FRIDAY, AUGUST 14, 2009 Konversi Angka ke Huruf di Excel 2007 Sudah lama juga tidak posting atawa oprek

blog ini...maklumlah..... posting kali ini saya akan coba berbagi tentang bagaimana menkonversi angka di excel ke dalam bentuk huruf. hal ini biasanya sangat diperlukan untuk merubah angka atau nilai kedalam bentuk huruf. awalnyasih saya yang kesulitan untuk melakukan hal itu dan setelah saya tanya kanan kiri termasuk di google saya menemukan sebuah add ins yang bisa membantu saya dalam hal konversi angka ke huruf. sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada mas cokrofidianyang telah membagikan ilmunya kepada saya. langkah pertama yang harus dilakukan adalah :
y

mendownload add in nya (silahkan klik disini) dan simpan di sembarang tempat yang penting file nya tidak hilang dan terhapus. Buka Microsoft Excel, kemudian kita aktifkan CK-Terbilang yang tadi d download dengan cara klik kanan di bagian ribbon dan klik custumized quick access toolbar

y

Gbr. 1

2 .Gbr.

483. sebaliknya isi dengan FALSE bila unitmatauang diisi FALSE maka nilai desimal akan dieja per satu karakter . 3 gbr.99 nilai integer yang sifatnya optional untuk mengatur bentuk penulisan huruf besar atau kecilnya.147. bentukpenulisan. unitmatauang. bilangan bentukpenulisanNilai bentukpenulisan: 1 = huruf besar semua 2 = huruf kecil semua 3 = huruf besar pada awal kata saja Lainnya = huruf besar pada awal kalimat saja unitmatauang stylepecahan untuk menampilkan unit mata uang rupiah dan senisi dengan TRUE. stylepecahan) dimana : bilangan atau cell yang berisi bilangan yang akan dikonversi.647. 3 y klik browse dan cari file yang suda kita download tadi dan pastikan sudah ter chek (v) Format penulisan: =terbilang(bilangan.647. jika tidak disertakan maka bentuk penulisan akan tampil huruf besar pada awal kalimat saja.147. 2. mulai dari 2.d.y Setelah itu klik Add-Ins dan klik manage --> go sampai muncul tampilan seperti gbr.00 s.483.

Contoh: 77.55 menjadi Tujuh puluh tujuh rupiah dan 55/100 sen sedangkan bila nilai stylepecahan diisi denganselain angka 1 maka nilai desimal akan dieja apa adanya. Contoh: 77..55 menjadi tujuh puluh tujuh koma lima lima bila unitmatauang diisi TRUE: y y bila nilai stylepecahan diisi dengan 1 maka nilai desimal akan tertulis dengan angka Contoh: 77. :-) ..55 menjadi Tujuh puluh tujuh rupiah dan lima puluh lima sen selesailah kita mengaktifkan add ins CK-terbilang maka nanti hasil yang akan didapat akan seperti ini sudah di coba d excel 2007 dan berhasil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful