P. 1
Media Pembelajaran powerpoint

Media Pembelajaran powerpoint

|Views: 1,605|Likes:
Published by Thiya Saiank Diia

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Thiya Saiank Diia on Jun 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/05/2013

pdf

text

original

ASSALAMUALAIKUM

BY KELOMPOK

12

Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari ³medium´ yang secara harfiah berarti ³perantara´ atau ³ pengantar´ yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.

y Schramm (1977) mengemukakan bahwa media

pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
y Briggs

(1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku,film, video, dan sebagainya

y National

Education Association (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.

y Media pembelajaran adalah segala

sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.

y Landasan Psikologis media

pembelajaran y Landasan Historis media pembelajaran y Landasan Teknologis media pembelajaran y Landasan Empirik media pembelajaran

y Landasan psikologis penggunaan

media pembelajaran ialah alasan atau rasional mengapa media pembelajaran dipergunakan ditinjau dari kondisi pembelajaran dan bagaimana proses belajar itu terjadi.

y Yang dimaksud dengan landasan

historis media pembelajaran ialah rational penggunaan media pembelajaran ditinjau dari sejarah konsep istilah media digunakan dalam pembelajaran.

y Sasaran akhir dari teknologi

pembelajaran adalah memudahkan belajar bagi pembelajar. Untuk mencapai sasaran akhir ini, teknologiteknologi di bidang pembelajaran mengembangkan berbagai sumber belajar untuk memenuhi kebutuhan setiap pembelajar sesuai dengan karakteristiknya.

y Artinya bahwa pembelajar akan

mendapatkan keuntungan yang siknifikan bila ia belajar dengan menggunakan media yang sesuai dengan karakteristik.

y Fiksatif (fixative property) y Manipulatif ( manipulatif property) y Distributif ( distributive property)

FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN

y Menurut

hamalik (1986) bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruhpengaruh psikologi terhadap siswa.

y Lavie & Lentz (1982) ada empat fungsi

media pembelajaran, media visual, yaitu: 
Fungsi Atensi  Fungsi Afektif  Fungsi koknetif  Fungsi kompensatoris

khususnya

y Media

visual merupakan inti yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.

y Media visual dapat terlihat dari tingkat

kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang tergambar.

y Media

visual terlihat dari temuantemuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.

y Memperjelas penyajian suatu pesan

agar tidak terlalu bersifat verbalitas. y Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera. y Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif para siswa.

y Dengan sifat yang unik pada siswa

juga dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda ± beda, sedangkan kurikulum dan materi pembelajaran yang sama untuk setiap siswa.

y Media hasil teknologi cetak, contoh: teks,

grafik, foto atau referensi fotografi dan reproduksi. y Media hasil teknologi audio visual, contoh: mesin proyektor film, tape recorder, dan proyektor visual yang lebar. y Media hasil teknologi yang berdasarkan komputer, Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikroprosesor. y Media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer Teknologi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh komputer.

o Teks o Media Proyeksi Gerak o Media Audio o Benda-benda Tiruan miniature o Media visual o Manusia

PENGEMBANGAN MEDIA

y Prinsip kesederhanaan

Secara umum sederhana itu mengacu kepada jumlah elemen yang terkandung dalam suatu visual y Prinsip keterpaduan Keterpaduan mengacu kepada hubungan yang terdapat diantara elemen-elemen visual yang ketika diamati akan berfungsi secara bersama-sama y Prinsip penekanan Dengan menggunakan ukuran ,hubunganhubungan,perspektif,warna,atau ruang penekanan dapat diberikan kepada unsur terpenting. y Prinsip keseimbangan Bentuk atau pola yang dipilih sebaiknya menempati ruang penayangan yang memberikan persepsi keseimbangan meskipun tidak seluruhnya simetris

y Media audio dan audio visual merupakan

bentuk media pembelajaran dan terjangkau seperti radio atau tape. Contohnya radio atau tape, kombinasi slide dan suara.

y Tutorial

y

y

y

y

program pembelajaran tutorial dengan bantuan komputer meniru system tutor yang dilakukan oleh guru atau instruktur. Drills and practice (latihan) latihan untuk mempermahir keterampilan atau memperkuat penguasaan konsep dapat dilakukan dengan modus latihan. Simulasi program simulasi dengan bantuan komputer mencoba untuk menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata. Permainan Instruksional program permainan yang dirancang dengan baik dapat memotivasi siswa dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Faktor Pendukung Keberhasilan CAI keberhasilan penggunaan komputer dalam pengajaran amat tergantung kepada berbagai faktor sebagai proses kognetif dan motivasi dalam belajar.

WASSALAMUALAIKUM WR.WB

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->