A. PERADABAN KUNO ASIA AFRIKA a.

Peradaban lembah sungai Shindu dan Gangga letak geografis 

Di sebelah Utara berbatasan dengan China yang dibatasi Gunung Himalaya  Di Selatan berbatasan dengan Srilanka yang dibatasi oleh Samudera Indonesia  Di sebelahBarat berbatasan dengan Pakistan  Di Timur berbatasan dengan Myanmar dan Bangladesh Peradaban sungai indus Penduduk Mohenjodaro & Harappa adalah bangsa Dravida. Kebudayaan kuno India ditemukan di kota tertua India yaitu daerah Mohenjodaro dan Harappa . Mohenjodaro dan Harappa merupakan kota tua yang dibangun berdasarkan : y Perencanaan yang sudah maju,jalan raya sudah lurus dan lebar. y Rumah-rumah terbuat dari batu-bata dan faktor kesehatan dan kebersihan lingkungan telah diperhatikan y Saluran air bagus dengan adanya saluran irigasi ke daerah pertanian masyarakat y Peninggalan kebudayaan di kota Harappa dan Mohenjoaro berupa Arca dan alat -alat rumah tangga dan senjata PEMERINTAHAN Kerajaan Gupta didirikan oleh Raja Candragupta I (320 -330 M), Setelah itu digantikan oleh Raja Samudra Gupta (cucu Candragupta I )Kota Ayodhia sebagai ibu kota kerajaannya. Raja Samudragupta digantikan lagi oleh anaknya yang bernama Candragupta II (375415 M). Ia terkenal sebagai Wikramaditiya. Ia terkenal sebagai seorang pujangga Kalidasa dengan karagannya berjudul Syakuntala.Setelah meninggalnya Candragupta II, kerajaan Gupta mulai mundur. Maka hampir dua abad, India mengalami masa kegelapan dan baru pada abad ke7 M tampil seorang raja kuat yang bernama Harshawardana. Peradabaan lembah sungai gangga Terletak di antara pegunungan himalaya dan pegunungan windya -kedna

Pujangga yang terkenal di masa kekuasaan Harshawardana bernama pujangga Bana dengan buku karangannya berjudul Harshacarita.Patna. Daerah -daerah yang diduduki oleh bangsa Indo -Arya sering disebut dengan Arya Varta (Negeri Bangsa Arya) atau Hindustan (tanah milik bangsa Hindu). tehj .Allahbad.Benares melalui wilayah bangladesh dan bermuara di teluk Benggala Pendukung peradaban adalah bangsa Aria termasuk bangsa Indo German Kebudayaan lembah sungai gangga merupakan kebudayaan campuran antara kebudayaan bangsa Aria dan bangsa Dravida dengan sebutan kebudayaan hindu. kedelai . sungai panjang yang bermuara di Teluk Tsii-Li di laut kuning dan sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di pegunungan Kwen Lun (Tibet) dan bermuara di laut Cina Timur Pertanian : gandum . India mengalami masa kegelapan. Peradaban Lembah Sungai Kuning (hwang -ho) Letak geografis : pegunungan Kwen-Lun di Tibet .Agra. Kebudayaan ini lebih dikenal dengan kebudayaan Hindu. Setelah masa pemerintahan Raja Harshawardana hingga abad ke-11 M tidak pernah diketahui adanya raja-raja yang berkuasa. jagung . Muncul 2 agama besar yaitu agama Hindu lahir dari kebudayaan bangsa Aria dan Dravida dan Agama Buddha lahir sebagai bentuk reaksi beberap a golongan atas ajaran kaum Brahmana. KERAJAAN HARSA Ibu kota Kerajaan Harsa adalah Kanay. padi . Bangsa Dravida mengungsi ke daerah selatan.Terdapat sungai bermata air di pegunungan himalaya dan megalir melalui kota-kota besar seperti Delhi. Kebudayaan Lembah Sungai Gangga m erupakan campuran antara kebudayaan bangsa Arya dengan kebudayaan bangsa Dravida. kebudayaannya kemudian dikenal dengan nama kebudayaan Dravida b.

