BAB III KERANGKA KONSEP DAN DEFINISI OPERASIONAL

A. Kerangka Konsep Aspek ± aspek yang di teliti dalam penelitian ini hanya dibatasi pada aspek pengetahuan remaja tentang Untuk memperjelas alur pikir penelitian maka dibawah ini di gambarkan kerangka konsep sebagai berikut :

Pengetahuan tentang telat haid

-

Pengertian

Penanganan

Saat

Telat Menstruasi

B. Definisi Operasional Untuk memudahkan dalam mendalami penelitian ini, maka variable dalam penelitian ini dijelaskan dalam tabel definisi operasional.

Definisi Operasional

Sedang bila responde n menjawa b benar Kuesio ner dengan nilai 6175 3. Pengertian Menstruasi perubahan fisiologis dalam 1.N O 1 Variabel Definisi operasional Skor / Nilai Alat Ukur Skala Tingkat remaja penanganan menstruasi pengetahuan Gambaran tingkat tentang pengetahuan yang saat telat dimiliki remaja oleh tentang saat 1. Tingginy a bila Ordin al responde n menjawa b benar. Rendah bila responde n menjawa b benar. Mengeta hui 2. Tidak Kuesio ner Nomi nal tubuh wanita yang . penanganan telat menstruasi dengan nilai > 75 2. dengan nilai < 60 2.

Tidak mengetah ui Kuesio ner Nomi nal . Tidak mengetah ui Kuesio ner Nomi nal pada embrio dan kemunculan karakteristik seks sekunder pubertas 5. Perkembangan Hormonal hormon secara dan oleh mengetah ui estrogen 1. Mengeta hui 2.terjadi berkala dipengaruhi hormon reproduksi. Perkembanga n Fisik perkembangan seksual primer 1. Mengeta hui 2. 3. Faktor-faktor Faktor lingkun gan Faktor sosial ekono mi Faktor nutrisi Faktor genetic selama 1. Mengeta hui 2. Tidak mengetah ui Kuesio ner Nomi nal yang dikeluarkan makin meningkat dan menyebabkan lapisan dalam rahim mengalami pertumbuhan dan perkembangan 4.

dan . Gangguan Menstruasi Gangguan menstruasi yang 1. Tidak mengetah ui Kuesio ner Nomi nal biasanya dijumpai dapat kelainan berupa siklus atau kelainan dari jumlah darah yang dikeluarkan lamanya perdarahan. LH. Tidak mengetah ui Kuesio ner Nomi nal mengeluarkan estrogen dibawah pengaruh FSH. Mengeta hui 2. Fisiologi Menstruasi Folikel ovarium 1. Mengeta hui 2.- Faktor budaya - Faktor psikolo gis 6. dan estrogen itu sendiri 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful