Pembahasan soal-soal matematika BAB 4.

Sistem Persamaan Linear dengan Dua Variabel (SPLDV)

Soal Pilihan Ganda 1. Dibawah ini yang merupakan persamaan linear dengan 2 variabel adalah... A.

x 2 − 3x + 2 = 0

B. 2 x + 5 = 11 C. D.

2x + y − 3 = 0 x + y = 5 xy

Jawab: 2. Grafik di bawah ini yang merupakan himpunan penyalesaian dari dengan bilangan real x ∈ adalah... A. B. C. D.

3x − 5 = 1

Jawab 3. Grafik di bawah merupakan himpunan penyelesain dari persamaan..... A. x + 1 = 3 B.

x +1 = 3

C. 7 − x = 4 D.

2x −1 = 3

4. Untuk dan bilangan real maka grafik himpunana penyelesaian dari adalah... A. B. C. D.

. Himpunan penyelasaian untuk dan adalah A. B. D. 9. grafik himpunan penyelesaian dari adalah. C. A... D. 8. 6. B. Persamaan ekuivalen dengan. A. C. D.. B. D. A. C.5. 7. .... C. B. Himpunan penyelesaian dari persamaan untuk adalah. Untuk dan bilangan cacah. Grafik di bawah ini menujukan himpunan penyelesaian dari persamaan.

4.. B. Berdasarkan gambar berikut. 10.2 Penyelesaian SPLDV dengan metode Grafik 11. A.. A. C. A. C. B. Perhatikan gambar berikut.. D. Grafik penyelesaian dari sistem persamaan dan adalah.. Akar penyelasian dari dan adalah.. D. B. C. 12. 13.. Sistem persamaan linear yang memiliki penyelesaian di titik adalah. B. . C.A. sistem persamaan linear yang memiliki penyelesaian di titik adalah. D. D.

B. A. yang benar adalah. D.. D.. 14. A. terdapat pernyataan sebagai berikut: (i) Titik A adalah penyelesaian dari sistem persamaan linear 1 dan persamaan linear 3. B.. C.. (ii) dan (iii) D. .. 16. C. C.. Titik B adalah penyelesaian dari sistem persamaan linear 2 dan persamaan linear 3 Titik C adalah penyelesaian dari sistem persamaan linear 1 dan persamaan linear 2 (ii) (iii) Diantara penyelesaian di atas. (i) dan (ii) B. (i) dan (iii) C. Himpunan penyelesaian dari grafik di samping adalah. (ii). B. Berdasarkan gambar di atas. dan (iii) 15. Titik merupakan penyelesaian sari sistem persamaan linear dan persamaan yang memiliki grafik. D. A. (i).A..

Gunakan grafik berikut untuk soal Nomor 19 dan 20 19. C. 18. 20. D. D.. D. B. Himpunan penyelesaian dari dan adalah. B... Grafik yang menunjukan penyelesaian dari SPLDV dan adalah A..3 Penyelesaian SPLDV dengan Metode Subsitusi 21. Himpunan penyelesaian dari grafik di bawah ini adalah. 4. B. C. B..17. . C. A. Grafik yang menunjukan penyelesaian dari SPLDV dan adalah A.. D. A. C. Himpunana penyelesaian dari grafik di bawah ini adalah.

B. D.. D. A. 23. D. .. B. A. Himpunan penyelesaian dari dan adalah. B. C.. 25. 22. C.. Himpunan penyelesaian dari dan adalah. 26. A. D. D. B. A.. C. C.. B... Nilai yang memenuhi dan adalah. Himpunan penyelesaian dari dan adalah. C. B. Himpunan penyelesaian dari dan adalah..A. 24.. A.

B. Himpunan penyelesaian dari dan adalah A. A.. C. Nilai yang memenuhi SPLDV dan adalah.. 4. D. A. 28. D.. A.. Jika penyelesaian dari dan maka nilai .. D. . C. B. 27. B.. Nilai yang memenuhi SPLDV dan adalah.4 Penyelesaian SPLDV dengan Metode Eliminasi 31. B.. 29. Nilai yang memenuhi dan adalah. C. C.. D. 30. D. A..C...

B. D. B.. Nilai yang memenuhi dan adalah. C... A. C. -2 36. A. 2 C. C.. Jika adalah penyelesaian dari dan . 4 B.. C. Nilai yang memenuhi dan adalah.. . 33. 34..B. maka nilai. 32. A. 1 D. Himpunan penyelesaian dari dan adalah. 11 B. D. D. D.. Himpunan penyelesaian dari dan adalah. A. 35.

40. D. C. C. B. 37. C. A. Himpunan penyelesaian dari dan adalah A. C.. D. maka nilai. B.. Himpunan penyelesaian dari dan adalah . B. Jika adalah penyelesaian dari dan . 39. D. maka nilai. D.. B.A. Himpunan penyelesaian dari dan adalah A. D. 38. Jika adalah penyelesaian dari dan . C. B. A. 41..

B. C. B. A. A. D.A. Dari sistem persamaan berikut ini yang memiliki himpunanpenyelesaian adalah. D. C. 44. C.. Menyelesaikan Soal Cerita . D. dan B. B. C. Dengan memisalkan dan maka himpunan penyelesaian dari dan adalah. Himpunan penyelesaian dari dan adalah A. B. dan C.. Himpunan penyelesaian dari dan adalah A. D.. 42. dan D. dan 43.. 45.

48. B. D. A. A.46. Jika jumlah uang mereka maka uang Irna adalah. B. Sebuah persegi panjang memiliki panjang 1 cm lebih dari 3 kali lebarnya.. Uang Irna sama dengan uang Tuti. A. Sebuah pecahan bernilai .. D. selisih pembilang dan penyebut pecahan teersebut adalah. B.. 49. Jika keliling persegi panjang 44 cm maka panjang persegi panjang tersebut adalah.. C. D. jika pembilang dan penyebut masing-masing dikurangi 6 maka nilainya menjadi .. sedangkan selisihnya sama dengan 7. C. 47. Jumlah dua bilangan cacah sama dengan 37. . C. Hasil kali kedua bilangan itu adalah.. C.. D. A. B.

Jika harga 4 buku dan 3 penghapus adalah maka harga 1 buah penghapus adalah. A... Dua buah buku dan 1 pensil dibeli dengan harga..50. Umur Indra 3 tahun lebih muda dari umur Dedi. A. B.. Rp14. C. harga 2 kg telur yang dibeli Bu Retno adalah. oleh karena uangnya tidak cukup. Harga 3 buah penghapus sama dengan harga 1 buku. . B.500 B.. A.. Jika harga 2 buku dan 3 pensil adalah . D. 52. A. Jika jumlah umur mereka 19 tahun maka 4 tahun yang akan datang perbandingan umur Indra dengan Dodi adalah. 53. C. Harga 7 kg terigu dan 2 kg telur sama dengan . Bu Retno hanya membeli 4 kg terigu dan 2 telur seharga . 51. C. D. maka harga 1 buku adalah. D. B.

A. 5 tahun D. 12 anak B. 9 anak 56.C. 4 tahun 55. D. 11 anak C. 6 B. Selisih terbesar kedua bilangna itu adalah. Satu tahun lalu umur Budi 2 kali umur Andri. 6 tahun C. A. Umur Andri sekarang adalah. 15 D. setiap anak pria mempunyai saudara laki-laki sebanyak saudara perempuannya. Hasil kali 2 bilangan asli yang berbeda sama dengan 4 kali jumlahnya.. A. 10 anak D. 54. 20 . Banyak anak dalam keluarga itu adalah.. Dalam sebuah keluarga. sedangkan setiap anak wanita mempunyai saudara perempuan sebanyak saudara laki-lakinya.. 12 C. 7 tahun B.. sementara 2 tahun yaang akan datang umur Andri adalah umur Budi...

. Restu memiliki banyak lembaran uang sepuluh ribuan dan lima ribuan dengan perbandingan 2:3.000 D.6 liter 59.3 liter B. A. Banyak larutan yang diambil dari tabung I adalah.. Rp2. Diketahia selisih harga 2 buku dengan 3 pensil sama dengan . Andi memiliki sejumlah kelereng merah dalam kantong A dan kelereng putih dalam kantong B.. A. 0.12 58.5 liter D.000 B. maka harga sebuah pensil adalah..500 C. Rp2.4 liter C. Ia masukan sepertiga kelereng merah ke kantong B. 8 buah . 0. 10 D. 0. 8 C.. Rp2. Rp3. Dari tiap tabung diambil beberapa mililiter untuk dibuat sebuah campuran baru sebanyak 1 liter dan mengandung 50% asam. 0. Tabung I berisi 2 liter asam dalam 1 liter iar dan tabung II berisi I liter asam dalam 3 liter air. A..57. jika jumlah harga sebuah buku dan sebuah pensil sama denga .500 60. Jika dalam kantong A dan B masing-masing ada 14 dan 9 kelereng maka banyak kelereng merah adalah. 6 B. A. Sebaliknya setengah kelereng putih dimasukan ke kantong A. Jika jumlah uang Restu maka banyak lembaran uang sepuluh ribuan adalah.

12 buah D.B. 9 buah C.15 buah .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful