P. 1
kliping IPA II

kliping IPA II

|Views: 279|Likes:
Published by Nia Piliang

More info:

Published by: Nia Piliang on Jun 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2014

pdf

text

original

PROYEK MANDIRI PENGELOLAAN LINGKUNGAN

Oleh : Izzaty Nabila

MTs ISTIQLAL
Masjid Istiqlal, Jl. Taman Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat Telp. (021) 3500711 Fax. 3459525 email: mtsistiqlaljkt@gmail.com Blog:www.mtsistiqlal.blogspot.com

Permasalahan lingkungan dan pengelolaannya

 Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat.  Sampah organik seperti air comberan menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekos istem. nutrien dan padatan. Pe manfaatan terbesar danau. sungai. Pencemaran air ini dapat merubah keadaan air di Indonesia dan bisa menjadi wabah penyakit. bahan baku air minum. sungai. bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata. Air limbah tersebut memiliki efek termal. P m l S m . lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia.1. Penyebab : Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. P P c m Ai c m i adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. sungai. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Danau. sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah. yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air. minyak. lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian. 2. terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik.   Seperti limbah pabrik yg mengalir ke sungai seperti di sungai citarum pencemaran air oleh sampah Komentar : Pencemaran air adalah salah satu masalah dari permasalahan lingkungan.

Jika sampah tidak ditangani dengan segera. Apabila sampah tidak dikelola dengan baik selain menyebabkan kota menjadi kotor dan kumuh juga dapat me nyebabkan pendangkalan sungai yang akan berakibat timbulnya bencana banjir. Pendirian tempat pembuangan sampah terpadu yang lokasinya jauh dari pemukiman penduduk agar tidak menimbulkan penyakit dan pencemaran air maupun tanah. Beberapa langkah untuk menanggulangi permasalahan sampah di Indonesia diantaranya berikut ini. penyakit dan bau busuk. a. Pertumbuhan penduduk yang sangat pesat mengakibatkan bertambahnya konsumsi masyarakat. Selain itu akan muncul lalat. disamping membuat kota menjadi bersih dan kondisi lingkungan menjadi lebih baik. polutan yang timbul dari plastik dan bahan organik terbakar beresiko bagi menurunnya derajat kesehatan penduduk. b. Komentar : Sampah adalah parmasalahan lingkungan yang sering didapati atau yang paling mudah untuk ditemukan. Sedangkan apabila ditangani dengan baik dan profesional.Masalah sampah kota seringkali ingin diselesaikan cara mudah dengan membakarnya. Penempatan bak sampah yang terpisah agar sampah organik dan nonorganik sehingga mempermudah pengelolaanya. Tanpa disadari. P m l H t . 3. sampah akan menyebabkan berbagai dampak yang sangat buruk bagi masyarakat.

d. kerusakan hutan dinegara ini penyebabnya ya kurangya kesadaran masyarakat dan pemerintah untuk mengelola hutan dengan baik. Disatu sisi masyarakat masih sangat tergantung dengan sumberdaya hutan dan disisi lain pemerintah dengan segala kewenanganya mengeksploitasi hutan ini tanpa memperhatikan kesejahteraan masyarakatnya. terjadinya banjir.Kerusakan hutan telah berakibat buruk pada kehidupan makhluk hidup. Maka dengan adanya hutan hutan yang melibatkan masyarakat dalam pengelolaanya ini menjadi solusi yang bagus karena disini masyarakat akan terlibat secara langsung dalam pengelolaan hutan sehingga diharapkan kesadaran tentang pentingnya hutan timbul ka rena adanya hubungan langsung antara masyarakat dengan hutan. rusaknya habitat hewan yang menghuni hutan tersebut. Jika hutan rusak akan berakibat kerusakan pula pada bumi. Tebang pilih untuk pohon ± pohon yang telah cukup umur. Melakukan reboisasi di kawasan hutan produksi. hutan lindung. P m l b l atauGlobal Warming . seperti terjadinya tanah longsor. dan hutan bakau ( mangrove ) di daerah pesi sir pantai. c. 4. Memberikan sanksi yang berat bagi penebang hutan yang dapat merusak hutan. Partisipasi masyarakat dan lembaga ± lembaga swadaya masyarakat sekitar hutan yang secara langsung untuk mengawasi segala aktifitas pihak ± pihak yang dapat merusak kelestarian hutan . Kelestarian hutan di Indonesia perlu dilakukan denga n langkah ± langkah dibawah ini : a. b. Komentar : Hutan adalah jantung bumi dengan ibarat pernapasan pada bumi.

P c m . serta pembangkit tenaga listrik. dapat memberi kontribusi dalam pemanasan saat ini. Sebagai contoh adalah pada penguapan air. Oleh karena itu. pabrik-pabrik modern. 5. upaya untuk mengurangi pemanasan global ini dimulai dari kegiatan yang ramah lingkungan.segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. sehingga bumi terasa semakin panas. Penyebab : y y Efek rumah kaca. Variasi Matahari terdapat hipotesa yang menyatakan bahwa variasi dari Matahari. Disebut gas rumah kaca karena s istem kerja gasgas tersebut di atmosfer bumi mirip dengan cara kerja rumah kaca yang berfungsi menahan panas matahari di dalamnya agar suhu di dalam rumah kaca tetap hangat.Secara singkat pemanasan global adalah peningkatan suhu rata -rata permukaan bumi. peternakan. y Komentar : Pemanasan global atau sering juga di sebut µglobal warming¶ adalah salah satu penyebab meningkatnya suhu di Bumi. Kebanyakan dari gas rumah kaca ini dihasilkan oleh peternakan. dengan begitu tanaman di dalamnya pun akan dapat tumbuh dengan baik karena memiliki panas matahari yang cukup. Efek umpan balik anasir penyebab pemanasan global juga dipengaruhi oleh berbagai proses umpan balik yang dihasilkannya.Kelompok gas yang menjaga suhu permukaan bumi agar tetap hangat dikenal dengan istilah ³gas rumah kaca´. pembakaran bahan bakar fosil pada kendaraan bermotor. Makin panasnya planet bumi terkait langsung dengan gas -gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktifitas manusia. dengan kemungkinan diperk uat oleh umpan balik dari awan.

dan tumbuhan. pencemaran lingkungan timbul akibat ulah kita sendiri. radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara.Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik. kimia. atau merusak properti. mengganggu estetika dan kenyamanan. Daftar Pustaka . hewan. panas. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara. Dengan tercemarnya lingkungan. y y y 3. y y y Komentar : Tanpa disadari. Penyebab : 1. Kegiatan manusia : Transportasi Industri Pembangkit listrik Pembakaran Sumber alami : Gunung berapi Rawa-rawa Kebakaran hutan Sumber-sumber lain : transportasi kebocoran tangki timbulan gas. atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia. bisa menghambat tumbuhan untuk fotosintesis sehingga menghambat manusia makhluk hidup bernapas. y y y y 2. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber -sumber alami maupun kegiatan manusia.

eco. http://id.org/wiki/Pemanasan_global#Penyebab_pemanasan_global  http://id.html  http://id.org/wiki/Pencemaran_udara#Sumber_Polusi_Udara  http://id.tut.id/2010/03/penyebab-global-warming.org/wiki/Pencemaran_udara .ac.wikipedia.membuatblog.wikipedia.html  http://www.blogspot.org/wiki/Pencemaran_air  http://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran  http://www.wikipedia.html  http://ervede.web.jp/pub/member/asep/plo/index.com/2009/03/pencegahan-global-warming_12.kitada.wikipedia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->