PROGRAM S1 REGULER FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

SILABUS MATAKULIAH

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (EKM 2401)
MATAKULIAH PRASYARAT: BISNIS PENGANTAR (EKM 1501)

SEMESTER I 2002/2003 Dra. Reni Rosari, MBA Lt. 2 Sayap Selatan (PH PPM FE UGM), Lt. 1 Sayap Barat (PPM FE UGM) Ph. 548510 – 15 ext. 132, 519732, 548510 DESKRIPSI MATAKULIAH Matakuliah ini membahas berbagai aspek pengelolaan sumberdaya manusia sebagai sumber utama keunggulan kompetitif berkesinambungan (sustainable competitive advantage). Matakuliah Manajemen Sumberdaya Manusia (Human Resource Management) dirancang untuk memberikan pemahaman tentang berbagai konsep, metode, dan teknik manajemen sumberdaya manusia, dengan fokus pembahasan pada fungsi MSDM sebagai business partner dalam proses pengambilan keputusan strategik dan implementasinya. Untuk menciptakan value, keterkaitan (linkage) dan integrasi antara sistem, kebijakan dan praktek MSDM dan berbagai keputusan bisnis strategik merupakan persyaratan kritis. Berbagai fungsi seperti perencanaan SDM, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen karier, penilaian kinerja, sistem kompensasi dan sebagainya, akan dibahas dari perspektif strategik dan teknis. TUJUAN MATAKULIAH Ada dua sasaran pembelajaran (learning objectives) utama matakuliah ini. Pertama adalah untuk mendapatkan pengetahuan mendalam (in-depth knowledge) tentang konsep, metode, dan teknik MSDM efektif. Kedua adalah untuk mendapatkan pembelajaran tentang peran MSDM dalam pengembangan keunggulan kompetitif berkelanjutan, terutama dalam mengeksekusi strategi dan memfasilitasi proses perubahan atau transformasi organisasional. BUKU TEKS Dessler, G. 2003. Human Resource Management, 9th edition. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall. (DG)

1

Sloan Management Review. Sumber bacaan penunjang yang disarankan mencakup berbagai jurnal terkait (seperti Harvard Business Review.A. (1996). Hollenbeck. Academy of Management Executive) dan berbagai jurnal dan majalah terbitan dalam negeri yang ada kaitannya dengan situasi manajerial di Indonesia. kelas akan menjadi media penyediaan balikan secara baik (catatan: sebaiknya formulir tersebut disiapkan dalam bentuk transparent sheet). Setiap kelompok wajib mempresentasikan paper/kasus yang berintikan pemecahan kasus atau telaah kritis beserta teori yang terkait dengan materi kuliah pada hari itu. Silahkan berbagi bahan yang terkait dengan berbagai topik pembahasan. Presentasi disajikan selama kurang lebih 30 (tigapuluh) menit termasuk sesi tanya jawab pada awal kuliah.: Harvard Business School Press. Penilaian presentasi akan dilakukan oleh seluruh kelompok (kecuali presenter) dengan komponen penilaian sebagai berikut: 1. Presensi. 3rd edition. tanggungjawab terhadap terjadinya proses pembelajaran ada di tangan mahasiswa. Boston. Meskipun dosen bertanggungjawab untuk menyajikan an overview of key points pada setiap topik. Sejauh tersedia. R. B. Mahasiswa diharapkan datang ke kelas selalu siap untuk berpartisipasi secara aktif dalam diskusi kelas dan diskusi kasus dengan membaca materi bacaan yang diwajibkan. Selain itu mahasiswa yang hadir di kelas wajib membawa buku textbook utama. Presentasi. Kelompok. 3. WB. Mahasiswa diwajibkan hadir di kelas sesuai dengan ketentuan Fakultas Ekonomi Program Studi S1 Reguler UGM. Mass.M.. Keterlambatan hadir jika <15 menit masih mendapat toleransi (kecuali ada ijin sebelumnya).. & Wright. PERSYARATAN KELAS 1. sumber bacaan lain tentang topik-topik tertentu yang menjadi minat mahasiswa dapat diperoleh dari instruktor.BACAAN TAMBAHAN Noe. 4. P. Clarity (to 2 . Kelompok beranggotakan sekitar 2 – 3 orang (tergantung jumlah mahasiswa). Human Resource Champions. Sebagai contoh. blanko lamaran) yang digunakan perusahaan. silahkan dibawa ke kelas untuk dibahas. bila saudara menjumpai artikel menarik dalam literatur bisnis.R. (Ulrich) Werther. J. (NHGW) Ulrich D. Human Resources and Personnel Management. (1997). bila saudara menginginkan untuk membahas berbagai formulir (misal. MA: The McGraw-Hill. Boston. Kelompok juga digunakan sebagai sarana berbagi informasi maupun ide-ide. 2.. mahasiswa didorong untuk membahas isu SDM nyata di dalam kelas. 2000. Human Resource Management: Gaining a Competitive Advantage. & Keith Davis. Peserta matakuliah ini wajib menjadi anggota dari kelompok untuk mengerjakan tugas-tugas. Gerhart. Bahan atau topik presentasi dapat dilihat pada skedul dan pokok-pokok materi kuliah. Begitu juga. (WK) Selain buku-buku tersebut. Inc. New York: McGraw-Hill. Partisipasi Kelas.

dan makalah. Setiap mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah makalah aplikatif. Evaluasi makalah akan dilakukan dengan menekankan faktor-faktor berikut:  Kejelasan dalam penyajian dan formulasi masalah  Kelengkapandan kualitas analisis dan rekomendasi  Teknik penulisan dan kejelasan laporan  Integrasi dan pemahaman materi matakuliah PENILAIAN Nilai akan ditentukan atas dasar kualitas partisipasi kelas.what extent did presentation assist an understanding of the content). Setiap kelompok bukan hanya kelompok presentasi diwajibkan untuk menyerahkan laporan analisis setiap kasus pada hari pembahasan kasus terskedul. Synergy (to what extent were the parts of the presentation interrelated with each other and integrated as a whole?). presentasi dan diskusi kasus. Makalah. Makalah merupakan hasil pemikiran dan analisis penerapan konsep manajemen sumberdaya manusia pada situasi manajerial nyata. 2. dengan pembagian bobot sebagai berikut:  Ujian Sisipan 25%  Ujian Final 25%  Tugas Kelompok 15%  Tugas Individu + Partisipasi Kelas 15%  Makalah 20% 3 . 6. 3. ujian. Discussion (to what extent did the presentation succeed in involving the class in the material presented?) 5. Laporan kasus. 4. Makalah dibuat dengan berorientasi kegiatan (action-oriented) sebagai upaya penyediaan solusi pemecahan masalah. Intellectual stimulation (to what extent did the presentation encourage us to think in new ways about this topic/issue? To enlarge our appreciation of the topic/issue?).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful