P. 1
Penyimpangan Sosial

Penyimpangan Sosial

|Views: 544|Likes:
Published by shiroykumo

More info:

Published by: shiroykumo on Jun 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2012

pdf

text

original

TUGAS SOSIOLOGI

X-1

Penyimpangan Sosial
Apakah itu penyimpangan sosial? Bagi para ahli sosiologi, penyimpangan bukan hanya sekedar perilaku seksual yang tidak normal ataupun perilaku yang tidak sesuai dengan kebiasaan pada umumnya. Kata penyimpangan berarti sebuah perilaku yang melanggar standar perilaku atau harapan dari sekelompok masyarakat (Wickman, 1991:85) Di Amerika Serikat, para pecandu alkohol, orang bertato, penjudi, dan orang yang cacat mental akan dimasukkan dalam kelompok orang yang menyimpang. Sebagai contoh, dalam kehidupan sehari-hari, apabila kita terlambat masuk sekolah juga termasuk perilaku menyimpang. Hal yang sama juga bisa terjadi jika kita berpakaian casual untuk pesta yang formal. Berdasarkan pada definisi sosiologi, kita adalah orang yang menyimpang dari waktu ke waktu. Setiap dari kita selalu melanggar norma-norma yang berlaku dalam masyarakat pada kondisi tertentu. Penyimpangan mengikutsertakan penyimpangan norma-norma yang tertulis maupun tidak tertulis. Perilaku menyimpang adalah suatu konsep mendalam yang melingkupi tidak hanya tindak kriminal, tapi juga banyak perilaku yang mengarah pada penghukuman. Tentu saja perilaku menyimpang dari norma-norma tidak selalu negatif, kesampingkan tindak kriminal. Sebagai contoh, suatu anggota daripada klub sosial eksklusif yang berbicara menentang aturan tradisional apabila ia tidak mengakui keberadaan daripada perempuan, orang-orang berkulit hitam, dan orang Yahudi, maka ia akan melanggar daripada norma-norma kelompok masyarakat tersebut. Standar terhadap perilaku menyimpang akan berbeda antara satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya. Penyimpangan sosial tidak hanya bergantung pada definisi kelompok sosial, tapi juga ditentukan oleh waktu. Sebagai contoh, di Amerika Serikat, apabila kita mengkonsumsi alkohol pada jam 6 sore, dianggap perilaku yang biasa, tetapi bila kegiatan itu dilakukan pada jam 8 pagi, maka dianggap perilaku yang menyimpang dan sebagai satu gejala kecanduan alkohol.

Kamis, 25 Maret 2009

1

Penyimpangan bisa membawa pengaruh positif. penyimpangan adalah bagian dari eksistensi manusia dan menjadi hal yang biasa. Kai Erikson mengilustrasikan fungsi sebagai pembatasan terhadap perilaku menyimpang dalam studinya terhadap kaum puritan di abad ke 17. Walalupun akhirnya. agresi juga bisa memimpin ke arah kesuksesan dalam dunia yang berkorporasi. Orang yang tidak mampu beradaptasi dan tidak mematuhi aturan yang berlaku dapat dikucilkan. maka masyarakat akan memperluas standar terhadap perilaku konsitusi yang sesuai. Menurut pandangan Durkheim. hukuman terbentuk dalam suatu kebudayaan dan membantu mendefinisikan perilaku yang dapat diterima dan memiliki kontribusi terhadap stabilitas. Kriminal hampir bukan karekteristik atau pribadi seseorang. yakni berupa kestablian sosial. Hal ini masih dipegang oleh kebanyakan orang sampai tahun 1800. Sehingga. seperti agresi. pandangan ini mulai ditinggalkan. Ada pandangan yang mengatakan bahwa perilaku penyimpangan sosial disebabkan oleh faktor genetika. Jika perilaku yang tidak pantas tidak dilakukan dan diberi sanksi. maupun dipenjarakan. Kamis. Kesimpulannya terimplikasi atau tersirat dalam tipe-tipe perilaku menyimpang. 25 Maret 2009 2 . New England. Hukum Durkheim Ia memusatkan penyelidikan atau pengamatan sosiologinya pada tidankan atau aksi kriminal. Akan tetapi. mulai abad ke 20. Pandangan Fungsionalis Menurut teori ini. para ahli lebih tertarik pada perilaku yang mengarah pada kriminal.TUGAS SOSIOLOGI X-1 Penjelasan tentang Penyimpangan Banyak perilaku menyimpang yang dikenakan sanksi atau hukumun baik secara formal ataupun non-formal berdasarkan pengendalian sosial.

Massachussets. Pada saat kondisi mendesak dialami oleh para keturunan dari 20 korban yang tak berdosa yang telah dibunuh. Tetapi. Sebagai contoh. sebuah patung dibangun untuk memperingati wanita-wanita yang telah terbunuh itu. Tetapi pada kenyataannya mereka sama-sama ‘bekerja’ untuk menghasilkan uang dengan tujuan untuk memperoleh barang yang mereka inginkan. batasan-batasan ini muncul kembali di tempat yang sama 300 tahun kemudian. Durkheim (1951) memperkenalkan pernyataan tentang anomi dalam kesusastraan sosiologi untuk mendeskripsikan kehilangan arah yang dirasakan dalam suatu masyarakat saat pengendalian sosial terhadap perlaku satu individu tidak lagi efektif. Anomi adalah suatu keadaan tanpa norma yang biasanya terjadi pada saat ada perubahan sosial yang besar dan suatu kekacauan sosial.TUGAS SOSIOLOGI X-1 Menurut standar sekarang. protes-protes menghambat pembangunan dari patung tersebut. menarik keuntungan dari satu juta pengunjung setiap tahunnya yang datang untuk melihat tempat di mana penyihir itu diadili dan dieksekusi. Seperti yang diilustrasikan oleh contoh ini. perilaku melanggar norma yang telah diterima oleh masyarakat (seperti perampasan) mungkin dilakukan dengan dasar tujuan yang sama Kamis. tiba-tiba saja berlaku menyimpang dan langsung dijatuhkan hukuman. kaum puritan ini menempatkan penekanan yang sangat luar biasa terhadap moral konvensional. Teori Penyimpangan oleh Merton Seorang perampok dan sekretaris tidak terlihat memiliki sesuatu yang sama pada umumnya. hal ini mengubah norma-norma sosial yang telah dibentuk di mana perilaku seseorang yang sebelumnya diterima masyarakat. di waktu krisis ekonomi. Ini dapat menyebabkan naiknya tingkat kriminal atau bunuh diri. Secara tak terduga. berhubung dengan kekhawatiran akan tempat itu tidak lagi menarik perhatian turis. Tindakan yang kasar terhadap kaum kristen ‘Quakers’ dan eksekusi terhadap wanita penyihir yang mewakili usaha mereka untuk mendefinisikan batasan-batasan dari komunitas mereka. 25 Maret 2009 3 . Masyarakat menjadi lebih agresif dan mengalami depresi. Di kota Salem. Sebagai hasilnya.

tetapi kurang akses yang sama dengan pendidikan berkualitas tinggi dan pelatihan untuk pekerjaan yang butuh keahlian tertentu. pantang menyerah. arti dalam menjelaskan objektivtas tidak didistribusikan secara sama. Merton menyimpulkan bahwa masyarakat beradaptasi dalam beberapa cara. dan sebagainya. dia mengembangkan teori penyimpangan anomi yang menekankan lima bentuk dasar dari proses penyesuaian diri. dalam komunitas seperti Amerika Serikat. MODE Konformitas (Confomity) Inovasi (Innovation) Ritualisme (Ritualism) Retreatisme (Retreatism) Pemberontakan (Rebellion) ASPIRASI MASYARAKAT + + ± CARA PENCAPAIAN ASPIRASI + + ± Tentu saja. Konformitas adalah kebalikan dari perilaku menyimpang.TUGAS SOSIOLOGI X-1 seperti dalam pikiran orang-orang yang mengejar gaya hidup yang layak dan konvensional. Akhirnya. kelompok masyarakat menawarkan instruksi spesifik bagaimana untuk mengejar kesuksesan. penyesuai diri bukan hal yang universal. Apa yang terjadi terhadap individu dalam suatu kelompok masyarakat dengan penekanan di mana kekayaan sebagai simbol dasar dari kesuksesan. Masyarakat pada kelompok sosial yang lebih rendah sering memiliki tujuan yang sama dengan mereka yang memiliki kekuatan yang lebih dan orang kaya.pergi sekolah. Konformitas terhadap norma sosial adalah cara adaptasi yang paling umum dalam pandangan Merton. Bahkan di dalam satu komunitas sarana Kamis. 25 Maret 2009 4 . ahli sosiologi Robert Merton dari Universitas Kolombia. Ia melibatkan persetujuan dari kedua belah pihak. Sebagai contohnya. baik dalam menghadapi atau melanggar harapan masyarakat. Menggunakan analisis di atas. diukur dengan menggunakan uang. mengambil keuntungan dari kesempatan. kerja keras. mengambil ide Durkheim tentang anomi untuk menjelaskan mengapa masyarakat menerima atau menolak tujuan dari satu kelompok masyarakat. Sebagai tambahan untuk menyediakan tujuan ini untuk masyarakat. Merton menjaga salah satu dari tujuan penting masyarakat Amerika Serikat yang merupakan kesukesesan.

Tetapi. ‘Retreatis’. Contohnya. Merton telah menekankan bahwa ia tidak berusaha untuk menjelaskan lima tipa individu. ia menawarkan suatu tipologi untuk menjelaskan aksi dan perilaku yang masyarakat biasanya ambil. Inovator menerima tujuan yang ditetapkan oleh masyarakat. Harry King. Masyarakat yang memiliki antusiasme yang berlebihan dan secara kaku memaksakan regulasi birokratik dapat diklasifikasikan sebagai ritualis. tetapi mengejarnya dengan cara yang tidak biasa atau tidak pantas. jika sebagai besar masyarakat menyangkal orang yang mempunyai kesempatan untuk menggapai kesuksesan melalui cara yang secara sosial disetujui. Mereka juga mencari suatu perubahan susunan sosial yang dramatis. tetapi tidak demikian di California. Dalam pandangan Merton. seperti yang dijelaskan Merton. ‘Rebel’ (pemberontak) dianggap mempunyai rasa ingin mengasingkan diri dari sarana-sarana dan tujuan yang dominan. bisa dikategorikan sebagai ‘pemberontak’ menurut model Merton. Ada empat tipe perilaku selain konformitas. memperoleh uang melalui roulette ataupun poker di Nevada merupakan cara yang legal. bekerja menjadi suatu jalan untuk hidup dibanding untuk mencapai kesuksesan. 25 Maret 2009 5 . Maka. pemimpin dari sindikat kriminal terencana. Karena itu. Sebagai contoh. Sebagian individu (seperti King) akan berbalik pada jalan yang tidak disahkan. ‘ritualis’ telah meninggalkan tujuan mencapai kesuksesan dan menjadi orang yang terdorong untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan ketetapan sarana institusional. dapat Kamis. memberima ceramah kepada kelas sosiologi dan ditanya apakah ia pernah memikirkan apabila ia masuk penjara. adalah orang yang sudah menarik diri dari tujuan maupun cara dari komunitas. Adaptasi terakhir yang diidentifikasikan oleh Merton mencerminak usaha masyarakat untuk menciptakan struktur sosial yang baru.TUGAS SOSIOLOGI X-1 untuk mewujudkan tujuan juga berbeda-beda. seperti Irish Repubrican Army (IRA) atau Puerto Rican nationalist group Euerzas Armadas de Liberacion Nacional (FALN). Harry King memandang gaya hidup kirminal sebagai bentuk adaptasi untuk mencapai kesuksesan material atau “mendapatkan sesuatu yang dia inginkan”. Menurut teori anomi Merton. selama 40 tahun. Anggota dari organisasi politik revolusioner. seorang pencuri profesional yang ahli dalam membuka brankas.

seperti penggunaan alkohol ataupun obat-obatan terlarang (narkoba). Menurut Merton.TUGAS SOSIOLOGI X-1 dikategorisasi sebagai ‘inovator’ karena mereka mengejar kesuksesan melalui cara yang tidak disetujui masyarakat. Tetapi. orang yang dihormati kadang-kadang dapat melakukan kecurangan terhadap pembayaran pajak mreka atau melangar peraturan lalulintas. Walaupun adanya tekanan untuk menyesuaikan diri dan mematuhi. Merton telah membuat satu kontribusi besar terhadap pengertian sosiologi atas perilaku menyimpang dengan menunjukkan bahwa pelaku penyimpangan (seperti innovator dan ritualist) mengambil peranan besar dalam penyesuaian masyarakat. Maka dari itu. orang yang sama akan bergerak ‘maju-mundur’ dari suatu metode adaptasi ke yang lain tergantung situasi dan kondisi. 25 Maret 2009 6 . Ide Sutherland telah mendominasi kriminologi (ilmu kriminal). tetapi manusia belajar bagaimana untuk bersikap dalam situasi masyarakat pada umumnya. fungsionalis juga tidak mengindikasikan bagaimana seseorang melakukan tindakan penyimpangan. baik secara pantas maupun tidak pantas. Bagaimanapun. Ide ini dicetuskan oleh Edwin Sutherland. Teori diasosiasi mengambarkan pandangan interaksi untuk menawarkan penjelasan. Kebalikannya. daripada sebagai hasil dari impuls patologi sementara. Ia mengembangkan argumen bahwa seorang individu akan menjalani proses sosialisasi dasar yang sama baik belajar untuk menyesuaikan diri maupun untuk melakukan penyimpangan. Kamis. Tidak ada sikap bawaan alami di mana masyarakat berinteraksi satu dengan yang lain. dan tidak mendapat tentangan. Akan tetapi. Dia menggambarkan sekolah transmisi kultural. penyimpangan bisa diartikan sebagai sikap yang dibuat secara sosial. di mana menekankan bahwa sikap kriminal dipelajari melalui interaksi dengan sesama. Pandangan Teori Interaksi Teori fungsionalis melakukan pendekatan terhadap penyimpangan yang menjelaskan mengapa pelanggaran terhadap peraturan terus berlanjut dalam masyarakat. Pendekatan transmisi kultural bisa uga digunakan untuk menjelaskan perilaku masyarakat yang bertindak menurut kebiasaan. Dan akhirnya mengancam nyawa. mereka juga dapat menghadiri gereja atau mengirim anaknya ke sekolah medikal.

menurut kritik mereka. Dia menggunakan pernyataan / differential association untuk menjelaskan proses di mana penyebaran terhadap perilaku yang mendukung ke arah aksi kriminal akan memimpin masyarakat menuju pelanggaran peraturan. liar mengemudi. anak muda yang dipelajari Warr dan Stafford cenderung untuk meniru perilaku teman-teman mereka. Dalam pembelajaran secara empiris mengenai teori disasosiasi. Mereka menemukan bahwa perilaku daripada anak muda sangat dipengaruhi dari perilaku teman sebayanya. Pendekatan teori disosiasi berurusan tidak hanya dengan proses di mana teknik kriminal dipelajari. tetapi setiap orang ‘Roughnecks’ itu terus dalam masalah dengan polisi dan masyarakat di kota. Maka dari itu. dua kelompok SMA laki-laki yang selalu sibuk dengan minuman. Pernyataan ini benar. pencurian. menurut pandangan Sutherland. Konsep ini dikenal sebagai teknik neutralisasi. seperti menyontek. Teori Labelling Orang-orang ‘Saints’ dan ‘Roughnecks’. Bagaimanapun. Di sanalah kesamaan mereka berakhir. merokok. menggunakan marijuana. ahli sosioligs Mark Warr dan Mark Stafford menyelidiki perilaku dan sikap daripada anak-anak berusia 11-17 tahun. pembolosan. perilaku yang tidak pantas itu merupakan hasil di mana seseorang itu bergaul dan cara dia berinteraksi dengan temanteman sebayanya. 25 Maret 2009 7 . Mengapa ada perbedaan dalam perlakuan terhadap mereka? Berdasarkan Kamis.TUGAS SOSIOLOGI X-1 Sutherland menjaga anggapan bahwa melalui interaksi dengan kelompok primer dan lainnya masyarakat mendapatkan pengertian dari perilaku apa yang dianggap layak dan tidak layak. Maksud ini meliputi metode untuk melakukan tindak kirminal. bahkan ketika mereka melakukan tindakan kejahatan. pendekatan teori disasosiasi gagal menjelaskan perilaku menyimpang yang dilakukan seorang pengutil untuk pertama kalinya dan untuk memenuhi kebutuhannya. juga cara-cara untuk membenarkan tindak kirminal. tetapi juga dengan maksud yang diturunkan dari satu anggota ke anggota lainnya. dan vandalisme. atau mencuri. Tidak ada orang-orang ‘Saints’ pernah ditangkap.

sedangkan yang lain yang mempunyai kelakuan yang sama tidak dilihat pada pandangan yang sama.” Teori labelling juga disebut ‘societal-reaction approach’. Howard Becker. 25 Maret 2009 8 . Sosiologis Howard Becker. akan tetapi. menggabungkannya dalam satu pernyataan. Teori labelling memang menganjurkan. teori labelling memperjelas bagaimana seseorang diberi ‘label’ sebagai pelaku menyimpang dan bagaimana orang tersebut menerima ‘label’ tersebut. teori labelling tidak dianggap sebagai pemahaman sepenuhnya akan perilaku menyimpang. Aspek penting daripada teori labelling adalah pengenalan bahwa sebagian individu atau kelompok memiliki kekuatan untuk memberi ‘label’ dan menanamkannya kepada orang banyak. tapi kepada penjelasan mengapa orang-orang tertentu yang dianggap sebagai seorang penyimpang. Kamis. kenakalan anak remaja “bad kids” dan kriminal. bahwa kekuatan diferensial adalah penting dalam menentukan kemampuan seseorang untuk menolak ‘label’ yang tidak diinginkan. mengingatkan kita itu adalah respons terhadap tindakan dan bukan sikap yang menentukan penyimpangan. Menurut. “Perilaku menyimpang adalah perilaku di mana seseorang melakukan aktivitas ‘pelabelan’. William Chambliss menyimpulkan bahwa kelas sosial berdiri memainkan peran penting dalam membedakan perlakuan terhadap kedua kelompok tersebut. Merefleksikan kontribusi daripada sang pembuat teori interaction.TUGAS SOSIOLOGI X-1 pengamatan penelitian yang tinggi di sekolah. Teori labelling tidak berfokus pada alasan kenapa seorang individu melakukan satu tindakan penyimpangan. anjuran hanya diharapkan untuk memusatkan perhatian lebih terhadap aksi-aksi penting yang tidak dapat disangkal dari orang-orang yang secara resmi dikatakan melakukan perilaku menyimpang. yang mempopulerkan pendekatan ini.

Pengingkaran Tanggungjawab Kami membantah bahwa kekuasaan lebih besar. Kamis. kecurangan figur otoritas kerap kali digunakan untuk membenarkan perilaku menyimpang atau kriminalitas. Penyangkalan akan luka-luka Kejahatan seperti perusakan atau gangguan transportasi dekat kampus disebut sebagai kelakar atau kerusakan. apakah kode criminal tidak tertulis akan ‘jangan pernah minta tolong pada kawan’ atau kepercayaan moral dan agama mengatakan untuk membenarkan tindakan ketidakpatuhan masyarakat. atau contoh buruk dari orang lain membawa kami pada kelakuan yang buruk.TUGAS SOSIOLOGI X-1 Netralisasi akan perilaku menyimpang dan binaragawati Macam-macam teknik dalam menetralisasi 1. Beberapa Istilah menyatakan bahwa aksi seperti ini bukanlah suatu kejahatan serius. 4. 5. preparasi akademis yang kurang. Menyalahkan Korban Kami mangakui bahwa kita menyakiti seseorang lain tapi mempertahankan bahwa korbanlah yang memulai pertama atau memprovokasikan kejadian itu. Menyatakan tanpa bukti. Pertimbangan terhadap dasar atau otoritas yang lebih tinggi Orang mencari-cari alasan akan tindakan mereka dengan menegaskan bahwa mereka melekat pada norma yang katanya lebih penting dari pada hukum. kekejaman. 2. 25 Maret 2009 9 . 3. Menyalahkan otoritas Para pelanggar hukum sering bersikeras bahwa pemimpin kepemerintahan dan kepolisian adalah kelompok yang sebenarnya bersalah. seperti kemiskinan.

beberapa peserta dalam olahraga “berjemur dalam kemuliaan yang dipantulkan” akan Kamis.Berjemur dipantulkan dalam kemuliaan yang Diluar kepekaan terhadap kecaman yang menyatakan bahwa binaragawati tidak feminim. tapi mereka juga oleh dianggap menodai masyarakat karena dugaan akan penggunaan steroid. tidak sehat.Peledakkan “Peledakkan” adalah sebuah serangan terhadap kritik dengan tujuan untuk menambah besar status yang dimiliki. orang yang melanggar hukum dapat melindungi tabiat mereka. tapi terutama karena mereka melambangkan akan permulaan sesuatu yang menyolok mata dari tradisi pengharapan peran jenis kelamin untuk seorang wanita. gemuk dan malas. 7. Binaragawati sesekali diperlakukan baik dalam media.Pengambilan manfaat Wanita melindungi pengambilan bagian mereka dalam olahraga binaraga dengan mengambil bahwa mereka telah mengembangkan tubuh sehat. Binaragawati dengan khusus ‘meledakkan’ kritik terhadap mereka dengan menggambarkan mereka sebagai orang bodoh.kuat dan menarik dan mental yang bertambah baik. Tapi bagaimana bergunanya teknik tersebut dalam kesepakatan pembenaran akan perilaku menyimpang yang bukan kriminal. 8. ‘Pengambilan manfaat ‘ semacam itu telah digunakan oleh orang yang terikutsertakan dalam aturan lain dan pekerjaan yang dipandang menyimpang. cemburuan. Duff dan Hong menyatakan bahwa binaragawati membalas pengaruh arus balik negatif dari masyarakat dan media lainnya dengan penggunaan 3 lagi teknik netralisasi 6. 25 Maret 2009 10 . Penarikan melampaui batas dalam hasil dari penyelidikan surat oleh federasi internasional binaraga. Ahli sosiologi Robert Duff dan Lawrence Hong menggunakan teori netralisasi dalam mempelajari pengaruh pengelolaan diantara para peserta dalam olahraga yang relatif baru yaitu binaraga wanita.TUGAS SOSIOLOGI X-1 Dengan menggunakan 5 teknik penetralan tersebut.

seperti pembuat undangundang dan petugas pelaksanaan undang-undang dalam kalangan teratur secara politik.TUGAS SOSIOLOGI X-1 berotot sedikit lebih. netralisasi akan perilaku menyimpang positif memerlukan lebih sedikit kecakapan dan membolehkan untuk kepercayaan lebih besar terhadap siasat agresif akan pembenaran perilaku seseorang. adalah definisi akan tingkah laku manusia yang diciptakan oleh agen pengendalian sosial yang diberi kuasa. Teori Konflik Mengapa sebagian perilaku tertentu dianggap sebagai pertentangan namun sebagian lagi tidak ? Berdasarkan para teoritis konflik. dalam perbandingan dengan netralisasi atau perilau menyimpang negative. Dalam kejadian ini peningkatan akan gerakan pembebasan wanita menuju pada perubahan penting dalam dugaan bermasyarakat sosial kriminalitas. Kamis. Ahli sosiologi Richard Quinney adalah seorang contoh terkemuka akan peninjauan yang menyatakan bahwa sistem peradilan criminal memberi perhatian kepada yang kuat. peraturan akan pemerkosaan mencerminkan kekuatan dasyat pria akan pembuat undang-undang kota. Kejahatan menurut quinney. hakim. petugas polisi dan pembuat undang—undang untuk melihat kekasaran pada istri dan berbagai bentuk kekerasan rumah tangga sebagai kejahatan serius. Namun berulangnya protes dari pejuang hak wanita akhirnya melihat pada suatu perubahan dalam undang-undang kriminal. ini karena orang dengan kekuatan melindungi kepentingannya sendiri dan menetapkan pertentangan untuk mencukupi kebutuhannya sendiri. Itu dapat diterima oleh hukum bahwa suami dapat memakai kekerasan secara paksa dalam hubungan sexual tanpa ijin sang istri pada keinginannya. Rupanya. lebih bertubuh lentur dan ramping yang telah mengagungkan dalam media cetak dan elektronik Duff dan Hong menyatakan bahwa binaragawan dan binaragawati dapat dipandang sebagai bentuk perilaku menyimpang positif untuk tekanan persetujuan bermasyarakat akan kesehatan dan kebugaran dibawakan dalam sesuatu yang luar biasa. pangartian legal pemerkosaan menyinggung hanya kepada hubungan seksual terhadap orang sudah menikah kepada lainnya. Sebagai salah satu konsekuensinya. Di 1991. 25 Maret 2009 11 . suami di 50 kota dapat di tuntut atas keadaan tertentu akan pemerkosaan terhadap isteri mereka. Selama puluhan tahun.

Kamis. Ini senarnya dapat diartikan mengabadikan ketidaksamarataan. dan pelacuran yang melanggar dalam skala besar. Ini membantu untuk menjelaskan mengapa kalangan kita mempunyai aturan akan perjudian dan penggunaan narkoba. dan dengan hati-hati memeriksa ratusan dari ribuan gurdi-gurdi fakta. sistem peradilan criminal membantu bagi yang miskin dan yang terhimpit di posisi yang tercabut. dan mendengarkan dengan teliti. tetapi malah menggambarkan nilai dan ketertarikan bersaing. Justice lois forer dari Philadelphia menganjurkan bahwa kita adalah 2 sistem peradilan terpisah dan tak seimbang .TUGAS SOSIOLOGI X-1 Dia dan teoritikus lainnya membantah bahwa legislatif adalah upaya penting dari kalangan kuat untuk memaksa yang lainnya mengikuti kesusilaan mereka sendiri. kita tidak dapat mengacuhkan peran pihak yang kuat dalam membuat kerangka sosial. 25 Maret 2009 12 . Menurut persetujuan akan kelompok konflik. Pemandangan konflik tersebut mengingatkan kita bahwa maksud dasar hukum dapat menegakkan keseimbangan dan perintah. Dalam komentar akan pelatihan akan kebebasan dalam pengadilan. dalam sedikit permohonan bersalah dan pendengaran singkat adalah peraturan dan pertimbangan adalah suatu kekecualian. dalam dasar rasial. Dalam keseluruhan. Meski kita tidak menyetujui argument tantangan ini. peraturan kriminal tidak melambangkan ketekunan tetap akan nilai bermasyarakat. memikirkan. Dalam pandangannya. Demikian ganja itu diilegalkan oleh AS karena itu dituduh keras berbahaya bagi pengguna. Quinney membantah bahwa melalui penggunaan yang begitu berbeda akan pengendalian sosial. teoritikus konflik berpendapat bahwa sistem peradilan kriminal di AS memperlakukan tersangka dan pelanggar secara berbeda. Hukum kriminal asli dalam kalangan miskin bukanlah orang yang melakukan perusakkan dan pencurian namun kepada tuan tanah yang tidak becus dan pemilik took yang memanfaatkan secara berlebihan. 1 untuk yang kaya yang memerlukan pengadilan waktu yang tak terbatan untuk memeriksa. kesukuan dan latar belakang kelas social. individu yang dirugikan dan kelompok yang melambangkan sebuah ancaman akan mereka yang memiliki kekuatan menjadi target utama hukum kriminalitas. permohonan yang tidak ada habis-habisnya. namun lainnya untuk yang miskin. mempertimbangkan. namun alohol dan rokok dijual legal hampir di semua tempat.

maling. tergantung dari seberapa kerasnya pelanggaran yang dilakukan. agen pengendalian sosial dan kelompok kuat biasanya dapat menjatuhkan definisi mereka yang meladeni diri sendiri akan penyimpangan dalam komunitas umum. Pengelompokan ini melingkupi pembunuhan. dan lain-lain. dsb. Kriminal dibagi oleh hukum-hukum yang berlaku menjadi beberapa kategori. sebaliknya teoritikus konflik dan labeling menunjukkan bahwa kelompok yang paling kuatlah dalam suatu kalangan yang dapat menentukan hukum dan ketentuan dan menentukan siapa yang dianggap sebagai seorang kriminal. te lah terjadi 2 juta laporan tentang kriminal setiap tahunnya dalam amerika serikat.TUGAS SOSIOLOGI X-1 Pandangan terkemuka oleh teoritikus konflik dan labeling membentuk perbedaan sungguh terhadap fungsionalis yang mendekat pada penyimpangan. Dalam pendapat akan teoritikus konflik. penyerangan terhadap semua kjahatan kekerasan yang diilakukan terhadap orang. pembakaran rumah. perampokan. TIPE – TIPE kriminal Kamis. begitu juga dengan pencurian.000 pembunuhan. Kriminal Kriminal adalah salah satu pelanggaran hukum yang dimana berlakunya sanksi bagi pelaku yang melanggar peraturan-peraturan yang telah disahkan oleh pihak-pihak pemerintah yang berkuasa dan berwenang dalam hal ini. Menurut para FBI amerika serikat pelanggaran dikelompokan dalam delapan tipe berdasarkan laporan kejadian pelanggaran yang biasa dilakukan atau yang biasa terjadi dengan sangat sering. Demikian etiket ‘penyimpangan’ jarang dipergunakan kepada pelaksana yang berhubungan dengan yang berhubungan dengan hukum yang keputusannya menuju pada pengotoran lingkungan berskala besar. umur sang pelaku yang melanggar hukum. pemandangan fungsionalis terhadap ukuran penyimpangan hanyalah mewaliki norma kebudayaan. 25 Maret 2009 13 . pemerkosaan. termasuk 22.

kegiatan pelacuran. pembajakan. dan sebagainya. seperti kapan kargo kapal tersebut kosong. 25 Maret 2009 14 . Orang-orang seperti ini bisa mengurangi kemungkinan penangkapan. teknik . dan sebagainya. seperti pembuat undang-undang dan petugas pelaksanaan undangundang dalam kalangan teratur secara politik. mereka menjadikan ini sebagai karir mereka yang lama. Mereka tidak melakukan kriminal ini hanya sekali atau dua kali. dan sebagainya. dan berperilaku sabagai penghianat dalam pemberontakan dari dalam. Ada pula yang berbisnis dengan informasi-informasi yang diinginkan oleh klien mereka. Sebagai hasilnya. Dengan suksesnya kriminal yang mereka lakukan mereka dapat menghindar dari masalah keuangan. perjudian. Ada yang spesial dalam pencurian. Ini mendominasi dunia pekerjaan ilegal. Kriminal yang telah direncanakan. Kamis. Kejatan berkelompok ini juga melingkupi kegiatan jual beli obat terlarang. hukuman. . dan pemenjaraan melalui keahlian mereka. namun berkali-kali. KESIMPULAN DISKUSI Perilaku menyimpang dapat dipandang dari beberapa sudut pandang menggunakan teoriteori sosiologi yang telah dikemukakan para ahli sosiologi antara lain : • Teori Konflik Definisi akan tingkah laku manusia yang diciptakan oleh agen pengendalian sosial yang diberi kuasa. dan menikmati kriminal yang dilakukannya. dan bahkan mereka membuat sebuah bisnis dalam keahlian mereka yaitu dalam pencurian. Semuanya ini juga menyangkut kekuasaan.TUGAS SOSIOLOGI X-1 Kriminal yang profesional. pembuka lock . pemberian harga terhadap layanan atau barang ilegal. dan menggunakan keahlian. Kriminal ini merupakan kriminal yang dilakukan oleh kelompok orang yang bekerja sama dengan kelompoknya dalam melakukan kriminalnya. Kriminal profesional adalah orang yang melakukan kriminalnya dari hari ke hari secara terus menerus . Para penjahat profesional ini mengkonsenkan waktu mereka dalam merencanakan kriminal-kriminal mereka. pencuri dalam sebuah toko.

akibatnya hasil yang didapat pun bisa berbeda setiap orangnya. • Teori Labelling. dan inovasi. pemberontakan. ritualisme.TUGAS SOSIOLOGI X-1 • Teori Anomi Merton memiliki pandangan bahwa perilaku penyesuaian ada 5 macam. interaksi dengan kelompok primer akan berperan besar dalam menentukan sikap seseorang di masa yang akan datang. ============================== Terima kasih atas perhatiannya. Perilaku penyimpang tergantung dari pihak yang memandang perilaku tersebut karena pandangan setiap orang berbeda-beda. • Teori Interaksi Perilaku menyimpang dihasilkan atau disebakan dari proses interaksi suatu individu dengan yang lainnya. yakni konformitas. retreatisme. Jadi. • Teori Disosiasi dan sebagainya. yaitu sudah disebutkan di atas. 25 Maret 2009 15 . ============================== Kamis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->