Fotosintesis I. PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Tumbuhan merupakan organisme yang penting karena dapat membuat makanan sendiri (autotrof) melalui proses fotosintesis. Hasil dari proses fotosintesis ini adalah oksigen yang merupakan unsur terpenting dalam kehidupan. Di dalam proses fotosintesis terdapat reaksi terang yang dikemukakan oleh Robin Hill, yaitu prosesperubahan zat-zat anorganik (H 2 O dan CO 2 ) oleh klorofil menjadi senyawa kimiaorganik yang stabil (Karbohidrat) dengan bantuan sinar matahari (Rakasyadi, 2000). Kemudian Blackman juga mengemukakan penemuannya dalam reaksi fotosintesis dimana terjadi prosespengubahan energi cahaya menjadi energi kimia (karbohidrat) yang terjadi hanya dengan bantuan enzim fotofosforilase. Dimana CO 2 tereduksi tanpa bantuan cahaya yang dikenal dengan reaksi gelap (Rakasyadi, 2000). Teori Sachs (1860), membuktikan bahwa pada fotosintesis dihasilkan karbohidrat amilum. Adanya amilum dapat dibuktikan dengan pengujian memakai iodine/yodium. Reaksi antara amilum dengan iodine/yodium menghasilkan warna hitam. Ternyata amilum hanya terdapat pada daun -daun yang terkena sinar (Rasidin, 1990). Teori Ingenhousz (1799), membuktikan bahwa pada proses fotosintesis dilepaskan O 2 (oksigen). Halini dibuktikan dalam percobaannya menggunakan tanaman air Hydrilla verticylata di dalam bekerglas di bawah corong terbalik yang ujungnya diletakkansebuah tabung reaksi. Organel yang berperan dalam fotosintesis adalah kloroplas. Organel tersebut berisi pigmen klorofil yang menyebabkan warna hijau pada tumbuhan. Di setiap sel terdapat 40-50 kloroplas. Di dalam kloroplas inilah penyerapan sinar oleh klorofil dimulai pada proses fotosintesis (Rasidin, 1990). 1.2 Tujuan dan Kegunaan Mempelajari peranan jenis cahaya dalam proses fotosintesis.

II. TINJAUAN PUSTAKA Menurut Tjitrosoepomo, 1980, yang menyatakan bahwa tumbuhan bersifat autotrof. Autotrof artinya dapat mensintesis makanan langsung. dari senyawa anorganik. Tumbuhan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yangdiperlukan sebagai makanannya. Energi untuk menjalankan proses ini berasal dari fotosintesis. Secara singkat reaksi fotosintesis yang manghasilkan glukosa dapat dituliskan sebagai berikut: 12H 2 O + 6CO 2 + cahaya C 6 H 12 O 6 (glukosa) + 6O 2 + 6H 2 O Pada tumbuhan, organ utama tempat berlangsungnya fotosintesis adalah daun. Namun secara umum, semua sel yang memiliki kloroplas berpotensi untuk melangsungkan reaksi ini. Di organel inilah tempat berlangsungnya fotosintesis, tepatnya pada bagian stroma . Hasil fotosintesis (disebut

Inti dari percobaan Ingenhousz adalah bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen. Pigmen inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. warna daun yang tidak ditutupi aluminium foil berubah menjadi hijau kehitaman. setelah ditetesi larutan iodin ( Iodine ) warnanya berubahmenjadi tampak kemerahan seperti habis terbakar. serta dapat m enyegarkan udara dengan menghasilkan oksigen. Hal tersebut membuktikan bahwa di dalam daun yang tidak ditutupi aluminium foil juga terkandung amilum. Tumbuhan menangkap cahaya menggunakan pigmen yang disebut klorofil .fotosintat ) biasanya dikirim ke jaringan-jaringan terdekat terlebih dahulu. Sedang menurut percobaan Sachs. perbedaan reaksi terang dan reaksi gelap yaitu : Reaksi terang : 2 H 2 0 > 2 NADPH 2 + O 2 >NADP + H 2 + CO + O + H 2 +O 2 atau 12 H 2 O + 6 CO 2 Reaksi gelap : CO 2 + 2 NADPH 2 +O 2 > C 6 H 12 O 6 +6 O 2 . Pentingnya fotosintesis bagi makhluk hidup adalah mengikat energi surya menjadi energi dalam bentuk bahan kimia kaya energi sebagai sumber makanan . Klorofil mengandung organel yang disebut kloroplas. 1999). ya Dimana zat hijau daunnya (klorofil) telah larut dalam alkohol. 1999). diperoleh hasil bahwa yaitu pada daun yang dicelupkan dalam alkohol panas warnan berubah menjadi pucat. tempat terjadinya sebagian besar proses fotosintesis (Baharudin. Pada dasarnya. . Pada percobaan Sachs yang menggunakan daun singkong ( Manihot esculenta ). secara ringkas. 1980). hal ini sesuai dengan fungsi alkohol sebagai zat pelarut klorofil dalam daun. Menurut Rakasyadi. diantaranya percobaan Ingenhousz dan Sachs. Kemudian setelah ditetesi dengan larutan iodin ( Iodine ). Di dalam daun juga terdapat lapisan sel yang disebut mesofil yang mengandung setengah jutakloroplas setiap milimeter perseginya. Dalam percobaan Sachs ini juga dapat dikemukakan bahwa sinar matahari juga sangat berperan penting dalam fotosintesis. Oleh karena itu banyak ilmuwan melakukan penelitian tentang fotosintesis. menuju mesofil. Hal ini disebabkan karena pada daun tersebut tidak terdapat amilum yang dapat diperoleh dari sinar matahariyang cukup. sedangkan pada daun yang ditutupi alumunium foil. Cahaya akan melewati lapisan epidermistanpa warna dan yangtransparan. yang dihasilkan dari proses fotosintesis dan pengaruh sinar matahari. rangkaian reaksi fotosintesis dapat dibagi menjadi dua bagian utama: reaksi terang (karena memerlukan cahaya) dan reaksi gelap (tidak memerlukan cahaya tetapi memerlukan karbon dioksida) (Khoeruddin. Kloroplas inilah yang menyerap cahaya yang akan digunakan dalam fotosintesis. bahwa fotosintesis menghasilkan amilum (Tjitrosoepomo. 2000.

Tempat : Lab.00 3. maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : . HASIL DAN PEMBAHASAN 5.Gelas piala ukuran 500ml .2. Ekologi Tanggal : 12-01-2011 Waktu : 09.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil dan pembahasanyang diperoleh.Larutan I2 pekat dalam alkohol IV. METODELOGI 3.Pipet tetes .III. 1 lembar daun kedelai.Botol semprot .Pinset -Polybag 2. dan bening .1.Gunting -Penjepit kertas . Bahan . Alat dan Bahan 1.Plastik transparansi warna biru tua.Plastik hitam .Gelas piala ukuran 1000ml berisi 300ml air .30-11.Pemanas listrik (hot plate) .Cawan petri . 1 lembar daun bayam . Alat .2 lembar daun belimbing. merah.Etanol 70% .Alkohol 70% .

4.37k . org/wiki/ Fotosintesis . 3. Rakasyadi. Sehingga praktikan dapat lebih menguasai materi praktek dengan baik. Hasil percobaan Sachs membuktikan bahwa proses fotosintesis ditandai dengan adanya amilum pada daun.or. DAFTAR PUSTAKA Khoeruddin. Diakses pada tanggal 12 Desember 2008. 1999. Fotosintesis . 2000. Dalam proses fotosintesis terjadi 2 reaksi. www. Fotosintesis .wikipedia. Fotosintesis adalah proses penyusunan atau pembentukan zat organik (karbohidrat) dari zat anorganik H 2 O dan CO 2 oleh klorofil dengan menggunakan energi cahaya atau foton. id.lablink.id / Bio/Sel/ fotosintesis.2 Saran Sebaiknya fasilitas yang terdapat didalam laboratorium dilengkapi seperti tempat duduk dan fasilitas lainnya yang dapat menunjang kenyamanan dalam melaksanakan praktek.1. 2. yaitu reaksi terang (Robin Hill) dan reaksi gelap (Blackman).html . .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful