P. 1
Fungsi Rangka Pada Manusia

Fungsi Rangka Pada Manusia

|Views: 416|Likes:
Published by Made Max

More info:

Published by: Made Max on Jun 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2012

pdf

text

original

1.

FUNGSI RANGKA
Fungsi rangka sebagai beikut : a. Sebagai alat gerak aktif b. Sebagai pelindung organ vital c. Tempat terbentuknya sel -sel darah d. Tempat melekatnya otot f. Memberi bentuk tubuh g. Tempat pembentukan garam mineral h. Menegakkan tubuh

2.JENIS TULANG
Macam-Macam Tulang: 1. Berdasarkan jenisnya, tulang dibedakan menjadi: tulang rawan (kartilago) dan tulang keras. 2. Berdasarkan struktur tulangnya, tulang dapat dibedakan menjadi: tulang kompak dan tulang spons. 3. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi: tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek.
a. Tulang rawan (kartilago)

Bersifat bingkas dan lentur serta terdiri atas sel - sel rawan yang dapat menghasilkan matriks berupa kondrin. Pada anak ± anak jaringan tulang rawan banyak mengandung matriks. Pada orang dewasa tulang rawan hanya terdapat pada beberapa tempat , misalnya cuping hidung, cuping telinga, antara tulang rusuk dan tulang dada, sendi - sendi tulang, antar ruas tulang belakang, pada cakra epifis. Matriks tulang rawan merupakan campuran protein dengan polisakarida yang disebut kondrin. Tulang rawan ada tiga tipe yaitu: hialin, elastik dan serat. 1) Tulang Rawan Hialin Matriksnya memiiki serat kolagen yang tersebar dalam bentuk anyaman halus dan rapat. Terdapat pada saluran pernapasan dan ujung tulang rusuk. Tulang rawan hialin bening seperti kaca. 2) Tulang Rawan Elastik Susunan polikandrium, matriks , sel dan lacuna tulang rawan elastic sama dengan tulang rawan hialin. Akan tetapi serat kolagen tulang rawa n elastic tidak

Osteoblas merupakan sel tulang muda yang akan membentuk osteosit. Berdasarkan matriksnya. Tulang spons Matriks berongga tersusun atas anyaman trabeculae (semacam pecahan genting) yang pipih dan mengandung serabut kolagen. perawatan dan perbaikan tulang. merupakan sel khusus yaitu derivate mesenkima yang memiliki potensi mitosis yang mampu berdiferensiasi menjadi osteoblas terdapat dibagian luar membrane ( periosteum) b. Osteoklas merupakan sel yang berkembang dari monosit dan terdapat disekitar permukaan tulang . Di bagian tengah tulang terdapat saluran yang berisi pembuluh darah. 3) Tulang Rawan Fibrosa (Fibrokartilago) / Serat Matriksnya mengandung serabut kolagen kasar dan tidak teratur. dan saraf. c. fungsi osteoklas untuk perkembangan. a. tulang keras dapat dibe dakan menjadi 2 macam. sehingga matriksnya menjadi lebih keras dibanding dengan tulang rawan. dan di sekeliling saluran terdapat lapisan sel tulang yang tersusun konsentris. tulang rawan elastic terdapat pada epiglottis dan bagian luar telinga. d. Tulang kompak Matriks tersusun rapat dan padat. sambungan tulang belakang. Contoh: tulang pipa. Bentuk serat ± serat elastic bergelombang . Sifat khas dari tulang rawan ini adalah lakuna ± lakunanya bulat atau bulat telur dan berisi sel ± sel (kondrosit).tersusun dari bagian ± bagian sebagai berikut: a. Pada tulang ini sel-sel tulang tersusun membentuk suatu sistem yang disebut sistem Havers. Ostreoprogenator. b. pembuluh limfe. dan simfisis pubis. mengandung senyawa kapur dan fosfat. Tulang (osteon) Tulang merupakan jaringan pengikat yang tersusun oleh sel tulang (osteoblas) yang menghasilkan matriks yang mengandung endapan zat kapur. yaitu tulang kompak dan tulang spons. Bersifat keras dan berfungsi menyusun berbagai sistem rangka.tersebar dan nyata seperti pada tulang rawan hialin. b. terletak di perlekatan ligamen. pemeliharaan . Osteosit merupakan sel ± sel tulang dewasa. Ronggarongga yang ada pada tulang spons diisi oleh jaringan. .

merupakan tulang dengan matrik yang padat dan rapat. tulang hasta. Sel-sel tulang dibentuk dari arah dalam ke luar atau proses pembentukannya konsentris. Diujung tulang terjadi perluasan yang berfungsi untuk berhubungan dengan tulang lain. Setelah kartilago terbentuk. a) Tulang pipa (tulang panjang) Berbentuk tabung dan biasanya berongga. dan tulang pendek. Berdasarkan bentuknya terdapat tiga macam bentuk tulang yang menyusun rangka tubuh. tulang pipih.PEMBENTUKAN TULANG Pembentukan tulang terjadi segera setelah terbentuk tulang rawan (kartilago). bagian dalamnya akan berongga dan terisi osteoblas. yaitu bagian tengah disebut diafisis . Osteoblas juga menempati jaringan seluruhnya dan membentuk sel -sel tulang. yaitu tulang pipa . Tulang Kompak.2. . contohnya adalah tulang betis. misalnya tulang pipa. selain itu ada pula tulang tak terbentuk. Tulang pipa terbagi menjadi tiga bagian . Berdasarkan matriksnya . Setiap satuan sel tulang mengelilingi suatu pembuluh darah dan saraf membentuk suatu sistem yang disebut Sistem Havers. Kartilago dihasilkan dari sel -sel mensenkima. jaringan tulang dibedakan sebagai berikut: 1. dan tulang pengupil. tulang kering. 2. Tulang Spons merupakan tulang yang matriksnya berongga misalnya tulang ± tulang pipih dan tulang ± tulang pendek.

Tempat menyimpan mineral terutama kalsium dan posfor f. juga mempunyai fungsi lain. tulang belikat. sedangkan pada orang dewasa yang sudah tidak bertambah lagi tingginya cakra epifisis sudah sudah menulang. Osteoblas menempati rongga yang disebut rongga sumsum tulang. Pada anak ± anak cakra epifisis berupa karti. contohnya adalah tulang rusuk. Tempat perlekatan otot e. Menahan dan menegakkan tubuh d. Tempat penyimpan energy.ago yang mengandung osteoblas. Kebanyakan tulang pipih menyusun dinding rongga sehingga tulang pipih ini sering berfun gsi sebagai pelindung atau untuk memperkuat .kedua ujung disebut epifisis. c. yaitu berupa lemak yang ada di sumsum kuning . Melindungi alat tubuh yang vital. c) Tulang pendek Tulang pendek berbentuk kubus dan hanya ditemukan pada pangkal kaki. pangkal lengan dan ruas ± ruas tulang belakang. 3. Memberi bentuk tubuh b. d) Tulang tak berbentuk Memiliki bentuk yang tertentu . didalamnya terdapat sumsum. dan tulang tengkorak. Tempat pembentukan sel darah g. Fungsi Tulang Tulang ± tulang pada manusia selain menyusun rangka. b) Tulang pipih Tersusun atas dua lempengan tulang kompak dan tulang spons. dan antara epifisis dan diafisis disebut cakra epifisis. yaitu: a. tulang ini terdapat diwajah dan tulang belakang.

SULISTYO RAHMAT 4.TIA KATRINA PUTRI SMA NEGERI 16 BANDARLAMPUNG .MITA FITRIA DEWI 2.TUGAS BIOLOGI D I S U S U N O L E H 1.ROBIS PUTRA RIMALDI 3.

TAHUN AJARAN 2010/2011 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->