udang galah yang pemeliharaannya membutuhkan teknik yang lebih rumit dan penggunaan lahan yang tidak sempit. potensi Ikan mas air tawar yang umumnya bertelur 4-5 kali dalam setahun dan bias dimanfaatkan secara maksimal. Dengan demikian. Bidang Usaha Beberapa usaha yang akan kami kembangkan meliputi : š Usaha jasa pengelolaan pengembag biakan Ikan mas Air Tawar domesti š Usaha Produksi dan Pemasaran b. cukup menggunakan akuarium. Tempat pemeliharaanya pun tidak perlu luas. c. III ANALISA INDUSTRI a.

Pengemasan yang dilakukan ada 2 cara yaitu. Ikan mas air tawar yang sudah dipanen jika akan dijual kekonsumen diluar kota harus dikemas dengan baik. Kekuaan Semakin besar skala usahanya . gurami sudah banyak dan permintaan Ikan mas banyak. sedangkan pada skala besar bias puluhan hingga ratusan indukan yang dikawinkan. Peluang pasar yang masih tersedia Selama Ikan mas air tawar masih menjadi produk konsumsi.f. Kekuatan dan kelemahan pesaing a. kebutuhan local saja sudah sangat besar. Kelemahan Tidak dapat di pasarkan ke pasar local secara langsung karena keterbatasan transportasi. kafe. pasti ada pasar yang menampungnya. pengemasan kering dan pengemasan basah c. b Strategi Distribusi Selama Ikan mas masih dijadikan bahan untuk konsumsi. Misalnya. restoran seafood. permintaan berulang akan selalu ada . Jumlah indukan yang harus dipelihara harus mengikuti luas kolam. agar kualitas Ikan mas bisa dipertahankan dengan baik serta melihat dan menggunkan standar internasional menyebutkan wadah pengangkutan ikan atau udang hidup melalui pesawat adalah Styrofoam berukuran 1 x 0. bahkan tidak heran jika warung tenda dipinggir jalan juga bakal menyajikannya. Dengan demikian Ikan mas air tawar akan mdah dijumpai di supermarket.Segmentasi dan Target Pasar Harga Ikan mas konsumsi untuk pasar lokal masih sangat tinggi. proyeksi penjualan 3 sampai dengan 5 tahun mendatang (dalam unit dan rupiah) . Hal ini sangat wajar karena jumlah penawaran lebih sedikit daripada permintaan. tidak perlu ekspor. lele. ikan mas. meskipun pembudidayaan Ikan mas air tawar. Beberapa tahun kedepan. Strategi Promosi Untuk langkah awal penjualan ada bentuk promosi penjualan yaitu berupa harga jual yang ekononis dan adanya kerja sama kemitraan penjualan.5 x 0. g. RENCANA PEMASARAN a. b.4 meter dengan bobot minimum 6 kilogram. Tujuannya. perputaran modalnya tentu juga semakin besar. modal yang diperlukan tentu juga semakin besar. III. bukan tidakmungkin harga Ikan mas air tawar bisa lebih terjangkau. tidak bocor dan tertutup rapi. pembenihan skala kecil hanya melibatkan belasan indukan.

73.500.000 b. ANALISA USAHA d.000 Rp.000 e. 72. Pembelian Pakan 10. 5.400.000 ± Rp.000 Rp. 4. KEBUTUHAN MODAL USAHA Pengembangan usaha pembesaran Ikan Mas Desa Kumbung Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka membutuhkan modal usaha a.000.000 (mortalitas 15%) selama 3 bulan pemeliharaan: Rp.000. 1. 73.. 102.000.000.000 b. 29.000.000 JUMLAH Rp.000 Dengan demikian selama 3 bulan perusahaan dapat memperoleh keuntungan sebesar Rp. 20. 29. Biaya operasional d.000kg x Rp. Pengeluaran a. maka menunjukan keuntungan dari hasil pemasaran ikan mas dengan B/C ratio sebesar layak untuk¢ diusahakan . 20. 47.000 = Rp.000. Pembelian Pakan 10.000. Biaya operasional Rp.700 c.700 c.900.000kg x Rp.III.500. 102. Pembelian benih ikan mas ukuran 8-12 cm sebanyak 1000kg @ Rp. 15.400.000 Rp.000 JUMLAH Rp.000.000 Rp.000 (Dua Puluh Sembilan Juta Empat Ratus Ribu Rupiah) Apabila melihat perhitungan di atas. Pembelian benih ikan mas ukuran 8-12 cm sebanyak 1000kg @ Rp.keuntungan dari hasil penjualan: Rp. 20. 47.500.900. 4. 20. Penerimaan Hasil penjualan 6. 5.000 IV. Upah tenaga kerja Rp.000 Rp.860 kg dengan ukuran per kg 3-4 ekor @Rp.

tas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.V. Demikian proposal ini dibuat dan diajukan kepada Bapak Bupati Kabupaten Majalengka dari pengusaha Ikan Mas ³ MINA GRAHA ³ Desa Kumbung Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka memohon dapat berkenan serta mengabulkannya permohonan kami. . PENUTUP Dari apa yang tertuang di atas pada usaha budidaya Ikan Mas memiliki prospek yang cukup baik dan menguntungkan serta dapat memberikan peningkatan pendapatan masyarakat tani yang pada akhirnya kesejahteraan keluarga dapat meningkat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.