P. 1
Hipno Teaching

Hipno Teaching

|Views: 573|Likes:
Published by Owh Niricki

More info:

Published by: Owh Niricki on Jun 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/26/2013

pdf

text

original

Hipno teaching = Tehnik mengkondisikan suasana kelas

Anda seorang guru, dosen atau pelatih? Mungkin, beberapa tips berikut akan bermanfaat bagi Anda. Mari kita lihat! Tips #1: Kuasai Materi Secara Komprehensif Penguasaan materi sanngat esensial untuk dapat melaksanakan tugas mengajar dengan baik dan menarik. Pasalnya kenapa? Ketika suatu ketika saya diminta berbicara tentang Training Needs Assessment oleh suatu lembaga, jujur saya tidak PeDe, walaupun mengetahui tentang training needs assessment. Tapi ketika saya mengajar mahasiswa tentang pengantar teknologi pendidikan, katakanlah. Kepercayaan diri tinggi, karena memang menguasai betul tentang hal tersebut. Jika kita menguasai secara komprehensif, tentu akan mampu memberikan contoh, analogi, ilustrasi yang beragam dan sesuai dengan konteks serta dapat menyesuaikan dengan latar belakang audiens.Coba kalau kita tidak benar-benar menguasai, wauah bakal keringet dingin. Betul, gak? Kunci pertama, menguasai materi. Tips #2: Libatkan Peserta Secara Aktif Ketika saya diminta untuk menjadi pembicara dalam suatu pelatihan, atau mengajar untuk suatu mata kuliah tertentu, hal pertama yang saya pikirkan adalah ³Pengalaman belajar (aktifitas belajar) seperti apa saja yang harus saya siapkan agar peserta terlibat aktif.´ Memikirkan strategi pembelajaran aktif seperti ini bukan perkara mudah, tapi secara kreatif mutlak kita lakukan atau. Pembelajaran tanpa melibatkan peserta belajar secara aktif, ibarat menabur garam di laut. Bahkan seorang orator ulungpun pada dasarnya telah berusaha mengaktifkan otak audiensya dengan berbagai cara sehingga terpukau (hypnoteaching). Ada ungkapan mengatakan bahwa, ³We can teach fast, but they can forget it much more faster!´. Jadi, upayakan janga selalu terpaku pada ceramah atau mencekok informasi saja. i Tips #3: Upayakan untuk Melakukan Interaksi Informal dengan Peserta Kadang-kadang guyon, atau berbincang di sela-sela istirahat atau sebelum memulai materi sangat penting untuk mencairkan suasana. Dan tidak hanya itu, akan membangkitkan motivasi dan keterlibatan peserta dalam pembelajaran. Jangan sampai, sudah datang terlambat, langsung bicara, ³Baik Bapak dan ibu sekalian, sesi ini kita akan ,«««««´. Basa-basi, kalau perlu dengan guyon terutama diawal-awal memulai pembicaraan biasanya sangat ampuh. Saya biasa menyiapkan ³ice breaker´ yang lucu sebelum memulai pelatihan atau perkuliahan. Tips #4: Beri Kesempatan Peserta Kewenangan dan Tanggung Jawab atas Belajarnya Peserta akan termotivasi jika mereka diberi kewenangan untuk menentukan sendiri cara belajarnya. Saya, biasanya membangun komitmen atau aturan bersama sebelum memulai pelatihan atau perkuliahan. Dalam membangun komitmen atau aturan bersama ini, dibahas bebagai hal yang harus dilakukan dan apa yang tidak harus dilakukan, dimana k eputusannya

tidak akan ada manfaatnya. dalam artian. Tips #8: Upayakan Materi yang Disampaikan Kontekstual Guru atau dosen harus pandai pandai mengaitkan materi yang diajarkan dengan pengetahuan awal audiens atau peserta. Sembilan tips di atas akan sempurna dengan senjata pamungkas nomor sepuluh ini. Tehnik menyeimbangkan otak kiri & Otak kanan 4. materi yang tidak relevan atau tidak ada kaitannya dengan kehidupan atau pekerjaan sehari-hari yang ia lakoni maka walaupun harus berbusa-busa kita bicara. Tehnik menjadi pengajar yang menarik & dan menyenangkan 5. pengalaman. Misalnya. seperti dalam pelatihan. Tips #6: Yakinkan Peserta Bahwa Mereka Mampu Mempersepsi sejak awal bahwa semua peserta atau mahasiswa kita adalah mampu. jangan perlakukan semua peserta dengan cara yang sama. Oleh karena itu. Tips #9: Berikan Umpan Balik Segera dan bersifat Deskriptif Hal ini akan membantu mereka manyadari sudah sejauh mana perkembangan pemehaman atau penguasaan mereka terhadap pengetahuan. Harus yakin bahwa tugas yang kita berikan memang bisa dilakukan dan mereka merasa puas dengan hasil yang telah dilakukannya. dengan catatan konsisten dilaksanakan bersama. Tips #10: Tingkatkan Jam Terbang Sebagai penutup. Atau selama perkuliahan HandPhone harus seperti apa. bentuk tugas akhir mau seperti apa. argumen secara bebas tanpa harus saling menjatuhkan satu sama lain. Tehnik mengaktifkan alam bawah sadar . Motivasi belajar akan menurun ketika mereka merasa tidak mampu. keterampilan atau sikap tertentu. dan lain-lain. jangan sampai memberikan kegiatan belajar yang tidak mungkin mampu mereka capai. Tips #5: Yakini Bahwa Manusi Belajar dengan Cara yang Berbeda Satu Sama lain Dengan demikian. apakah temanya bebas. saya ingin mengatakan bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan pengalaman. Ternyata teknik seperti ini walaupun tidak ada hukuman. Untuk orang dewasa. Tips #7: Beri Kesempatan kepada Peserta untuk Melakukan sesuatu Secara Kolaboratif atau Kooperatif Hal tersebut akan meningkatykan motivasi dan kemenarikan pembelajaran karena ada sedikit kompetisi. Tentu saja ini adalah salah satu contoh upaya memberikan kewenangan kendali belajar kepada mereka. Tehnik mengelola emosi dalam menangani anak bermasalah & Hiperaktif 2. atau tertentu dan lain-lain. Implikasinya adalah laksanakan tips 2 dan 4 di atas. dan meyakinkan bahwa mereka mampu akan meningkatkan efektifitas pembelajaran. tips ke 5 di atas bisa diterapkan disini. apalagi kalau mereka diberi kesempatan untuk saling berbagi ide. Bagi anda yang ingin mendalami : 1.diambil bersama. Tehnik menyelesaikan kasus pencurian dikelas 3. tapi karena disepakati bersama dan menjadi komitmen bersama akan sangat membantu.

cerdas. dan masih banyak lagi. otak & tubuh . Behaviour Analyst dari DISCovery USA. Nelson Mandela. Cara menghentikan keributan tanpa kata-kata. HTII. positif. Andre Agassi. Tips Memotivasi diri saat mengajar.000. Hypnotherapist dari IBH. ICC. dan ribuan anak dan orang tua di Indonesia. Telah berpengalaman mengajar lebih dari 10. dan sekarang anda dapat menggunakannya dengan LEBIH MUDAH & EFEKTIF didalam kelas seperti : y y y y y 2 langkah rahasia membuat siswa menjadi siswa Aktif Berbagi Teknik Sederhana untuk merubah Perilaku Buruk Teknik Bertanya yang dapat membuat siswa berpikir Kritis Membuat Tombol Motivasi agar anda dan siswa anda senantiasa bersemangat Teknik membuat Jam Emosi yang dapat menyatukan emosi.Penulis NOVIAN TRIWIDIA JAYA Mendapatkan Sertifikasi Neuro Linguistic Programming dari American Board of NLP. bersemangat. Sebuah buku yang diintisarikan dari sebuah teknik komunikasi terdahsyat yang dipakai oleh para tokoh-tokoh dunia seperti Presiden Amerika Bill Clinton. Menyegarkan suasana dengan humour & Ice Breaking Sebuah buku Ajaib yang dapat menjadikan kelas begitu menyenangkan dan siswa lebih proaktif. pantang menyerah serta terkendalikan Rp 49. Hipno teaching = Tehnik mengkondisikan suasana kelas 9.(Teaching Spirit) 8.000 guru di Indonesia.6. Life Coach dari Excelerated Singapore. Tehnik percepatan belajar NLP 7. 10.

