P. 1
KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER

KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER

|Views: 569|Likes:
Published by HERU RAHMAN GINTING

More info:

Published by: HERU RAHMAN GINTING on Jun 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/03/2015

pdf

text

original

KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER 1.

NIC Fungsi utamanya adalah mengirim data kejaringan dan menerima data yang dikirim ke terminal kerja melalui media transmisi (kabel). NIC juga mempunyai kode yang unik yang terdiri atas 12 digit kode yang disebut MAC (Media Access Control) Address. 2.Kabel Merupakan media transmisi yang menghubungkan pengirim dan penerima yang secara fisik berupa kabel. Ada 3 kategori media transmisi kabel : a. Kabel pasangan berpilin (twisted pair) Pada tipe ini setiap 2 kabel (di sebut sepasang) saling di pilin agar dapat mengurangi interferensi elektromagnetik terhadap kabel lain. Kabel Jenis ini ada 2 macam yaitu kabel UTP dan STP. b. Kabel Koaksial (Coaxial Cabel) c. Kabel Serat Optik. 3. Repeater Adalah alat yang berfungsi untuk memulihkan sinyal yang cacat / lemah (memperkuat sinyal ±sinyal yang masuk), dengan adanya repeater akan memperpanjang jangkauan jaringan. 4. Hub * Berfungsi sebagai media koneksi antar PC untuk disambungkan satu sama lain. * Hub disebut juga repeater dengan banyak port (multiport), * Setiap PC yang berkomunikasi dengan HUB maka HUB akan memperkuat sinyal nya dan mentrabsmisikan keluar dari setiap port (termasuk ke PC yang mengirimkan) ²Broadcast Dengan menggunakan hub setiap client bisa ditambahkan setiap waktu tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi. 5. Bridge

* Digunakan untuk menghubungkan 2 buah LAN yang bertopologi berbeda (misal : BUS dan Ring). * Digunakan untuk membagi jaringan sehingga lebih effisien

6. Switch Switch merupakan perkawinan antara teknologi hub dan bridge. 7. Router

Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain.

* Router merupakan perangkat untuk menyatukan network ± network. * Menghubungkan LAN yang bertopologi dan protocol berbeda.Membagi jaringan yang berukuran besar menjadi jaringan berukuran kecil dan mudah dikelola. 8. ARCNet ARCNet biasanya menggunakan RG-62 A/U coaxial cable. Kabel RG-62 tidak digunakan untuk jaringan Ethernet. Kabel ARCNet sama dengan television cable (TV cable) yang pernah populer dalam jaringan. Saat ini dukungan untuk Jaringan ARCNet tidak banyak. 9. FDDI (Fiber Distributed Data Interface) FDDI atau sering disebut kabel serat-optik semakin lazim digunakan seiring dengan tuntutan peningkatan kecepatan transmisi. Jenis kabel ini terdiri atas kaca tipis atau filamen plastik, kurang-lebih selebar rambut manusia, dan dilindungi oleh bantalan plastik tebal dan selubung plastik luar. Kabel serat-optik menggunakan sinar laser atau light-emitting diode (LED) yang mengirim pulsa cahaya satu arah melewati serat-optik dan bukan frekuensi elektronik untuk mengirim sinyal. Penggunaan cahaya memberi keuntungan dibanding penggunaan listrik; pulsa cahaya dapat merambat lebih jauh, lebih cepat, dan lebih andal. Hal ini dikarenakan pulsa cahaya tidak mengalami impedansi listrik dari kawat tembaga, dan dapat bergetar dengan laju lebih cepat dibandingkan frekuensi listrik. Kabel serat-optik dapat mengirim pulsa yang andal sejauh 2 kilometer tanpa repeater, dengan kecepatan mulai 100 Mbps sampai 2 Gbps. Karena pulsa-pulsa cahaya hanya dapat berjalan dalam satu arah, sistem kabel serat-optik harus memiliki sebuah kabel masukkan (incoming) dan sebuah kabel keluaran (outgoing) pada setiap segment agar dapat mengirim dan menerima data.

Harga, instalasi, dan pemeliharaan kabel jenis ini lebih mahal. Disamping itu diperlukan peralatan khusus (dinamakan fiber line driver) untuk menerjemahkan sinyal elektronik yang dikirim sepanjang kabel. Penggunaannya di batasi hanya untuk jaringan yang sangat besar dan ekstensif dimana faktor jarak, kecepatan, dan keamanan sedemikian pe ntingnya sehingga pengeluaran biaya ekstra tidak dianggap sebagai sesuatu yang memberatkan.

10. Microwaves Transmisi data Microwave menggunakan frekuensi tinggi untuk jarak dekat dan transmisi global; keterbatasan utama adalah antara pengirim (transmitter) dan penerima (receiver) harus dapat saling terlihat atau disebut juga dengan line of sight (LOS). Transmisi Microwave biasanya digunakan untuk menghubungkan LAN dalam gedung terpisah, dimana penggunaan media fisik sangat tidak memungkinkan atau tidak praktis. Teknologi wireless yang banyak dipakai menggunakan standar IEEE 802.11B untuk indoor (dalam ruangan) dan IEEE 802.16 untuk outdoor (luar ruangan), yaitu dengan menggunakan frekuensi pembawa 2,4 GHz dan kecepatan pemindahan data sampai 11 Mbps. Sebuah indoor unit dengan antena luar, bisa mencapai maksimum sekitar 5 Km sedangkan sebuah outdoor unit dengan antena luar, bisa mencapai sampai 40 Km. Sebuah contoh misalnya menghubungkan dua gedung pencakar langit yang berdekatan, dimana menggunakan kabel sangat tidak mungkin. Microwave juga sering digunakan dalam transmisi global, dengan menggunakan satelit geosynchronous dan parabola sehingga memenuhi syarat line-of-sight. Transmisi Microwave, yang secara khusus memanfaatkan satelit, tentunya membutuhkan biaya sangat mahal.

11. Transmisi Infrared Teknologi Infrared, yang beroperasi pada frekuensi sangat tinggi, dapat digunakan untuk mengirim data pada jarak yang dekat. Biasanya digunakan LED untuk mengirim (transmit) gelombang infrared ke penerima (receiver). Karena gelombang Infrared tersebut dapat terhalangi secara fisik, dan dapat ter-interference oleh cahaya yang lebih kuat, maka transmisi data melalui Infrared sangat terbatas pada jarak yang dekat sampai dengan 6 Km, dan aplikasi line-of-sight. 12. Gateway Gateway digunakan untuk interkoneksi jaringan dimana masing-masing jaringan memiliki arsitektur yang berbeda.

13. Koneksi Modem Modem adalah suatu alat komunikasi yang merubah sinyal biner menjadi analog untuk dikirimkan melalui saluran telepon dan disisi penerima. merubah sebaliknya. ‡ Konversi ke analog dikenal sebagai modulation, dan konversi sebaliknya

disebut demodulation ‡ Dalam terminologi modem disebut sebagai DCE ( Data Communication Equipment) sedangkan komputernya disebut DTE (Data Terminal Equipment)

14. Multiplexer/Demultiplexer (MUX / DEMUX) berfungsi untuk menggabungkan transmisi data dari beberapa channel, atau sebaliknya.

15. Personal Computer Tipe personal komputer yang digunakan di dalam jaringan akan sangat menentukan unjuk kerja dari jaringan tersebut. Komputer dengan unjuk kerja tinggi akan mampu mengirim dan mengakses data dalam jaringan dengan cepat. Di dalam jaringan tipe Client-Server, komputer yang difungsikan sebagai server mutlak harus memiliki unjuk kerja yang lebih tinggi dibandingkan komputer-komputer lain sebagai workstation-nya, karena server akan bertugas menyediakan fasilitas dan mengelola operasional jaringan tersebut

16. Konektor

Konektor berguna untuk menghubungkan ujung kabel yang akan dipasangkan pada NIC. Jika akan menggunakan kabel UTP memakai konektor yang dipakai adalah tipe RJ-45.

17. Access Point Access point adalah perangkat penting dalam jaringan nir kabel. Akses point berfungsi sebagai titik akses yang menghubungkan komputer-komputer ke dalam sebuah jaringan. Akses point fungsinya sama dengan HUB pada jaringan dengan menggunakan kabel. Akses point biasanya dilengkapi dengan antena dan port RJ45.

18. Wireless LAN Card Jika pada jaringan kabel Saudara mengenal NIC, maka pada jaringan nir kabel ada Wireless LAN Card. Card ini biasa terpasang pada slot PCI komputer. Card ini berfungsi untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan. Ada berbagai tipe Wireless LAN Card yang dapat dipakai, baik di dalam ruangan dengan kemampuan jarak tertentu hingga yang mempunyai jangkauan yang jauh. Wireless LAN Card dengan kemampuan yang jauh biasanya dilengkapi dengan antena luar.

19. Wireless PCMCIA Alat ini biasa dipakai pada komputer jinjing (laptop/notebook), Jadi kartu ini seperti halnya NIC, hanya saja dengan bentuk yang berbeda dan lebih tipis karena akan dipasang pada perangkat yang kecil (laptop). Saat ini notebook sudah banyak yang dilengkapi dengan fasilitas wireless, jika Saudara pernah mendengar prosesor keluaran INTEL telah mengeluarkan produknya dengan nama CENTRTINO. Notebook ini akan otomatis mendeteksi adanya sinyal jaringan yang aktif disekitarnya.

20. Wireless USB Universal Serial Bus (USB) banyak dijumpai pada port komputer sekarang ini. Jika Saudara ingat dengan NIC tipe PCI yang akan dipasang pada slot di dalam komputer, maka wireless USB ini akan dipasang pada port USB di komputer. Ada 2 jenis Wireless USB yang ada di pasaran yaitu Wireless USB Stick dan Adapter. Jangkauan dari yang bertipe Adapter lebih luas dibandingkan dengan yang Stick.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->