P. 1
Proses Terjadinya Minyak Bumi

Proses Terjadinya Minyak Bumi

|Views: 912|Likes:
Published by PaMan Roy

More info:

Published by: PaMan Roy on Jun 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/15/2012

pdf

text

original

Proses terjadinya minyak bumi

1. Teori organik ( Biogenesis) Organic bedasarkan teori biogenesis minyak bumi terbentuk adanya kebocoran kecil yang permanen dalam siklus karbon. Siklus karbon ini terjadi antar atmosfir dengan permukaan bumi, yang digambarkan dengan dua panah dengan arah yang berlawanan, dimana karbon diangkat dalam bentuk karbon dioksida (co2 ). Pada arah pertama karbon dioksida atmosfir berasimilasi, Artinya CO2 diekstrak dari atmosfir oelh organism fotosintetik darat dan laut. Pada arah yang kedua CO2 dibebaskan kembali ke atmosfer melalui repirasi makhluk hidup (Tumbuhan , hewan dan mikroorganisme).

P.G. mackuire yang pertama kali mengemukakan pendapatnya bahwa minyak bumi berasal dari tumbuhan. Beberapa argumentasi telah dikemukakan untuk membuktikan bahwa miyak bumi berasal dari zat organic yaitu : - miyak bumi memiliki sifat dapat memutar bidang polarisasi, ini disebabkan oleh adanya kolestrol atau polarisasi, ini disebabkan oleh adanya kolesterol atau zat lemak yang terdapat dalam darah. Sedangkan zat organic tidakl dapat memutar bidang polarisasi. - minyak bumi mengadung pofirin atau zat kompleks yang terdiri dari hidrokarbon dengan unsur vanadium, nikel dsb. - susunan hidrokarbon yang terdiri dari atom C dan H sangat mirip dengan zat organic yang terdiri dari CH dan O walaupun zat organic mengandung oksigen dan nitrogen cukup besar. - hidrokarbon terdapat didalam lapisan sadimen dan merupakan bagian integral sedimentasi. - secara praktis lapisan minyak bumi terdapat dalam cambium sampai pleistosan. - minyak bumi mengandung klorofis seperti tumbuhan. Proses pembentukkan minyak bumi terdiri dari tiga bagian , yaitu : 1. Pembentukan sendiri, terdiri dari  Pengumpulan zat organic dalam sedimen  Pengawetan zat organic dalam sedimen  Trasformasi zat organic menjadi minyak bumi 2. Migrasi minyak bumi yang terbentuk dan tersebar didalam lapisan sedimen terperangkap. 3. Akumulasi tetes minyak yang tersebar dalam lapisan sedimen hingga berkumpul menjadi akumulasi komersial.

Temperatur reservoir rata-rata 1070 c dan minyak bumi masih dapat bertahan sampai 2000 c . Minyak dan gas dapat pula bermigrasi dari suat daerah ke daerah lain. Ada beberapa hal yang mempengaruhi diatas diantaranya : 1.proses kimia organic pada umumnya dapat dipecahkan dengan percobaan di laboratorium.  Minyak bumi memang merupakan campuran kompleks hidrokarbon. fesies sedimen yang utama untuk minyak bumi yang terdapat di sekitar pantai. Degradasi thermal 2. Aktifitas bakteri Proses pembentukan Proses pembetukan minyak bumi dan gas yang terbentuk meresap dalam batuan yang berpori seperti air dalam batu karang. namun berbagi factor geologi mengenai car terdapatnya minyak bumi serta penyebarannya disalam sedimen harus pula ditinjau. Reaksi katalis 3.  Minyak bumi dapat tahan pada perubahan tekanan dari 8-10000 psi. Proses transformasi zat organic menjadi minyak bumi. Teori anorganik (abigenesis) 2. diatas temperatur ini forfirin sudah tidak bertahan. -Teori alkalisasi panas dengan CO2 (beetholot) -Teori karbida panas dengan air (mendeleyef) . Radio aktivasi 4. kemudian terkosentrasi jika terhalang oleh lapisan yang kedap utama berkembang mengenai asal usul terjadinya minyak bumi antara lain : 1. Fakta ini disimpulkan oleh cox yang kemudian di kenal sebagai pager cox diantaranya adalah :  Minyak bumi selalu terdapat didalam batuan sedimen dan umumnya pada sedimen marine.  Minyak bumi selalu terbentuk dalam keadaan reduksi ditandau adanya forfirin dan belerang.

2. maka endapan lumpur berubah menjadi . Akibat peristiwa alam . Akibat pengaruh yang sama . Endapan lumpur ini kemudian dihanyutkan oleh arus sungai menuju lautan bersama bahan organic lainnya dari daratan. Binatang serta tumbuh-tumbuhan yang mati ataupun itu akhirnya tertimbun di bawah endapan lumpur. 5. Didalamnya ada tabung dan nampon yang suhunya disesuaikan dengan titik didih masing-masing komponen. Pada zaman purba. Nantinya. minyak bumi bakalan menguap jadi gas.Proses penyulingan minyak bumi Secara teori proses penyulingan bisa kita bagi dalam beberapa langkah : 1. sungai-sungai menghanyutkan pasir dan lumpur ke dasar laut dan membuat lapisan batuan yang bercampur dengan fosil-fosil binatang dan tumbuh-tumbuhan. Penguapan itu terjadi bertahap. Perlu diketahui. 3. Dalam proses pemanasan ini. Wadah tersebut diletakkan diatas tungku yang bisa menghasilkan panas sampai 6000 c.naftalen.gasoline. menyebabkan binatang dan tumbuh-tumbuhan yang mati tadi mengalami proses penguraian berupa perubahan kimia. b. berubah menjadi bintik-bintik dan gelembung minyak yang berbentuk cairan kental dan gas.solar dan beberapa jenis bahan bakar lainnya . Selama berjuta-juta tahun. penguapan minyak bumi tidak terjadi sekaligus. di darat dan di dalam lautan hidup beraneka ragam binatang dan tumbuh-tumbuhan. lempeng atau gamping yang terdapat di dalam lapisan kerak bumi selama berjuta-juta tahun melalui proses fisika dan kimia. Proses terbentuknya minyak bumi dapat dijelaskan sebagai berikut : a. c.kerosin.temperatur tinggi dan tekanan beba lapisan batuan di atasnya. Akibat pengaruh waktu . komponen-komponen itu bakal ke dalam tabung yang sesuai dengan karakternya . Uap yang dihasilkan akan dialirkan ke ruang destilasi. 4. nampan bersuhu 60 derajat celcius.dan jasad-jasad renik) yang terpendam bersama air laut dan masuk kedalam batuan pasir. Proses pembentuknya minyak bumi dan gas alam Para ahli berpendapat bahwa minyak terbentuk dari pelapukan sisa kehidupan purba (hewan.lapisan dan permukaan bumi mengalami perubahan besar berupa pergeseran-pergeseran sehingga fosil hewan dan tumbuhan yang terkubur di perut bumi masuk ke celah-celah lapisan bumi yang bersuhu dan bertekanan tinggi. Minyak bumi yang akan diproses ditampung dalam sebuah wadah yang memiliki selang penghubung dengan ruang destalasi.tumbuhan. Ruangan destilasi ini diatur sedemikian rupa. Masing masing tahapan menghasilkan beberapa komponen mulai dari gas.

atau air. Teori Biogenesis (Organ) Marcqius (prancis. Sehingga diantaranya terdapat pori-pori pada kondisi tertentu. Batuan lunak yang berasal dari lumpur yang mengandung bintik-bintik minyak dikenal sebagai batuan induk atau source rock.1758) merupakan orang yang pertama kali mengemukakan pendapat bahwa minyak berasal dari tumbuh-tumbuhan. Teori Abiogenesi s (Anorgan) .gas. 2. lalu bergerak mencari tempat yang lebih baik untuk berhenti dan terperangkap dalam batuan sedimen yang kedap atau kadang-kadang merembes keluar permukaan bumi. Yang dikemukakan oleh para ahli. Peristiwa terperangkap pula minyak bumi dan gas alam dalam bentuk batuan sedimen disebut proses akumulasi. Beberapa diantaranya : 1. Karena ringan.batuan sedimen. d. minyak bumi akan terdorong dan terapung. Batuan sedimen tersusun atas fragmen-fragmen atau butiran mineral dari yang halus sampai yang kasar satu sama lain saling terikat oleh materi yang sangat halus dan berfungsi sebagai semen. pori-pori ini dapat mengandung fluida minyak .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->