Anak akan menjadi mudah bosan jika yang dipelajari terlalu mudah baginya. Sumber : http://info. Lebih dari itu anak akan mulai menurun daya konsentrasinya. sehingga anak tidak berkembang dengan maksimal. bagian pengendali memori di dalam otak akan sangat mudah menerima dan merekam informasi yang masuk jika berada dalam suasana yang menyenangkan. dan sebaliknya anak akan menjadi stress dan patah semangat jika yang dipelajari terlalu sulit. Anak yang bisa merasakan bahwa belajar adalah sesuatu yang menyenangkan akan mempunyai rasa ingin tahu yang besar.com/mod. SUASANA YANG MENYENANGKAN adalah SYARAT MUTLAK yang diperlukan supaya anak suka belajar.y y y y y y Menjadi Pribadi Magnetis sehingga anda akan disenangi oleh Siswa dan Rekan Kerja anda 3 Teknik mengubah Presepsi Siswa tentang belajar.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=49 . dan sangat mempengaruhi kesuksesan belajarnya di masa yang akan datang. 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak mampu melakukan konsentrasi penuh paling lama 20 menit. sehingga belajar menjadi menyenangkan Rahasi membuat siswa senang bahkan bersemangat bila diberi tugas 2 Teknik membuat pelajaran sulit menjadi mudah hanya dengan berpindah tempat Dan masih banyak lagi oleh: Taufan Surana Beberapa tips di bawah ini SANGAT MENENTUKAN dan EFEKTIF diterapkan supaya anak SUKA BELAJAR: 1. 2. Meminta anak secara terus menerus belajar dengan cara yang tidak sesuai dengan tipe cara belajar anak nantinya akan membuat anak tidak mampu secara maksimal menyerap isi pelajaran. 3. Belajar dengan JEDA WAKTU ISTIRAHAT setiap 20 menit akan JAUH LEBIH EFEKTIF daripada belajar langsung 1 jam tanpa istirahat. 4. Jeda waktu istirahat 1-2 menit akan mengembalikan daya konsentrasi anak kembali seperti semula. VISUAL (melihat) ataukah KINESTHETIC (fisik). apakah tipe AUDITORY (anak mudah menerima pelajaran dengan cara mendengarkan). Kenali tipe dominan CARA BELAJAR ANAK. Membuat ANAK SENANG BELAJAR adalah JAUH LEBIH PENTING daripada menuntut anak mau belajar supaya menjadi juara atau mencapai prestasi tertentu. Anak akan menjadi SANGAT ANTUSIAS dan SEMANGAT untuk belajar jika isi/materi yang dipelajari anak SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK. Anak pada dasarnya mempunyai naluri ingin mempelajari segala hal yang ada di sekitarnya. Menurut hasil penelitian tentang cara kerja otak.balitacerdas. Anak yang punya prestasi tapi diperoleh dengan terpaksa tidak akan bertahan lama.

Sekitar 215 peserta yang hadir begitu antusias mengikuti jalannya seminar. CI. guru sekolah. Pembicara sempat memberikan praktek hypnoteraphy sederhana yang langsung dipraktekkan dan diikuti dengan antusiasme peserta. autisme. y Seminar berlangsung mulai dari pukul 9. Minat masyarakat untuk mengikuti acara ini ternyata cukup besar. seperti bagaimana hypnoteaching bisa diterapkan untuk anak balita. yang masing-masing adalah seorang psikolog dan seorang hypnoterapist. Materi utama seminar dibawakan oleh Ibu Fitria Prabandari M. Karena keterbatasan .30. Bahkan panitia terpaksa menambah kursi dibagian belakang dan ada beberapa peserta/pengunjung yang terpaksa y berdiri. anak terlalu pendiam dan lain -lain. Ibu Fitria memaparkan teori pendidikan anak ditinjau dari sisi kesiapan psikologi anak dan Bapak Rully menjelaskan teori apa yg dimaksud dengan hy pnoteraphy secara ilmiah dan bagaimana hal tersebut bisa diimplementasikan. Dilanjutkan dengan presentasi singkat dari sekolah mengenai pembukaan SMP Azhari Islamic School pada tahun ajaran baru nanti y 2010/2011.30 hinggal pukul 12. guru TPA. Pembicara khususnya Bapak hypnoterapist kita dibanjiri pertanyaan oleh peserta. Sesi terakhir sebelum ditutup adalah sesi tanya jawab yang rupanya sudah ditunggu-tunggu oleh banyak peserta. Pertanyaan yang disampaikan seputar keseharian menghadapi perilaku dan cara memotivasi anak untuk belajar.Psi dan Bapa k Rully Mujahid NF ST. CHt. dll. NLP. terutama dari kaum ibu yaitu y orang tua murid. Seminar ini terselenggara atas kerjasama Azh ari Islamic School dan Tim Creative Mind.y y DARI SEMINAR HYPNOTEACHING 13 FEB 2010 Pada tanggal 13 Februari 2010 telah terselenggara Seminar parenting untuk orang tua dan guru dengan tema ³Mengubah Kebiasaan Buruk Anak Melalui Hypnoteaching´ bertempat di aula Azhari Islamic School Lebak Bulus. Acara dibuka dengan penampilan dari sisw a-siswi TK dan kelas 1 Azhari Islamic School. Walaupun sempat diguyur hujan namun tidak menghalangi peserta yang sudah mendaftar untuk datang.

waktu dan sudah memasuki waktu Dhuhur. panitia menutup acara. Namun rupanya sebagian perserta masih antusias menemui dan berdikusi dengan kedua pembicara setelah acara usai. -YKD- .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->