Daerah yang terletak dise anjang aliran sungai ini sangat subur . Pertanian : masyarakat didaerah ini hidup dengan berc c k tanam Ilmu pengetahuan & teknologi : Orang sumeria membangun kotanya menurut aturan kota yang terencana . menit . Peninggalan kebudayaan : Taman bergantung dan bangunan kuil .Te e y s s e y e es s se Le Ge s : le s e dan Tigris dikenal dengan se an mes amia berarti daerah yang terletak diantara dua aliran sungai . Aksara : mengenal abjad yang berupa hurup paku Penanggalan : mereka membagi dan mempersingkat kedalam jam . antara negara kota sering terjadi peperangan . Kepercayaan : memuja dewa . membangun perpustakaan dan taman gantung. Penduduk : di sekitar daerah Mes tamia didiami bangsa yang termasuk rumpun bangsa semit . detik . hidup beternak dan berdagang . Perekonomian : kedudukan wilayah bangsa Sumeria sangat strategis untuk perdagangan . ¢ ¢ ¢ ¢ §¢ ¢ § § ¨ ¥¨ ¤¡ ¨© ¥¨¤¢ ¨§ ! (  "' 10( " ) %'# (   '! R D B   B S FR T D TIGRIS (MESO OTAMIA)  ¥©¨ ¡¨ ¥ £ ¥¡        ¨¡¨§ ¥  £¥  ¨¡¥& ¨   ¤¡ % ¡¨  ¤¡¢$   ¢© § ¦ ¡¨¨ ¨ $   ¢ ¨ # ¦ §¨  ¨ £ ¥ F s © § ¥  ¡¨ ¨  ¨ ¤ ¡   © § ¥ ¦ ¡¨¨§¡¥ © ! ¨§¡¥ © © e e e e e e ss e Ss e e e e e Tse F Tse ©¨£¨ ¨£§© ¨ ¨   ¨ ¥¨ §¥¨ ¥¨§ ¥¡" ¡¨¨§¡¥ ©       ¡¨  ¤¡ ¤¡ ¨£ ¥¡¨¤¡¨¡ © ¤¡¨ ¨ ¥¨ §¥¨ £¨¢ ¡¨¨§¡¥ ©   Fe y s y e s s y s e s e Tse s e ¡¨¥¡¨§ ¤¡¨¥ ©¨£¨ ¥©¢¡¢§ ¨ ©£¥ ¥¨ ¨£ s  ¨ ¤¨© § ¡¨ ¨©  ©¨£¢  ¨ ©¥§  ¥   ¨ ¨ §¨ ¤¡¨©¨§ ¦ ¥¤¢£¢¡   es e s e  © ¥ © ¡¨¨¥§¡¨¤ £¨¡ ¤¡ © §¡ ¨¨  ¡¨ ¡¨¨ ¨£    © © ¤¡¨ ¥£¨ ¨ ¡¨ ¥ ¥£¥© © ¦ ¥©¢¡¢§      ¨©¨¤ ¡¨ ¥£§ £¨¡ ¤ © ¨ ¦ ¨ ¨¨ ¡¨ ¨ ¨    s B s s e e s e y y e e e e e j s e s . Pemerintahan : negara terdiri dari berbagai negara kota .

piramida di gizelh bangunan raksasa tersebut merupakan makam ke-3 raja mesir dari kerajaan mesir tua. masyarakat mendirikan oblesik. yaitu tugu batu yang tinggi. runcing dan segitiga Pertanian dan pengairan meningkatkan produksi petani-petani mesir membuat terusan-terusan dan mengalirkan air ke ladang-ladang Membangun waduk-waduk tempat penyimpangan air Mereka hidup secara berkelompok dalam suatu daerah pertanian Terbentuknya organisasi masyarakat seperti desa -desa dan tiap desa di kepalai oleh kepala desa Ilmu pengetahuan dan teknologi mereka sudah dapat mempelajari dan mengenal tata alam lingkungan tempat tinggalnya Hidup dari hasil bercocok tanam Masyarakat mesir kuno percaya bahwa roh orang yang meninggal akan tetap hidup mereka menggunakan sistim pengawetan jasad dan penguburan jenasah itu menunjukan bahwa mereka sudah mampu mengena ilmu teknologi l TULISAN tulisan hierologlyph huruf-huruf hierologlyph merupakan huruf gambar digunakan secara terus -menerus hingga abad ke-5 masehi dan berkembang menjadi hieratis dan demotis memahat tulisan . adalah kuburan raja-raja mesir kuno .Peradaban Sungai Nil Segi bangunan raja-raja mesir mulai membangun piramidapiramida. untuk pemujaan terhadap roh matahari.

Amenhotep II 6. Zaman kerajaan mesir pertengahan Raja raja yang pernah memerintah antara lain 1. daerah atau kota. Firaun ahmosis I 4. bahkan ada dewa yang dihormati oleh seluruh bangsa mesir. Firaun Thutmosis IV 7. Amenhotep IV Amenhotep II Firaun tuthmosis 1 Kepercayaan pada peradaban sungai nil ‡ Masyarakat Mesir kuno percaya dan memuja banyak dewa (polytheisme). Firaun Amenemhet III 3. Firaun sesostris III 2.pada batu-batu mereka juga menulis pada daun pyrus dengan pena terbuat dari jerami dan sudah tentu mereka mengenal tinta . Beberapa dewa yang dipuji bangsa mesir : Dewa osiris sebagai dewa tertinggi Dewa thot (Dewa pengetahuan) Dewa anubis (dewa berkepala anjing) sebagai dewa kematian Dewa apis berwujud sapi Dewa Ra (dewa matahari) dan kemudian menjadi dewa amon (dewa bulan -ra matahari) ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ . Dewa yang yang dipuja itu ada yang khusus milik masyarakat desa. Firaun Tuthmosis I 5.

Kekayaan berupa jenis-jenis mineral. Tengah. dan bagian Selatan. Tulisan glyph ini menggunakan bahasa yang hampir sama dengan bahasa Jepang. Pegunungan Amerika Tengah. PERADABAN KUN EROPA DAN AMERIKA 2 PERADABAN AMERIKA KUNO Keadaan alam : Benua Amerika terdiri atas bagian Utara. yaitu samudera Pasifik di sebelah Barat. juga mengenal tulisan yang disebut dengan tulisan glyph. dan peternakan. Suku maya Suku Maya merupakan suku yang berasal dari keturunan suku Indian. ada juga yang menggunakan sungai misisipi dan terusan panama sebagai jalur transportasi. Suku-suku pada peradaban Amerika kuno a. Mereka pun bisa mencapai masa keemasan akibat pengetahuan teknologinya. dimana terdapat tanah genting Panama (sekarang menjadi terusan Panama). bagi teman -teman yang pandai menggunakan bahasa jepang. dan samudera Atlantik di sebelah Timur. Jadi. maka bisa lumayan mengerti bahasa suku maya. Selain itu. cara menanam dan sistem pertanian. 2/3 dari benua Amerika terdiri atas daratan rendah. sehingga memungkinkan berdirinya negara-negara industri. dan Rocky Mountains Pegunungan Andes. Amerika tengah merupakan bagian yang paling sempit. Sedangkan daratan rendah yang luas memu ngkinkan bagi pengusahaan lahan pertanian.B. Seluruhnya terdapat di sebelah imur pegunungan t tinggi itu (rocky mountains). Benua Amerika Diapit oleh dua samudera. suku maya telah mengenal seni membuat bangunan. kecantikan. perkebunan. Pada zaman batu. . Suku maya mendiami Amerika bagian tengah sejak 250 masehi sampai dengan 925 masehi. Ketiga bagian itu diikat menjadi satu oleh rangkaian pegunungan tinggi yang menjulur dari Utara ke Selatan seperti Rocky Mountains. yang pengaruhnya menyejukkan terhadap iklim di pantai barat.

dengan ibukota Tenochtilan. atau bangsa Inka. Akan tetapi. Perdagangan dilakukan secara barter. ada satu suku yang merupakan suku tua yaitu suku Inca. adat istiadat serta sejarah diwariskan dari mulut ke mulut. Honduras. . Kerajaan Maya terletak di Meksiko Selatan dan Amerika Tengah. Suku Inka Tidak hanya suku Maya dan suku Aztek yang merupakan keturunan dari suku Indian. Wilayah Kerajaan Maya meliputi : Semenanjung Yukatan(Meksiko). kota tersebut disatukan dalam system pemerintahan yang dipimpin oleh tokoh politik dan tokoh agama. Kerajinan meliputi pembuatan keramik dan tekstil. Pemujaan terhadap dewa dilakukan pada bangunan kuil yang terbuat dari batu dipimpin oleh pendeta. dengan koloni -koloni di bagian Amerika Tengah. Kekuasaan bangsa Aztek membentang dari bagian Tengah Mexico hingga samudera Pasifik. Sistem perekonomian berkembang pada sektor pertanian. Kerajaan maya SISTEM KERAJAAN SUKU MAYA Bangsa Maya membangun peradaban dengan membangun kota-kota. KERAJAAN AMERIKA KUNO 1. Suku ini mendiami suatu tempat yang sekarang telah d iberi nama yaitu Peru. Bangsa Aztek berasal dari kelompok suku Toltek (Indian Toltek) yang datang dari sebelah utara kemudian mendiami dataran tinggi Mexico. suku yang merupakan keturunan suku Indian adalah suku Aztek atau Bangsa Aztek.Suku aztek Selain suku Maya. Masing-masing kota memiliki otonomi pemerintahan. Kuil castillo Sistem Kepercayaan bersifat politheisme. Bangsa Inka ini adalah bangsa yang telah ada sebelum Christopher Columbus menemukan benua Amerika. dan Guatemala. perdagangan dankerajinan. Ajaran agama.

Tiap wilayah diberi hak otonomi yang disebut Ayllu. Sistem kepercayaan bangsa Aztek bersifat politheis. saat bangsa Spanyol menyerbu negeri itu. disebut juga dengan istilah Sapa Inka. yang juga menandai awal masa berkuasanya Spanyol di daerah tersebut. dengan raja terakhirnya Monte Zuma II. Tempat pemujaan dibangun berupa piramida. Penduduk negeri itu mempunyai kemampuan untuk bekerja sama dan menjaga perdamian. Atahualpa yang merupakan raja Inka terakhir. Terletak di Peru tepatnya disekitar danu Titicaca dekat pegunungan Andes. Wilayah Kekuasaannya : Bolivia. 3. Hasil kerajinan tekstil dan keramik berkembang pula disamping hiasan-hiasan dari emas dan perak. Perdagangan dilakukan dengan sistem barter. Chili. Bangsa Aztek berasal dari kelompok sukuToltek (Indian Toltek) yang datang dari sebelah utara kemudian mendiami dataran tinggi Me ico. pertanian.olumbus. dan industri sederhana. Brazilia dan Equador terjadi pada masa Raja Sinci Roca 1105 M. tewas terbunuh oleh penjelajah Spanyol yang bernama Francisco Pizarro. Kerajaan Aztec mengalami kehancuran setelah datangnya bangsa Spanyol. Inka menguasai sebagian besar wilayah Amerika Selatan bagian barat yang berpusat di pegunungan Andes hingga 1533. Kekuasaan bangsa Aztek membentang dari bagian Tengah Me i co hingga samudera Pasifik. } Pertanian Daerah kerajaan Inka terdiri dari daerah pegunungan yang terjal dengan kantungkantung kecil yang ditemukan penduduk. Dipuncak piramida dibangun kuil pemujaan dengan altar untuk mengorbankan nyawa manusia. Pemujaan dilakukan terhadap dewa perang dan dewa matahari.Pendirinya adalah Manco-Copac tahun 500 M.Pusat kerajaan Aztec yaitu didaerah semenanjung YukatanMe i co. dengan koloni-koloni di bagian Amerika Tengah.2. Upacara-upacara pemujaan dipimpin oleh pendeta yang sangat dihormati. artinya sudah ada sejak sebelum kedatangan Christopher Columbus. Kerajaan Inka SYSTEM KERAJAAN SUKU INKA Kerajaan Inka adalah sebuah kerajaan yang terletak di wilayah yang sekarang adalah Peru dari 1438 sampai 1533. Kerajaan Aztek SISTEM KERAJAAN S KU AZTEK Kerajaaan Aztec berdiri sekitar tahun 1298 M dan mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1450 M. Bangsa Aztek memiliki system perekonomian meliputi perdagangan. Inka disebut sebagai peradaban "pra. 5 4 4 4 3 . Selama periode tersebut. Raja Sinci Roca 1105 M merupakan pemersatu bangsa Indian. dengan ibukota Tenochtilan.

Unsur-unsur pokok yang berasal dari agama rakyat kuno yang terlihat di daerah Kuzko. Setelah itu datanglah Suku Etruska dari Asia Kecil lalu orang-orang Kartago dan Yunani yang mendirikan koloninya di Italia Selatan.Perwujudan kerja sama itu terlihat dengan jelas sekitar permulaan tarikh Maseh. Suku Inka melakukan pemujaan atas dewa-dewa. yang lebih berpengaruh dalam masyarakat adalah Dewa Matahari. Akan tetapi. Namun Romulus membunuh Remus dalam suatu . Bintang. } Mata pencahariannya adalah hasil pertanian dan berburu serta menagkap ikan. walaupun ada sekitar 700 bahasa lokal yang digunakan. Pembangunan sistem pengairan semacam itu memerlukan suatu kerja sama dan penggunaanya menurut sikap hormat terhadap undang-undang. } Bahasa resmi kerajaan adalah bahasa Quechua. Kedua bayi tersebut dirawat oleh serigala sampai ditemukan oleh seorang penggembala dan diasuhnya. Mereka percaya terhadap dewa pencipta (Virakocha) yang secara teori diangap dewa paling tinggi kedudukannya. Bulan. } Kepercayaan kerajaan inka mempunyai lembaga agama yang mantap sebagai bagian dari pemerintahan dan berada di bawah pemerintahan. Petani di hilir sungai bergantung pada kemurahan mereka yang tinggal di hulu sungai. PERADABAN ROMAWI KUNO Orang-orang Italia awal terdiri dari banyak suku yang masing-masing mempunyai bahasa dan kebudayaan sendiri. Beberapa lama kemudian keturunan Aeneas yang bernama Rhea Silva diusir pamannya yang bernama Amulius karena telah melahirkan bayi kembar bernama Remus dan Romulus. dengan Inti sebagai dewa matahari yang merupakan dewa terdepan. Setelah dewasa mereka mendirikan kota Roma. Pemukim yang paling awal adalah Suku Liguria kemudian berdatangan Suku Umbria. Siapakah cikal bakal bangsa Romawi yang mendirikan pemerintahan di Roma? Salah satu sumber yang digunakan adalah legenda karya Vergellius yang berjudul Aeneis . Kemudian puteranya yang bernama Ascanius pindah ke pedalaman dan mendirikan kota Alba Longa. sebab mereka dapat merusak aliran air ke saluran itu atau mengalihkan seluruh aliran sungai untuk keperluan sendiri pada musim kemarau. setelah pertanian dengan sistem irigasi menjadi mantap di lembah -lembah sungai di pantai Peru. Latin dan Samnite kemungkinan berasal dari Eropa Tengah. Oleh Amulius kedua bayi tersebut diperintahkan untuk dibuang di sungai Tiber. Kitab tersebut mengisahkan seorang pelarian dari Troya yang dikalahkan oleh Yunani dalam perang Troya bernama Aeneas ke negeri Latin di Italia. dan Halilintar serta dewa-dewa kesuburan seperti Ibu Pertiwi yang dipuji oleh para petani.

Setelah Octavianus meninggal.Ia tidak hanya penguasa dalam bidang pemerintahan dan politik namun juga sebagai kepala agama. Sejak itu agama Kristen ditetapkan sebagai agama negara. Tahun 54 68 M Kaisar Nero berkuasa di Romawi. ia menyadari dengan benar nilainilai yang terkandung dalam ajaran-ajaran Yesus Kristus. Keadaan negara pada zaman ini dinamakan Pax Romana. Namun keadaan ini tidak membuat kaum Kristen menjadi gentar. dan membuahkanhasil yang baik pada masa kekuasaan Konstantin Agung (312-337 M). Octavianus memiliki kekuasaan tunggal atas Imperium Romawi yang memiliki kekuasaan absolut.pertengkaran sehingga Romulus menjadi penguasa tunggal di kota tersebut yang dinamai Roma. Pada masa ini timbul penyebaran agama Kristen oleh Nabi Isa (Yesus Kristus). sejumlah kaum Kristen diincar dan dibunuh karena pengikut kristen makin bertambah jumlahnya. kaum Kristen dianggap sebagai pemberontak yang akan menjadi raja maka Yesus Kristus pun dihukum mati dengan caradisalib dan penganutnya ditindas. . Agama Kristen mengajarkan monotheisme dan tidak mendewakan manusia. membangun arena olahraga. dan membangun kuil . Karena demikian. Perlakuan pengejaran dan pembunuhan kepada kaum Kristen ditiadakan.37 M). Kota Romadilengkapi polisi dan pemadam kebakaran. artinya Roma yang damai. meningka tkan subsidi gandum. Kekaisaran Zaman Romawi Kuno Dilantiknya Octavianus menjadi kaisar (penguasa tunggal) menjadikan bentuk pemerintahan Romawi menjadi kekaisaran denganOctavianus sebagai kaisar yang pertama. Suku -suku pendatang tersebut diantaranya suku Etruska dan Suku Campania. kekuasaan diserahkan kepadaTiberius (14 . Pada masa ini. Yang kemudian berkembang menjadi Pemerintahan dan menghasilkan peradaban -peradaban. Untuk mengabadikan kisah tersebut dibuatlah patung perunggu berbentuk seekor serigala sedang menyusui bayi kembar yang dapat Anda lihat gambarnya di samping Dari legenda tersebut dapat memperjelas uraian mengenai kedatangan bangsa asing misalnya bangsa Etruska dari padang rumput sekitar Laut Kaspia yang kemudian melakukan percampuran darah dengan pen duduk yang lebih dahulu mendiami Italia yang pada waktu itu menjadi bangsa yang mendiami Romawi kuno. Pembaharuan pun dilakukan dengan baik. Dari legenda tersebut dapat disimpulkan bahwa Bangsa Romawi merupakan pencampuran darah antara penduduk asli dengan suku pendatang. Suku ini mendirikan negara kota yang merupakan suatu perserikatan pertahanan.

Tahun 476 M Imperium Romawi Barat hancur oleh penyerangan bangsa Jerman.Irredenta. Keruntuhan Romawi Barat tidak memengaruhi keamanan Romawi Timur. antara lain munculnya kaum proletar (gelandangan) yang sangat ba yak. Perang Phunusia II (218-201 SM) Pasukan Romawi yang dipimpin oleh Scipio berhasil mengalahkan Pasukan kartagoyang dipimpin oleh Hanibal. Romawi pun menjadi sebuah Imperium Imperium Romanium) yang ( berusaha mewujudkan Latten late (persatuan seluruh italia) sebagai impian mereka. bahkansempat mengalami kejayaan pada masa Kaisar Yusthianus tahun 527-563 M. tetapi ada satu musuh yang kuat yaitu Kartago yang Akhirnya dapat dikalahkan dengan 3 kali perang. Keberhasilan menggulngkan Sextus melahirkan bentuk pemeintahan Republik di Romawi.Konstantin Agung memindahkan ibukota dari Roma ke Konstantinopel. antaraa lain Konsul (kepala pemerintahan). Impian ini akhirnya mendasari lahirnya semboyan negara Italia.146 SM) Pada pertempuran kali ini Kartago dihancurkan oleh tentara Romawi dibawah kepemimpinan Scipio. Setelah semakin kuat. yang dikenal dengan Perang Phunisia. Pada masa ini terdapat beberapa kelengkapan pemerintahan. Pontifex Maximus (kepala agama). yaitu : 1. Senat (penasehat konsul). dan Tribune Plebea (dewan kaum Plebea). 3. Perang Phunusia III (149. Comitia Curiata ( dewan rakyat). Romawi kuno berusaha melebarkan sayap kekuasaannya. yaitu Imperium Romawi Barat dengan ibukota Roma dan Imperium Romawi Timur dengan ibukota Konstantinopel. adanya perlawanan dari n . ditandai dengan adanya pemberontakan golongan bangsawan terhadap raja sextus yang dipimpin oleh Yunius Brutus. Susunan masyrakat terdiri atas 2 kelompok. Keputusan ini merupakan awal yang tidak baikbagi kekuasaan Imperium Romawi. Perang Phunisia I (246 241 SM) Pasukan Romawi yang dipimpin oleh Scipio berhasil mengalahkan pasukan Kartago 2. pecahlah kekuasaan Romawi menjadi dua bagian. yaitu kelompok patricia (bangsawan) dan kelompok plebea (rakyat jelata). Masa republik Masa Republik Romawi kuno. Kemunduran bentuk Republik Romawi disebabkan oleh beberapa hal. Pada tahun 1543 Imperium Romawi Timur hancur oleh serangan bangsa Turki. Pada tahun 400 M.

. Perang Saudara IV (32 31 SM) Dengan mendapatkan dukungan dari rakyat Romawi. Kejadian tersebut menyebabkan terjadinya beberapa kali perang saudara antra lain sebagai berikut. Usaha ini. 2. Perang Saudara I (88-81 SM) Perang ini diakibatkan oleh adanya reaksi yang muncul dari kalangan Plebea yang mengangkat Marius sebagai Tribune Plebea dan golongan Patricia mengangkat Sulla sebagai tandingannya. dan Oktavianus. Lepidus. Pertentangan dimenangkan Julius Caesar yang kemudian mengangkat dirinya menjadi kaisar yang pertama di dunia. yang membunuhnya dalam suatu rapat senat. 1.Perang Saudara III (45-42 SM) Kejayaan Julius Caesar diakhiri oleh pemberontakan Cassius dan Brutus. antara lain dengan memperluas wilayahnya disertai semboyan vini. Kekacauan pun terjadi dan lahirlah Triumvrat II yang terdiri atas Antonius . dan Julius Caesar diangkat kaum plotelar dalam kelompok yang disebut Triumvrat I (persekutuan tiga serangkai) untuk melakukan perlawanan terhadap senat yang berkuasa secara mutlak. vici (datang. 3. Kelompok ini akhirnya pecah setelah lepidus dan Antonius disingkirkan oleh oktavianus dan mengangkat dirinya sebagai kaisar. vidi. Octavianus dapt Mengalahkan Antonius di Istana Cleopatra. 4. disusul meninggalnya Carssus dan terjadi pertentangan antara Pompius dengan Julius Caesar. Julius juga membuat penanggalan baru yang disebut tahun Julius. Perang Saudara II (49-46 SM) Pompius. menang). Usaha yang dlakukan selalu berhasil dengan gemilang. dan munculnya penyelewengan oleh senat yang telah menjadi lembaga yang berkuasa secara mutlak. Carssus. lihat.negeri-negeri taklukan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful