VISCOMETER

Disusun Oleh : 1 . Anggi Lestari 2 . Dzikri Adi P

PRINSIP KERJA semakin kental suatu cairan maka semakin besar gaya yang dibutuhkan untuk membuatnya mengalir pada kecepatan tertentu  .

FUNGSI • Viscometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur besar viskositas suatu larutan . • Alat ukur kekentalan hanya mengukur di . u ntuk cairan dengan viskositas yang berbeda dengan kondisi aliran.

GAMBAR Viskometer ostwald garisgaris nivo m₁ m₂ kapil er Rongga cadangan .

Viscometer Hoppler .

VISCOMETER CON AND PLATE .

Air dinaikkan lebih tinggi dari tanda paling atas. Diisi dengan air secukupnya. stopwatch dimatikan dan waktu alir bisa ditentukan. Biarkan air mengalir sampai tanda paling bawah 6. Alat dibersihkan betul-betul dengan asam pencuci dan dikeringkan dengan pompa vakum 3. Tentukan rapat zat cair dengan piknometer 2. Stopwatch dihidupkan saat melewati tanda paling atas tersebut. 4. Lakukan masing-masing 3 kali percobaan untuk zat lain . Ulangi percobaan yang sampai 3 kali. 7.CARA KERJA 1. Pada saat air sampai pada batas ini. 5.

000 cP dianjurkan untuk instrument cone/plate. Jangan gunakan viscsity standard diatas 5. b. Lakukan pengukuran dan catat hasilnya baik % Torque dan cP.Prosedur Kalibrasi 1. 3. Masukkan sample ke dalam cup dan biarkan selama 15 menit untuk mencapai suhu setting 4.d 5. Catatan : a. Penggunaan standard pada rentang 5 cP s. Atur jarak antara cone spindle dengan plate sesuai dengan Instruction Manual 2. • . Spindle harus berputar minimum 5 putaran sebelum pengukuran diambil. Pilih viscosity standard yang akan memberikan nilai pembacaan antara 10% hingga 100% dari Full Scale Range (FSR).000 cP. Sebaiknya pilih standard dengan nilai mendekati 100% FSR.

untuk mencegah terjadinya karatan atau kerusakan elemen dalam alat.  Alat dibersihkan betul-betul dengan asam pencuci dan dikeringkan dengan pompa vakum  .Cara Perawatan  Setelah selesai pemakaian matikan listrik yang tersambung  Pastikan tidak ada larutan yang tersisa di dalam alat  Bersihkan alat secara berkala.

Viskometer Kapiler / Ostwald b.Viskometer Hoppler c. yaitu : a. Prinsip kerjanya adalah Makin kental suatu cairan.Viskometer Cone dan Plate  .Kesimpulan Viscometer adalah salah satu alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur viskositas cairan. Viskometer Cup dan Bob d. makin besar gaya yang dibutuhkan untuk membuatnya mengalir pada kecepatan tertentu Viscometer yang biasa digunakan ada 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful