P. 1
TUGAS SISTEM OPERASI

TUGAS SISTEM OPERASI

|Views: 608|Likes:
Published by Yudex Ari

More info:

Published by: Yudex Ari on Jun 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/03/2013

pdf

text

original

TUGAS SISTEM OPERASI

Disusun Oleh : 1. Yudi Ari W S 2. Angga Bayu P 3. Cahya Ardhani N.T 4. 0934015031 09340150 09340150

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL ”VETERAN” JAWA TIMUR

2010 .

deadlock dapat digambarkan dalam gambar berikut. antrian di sebelah kiri menunggu antrian kanan untuk mengosongkan jembatan (resource). begitu juga dengan antrian kanan. Jelaskan bagaimana kasus deadlock apabila pada OS yg lain. • Pokok pembahasan 1. Deadlock adalah masalah yang biasa terjadi ketika banyak proses yang membagi sebuah resource yang hanya boleh dirubah oleh satu proses saja dalam satu waktu. Karena beberapa proses itu saling menunggu.Pada gambar dibawah ini. deadlock dianalogikan sebagai dua antrian mobil yang akan menyeberangi jembatan. Apa perbedaan mendasar diantara os windows & linux? 4.PENDAHULUAN • Deadlock Apakah yang dimaksud deadlock? Deadlock adalah suatu kondisi dimana dua proses atau lebih saling menunggu proses yang lain untuk melepaskan resource yang sedang dipakai. Jelaskan bagaimana cara penanganannya? 3. Di kehidupan nyata. . Dalam kasus diatas. Akhirnya tidak terjadi kemajuan dalam kerja dua antrian tersebut. Jelaskan tentang fakta-fakta deadlock apa saja yg terjadi pada windows & linux? 2. maka tidak terjadi kemajuan dalam kerja proses-proses tersebut.

proses yang mengakses USB device akan mengalami deadlock. Cara Mengatasi Deadlock ? Strategi untuk menghadapi deadlock dapat dibagi menjadi tiga pendekatan. • • Membiarkan deadlock untuk terjadi. 2. Deadlock ini pada umumnya terjadi bila akses melalui Ethernet dilakukan.4 mengalami deadlock pada sistem dengan prosesor lebih dari 2 unit. 3. sementara scheduler belum menjadwalkan masingmasing proses. Linux dengan kernel versi 2. lalu kill saja proses tersebut. pendekatan ini membutuhkan dua Pendeteksian deadlock . 2. dengan mencegah empat kondisi deadlock agar tidak akan pernah terjadi. yaitu mengizinkan empat kondisi deadlock . baik dengan metode Pencegahan. Metode Menghindari deadlock. Mengabaikan adanya deadlock Memastikan bahwa deadlock tidak akan pernah ada. untuk mengidentifikasi ketika deadlock terjadi. deteksi deadlock yaitu berupa BSOD(Blue Screen Of Pada linux untuk mengetahui apakah terjadi deadlock yaitu dengan Death). mengembalikan kembali sumber daya yang dibutuhkan pada proses yang memintanya. Hal ini disebabkan fungsi scheduler pada kernel yang digunakan tidak menyimpan state sebelum sleep. sehingga ketika kernel dijalankan kembali. menggunakan xosview untuk mengetahui proses yang menggunakan CPU100%. yaitu: 1. tetapi menghentikan setiap proses yang kemungkinan mencapai deadlock . metode yang salingmendukung. Proses-proses yang mengakses USB device tersebut menunggu giliran mengakses. Jelaskan tentang fakta-fakta deadlock apa saja yg terjadi pada windows & linux? • • Pada windows NT. Pemulihan deadlock . Beberapa kasus deadlock juga terjadi ketika OS Linux dijalankan dari kondisi sleep. terutama bila melakukan teaming pada jaringan Proses akan terblock dan saling menunggu resource Ethernet tersebut bebas. recovery-nya adalah reboot sederhana. yaitu: .1.

Beragampendapat muncul berkaitan dengan strategi ini. maka langkah pemulihan dari kondisideadlock dapat segera dilakukan .Metode pencegahan menggunakan pendekatan dengan cara meniadakan empat syarat yang dapat menyebabkandeadlock terjadi pada saat eksekusi Coffman (1971) 3. 2. proses yang meminta akan di-suspend sampai suatu waktu permintaannya aman untuk diberikan.Metode pencegahan dianggap sebagai solusi yang bersih dipandang dari sudut tercegahnya deadlock. maka sumber daya akan diberikan pada proses yang meminta.Dari penjabaran pendekatan diatas.Metode ini memeriksa dampak pemberian akses pada suatu proses. Tetapi pencegahan akan mengakibatkan kinerja utilisasi sumber daya yang buruk. Strategi Ostrich Pendekatan yang paling sederhana adalah dengan menggunakan strategi burung unta:masukkan kepala dalam pasir dan seolah-olah tidak pernah ada masalah sama sekali. Jika tidak aman.Menurut para ahli Matematika. yaitu: 1. Mencegah Deadlock Metode ini merupakan metode yang paling sering digunakan.Kondisi ini terjadi ketika setelah sumber daya yang sebelumnya dipegang oleh proses lain telah dilepaskan. 4. terdapat empat metode untuk mengatasi deadlock yang akan terjadi. cara ini samasekali tidak dapat diterima dan semua keadaan deadlock harus ditangani. jika pemberian akses tidak mungkin menuju kepada deadlock . Setelah kondisi deadlock dapat dideteksi. Mendeteksi Deadlock dan Memulihkan Deadlock Metode ini mengunakan pendekatan dengan teknik untuk menentukan apakah deadlock sedang terjadi serta proses-proses dan sumber daya yang terlibat dalam deadlock tersebut. Menghindari Deadlock Pendekatan metode ini adalah dengan hanya memberi kesempatan ke permintaan sumber daya yang tidak mungkin akan menyebabkan deadlock .

Algoritma Ostrich • • • Membiarkan deadlock terjadi lalu mendeteksinya kemudian melakukan tindakanrecovery seperlunya Algoritma yang paling dikenal adalah algoritma Ostrich Tindakan recovery yang dilakukan adalah : melakukan preemption. AlgoritmaBanker • • • Resource manager menolak proses yang meminta resource yang berpotensi deadlock Jika ada permintaan resource yang maksimum digunakan. lalu mendeteksinya. Apa perbedaan mendasar diantara os windows & linux? 1. yaitu: a.Ada beberapa strategi lain yang dapat digunakan dalam mengatasi deadblock. maka proses tersebut akandipaksa untuk melepaskan resource yang sudah dimiliknya Perlu adanya informasi tambahan c. membuat checkpointuntuk rollback lalu membunuh proses yang prioritasnya keci 3. Prevention : memastikan paling sedikit satu penyebab Deadlock tidak berlaku • • • • Mutual Exclusion : membuat file spool untuk resource yang digunakan bersama-sama Hold and Wait : memaksa sebuah proses untuk melepaskan resource yang dimilikinyaketika meminta resource baru Circular Waiting : memberikan penamaan resource berdasarkan urutan atau level No Preemption : membolehkan adanya preemption b. kemudianmelakukan recovery. Detection and Recovery : membiarkan Deadlock terjadi. Full Access dan No Access . Avoidance : sistem menolak request terhadap resource yang berpotensi deadlock.

dan beberapa situs web site. anda akan mendapatkan support dari forum. Jika memang dibutuhkan. Bahkan anda dapat membeli support dari Microsoft sendiri. 2. Command Line vs No Command Line . anda juga dapat membeli contract support dari perusahaan Linux yang besar (Red Hat dan Novell) Sedangkan Windows. maka kita bebas untuk memodifikasi suatu software dan menggunakannya atau bahkan mempublikasikan ulang dan menjualnya (selama kodenya masih tersedia). maka anda hanya bias menginstall OS tersebut hanya pada 10 unit komputer saja. Sedangkan Windows ? Silahkan anda mencobanya jika anda bisa. kita tidak akan diperbolehkan melakukan hal-hal tersebut. 4. Ini agak berbeda dengan Linux dimana masih ada beberapa hardware yang ternyata masih belum support atau tidak dapat berfungsi jika digunakan dengan OS Linux. 5. Full vs Partial Hardware Support Hampir semua pembuat hardware biasanya sudah menyediakan driver yang compatible dengan Windows. 3. Licensing Freedom vs Licensing Restrictions Dengan Linux GPL-Licensed OS. Dengan GPL ini pula. online search. anda memang bisa mendapatkan hal yang sama dari Microsoft dan banyak situs online. Online Peer Support vs Paid Help-desk Support Dengan Linux. Namun dukungan erat dari komunitas pengguna Linux biasanya membuat kesempatan untuk mendapatkan solusi dari masalah menjadi lebih cepat.Perbedaan yang sangat significan antara keduanya adalah kebebasannya dalam mengakses Source Code. Berbeda dengan Microsoft License. kecuali jika mungkin anda termasuk anggota kelompok yang terseleksi yang diizinkan Microsoft untuk mengaksesnya. Fakta bahwa Linux memiliki GNU Public License telah memungkinkan para penggunanya untuk mengakses sampai ke kode Kernel yang menjadi dasar Sistem Operasi Linux. Jadi misalkan anda membeli 10 License. Kita dibatasi hanya pada license yang telah kita beli saja. maka kita dapat mendownload sebuah salinan Linux (atau aplikasi pendukungnya) dan menginstallnya di seberapapun komputer yang kita ingin gunakan.

concurrent. Selain built-in mendukung synchronized. Meskipun Linux sekarang didukung dengan tampilan Graphis yang sangat baik. Thread lain memanggil metode synchronized pada obyek yang sama akan memblokir sampai kunci dilepaskan.concurrent. installasi terpusat di satu lokasi. 4. Linux desktop sangat fleksibel untuk digunakan di berbagai kondisi komputer yang digunakan. namun tidak sefleksibel Linux. installasi dilakukan dari masing-masing software yang akan diinstall dengan menjalankan file setup. Jelaskan bagaimana kasus deadlock apabila pada OS yang lain. Misalnya. Sedangkan pada Linux kita dapat memilih seberapa banyak kelengkapan desktop yang kita inginkan. yang juga dapat disebut sebagai monitor objek. Sedangkan di Windows. objek terkunci. Jika thread memanggil metode synchronized pada objek.util. Bahasa pemrograman Java menggunakan monitor untuk synchronized thread. Setiap objek dikaitkan dengan sebuah monitor.0 menyediakan kerangka kerja untuk mengunci dan menunggu suatu kondisi.exe 7. Sedangkan Windows memang dilahirkan dari awal dengan menggunakan tampilan graphis. paket java. Solaris/ Java Platform Deadlock terjadi bila dua atau lebih thread masing – masing menunggu satu sama lainya melepaskan kunci. Centralized vs Noncentralized Application Installation Di Linux. Deadlock dapat melibatkan monitor objek serta kunci java.Bagaimanapun memang kekuatan utama Linux adalah di Command Line. jika sebuah thread bertanggung jawab untuk graphical user . misalkan melalui Package Management System semacam Synaptic.locks yang diperkenalkan di J2SE 5. Biasanya. Memang di Windows masih bisa menggunakan Command Line. 6. Dari mulai yang sederhana semacam Fluxbox sampai yang canggih semacam 3D Compiz. Flexibility vs Rigidity Pada Windows kita bergantung pada apa yang Microsoft anggap ideal pada sebuah desktop.util. Deadlock menyebabkan aplikasi atau bagian dari aplikasi menjadi tidak responsif. namun command line tetap menjadi tool yang tidak ternilai untuk perkerjaan administrasi OS.

util.concurrent. dan Deadlock 2 tab menunjukkan tiga thread buntu yang diblokir pada monitor objek. Setiap tab kebuntuan menampilkan daftar thread yang terlibat dalam kebuntuan. dan menunjukkan yang benang memiliki kunci itu. Java SE 6 menyediakan dua cara yang sangat mudah untuk mengetahui apakah telah terjadi deadlock dalam suatu aplikasi dan juga meningkatkan fasilitas deteksi deadlock untuk mendukung kunci java. Cara Mengatasinya.util.concurrent. Bila satu atau lebih thread yang mengeksekusi dalam loop tak terbatas.yaitu. aplikasi GUI membeku dan tidak merespon aksi pengguna.atau java. Baik JConsole dan perintah jstack dapat menemukan deadlock yang melibatkan monitor objek . kunci yang diperoleh dengan menggunakan kata kunci synchronized . . Gambar 1 menunjukkan bahwa ada dua kebuntuan dalam aplikasi Deadlock. mengidentifikasi kunci thread yang diblokir.interface (GUI) update Buntu/ Deadlocked. yang mungkin loop mengkonsumsi semua siklus CPU yang tersedia dan menyebabkan seluruh aplikasi menjadi tidak responsif. ownable synchronizers. Looping thread juga dapat menyebabkan aplikasi untuk Menggantung/Hang.

Gambar 1: JConsole mendeteksi dua kebuntuan dan memberikan rincian. .

com/technetwork/articles/javase/monitoring-141801..html ./SISTEM+OPERASI-6.oracle.techrepublic..com/blog/10things/10-fundamental-differences-between-linuxand-windows/406 http://www..ac.ui.X1/ch17s07.scribd.id/bebas/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.com/doc/46016110/Deadlock imam_muiz.pdf http://www..ac.gunadarma.html http://www.staff./files/.id/.Referensi http://kambing.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->