P. 1
viscometer

viscometer

3.0

|Views: 2,356|Likes:
Published by Anggie Anlery Duaa

More info:

Published by: Anggie Anlery Duaa on Jun 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/24/2013

pdf

text

original

VISCOMETER

Disusun Oleh : 1 . Anggi Lestari 2 . Dzikri Adi P

PRINSIP KERJA semakin kental suatu cairan maka semakin besar gaya yang dibutuhkan untuk membuatnya mengalir pada kecepatan tertentu  .

• Alat ukur kekentalan hanya mengukur di .FUNGSI • Viscometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur besar viskositas suatu larutan . u ntuk cairan dengan viskositas yang berbeda dengan kondisi aliran.

GAMBAR Viskometer ostwald garisgaris nivo m₁ m₂ kapil er Rongga cadangan .

Viscometer Hoppler .

VISCOMETER CON AND PLATE .

Alat dibersihkan betul-betul dengan asam pencuci dan dikeringkan dengan pompa vakum 3. Air dinaikkan lebih tinggi dari tanda paling atas. Ulangi percobaan yang sampai 3 kali. Stopwatch dihidupkan saat melewati tanda paling atas tersebut. Pada saat air sampai pada batas ini. 5. Biarkan air mengalir sampai tanda paling bawah 6. 7. stopwatch dimatikan dan waktu alir bisa ditentukan. 4. Lakukan masing-masing 3 kali percobaan untuk zat lain . Tentukan rapat zat cair dengan piknometer 2.CARA KERJA 1. Diisi dengan air secukupnya.

Penggunaan standard pada rentang 5 cP s. Spindle harus berputar minimum 5 putaran sebelum pengukuran diambil.Prosedur Kalibrasi 1.000 cP dianjurkan untuk instrument cone/plate. Catatan : a. Atur jarak antara cone spindle dengan plate sesuai dengan Instruction Manual 2. Sebaiknya pilih standard dengan nilai mendekati 100% FSR.d 5. 3.000 cP. Lakukan pengukuran dan catat hasilnya baik % Torque dan cP. Pilih viscosity standard yang akan memberikan nilai pembacaan antara 10% hingga 100% dari Full Scale Range (FSR). Masukkan sample ke dalam cup dan biarkan selama 15 menit untuk mencapai suhu setting 4. • . b. Jangan gunakan viscsity standard diatas 5.

 Alat dibersihkan betul-betul dengan asam pencuci dan dikeringkan dengan pompa vakum  .Cara Perawatan  Setelah selesai pemakaian matikan listrik yang tersambung  Pastikan tidak ada larutan yang tersisa di dalam alat  Bersihkan alat secara berkala. untuk mencegah terjadinya karatan atau kerusakan elemen dalam alat.

yaitu : a.Viskometer Kapiler / Ostwald b.Kesimpulan Viscometer adalah salah satu alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur viskositas cairan. makin besar gaya yang dibutuhkan untuk membuatnya mengalir pada kecepatan tertentu Viscometer yang biasa digunakan ada 4. Prinsip kerjanya adalah Makin kental suatu cairan.Viskometer Cone dan Plate  .Viskometer Hoppler c. Viskometer Cup dan Bob d.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->