P. 1
Supra Struktur Politik Setelah Amandemen

Supra Struktur Politik Setelah Amandemen

|Views: 912|Likes:
Published by Ricky Andriawan

More info:

Published by: Ricky Andriawan on Jun 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

pengertian Yang termasuk dalam Suprastruktur politik adalah semua lembaga-lembaga negara yang tersebut di dalam konstitusi

negara (termasuk fungsi legislatif, eksekutif, dan yudikatif). Dalam Penyusunan keputusan-keputusan kebijaksanaan diperlukan adanya kekuatan yang seimbang dan terjalinnya kerjasama yang baik antara suprastruktur dan infrastruktur politik sehingga memudahkan terwujudnya cita-cita dan tujuan-tujuan masyarakat/negara. Dalam hal ini yang dimaksud suprastruktur politik adalah Lembaga-Lembaga Negara. Lembaga-lembaga tersebut di Indonesia diatur dalam UUD 1945 yakni MPR, DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial. Lembaga-lembaga ini yang akan membuat keputusankeputusan yang berkaitan dengan kepentingan umum. Di masa orde lama, orde baru, dan orde baru relatif sama, hanya dengan penambahan DPD, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial di masa reformasi.
Suprastruktur yang berlaku di Indonesia saat ini sesuai dengan UUD 1945 adalahyaitu suprastruktur politik menurut UUD 1945 sesudah amandemen Suprastruktur di Indonesia menurut UUD setelah amandemen.

a. MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat) b. DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) c. Presiden dan wakil presiden d. BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) e. DPD (Dewan Perwakilan Daerah) f. MA (Mahkamah Agung) g. MK (Mahkamah konstitunsi) h. KY (Komisi yudisial)
Pendapat saya tentang suprastruktur uud 1945 setelah amandemen sbb: Sudah sesuai karena suprastruktur uud 1945 setelah amandemen , sudah mendukung /mengutamakan kebebasan, hak dan preoritas rakyat II

Dalam berdemokrasi wajar jika muncul perbedaan pendapat.Sementara MK sudah memutus 58 perkara dengan rincian. jika melihat pelaksanaan pemilukada di daerah lain sampai terjadi kerusuhan yang menyebabkan fasilitas umum maupun fasilitas milik pemerintah dirusak. Dengan ini maka dapat menghindari munculnya konflik. Sebenarnya kalau kandidatnya menerima kekalahan dengancepat rakyat juga tidak akan bergerak apapun. b e r ka s t i d a k dilengkapi."saya berharap semua pasangan calon gubenur dan wakil gubenur bisa mengenmdalikan diri agar tidak memicu bentrokan antar pendukung"ujarnya. bersama sama menjaga ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pilkada ini. Tetapi bagaimana kita dapat meminimalkan kendala kendala itu. Dengan kesadaran menghargai pendapat orang lain.ini terjadi akibat dari lemahnya koordinasi antara pihak . dan bukan kewenangan MK.Hingga saat ini. 2. Semua warga saling menghargai pendapat. . tolak 36 perkara. Untuk menggulangi permasalah yang tim bul karena pemilu antara lain : 1. dan yang tidak d i r e gi s t ra si 4 pe r ka ra de n ga n a l a sa n pe r mo hona n d i t a ri k ke mb a l i ol e h pe mo h on. Kepada orang yang menjadi kandidat ikutpencalonan harus siap untuk kalah juga." jelasnya. MK telah menerima pendaftaran perkara Pemilukada sejumlah 95 perkara. denganrincian total perkara yang telah terigester 69 perkara. belum teregistrasi 22 perkara. 10 tidak diterima Tanggapan saya tentang pemilukada adalah sbb: Dapat dilakukan dengan mengantisipasi agar pemilukada tidak terjadi kekacauan. maka pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan lancar. pasangan calon gubenur dan wakil gubenur juga bisa menahan diri agar tidak memicu kemarahan ditingkat masa pendukungannya yang bisa mengakibatkan bentrokan masa. III Dalam melaksanakan sesuatu pasti ada kendala yang harus dihadapi. Hal ini diharapkan tidak menimbulkan konflik. "Itu bisa menimbulkan konflik sosial kalau tidak netral. Tokoh tokoh masyarakat yang merupakan panutan dapat menjadi souri tauladan bagi masyarakatn ya. Untuk itu diperlukan peranserta masyarakat karena ini tidak hanya tanggungjawab pemerintah saja.Selain itu.pihak terkait. ketidaksiapan para calon Kepala Daerah yang kalah dan akibat massa yang berpihak dapatmelakukan tindakan anarkis. kabul 9 perkara. Seluruh pihak yang ada baik dari daerah sampai pusat.

Sosialisasi kepada warga ditingkatkan. . Walaupun dalam pelaksanaan pilkada ini masih ditemui berbagai macam permasalhan tetapi ini semua wajar ka rena indonesia baru menghadapi ini pertama kalinya setelah pemilu langsung untuk memilih presiden dan wakilnya. 4. Memilih dengan hati nurani. Sehingga pemilihan umum dapar berjalan dengan lancar . Sehingga menghindari kemungkinan fitnah terhadap calon yang lai n. Sehingga prinsip prinsip dari pemilu dapat terlaksana dengan baik. Manusia yang baik tidak akan melakukan kesalahan yang pernah dilakukan. Ini semua dapat digunakan untuk pembelajaran politik masyarakat. KESIMPULAN Bangsa yang belajar adalah bangsa ya ng setiap waktu berbenah diri.3. kebersamaan dalam menghadapai sesuatu. Semoga untuk pemilihan umum yang berikutnya permasalah yang timbul dapat diminimalkan. Dalam memilih calon kita harus memilih dengan hati nurani sendiri tanpa ada paksaan dari orang lain. Sehingga masyarakat dapat sadar dengan pentingnya berdemokrasi. Pemerintah Indonesia telah berusaha membenahi sistem yang telah dengan landasan untuk mengedepankan kepentingan rakyat. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi yang akurat. menghargai pendapat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->