P. 1
Praktikum Biologi

Praktikum Biologi

|Views: 322|Likes:

More info:

Published by: Nabil Muhammad Firdaus on Jun 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/21/2013

pdf

text

original

Tugas Praktek Biologi (Animalia

)

Nama Kelompok Antonio Da Silva

: ( 02 )

Nabil Muhammad F. ( 18 ) Randika Anjasmara ( 24 )

landak laut . 2. kemudian bukalah cangkok pada bekicot . Ulangilah kegiatan (1) dan (2) untuk bulu babi .dan bekicot! 4. Buatlah klasifikasi pada masing-masing hewan di atas dan tulislah hasil pengamatan dalam Laporan Resmi Praktikum! . 7. setelah anda amati dan gambar struktur tubuh luarnya. 9. Khusus untuk bekicot. dan tulislah karakteristik cacing tanah yang anda amati! 3.Tujuan : mengamati karakteristik dan struktur tubuh berbagai jenis hewan invertebrata Alat dan bahan : 1. 5. nereis . Pinset Papan paraffin Alat tulis Landak laut Cara kerja : 1. Gambar bagian-bagian cacing tanah tersebut . 3. kemudian gambarlah struktur tubuhnya! 5. kemudian amatilah struktur tubuhnya! 2. 4. Ambilah cacing tanah . Cacing tanah Nereis Bulu babi Bekicot Lup 6. 8.

empela. alat ekresi. tidak beruas-ruas. esofagus. otot dan pembuluh darah Antara ruas yang satu dengan yang lain berhubungan dan saling terkoordinasi yang disebut metameri y Sisitem percernaan lengkap.Kajian Teori Karakteristik Annelida : y y y y Tubuh simetri bilateral dan dilapisi kutikula Ruas tubuh tidak hanya di bagian luar tetapi juga di bagian dalam Setiap ruas memiliki alat reproduksi. intestinum. Pelecyoda (bivalvia) Karakteristik Echinodermata : y y y y y y Echinos (duri) & dermal (kulit) Habitat di laut Kulit keras dari zat kapur atau kitin Tubuh simetri radial Memiliki 5 lengan mulut di bawah. yaitu mulut. Scapopoda. lebar. faring. anus di atas Memiliki susunan tubuh lipat lima. Polyplacophora. anus. & saluran air (sistem amburakral) . Gastropoda. dan berotot y Simetri tubuh bilateral y Antara tubuh & cangkang terdapat bungkus yang disebut mantel y Dibagi atas 5 kelas. tubuh ditutupi oleh cangkang yang terbuat dari kalsium karbonat y Kaki pipih. Chepalopoda. y Alat ekresi berupa sepasang nefridia pada tiap segmen yang disebut metanefridia Karakteristik Mollusca : y Mollis: lunak y Tubuh lunak. tembolok.

pipih dan selalu basah untuk berpindah secara merayap y Kaki merupakan perut yang tersusun oleh otot yang sangat kuat dan dapat bergerak secara bergelombang y y y y y Cacing tanah Klasifikasi y y y y y y Kingdom : Animalia Phylum : Annelida Subfilum : Invertebrata Classis : Oligochaeta Genus : Lumbricus Species : Lumbricus terestris . Umumnya herbivora Tubuh terbagi atas kepala. leher dan alat-alat dalam Pada kepala terdapat sepasang tentakel pendek sebagai alat pembau dan tentakel panjang sebagai alat penglihat y Di bawah kepala terdapat kelenjar mukosa yang menghasilkan lendir untuk membasahi kaki sehingga mudah bergerak y Kaki lebar.Hasil Pengamatan Siput Darat Klasifikasi y y y y y y y y Kingdom : Animalia Phylum : Mollusca Subfilum : Invertebrata Classis : Gastropoda Ordo : Familia : Genus : Achatina Species : Achatina fulica Karakteristik : Arah putaran cangkang ke kiri Memiliki cangkang bergelung pada tahap dewasa.

Karakteristik : y Fertilisasi secara internal. Chaeta: rambut y Cacing yang memiliki sedikit rambut pada ruas-ruas tubuhnya. antara segman ke 32-37 mengalami penebalan yang disebut klitelum. diantara ruas tidak terdapat parapodia y Kepala kecil tanpa alat peraba & mata y Sebagian ruas tubuhnya. yg berfungsi untuk perkembangbiakan seksual y Dapat membantu menggemburkan tanah Bulu babi Klasifikasi y y y y y y Kingdom : Animalia Phylum : Echinodermata Subfilum : Invertebrata Classis : Echinoidea Genus : Arabica Species : Arabica Strongilocentratus Karakteristik : y y y y Bentuk agak bulat. telur tersusun dalam kokon y Olygos: sedikit. tidak berlengan Rangka tersusun dari zat kapur Duri halus Biasanya terdiri dari 5 ruas Landak Laut Klasifikasi y y y y y y Kingdom : Animalia Phylum : Echinodermata Subfilum : Invertebrata Classis : Echinoidea Genus : Echinus Species : Echinus esculentus .

Mulai dari bentuk tubuhnya. Itu berarti menunjukkan keanekaragaman antara hewan yang satu dengan hewan yang lainnya walaupun itu termasuk ke dalam satu Filum yang sama. dll. y Beberapa ada yang mempunyai alat keseimbangan Statotista. Perbedaan itu terletak pada karakteristik hewan tersebut. .Karakteristik : y Bentuk agak bulat. kami menemukan perbedaan di antara ke lima hewan yang telah kami teliti di atas. tidak berlengan y Rangka tersusun dari zat kapur y Duri tajam Nereis ( Cacing Pipih ) Klasifikasi y y y y y y Kingdom : Animalia Phylum : Annelida Subfilum : Invertebrata Classis : Polychaeta Genus : Nereis Species : Nereis brandti Karakteristik : y y y y y Tubuh simetri bilateral Belum memiliki sistem peredaran darah Belum memiliki anus Belum memiliki rongga badan termasuk kelompok Triploblastik Aselomata Memiliki basil isap (sucker) Sistem saraf terdiri dari ganglion otak dan saraf-saraf tepi Saraf Tangga Tali. organ-organ yang dimiliki. Kesimpulan : Yaitu dari hasil pengamatan kami.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->