PENTINGNYA KESEHATAN BAGI MANUSIA Menjaga kesehatan bagi umat manusia adalah sangat penting yang diimbangi dengan

ber olah raga yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan serta faktor usia orang tersebut, karena faktor usia tidak dapat dibohongi. Begitu juga untuk memilih jenis olah raga apa yang sesuai dengan kemampuan diri sehingga organ ± organ yang ada pada tubuh dapat diransang menyesuaikan dengan gerakan ± gerakan olah raga yang sedang dilaksanakan dan perlu diketahui bahwa sehat itu mahal pada kesempatan kali ini kami mahasiswa stikes ceria buana akan menyampaikan beberapa informasi tentang penyakit jantung penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah atau arteri coronaria yang dapat menyebabkan aliran darah ke jaringan jantung berkurang, sehingga pasokan kebutuhan makanan mengalami devisit. Bila hal ini dibiarkan akan menyebabkan Ischaemic Heart Desease yaitu mengganggu kerja jantung, bila kondisisi ini dibiarkan maka akan terjadi lebih buruk lagi yaitu kematian jaringan ( Infark Myocard ) yang menyebabkan kematian bagi orang tersebut. Penyebabnya atau Hight risk factor adalah Diabetes mellitus, Arteriousclerosis, Cholesterol LDL tinggi, Hipertensi, Obesitas, Stressing, Perokok pasif maupun aktif, Trigliserida tinggi, Olah raga pasif, Pola makan yang salah, Usia, Riwayat dari keluarga dan masih banyak lagi faktor ± faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

Sebagai gambaran akibat penyakit jantung koroner yaitu angka moralitas tinggi, angka morbiditas 40 % meninggal dunia, menurut keterangan dari badan kesehatan dunia karena Infark Myocard sebanyak 250.000 orang meninggal dunia, ini satu jam setelah anset gejala therapy yang dimulai di USA. Dua minggu setelah dianogsa Infark Myocard terjadi pada 12 % dengan Unstable Angina Pectoris dan satu tahun terakhir hampir ½ kematian terjadi pada penyakit coroner.

Lebih lanjut dikatakan beberapa keluhan ± keluhan utama atau gejala ± gejala
1

nyeri ulu hati. merokok juga dapat dicegah dengan berdisiplin diri sendiri antara lain dengan berolah raga atau dengan kegiatan ± kegiatan yang positif.77 % sudah mulai merokok sejak Sekolah Dasar. kapan waktu kerja dan kapan waktu rekreasi.800.. Agam beberapa hal penting yang perlu diperhatikan antara lain hidup seimbang. dada terasa panas seperti terbakar.utama yang sering terjadi pada penderita penyakit jantung koroner antara lain mengalami nyeri dada bagian tengah ( substernum ). berbuat dan bertindak sesuai dengan kemampuan masing ± masing. hindari faktor resiko dengan cara hidup sehat dan seimbang. sakit seperti diremas ± remas. sesak nafas.gejala tersebut berobat yang benar. informasi ini hendaknya membuat tambahan pengetahuan dan antisipasi dini. Perlu di ingat bila sudah 2 . kesemuanya ini sifatnya non traumatic ). rasa tertekan. empat koma sembilan juta penduduk meninggal dunia akibat merokok diantaranya 50 % nya adalah penduduk dari negara ± negara berkembang dan angka ± angka tersebut masih akan meningkat terus. Untuk negara Indonesia sendiri hamper 70 % pria Indonesia perokok dengan total perokok Indonesia sebanyak 62. Menurut data kesehatan dunia merokok merupakan penyebab kematian terbesar didunia . nyeri dada kiri menjalar ke leher kiri. gelisah dan mengeluarkan keringat dingin. Dalam ilmu kesehatan. kekuatan atau kemampuan bukan diukur dari otot atau fisik belaka akan tetapi denyut jantung/nadi tidak boleh melebihi 200 dikurangi dari umur masing ± masing. punggung dan lengan kiri ( rasa nyeri tersebut bukan karena benturan .000 orang dengan perhitungan 70 % perokok mulai merokok sebelum usia 19 tahun diantaranya adalah 12. selain itu jangan mencari ± cari penyakit seperti merokok. kapan waktu makan. kapan waktu istirahat. Menurut Kepala Kesehatan dinas kab. Upaya ± upaya tindakan pada penderita penyakit jantung koroner antara lain bila ditemukan tanda ± tanda atau gejala . Pada tahun 2000. suka begadang serta suka minum ± minuman keras ( minuman beralkohol )..

angina pektoris adalah menurunkan kebutuhan oksigen jantung dan untuk meningkatkan suplai oksigen. Nitrogliserin Diberikan untuk menurunkan konsumsi oksigen jantung yang akan mengurangi iskemia dan mengurangi nyeri angina. Terapi farmakologis: 1. Obat ini meningkatkan suplai oksigen jantung dengan cara 3 . Aceton ( bahan pembuat cat ). DDT. dan waktu kontraktilitas jantung yang menciptakan suatu keseimbangan antara kebutuhan oksigen jantung dan jumlah oksigen yang tersedia. Secara bedah.terdapat gejala ± gejala atau tanda ± tanda segera diantisipasi diantaranya adalah apa fator pencetusnya dan harus kemana kita berobat? Zat ± zat sangat berbahaya yang mengakibatkan penyakit jantung koroner dan terdapat pada rokok diantaranya adalah Hidrogen Cianida. tujuan ini dicapai melalui revaskularisasi suplai darah jantung melalui bedah pintas arteri koroner atau angioplasti koroner transluminal coronary perkutan (PTCA = Percutaneus Translunimal Coronary Angioplasty). Dalam kehidupan sehari penyakit yang sering kita jumpai di antarannya adalah penyakit angina pektoris. 2. Secara medis tujuan ini dicapai melalui terapi farmakologi dan kontrol terhadap faktor risiko. Nattalen dan Vinil Klorida. tekanan darah. Obat ini berfungsi menurunkan konsumsi oksigen dengan menghambat impuls simpatis ke jantung. Admium ( bahan pembuat accu ). Metanol. Hasilnya terdapat penurunan frekuensi jantung. Carbon Monoxide. Secara fisiologis. jadi berguna untuk menangani angina. 3. Propanolol hidroklorit masih merupakan obat pilihan. ion kalsium berperan ditingkat sel mempengaruhi kontraksi semua jaringan otot dan berperan dalam stimulasi listrik pada jantung. maka perlu diberikan bahan penyekat beta adrenergik. Amoniak. Antagonis ion kalsium/penyekat kanal Penyekat atau antagonis kalsium memiliki sifat yang sangat berpengaruh pada kebutuhan dan suplai oksigen jantung. Butane. Merupakan bahan vasoaktif yang berfungsi melebarkan baik vena ataupun arteri sehingga mempengaruhi sirkulasi perifer. Penyekat Beta Adrenergik Bila pasien tetapmenderita nyeri dada walaupun telah diberii nitrogliserin dan merubah gaya hidup.

shvoong.com/medicine-and-health/2111066-pengobatan-anginapectoris/#ixzz1NXWTp2w0 4 . Sumber: http://id. Hati-hati pemakaian pada pasien gagal jantung karena obat ini akan menyekat kalsium yang mendukung kontraktilitas.melebarkan dinding otot polos arteriol koroner dan mengurangi kebutuhan jantung dengan menurunkan tekanan arteri sistemik dan demikian juga beban kerja ventrikel kiri.

Tugas Sistem Kardiovaskular Advokasi Berkaitan dengan penyakti jantung dan angina pektoris Oleh Gemma alhamdy 10001014 Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Ceria Buana Lubuk Basung 2011 5 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful