P. 1
1 Metode Pengendapan

1 Metode Pengendapan

|Views: 727|Likes:
Published by Fiqih Shop

More info:

Published by: Fiqih Shop on Jun 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

1 Metode Pengendapan Pengendapan dilakukan sedemikian rupa sehingga memudahkan proses pemisahan, misalnya: Ag diendapkan dengan AgCl.

Aspek yang penting dan perlu diperhatikan pada metode tersebut adalah endapannya mempunyai kelarutan yang kecil sekali dan dapat dipisahkan secara filtrasi. Pada temperatur tertentu, kelarutan zat pada pelarut tertentu didefinisikan sebagai jumlahnya jika dilarutkan pada pelarut yang diketahui beratnya dan zat tersebut mencapai kesetimbangan dengan pelarut itu. Hal ini tergantung pada ukuran partikel. Larutan lewat jenuh adalah larutan dengan konsentrasi zat terlarut lebih besar dibandingkan dengan keadaan kesetimbangan pada suhu tertentu. Contoh reaksi pengendapan dengan pereaksi AgNO3: NaCl(aq) + AgNO3 AgCl(s) + NaNO3 (Utami, 2008). Pengendapan merupakan teknik yang paling luas penggunaannya. Hal terpenting dalam pengendapan suatu analit adalah kemurniannya dan kemudahan penyaringan yang pasti dilakukan dalam teknik pengendapan. Analisa pengendapan gravimetri akan berjalan baik jika persyaratannya meliputi: · Kesempurnaan endapan Analat yang dianalisa telah diubah sepenuhnya menjadi endapan atau dengan kata lain kelarutan endapan dibuat sekecil mungkin. ‡ Kemurnian endapan Endapan murni adalah endapan yang bersih tidak mengandung molekul-molekul lain yang disebut juga dengan pengotor atau kontaminan. Endapan yang kotor akan mengandung berat lebih besar dari seharusnya sehingga akan menimbulkan kesalahan yang lebih besar. Kontaminan oleh zat lain sangat mudah terjadi karena endapan timbul dari larutan yang berisi berbagai macam zat. ‡ Susunan endapan Endapan yang terbentuk mempunyai susunan konstan dan tertentu atau endapan yang terbentuk dapat diubah menjadi zat yang komposisinya tertentu. Tahap-tahap pengendapan Gravimetri, meliputi: ‡ Melarutkan analat ‡ Mengatur keadaan larutan misalnya pH dan suhu ‡ Membentuk endapan ‡ Menumbuhkan kristal-kristal endapan (digestion atau aging) ‡ Menyaring dan mencuci endapan ‡ Memanaskan atau memijarkan untuk memperoleh endapan kering dengan susunan tertentu. Hal ini juga dilakukan untuk menghilangkan kertas saring ‡ Mendinginkan lalu menimbang endapan http://www.tambang09unhas.co.cc/2010/12/gravimetri.html http://adelluckyy.student.fkip.uns.ac.id/k-u-l-i-a-h/analitik/

Selektivitas (pemilihan) optimum reaksi tercapai denganmengawasi variabel-variabel seperti konsentrasi pereaksi. http://pt.Pada pengeringan atau pembakaran.com/doc/47934416/Makalah-Kanal-Gravimetri-Klompok-4 Metode Pengendapan Suatu sampel yang akan ditentukan seara gravimetri mula-mula ditimbang secara kuantitatif.Pereaksi organik yang digunakan pada analisis gravimetri dikenal sebagaiendapan organik.blogspot.com/2011/02/analisis-gravimetri.html PENENTUAN KLORIDA .Endapan organik yang baik harus memiliki sifat spesifik. http://reinyfeiny. pengendapan perak dengan klorida atau logam hidroksida dengan mengetur pH larutan. pengendapan sebagai garam sulfida. aA +rR AaRr(s) Penambahan reagen R secara berlebihan akan memaksimalkan produk AaRr yang terbentuk. pengendapan nikel dengan DMG. Pengendapan kation misalnya. maka dapat ditentukan sejumlah kecil ion dengan pembentukan endapan dalam jumlah yang besar. pH larutan danpenggunaan reagen pelindung untuk mengurangi gangguan ion-ion asin. kemudian endapan tersebut dicuci dengan larutan elektrolit yang mengandung ion sejenis dengan ion endapan. Penambahan reagen dilakukan secara berlebihan untuk memperkecil kelarutan produk yang diinginkan. dilarutkan dalam pelarut tertentu kemudian diendapkan kembali dengan reagen tertentu. Hal ini dilakukan untuk melarutkan pengotor yang terdapat dipermukaan endapan dan memaksimalkan endapan. dikeringkan atau dibakar dan ditimbang sebagai oksidanya.scribd. Endapan yang terbentuk dikeringkan pada suhu 100-130 derajat celcius atau dipijarkan sampai suhu 800 derajat celcius tergantung suhu dekomposisi dari analit. Senyawa yang dihasilkan harus memenuhi sarat yaitu memiliki kelarutan sangat kecil sehingga bisa mengendap kembali dan dapat dianalisis dengan cara menimbang. Endapan yang dibentuk oleh pereaksi organik. Endapan yang terbentuk harus berukuran lebih besar dari pada pori-pori alat penyaring (kertas saring). Pemisahan satu atau lebih ion-ion anorganik dari campurannyadilakukan dengan menambahkan pereaksi organik karena senyawa-senyawaorganik tersebut mempunyai berat molekul yang besar. temperaturnya harus ditentukn berdasarkansifat kimianya.

Sebagai pencuci digunakan larutan asam nitrat (HNO3) encer. Endapan yang terbentuk mudah tersebut dicuci dan disaring.wordpress.com/2010/02/10/11/ e . http://www. bukan dengan kertas saring karena AgCl mudah direduksi menjadi Ag bebas oleh karbon dalam kertas saring selama pembakaran kertas saring.org/materi_kimia/instrumen_analisis/gravimetri/penentuan-klorida/ http://banglucky.chem-is-try. Air tidak dapat digunakan sebagai pencuci.Prinsip : Ion klorida dalam larutan diendapkan dari larutan asam sebagai perak klorida (AgCl). Perak klorida yang terbentuk disaring melalui sintered-glass crucible. Cl + Ag+ ?AgCl (endapan) Endapan yang terbentuk mula ± mula berbentuk koloid tetapi kemudian akan menggumpal membentuk agregat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->