LENSA CEKUNG

SEBAGAI TUGAS FISIKA DASAR II DOSEN : Ir Sulistyaning K, MM.

KELOMPOK 6 1. SIGIT SUDARMAJI 2. EKO AGUS 3. TRI S WIJAYANTI TEKNIK INFORMATIKA STT DHARMA ISWARA MADIUN TAHUN 2011

Kritik dan saran para pembaca sekalian sangat kami harapkan untuk menyempurnakan laporan ini.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Juni 2011 Kelompok 6 . Kami hanyalah manusia biasa dengan segala keterbatasan dan kekurangan. Dalam laporan ini kami akan membahas materi Optika Geometri dengan sub materi Lensa Cekung. pembiasan cahaya pada lensa cekung bayangan yang dihasilkan lensa cekung. Atas perhatian dan waktu yang diluangkan para pembaca untuk laporan ini kami ucapkan terima kasih. yang meliputi sifat-sifat lensa cekung dan jenis-jenis lensa cekung. Dalam pembuatan laporan ini kami menyadari adanya banyak kekurangan dan ketidaksempurnaan. serta sifat dari bayangan tersebut. oleh karena itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. karena atas berkah dan rahmatnya kami (kelompok 6) dapat menyelesaikan laporan ini sebagai Tugas Fisika Dasar II. Kepada pihak-pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung kami ucapkan terima kasih.

Pembiasan Pada Lensa Cekung 3. Titik Fokus Lensa Cekung Penutup Daftar Pustaka .DAFTAR ISI Kata Pengantar LENSA CEKUNG 1. Pengertian 2. Pembentukan bayangan Pada Lensa Cekung 4.

Pengertian Lensa Cekung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tipis daripada bagian pinggirnya. Lensa konveks konkaf (cekung cembug) Lensa Cekung disebut juga Lensa Negatif. Lensa Plankonkaf (cekung datar) C.LENSA CEKUNG 1. Lensa Cekung mempunyai sifat menyebarkan cahaya (divergen) . Lensa Bikonkaf (cekung rangkap) B. Ada 3 macam lensa cekung yaitu : A.

Pembiasan Pada Lensa Cekung Tiga sinar istimewa pada lensa cekung 1. Diperkecil . Sinar datang sejajar sumbu utama lensa dibiaskan seakan-akan berasal dari titik fokus aktif F1 2. Pembentukan Bayangan Pada Lensa Cekung Benda yang diletakkan di depan Lensa Cekung (benda nyata) selalu dihasilkan bayangan yang memiliki sifat : Maya.2. Sinar datang melalui titik pusat optik O diteruskan tanpa pembiasan 3. Tegak. Sinar datang seakan-akan menuju titik fokus pasif F2 dibiaskan sejajar sumbu utama 3.

Dengan demikian 2. Berapapun nilai R1 dan R2 titik fokus dari lensa cekung selalu negatif. y R1= radius kelengkungan permukaan 1 lensa. Contoh soal : 1. y n = indeks bias lensa. sementara R2 bernilai positif (pusat kelengkungan ada di sebelah kanan vertex). radius permukaan 1 (R1) = 3 cm. Titik Fokus Lensa Cekung Titik fokus lensa cekung dapat ditentukan dengan suatu rumus yang disebut rumus pembuat lensa (lens maker equation) seperti tertulis di bawah ini: di mana : y f = jarak titik fokus lensa cekung. radius permukaan 1 (R1) = 5 cm.4. Suatu lensa cekung-cekung memiliki indeks bias 1. sementara R2 bernilai tak terhingga (pusat kelengkungan ada di tak terhingga). y R2= radius kelengkungan permukaan 2 lensa.5. Cara menentukan nilai R1 dan R2 apakah positif atau negatif dapat dilihat pada aturan lensa. Berapakah jarak titik fokus lensa ? Jawab Karena lensa merupakan lensa cekung-datar berarti R1 bernilai negatif (pusat kelengkungan ada di sebelah kiri vertex). .5. Suatu lensa cekung-datar memiliki indeks bias 1. Berapakah jarak titik fokus lensa ? Jawab Karena lensa merupakan lensa cekung-cekung berarti R1 bernilai negatif (pusat kelengkungan ada di sebelah kiri vertex). dan radius permukaan 2 (R2) = 5 cm.

sementara R1 bernilai tak terhingga (pusat kelengkungan ada di tak terhingga). radius permukaan 2 (R2) = 3 cm. Suatu lensa datar-cekung memiliki indeks bias 1.Dengan demikian 3.5. . Berapakah jarak titik fokus lensa ? Jawab Karena lensa merupakan lensa datar-cekung berarti R2 bernilai positif (pusat kelengkungan ada di sebelah kanan vertex). Dengan demikian Perhatikan dari contoh-contoh di atas bahwa titik fokus lensa cekung selalu negatif sekalipun nilai R1 atau R2 bisa positif atau negatif.

MM. . Saran Anda kami sanggat kami nantikan untuk menyempurnakan laporan ini. selaku dosen pembimbing kan dan untuk semua pihak yang sudah membantu kami baik secara langsung maupun tidak langsung. dan kami (kelompok 6) berharap agar laporan ini dapat memenuhi Tugas Fisika Dasar II.PENUTUP Kami selaku kelompok 6 mengucsapkan terima kasih atas waktu yang diluangkan para pembaca untuk laporan ini. tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Ir Sulistyaning K.

J. (1949) Optics (3rd ed.M. H. New York: John Wiley & Sons. (1988) Physics (3rd ed.A. F.). Massachusetts : AddisonWesley. Reading-Massachusetts : Addison-Wesley..).D. Freedman. Sears. Young. (1996) University Physics (ninth ed).W. . 2..W. M.DAFTAR PUSTAKA 1. Kane. Sternheim. 3. R.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful