P. 1
Upaya Pembaharuan Pendidikan Nasional

Upaya Pembaharuan Pendidikan Nasional

|Views: 1,230|Likes:
Published by Che Alche Fajri

More info:

Published by: Che Alche Fajri on Jun 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2013

pdf

text

original

UPAYA PEMBAHARUAN PENDIDIKAN NASIONAL

Pendidikan menduduki posisi sentral dalam sebuah bidang pembangunan karena sasarannya adalah peningkatan kualitas sumber day a manusia, peningkatan kualitas sumber daya manusia sesuai kebutuhan pada masa (priode) tertentu ditentukan oleh inovasi pendidikan yang relevan. Upaya pembaharuan pendidikan nasional yang berkenaan dengan beberapa jenis inovasi pendidikan di Indonesia yang telah dilakukan sejak tahun 1968 sampai dengan sekarang meliputi : pengelolaan pendidikan guru dan tenaga, kependidikan,dana pendidikan, pendidikan non formal, kurikulum, sisitem perskolahan dan pendekatan dalam proses pembelajaran.

A. Program dan Pengelolaan Pendidikan

Pada sub bab ini paparan hanya secara umum, karena secara mandetil akan dibahas dalam bab tentang sistem dari :
1) Pendidikan umum (SD,SLTP,SMU dan universitas). 2) Pendidikan kejuruan (SMK s.d Perguruan tinggi). 3) Pendidikan luar biasa (SDLB s.d perguruan tinggi). 4) Pendidikan kedinasan. 5) Pendidikan keagamaan (madrasyah Ibdaiyah s.d perguruan tinggi).

Pendidikan luar sekolah (PLS) yang dapat mengganti melanjutkan pendidikan sekolah adalah program kejar paket A, B dan C. program ini merupakan program utama ditjen diklusipora, Kurikulum terbaru saat ini adalah kurikulum 2004 dan kurikulum 2006 kurikulum tingkat satuan pendidikan.
A. Guru dan Tenaga Pendidikan

Pembaharuan

tenaga

kependidikan

terlihat

antara

lain

pada

peningkatan

kualifikasinya. Untuk menjadi guru di sSD minimalharus memiliki kualifikasi D II PGSD yaitu SPG/SGO lama yang telah diintegrasikan ke universitas yang merupakan proses diploma non gelar (SO). Tenaga non guru lain, seperti pustakawan mendapat pembaharuan pula, misalnya keprofesionalan tenaga tersebut, bila dulu dapat dikelola oleh guru, tenaga tata usaha dan

Kurikulum Berbasis Kopetensi Artinya kurikulum merupakan serangkaian pemberian pengalaman belajar. Kurikulum 1975 Kurikulum 1975 disetujui oleh materi pendidikan dan kebudayaan untuk secara nasional dilaksanakan bertahap mulai tahun pengajaran 1976 dengan catatan. Kurikulum 1968 Kurikulum pada orde lama (sebelum 1966) masih dalam mencari bentuk yang khas nasional. Cara belajar siswa aktif 3. karena biaya pendidikan semakin mahal. Dana Kependidikan Kebutuhan dan untuk penyelenggaraan pendidikan kelihatanya semakin meningkat. Keadaan seperti ini lgis saja. 2. mampu membangun jati diri (to be) serta mampu menjadi warga masyarakat yang hidup dalam kebersamaan yang damai(to live together). (th. Keterampilan proses A. secara autentik kepada setiap siswa di sepanjang hayatnya baik yang diberikan melalui berbagai kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah. tingkat implasi yang semakin tinggi memerlukan penyesuaian dibidang pendanaan tersebut. sejarah (pendidikan) mencatat pada era orde lama. karena pembaharuanpembaharuan yang dilakukan butuh dana baru atau tambahan terhadap alokasi dana sebelumnya. Belajar tuntas 2. Kurikulum 1. 1950 – 1965) materi pelajaran yang utama adalah tujuh bahan pokok (indroktrinasi). B. Yang menjadi sasaran utama kurikulum berdasarkan kompetensi adalah di mana pembelajaran bukan hanya sekedar tau (know) tapi juga mampu untuk berbuat (to do). Proses Pembelajaran 1. bahwa bagi sekolah-sekolah yang menurut penilaian kepala perwakilan telah mampu. B.siswa. diperkenankan melaksanakannya mulai tahun 1975. maka sekarang sudah mulai di tangani oleh tenaga khusus tentang kepustakaan ini (tenaga ini disebut pustakawan). Hal ini berkaitan dengan nilai mata uang. 3. .

Universitas Terbuka Universitas terbuka (UT) merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menerapkan system jarak jauh.2% (dihitung dari populasi penduduk umur 19-24 tahun). Perluasan Pelayanan Pendidikan Formal 1. dan interaksi yang terbatas antara guru dan murid. Tujuan utamanya adalah meningkatkan partisipasi perguruan tinggi dari 5% menjadi 8. . 2.A. Disamping itu juga untuk mutu lulusan melalui pengontrolan kualitas bahan belajar yng di sajikan dalam bentuk belajar. SMP Terbuka SMP terbuka (SMPT) adalah sekolah menengah umum tingkat pertama yang kegiatan belajarya sebagian besar diselenggarakan di luar gedung sekolah dengan cara penyampaian pelajaran melalui media.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->